Ketik Materi yang anda cari !!

Hidup menjadi Berkah

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, October 24, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT  (UMMI 02)

Hari / Tanggal : Kamis, 23 Okt 2014/ 28 Dzulhijjah 1435 H
Materi : Parenting
Narasumber : Ustadzah Dr. Widya
Admin : Bd.  Fitri
Notulen : Ana Trienat

Assalamualaiakum wr.wb.
Apa kabar bunda bunda sholehah??
Semoga selalu sehat, dalam lindungan Allah SWT, dan tetap semangat meniti hari hari yang penuh tantangan ini.. Alhamdulillah... kepada Allah kita memohon pertolongan dan menyerahkan ketundukan. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rosulullah SAW.

Bahagia sekali Allah izinkan saya berada diantara bunda bunda yang sholehah. Malam ini, saya akan sharing mengenai "Hidup menjadi Berkah". Mohon maaf jika dalam penyampaian nya masih tidak sempurna.
Bismillahirrahmaanirrahiim
Bunda sholehah yang di rahmati Allah...
Teori tentang berkah memang tidak mudah dicerna secara akal sederhana. Tetapi sebenarnya ia bisa dirasakan berkahnya. Seorang mukmim yang baik pasti punya catatan tentang hari hari dari kehidupan nya, di mana ia bisa merasakan bagaimana berkah yang diberikan Allah SWT, dalam bentuk apa pun.

Keberkahan itu kadang berupa penyikapan yang benar dari seorang mukmin terhadap sisi kehidupan. Berupa hati yang istiqomah terhadap pasang surut kehidupan. Turun nya nikmat tidak membuat hatinya lupa daratan. Demikian pula datang nya ujian atau cobaan, tidak juga membuat jiwa nya terguncang. Pendek kata, berkah dalam konteks ini adalah karunia Allah terhadap seorang mukmin berupa jiwa yang besar, hati yang lapang, sehingga tetap stabil menghadapi apa saja. Dalam pengertian ini Rosulullah bersabda: "Ada empat hal yang bila ada pada diri Engkau, maka tak ada beban bagimu atas apa~apa yang hilang dari dunia ini. Yaitu menjaga amanah, berbicara jujur, berakhlak mulia dan menjaga kebersihan diri".

Selain itu, wujud berkah bisa juga berupa melimpahnya karunia Allah. Diberikan kecukupan pada kebutuhan hidup. Atau, hidup itu sendiri bisa memberi manfaat yang bercabang~cabang. Ada orang orang yang diberkahi hidupnya, sehingga ia bisa memberi manfaat bagi orang banyak dalam urusan yang banyak pula. Ia, seperti kata seorang penyair, adalah orang satu yang bernilai seribu. Suatu hari, seorang laki laki bertanya kepada Rosulullah SAW, "Wahai Rosulullah, siapakah orang yang ?" Rosulullah menjawab, "Ialah orang yang panjang umurnya dan baik amalnya." Lalu orang itu bertanya lagi, siapakan seburuk~buruk orang?" Rosulullah menjawab, "Ialah orang yang panjang umurnya dan buruk amalnya.

Bunda sholehah yang dicintai Allah..
Hidup yang berkah dan baik akan berbuah kebaikan pula. Begitulah hidup seorang muslim. Ibarat pohon. Akarnya adalah iman kepada Allah SWT. Akar itu sekaligus jaminan eksistensinya. Sedang apa yang ia perbuat secara benar, akan melahirkan buah yang bersih, segar dan menyenangkan.

Bunda,,, Sebagai uraian akhir, saya berdoa dan berharap Semoga Allah SWT wujudkan keinginan keinginan baik kita. Semoga Allah memberi kekuatan kita untuk bertahan, tidak terhempas dan tidak terjerat oleh tarikan dunia hinga menyebabkan kita letih menaiki tangga tangga akhirat. Mari tengadahkan tangan bunda,, kita sama sama berdoa, " Ya Allah jadikan kondisi rahasiaku lebih baik dari kondisi lahirku. Dan jadikan kondisi lahirku itu baik. Jadikan batinku lebih baik dari lahirku. Dan jadikan lahirku baik.. ya Allah aku berlindung pada Mu dari menganggap diriku besar, tapi Engkau menganggapku kecil. Ya Allah aku berlindung dengan Ridho Mu dari kemarahan Mu.. aku berlindung dengan maaf Mu dari Azab Mu. Aamiin

Bunda sholehah hanya ini materi yang bisa saya bagi dengan bunda. Jika ada pertanyaan, tafadhol ya bunda namun mhn maaf jika saya belum bisa membalasnya dengan cepat. Saya sedang antar ibu berobat. Beliau sedang sakit.

Jazakillah atas silaturahim dan jalinan ukhuwah bersama bunda di sini.
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Billahi Taufik Walhidayah wassalamualaikum wr.wb.

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post