Home » , , » DASYATNYA CUCI TANGAN

DASYATNYA CUCI TANGAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, November 1, 2014

Kajian Online (WA) Hamba الله Ummi 18

Hari / Tanggal : Jumat,  31 Oktober 2014
Materi :  Kesehatan
Assatidz:  Mba Try Setyorini
Admin:  Betti
Notulen:  Ummi Rosa     

Assalamu alaikum bunda2 sholihah
pagi ini saya mau kampanye moga diterima ya 

Islam mengajarkan kita cinta kebersihan sebelum ada penelitian tentang cuci tangan di agama kita telah memberikan ajarannya. subhanallah. dalam wudhu langkah pertama kita membasuh kedua tangan kita, bener gak bunda ?
yuk kita sama-sama baca dasyatnya cuci tangan, yang mau sharing monggo

Berdasarkan data WHO, tanganmengandung bakteri sebanyak 39.000-460.000 CFU per sentimeter kubik, yang berpotensi tinggi menyebabkan penyakit infeksi menular. Pada kesempatan yang sama, Ketua Kompartemen Umum dan Humas PERSI, Dr Robert Imam Sutedja, mengatakan, kuman menyerupai manusia yang dapat berkembang biak dan berevolusi sehingga membentuk koloni-koloni.
"Langkah mudah, cepat, sederhana dan murah untuk mencegah penyebaran dan perkembangan kuman adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara teratur," ujar Robert.
Lebih lanjut, Sutedja mengemukakan, riset menunjukkan cuci tangan memakai sabun dapat mencegah penularan ataupun penyakit infeksi menular seperti diare hingga 50 persen, dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga 45 persen.
"Oleh sebab itu, cucilah tangan sebelum dan sesudah makan, saat keluar dari kamar mandi, dan setelah dari lokasi umum," imbuh Robert. (M048)
Ada banyak penyakit yang bisa hinggap di dalam tubuh kita bila kita sering lalai mencuci tangan. Mulai dari bisul, jerawat, tifus, leptospirosis, jamur, polio, disentri, diare, kolera, cacingan, hepatitis A, SARS hingga flu burung. Penyakit-penyakit ini dengan mudah memasuki tubuh lewat tangan yang tercemar oleh kuman, virus, atau parasit. Apakah itu saat memegang buku, memijit nomer telepon, bersalaman, memegang uang, atau barang apa saja. Dari tangan yang tercemar, kuman masuk ke mulut lewat makanan yang kita pegang Tak terhitung berapa jumlah kuman yang ikut dan secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan tersebut. Kuman yang tentu saja akan menimbulkan berbagai penyakit. Jadi tangan menjadi jembatan tersebarnya kuman dari kotoran atau tinja ke mulut.


Pengertian Cuci Tangan
Menurut DEPKES 2007, mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis melepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun dan air.

Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun sehingga menjadi bersih dan dapat memutuskan mata rantai kuman penyakit. Idealnya mencuci tangan sebaiknya menggunakan air bersih, air mengalir dan sabun.

Air bersih adalah air yang jernih, tidak berbau dan tidak berwarna. Sedangkan sabun dapat membantu proses pelepasan kotoran dan kuman yang menempel di permukaan luar kulit tangan dan kuku secara kimiawi. Dengan menggunakan air yang mengalir maka kotoran dan kuman akan luruh terbawa air.

Manfaat cuci tangan
Manfaat mencuci tangan bagi kesehatan tidak usah diragukan lagi. Mencuci tangan dapat membasmi kuman penyebab penyakit sehingga mencegah penularan penyakit infeksi. Karena penularan penyakit dapat terjadi ketika orang yang terinfeksi tidak mencuci tangan dengan benar kemudian ia langsung menyentuh atau mengolah makanan dan makanan tersebut di konsumsi orang

PENYAKIT- PENYAKIT YANG DAPAT DI CEGAH DENGAN MENCUCI TANGAN :

1. Diare .
Sekitar 30 penelitian terkait menemukan bahwa cuci tangan dengan sabun dapat menurunkan angka penderita diare hingga separuhnya. Tingkat kefektifan mencuci tangan dengan sabun dalam penurunan angka penderita diare adalah 44%

2. ISPA.
Bukti-bukti telah ditemukan bahwa dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, buang air besar, buang air kecil dapat mengurangi tingkat infeksi hingga 25 %. Penelitian di Pakistan menemukan bahwa mencuci tangan dengan sabun mengurangi infeksi saluran pernapasan yang berkaitan dengan pnemonia (radang paru- paru) pada anak-anak balita hingga lebih dari 50 %.

3. Infeksi cacing, infeksi mata danpenyakit kulit
Penelitian membuktikan bahwa penggunaan sabun dalam mencuci tangan mengurangi kejadian penyakit kulit, infeksi mata seperti trakoma, dan cacingan khususnya untuk ascariasis dan trichuriasis.

4. Flu Singapura atau Hand Foot and Mouth Disease (HFMD)
Penyakit ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus ini saat tidak mencuci tangan dengan benar

5. Hepatitis A 
Penularan terjadi ketika seseorang yang terinfeksi virus ini tidak mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar mandi kemudian ia mengolah makanan yang dikonsumsi oleh orang lain.

6. Shigellosis 
Penyakit ini mudah menyebar dari satu orang ke orang lain dengan memakan makanan yang terkontaminasi oleh orang yang terinfeksi yang tidak mencuci tangan dengan benar setelah dari kamar mandi.

7. Giardiasis 
Penyakit mudah menyebar melalui kontak tangan yang tidak dicuci dengan benar setelah buang air besar.

Cara Mencuci Tangan :
Yang terpenting dari proses cuci tangan adalah pada gosokan kedua tangan. 
 Basahi tangan dengan air mengalir
 Usapkan sabun secara merata pada tangan
 Gosok kedua tangan. Lihat gambar berikut




Lakukan pada tangan kiri kanan
 Bilas dengan air mengalir
 Lap dengan lap kering & bersih atau tissue

Kapan saat yang tepat untuk cuci tangan?
✅ Lakukan cuci tangan sesering mungkin! Jika secara berkala mencuci tangan dengan benar, dapat mengurangi risiko terkena atau menyebarkan flu/penyakit lain.

✅Segera cuci tangan dengan sabun ketika:

  • Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan/masakan. Ini dapat mengurangi risiko terkena atau menyebarkan bakteri yang menyebabkan makanan beracun.
  • Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengolah masakan dari jenis unggas, telur mentah, daging, atau seafood.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Usai buang air kecil/besar. Juga sehabis mengganti popok si kecil.
  • Sesudah bersin, batuk, membuang ingus.
  • Sehabis memegang barang yang kotor.
  • Usai menggunakan telepon, bersalaman.
  • Setelah main/memegang/memberi makan binatang peliharaan.
  • Sehabis bepergian, main di luar rumah, berkebun, dan kegiatan lainnya.
Sekali lagi, jangan anggap remeh manfaat dahsyat mencuci tangan. Jangan pernah bosan pula mengingatkan anak untuk melakukannya, termasuk memberi contoh pada si kecil. Hanya dengan sekian detik mengorbankan waktu untuk cuci tangan, kita tak perlu buang-buang waktu (dan uang) karena harus terbaring di rumah sakit.

TANYA JAWAB
Ummi Sari
Saya mau tanya dokter. penggunaan instant hand sanitizer seperti Antis, Dettol, dll itu bagaimana? (Maaf menyebutkan merk). Apakah efektif juga membunuh kuman? Karena ketika bepergian kadang kita tidak menemukan ada air dan sabun untuk mencuci tangan di tempat umum.
Jawab
itu termasuk cairan alkohol untuk mencuci tangan (juga dikenal sebagai cairan pencuci tangan, antiseptik, atau sanitasi tangan) dan menjadi populer. Banyak dari cairan ini berasal dari kandungan alkohol atau etanol yang dicampurkan bersama dengan kandungan pengental seperti karbomer, gliserin, dan menjadikannya serupa jelly, cairan, atau busa untuk memudahkan penggunaan dan menghindari perasaan kering karena penggunaan alkohol. Cairan ini mulai populer digunakan karena penggunaannya yang mudah, praktis karena tidak membutuhkan air dan sabun. Efektif juga untuk membunuh kuman tapi tidak semuanya . Cairan pembunuh kuman yang berbahan dasar alkohol tidak efektif untuk mematikan materi organik, dan virus-virus tertentu seperti norovirus, spora-spora bakteria tertentu, dan protozoa tertentu. Untuk membersihkan mikro organisme - mikro organisme tersebut tetap disarankan menggunakan sabun dan air.

ummi Restu
Mengenai makan menggunakan tangan, sebelum makan sudah cuci tangan tapi setelah makan kita membersihkan jari dengan menjilatnya. Dan jika ada makanan yang jatuh segera diambil dan tetap dimakan jangan dibuang. Menurut kebersihan dan higienitasnya bagaimana dokter?
Jawab
Memang bunda disunnah kan menjilat tangan setelah makan tapi sesudahnya kita tetap cuci tangan ya bunda, gak kebayang kan kalo kita setelah menjilati tangan terus anak kita salaman ato ketemu teman ajak salaman

Kalo yang makanan jatuh umm? Kalo makanan jatuh, lihat jatuhnya dimana bunda dan sebelum dimakan bersihkan bagian yang kotor dan bunda setahu saya kalo memang memang makanan tadi sudah tidak layak kira boleh membuangnya karena menurut saya agama kita tidak pernah mempersulit kok. Kurang dari 1 detik bunda semakin lama terjatuh semakin banyak kuman yang menempel jadi tetep harus di bersihkan dulu

Ummi Ittin
Afwan..dizaman rasul apa sudah ada sabun ya? Andai belum berarti alangkah banyaknya kuman dan bakteri yang masuk ke tubuh mereka, karena mencuci tangan tanpa sabun seperti yang dianjurkan di zaman sekarang. Mohon penjelasannya, afwan semoga bisa dfahami*
Jawab
Bunda titin untuk masalah hukum islam bukan bidang saya tapi ini saya copas ya dari 
islam-download.net/.../apakah-mencuci - ...
Syariat Islam adalah syariat yang fleksibel, terbangun di atas kaedah-kaedah umum, dan asas-asas yang universal. Syariat mengatur tingkah laku manusia dan di waktu yang sama memberikan jalan luas disesuaikan dengan perubahan zaman dan tempat. Dan dari hal tersebut, kita ketahui bahwasanya ia tidaklah termaksud untuk menyempitkan manusia dalam adat dan perbuatan-perbuatan mereka yang bersifat duniawi. Bahkan ia memberikan bagi mereka kebebasan berlaku disesuaikan dengan harapan, keinginan, maslahat dan apa yang bermanfaat bagi mereka, selama adat tersebut tidak menyelisihi atau melanggar nash dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Inilah makna dari apa yang ditetapkan oleh para fuqaha dan pakar Ushul Fiqh bahwasanya segala adat itu boleh dan termaafkan”

Berkembangnya ilmu pengetahuan adalah hasil dari wujud patuh muslim pd sunnah nabi untut menuntut ilmu.. begitupun non musim tetap gemar megembangkan ilmu pengetahuan.
Makin berkembag ilmu pengetahuan.. makin bnyk yg kita ketahui dan bayak manfaat yg kita ambil.. Untuk zaman Rasul dan para sahabat.. mungkin disanalah terdapat sifat Rahim Allah pada mereka.. Zaman yang masih belum kenal ilmu pengtahuan seperti sekarang sehingga Rasul dan sahabat adalah muslim yang sehat  dan kuat

 Ummi Ittin :
Apakah dengan tisu basah bisa menghilangkan kuman dan bakteri? Sebagai pengganti air atau hand sanitizer misal
Jawab
Mencuci tangan dengan tissu basah merupakan alternatif dari mencuci tangan dengan sabun dan air karena tissu basah sangatlah praktis. Untuk mencuci tangan dengan tissu basah hendaklah dilakukan secara searah sehingga bakteri yang ada dapat dihilangkan tetapi kenyataannya banyak masyarakat yang tidak melakukan hal seperti itu. Walaupun secara searah, tissue basah tidaklah efektif untuk mencuci tangan karena mencuci tangan dengan tissue basah hanyalah menyeka tidak membilas sehigga hanya memutar balikan kuman yang ada pada tangan.

 Tanya
Dalam mencuci tangan,lbh baik pakai sabun cair atau sabun batangan ya bu?
Jawab
Kalo cairan / gel sudah tadi pertanyaan no 01. Kalau dilihat secara ilmiah, sabun batang dan sabun cair punya bahan-bahan yang berbeda. Sabun batang terbuat dari proses saponification yaitu sebuah proses pengubahan lemak atau minyak melalui reaksi zat alkali. Jadi, sabun batang terbuat dari kombinasi antara lemak nabati atau hewani dengan zat alkali seperti sodium hydroxide. Sementara sabun cair punya kandungan-kandungan yang berbeda. Tipe sabun yang satu ini terbuat dari air, zat betaine, dan bahan foaming seperti SLS (sodium laureth sulfate). Tetapi akhir-akhir ini, SLS sedang dipertimbangkan para peneliti karena ternyata bisa menyebabkan iritasi jika tidak membilas dengan bersih. Makanya, buat kita yang punya kulit sensitif, coba pakai produk shower gel yang bebas dari bahan SLS. Untuk cuci tangan, pada sabun padat, resiko tertularnya kuman sangat besar karena peletakkan sabun padat hanya dibiarkan terbuka dan otomatis tersentuh oleh semua anggota keluarga. Sabun cair memiliki kemasan yang padat dan tertutup sehingga resiko untuk tertularnya kuman lebih sedikit daripada sabun padat. Selain itu sabun cair sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Ummi Ittin
Kalau begitu berarti berlaku juga untuk mandi ya bu? lebh baik pakai yang cair? Mencuci tangan,apakah harus dengan sabun cuci tangan? Bagaimana dengan sabun untuk mandi / mencuci piring / mencuci baju? Bolehkah kita tetap memakainya tanpa harus memakai sabun khusus untuk cuci tangan?
Jawab
Bisa bunda tapi lebih baik menggunakan sabun cuci tangan karena komposisi nya berbeda. untuk  pencuci piring/ baju itu deterjen bunda tangan kita nanti jadi kering bila terlalu sering menggunakan deterjen. Sabun adalah bahan kimia yang terbuat dari bahan alam, seperti minyak dan lemak yang direaksikan dengan bahan kimia lain yang disebut basa. Contoh bahan kimia basa, yaitu kalium hidroksida (KOH) dan natrium hidroksida (NaOH). Adapun detergen adalah senyawa kimia bernama alkyl benzene sulfonat (ABS) yang direaksikan dengan natrium hidroksida (NaOH).

Pemakaian detergen berlebih dan tangan bersentuhan langsung dengannya, dapat menyebabkan iritasi kulit. Kulit terasa kering, melepuh, retak-retak, dan mudah terkelupas. Hal ini jika dibiarkan berlanjut dapat mengakibatkan eksim kulit. 

 Tanya
Disaat mau tidur dan sesudah tidur apakah juga harus mencuci tangan, demi menjaga kesehatan kita?
Jawab
Iya bunda bener banget sebelum & sesudah tidur kita cuci tangan. jauh sebelumnya kita juga dianjurkan bersih diri dalam *adab tidur*  ya kan bund ?

اَلْحَمْدُ اللهِ رَبِّ الْعَلَمِين

Kita tutup kajian dengan
DOA KAFAROTUL MAJLIS

اَسْتَغْفِرُ اللهِ الْعَظِيْمِ .....اَسْتَغْفِرُ اللهِ الْعَظِيْمِ ....تَغْفِرُ اللهِ الْعَظِيْمِ ....

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT