Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » DIARE PADA ORANG DEWASA

DIARE PADA ORANG DEWASA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, October 17, 2014

Kajian Online Hamba  اللَّهِ  SWT ( Grup HA 13-14 Ummi )

Hari/Tanggal : Kamis /16 September  2014
Narasumber : dr. Annisa
Materi : Diare Pada Orang Dewasa
Admin : HA 13 Annisa | HA 14 Wiwin

Diare itu apa ya?
Buang air besar dengan tinja berbentuk cair atau setengah cair (setengah padat), kandungan air tinja LEBIH BANYAK dari biasanya lebih dari 200 gram atau 200 ml/24 jam. Definisi lain memakai kriteria frekuensi, yaitu buang air besar encer LEBIH DARI 3 kali per hari. Buang besar encer tersebut dapat/tanpa disertai lendir dan darah. Penyakit Diare biasanya berlangsung beberapa hari dan sering sembuh atau hilang tanpa pengobatan. Akan tetap adapula penyakit diare yang berlangsung selama berminggu-minggu atau lebih. 

Sekilas catatan untuk diare bunda...
Lebih dari 2 juta kasus diare akut "infeksius" di Amerika setiap tahunnya, yang merupakan penyebab KEDUA dari morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia. 


Apa aja yang bisa menyebabkan diare?
Banyak penyebab diare, antara lain:
- infeksi (bakteri, parasit, virus lebih sering pada anak), 
- keracunan makanan. 

Diare pada dewasa disebabkan makanan dan minuman yang tercemar kuman, seperti Eschericia coli (patogen), Salmonella sp, Shigella, virus, parasit seperti amuba, beberapa jamur seperti Candida sp. efek obat-obatan dan lain-lain

 Apa biasanya tanda yang menyertai diare? 
- Kram perut 
- Nyeri perut
- Demam 
- Darah dalam tinja 
- Kembung

Gimana sih mencegah diare?
 Mencuci tangan
 Minum air bersih yang telah diolah
 Mengkonsumsi makanan yang matang baik
 Mengelola sampah dengan baik

*ah kalau soal bersih bersih begini ana percaya bunda-bunda shalehah disini cinta kebersihan yaa. Kalau sudah terlanjur diare bagaimana? 
Dear bunda, jangan khawatir.. lakukan rehidrasi sebaik mungkin yaa.. bisa dengan minum air ataupun oralit. Makan makanan yang lebih mudah d cerna yaa seperti bubur, jus dll.. *karena perut dalam keadaan belum baik.

Kalau masih berlanjut boleh dengan obat warung  (selama tidak ada keluhan seperti adanya darah, demam, atau d sertai muntah-muntah baiknya langsung ke dokter yaa) Hmm minum obat warung pun sebaiknya tidak sampai 3hari lebih.. 

Oiya.. Tidak khawatir bukan berarti boleh didiamkan yaa diarenya. Apa diare itu bisa berbahaya?
Bisa bundaa.. kalau diarenya bisa menyebabkan dehidrasi

 Kapan harus ke dokter?

  • Kalau diarenya sudah lebih dari 2 hari
  • Mengalami dehidrasi – Ditandai oleh rasa haus yang berlebihan, mulut kering atau kulit kendur, Buang air kecil jarang, sedikit atau tidak sama sekali, lemas, pusing, atau urin berwarna gelap. 
  • Diare disertai sakit perut atau dubur yang parah.
  • Diare dengan tinja berdarah berwarna merah atau hitam.
  • Diare disertai demam di atas 39 C

Tanya Jawab HA 13 Ummi
 Dokter ana mau tanya kalau diare disertai darah merah dan kental bagaimana penanganya dok? syukron atas jawabanya dok
Jawab
Merah segar kah? Seperti penjelasan d atas bun.. apabila diare disertai darah mangga dibawa ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lajut karena diare dengan darah kemungkinan berasal dari bakteri..

 Dokter, kalo diare karena candida gimana penanganannya?
Jawab
Pada prinsinya diare di tangani dengan rehidrasi cairan terlebih dahulu, dengan oralit atau larutan gula garam apabila masih berlajut atau d temukan gejala seperti demam, darah, lendir baru d konsultasi kan ke dokter. Untuk yang candida d pastikan dulu dengan pemeriksaan, baru di berikan obat yang sesuai untuk candida..

 Dr. Icha saya mau tanya kalo ibu hamil kena diare penanganannya gimana ya? Apakah boleh minum oralit?
Jawab
Sama dengan diare pada umumnya bun dengan oralit terlebih dahulu dan pada kehamilan awal sebaiknya di hindari dulu obat-obatan untuk menghentikan diare.. 

 Oh yaa trus katanya minum teh pahit juga bisa mengobati diare, betul ga kalo itu?
Jawab
Minum teh pahit boleh-boleh saja.. namun sifatnya bukan mengobati hanya merasa nyaman lebih baik minum air putih atau oralit bun.. saya belum menemukan referensi penelitian bahwa teh pahit memperpendek masa diare.

Tanya Jawab HA 14 Ummi
 Anak saya (7th) sudah 3 hari diare, hari pertama diare lalu besoknya tidak BAB. Kalo diarenya sedang datang sehari 1-2 x, alhamdulillah sudah periksa ke dokter kemarin. Tadi pagi sebelum sekolah belum BAB lagi. Apa memang diare suka hilang timbul ya dok?
Jawab
Mungkin bisa di kontrol untuk jajanan ataupun mainan anaknya bun.. karena diare timbul faktor utamanya dari kebersihan, terutama yang di masukkan ke dalam mulut hilang timbul karena faktor kebiasaan belum berubah bun..

 Apa penderita diare boleh minum yogurt atau yakult & buah apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk penderita diare?
Jawab
Baiknya yang bersifat fermentasi seperti yoghurt dan asam di hindari dulu bun.. buah jambu, pisang baik di konsumsi untuk yang terkena diare terutama di jus untuk memudahkan pencernaannya.

 Dan apa benar diare itu bisa menular dok?
Jawab
Bisa bun.. apabila tangan kita kontak langsung dengan pup yang sakit, misal si kecil sedang diare, bunda lupa membersihkan tangan atau kurang bersih, kemudian langsung makan dari makanan yang terkontaminasi baik dari hewan atau kotoran. Alat makan di bersihkan kurang bersih..

 Assalamu’alaykum dokter, saya pernah dapat info kalo diare tidak boleh minum obat biar diarenya mampet, karena kotoran yang ada diperut tidak keluar dengan tuntas. Apa benar itu dokter?...
Jawab
Terutama anak ya bun karena apabila di berikan obat penghenti diare, sebenarnya proses sakit di dalam saluran cerna masih berlangsung oleh karena itu yang mesti di lakukan baiknya adalah lakukan rehidrasi terlebih dahulu seperti minum oralit atau buat sendiri larutan gula garam segelas air, gula 1 sendok makan, garam satu ruas jari baru apabila diketemukan adanya demam, diare lendir, seperti cucian beras, atau ada darah perlu d konsultasikan ke dokter untuk diobati.

 Assalamualaikum bu, saya mau nanya setahun yang lalu di sekolah anak saya ada program inunisasi ketika dia kelas 1 sekarang udah kelas 2 namun ketika itu saya tidak ikut sertakan dia untuk imunisasi gimana sebaiknya yang harus saya perbuat apakah anak saya tidak apa-apa jika tidak diimunisasi ketika itu atau nemang wajib untuk dimunisasi. mohon pejelasannya, dapat info bahwa imunisasi itu buatan non muslim?
Jawab
Dari seminar yang saya ikuti tentang imunisasi in sya allah halal untuk dimanfaatkan.. dengan adanya imunisasi mudharat yang mungkin bisa terjadi bisa di minimalisasi karena kita di berikan pejanan bakteri penyakit tertentu membuat efek kekebalan terhadap penyakit tersebut aktif sehingga ketika kuman tersebut masuk ke dalam tubuh in sya allah sudah lebih siap di bandingkan dengan yang belum di imunisasi, meskipun imunisasi nda bisa mencegah 100% penyakit tersebut masuk, namun setidaknya ada ikhtiar dari kita untuk pencegahannya.

 Dr, Icha yang cantik dan sholehat, suami saya kalau minum kopi langsung perutnya kembung dan kadang langsung diare. Apakah asam lambung yang meningkat bisa mengakibatjan diare?
Jawab
Bisa bun karena kondisi pencernaannya juga sedanng kurang baik akibat asam lambung yang meningkat..

 Apakah diare bisa menular ke orang lain dari kamar mandi (wc) yang habis dipakai si penderita ? Apakah kuman bisa hilang dengan pemakaian karbol untuk kamar mandi?
Jawab
Jika setelah dari wc tersebut tangan menyentuh mulut maka bisa menimbulkan diare bisa hilang dengan pemakaian karbol bun

 Afwan...Berikutnya diluar tema ya dok. Jika seorang yang pernah terkena DBD, cacar air apakah ada kemungkinan bisa terkena lagi?
Jawab
Untuk DBD bisa terkena lebih dari satu kali bahkan misal terjadi kedua kalinya dengan virus dari golongan yang berbeda biasanya sakitnya lebih berat dari sebelumnya, cacar air 1x bun, namun virus nya masih tetap d tubuh sampai seumur hidup tapi virus tersebut tidak aktif bisa muncul atau aktif kembali dengan penyakit yang berbeda yaitu penyakit herpes..

  Afwan,pertanyaan saya d luar tema bu dokter. Bila usia kehamilan sudah masuk 8 bulan masih ada flek, tapi tak sebanyak bulan sebelumnya, terus flek itu keluar bila sudah melakukan hub (afwan agak ) apakah itu akan berpengaruh sama babynya bu dokter?
Jawab
Untuk kehamilan trimester pertama kadang muncul flek dan nda menimbulkan masalah tapi untuk 8 bulan atau trimester 3 muncul flek perlu d waspadai dan baiknya kontrol ke dokter ya bun baik disertai maupun nda disertai nyeri perut..

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamualaikum wr wb

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post