Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Kajian Parenting - Pentingnya menanamkan kepercayaan pada anak sejak dini

REKAP MATERI KAJIAN HA NANDA 108
Selasa, 07 Oktober 2014

Pemateri: Bunda Dianda
Tema     : Perenting
Notulen : Fiet
Editor    : Ira Wahyudiyanti








Assalamualaikum nanda sekalian.. hari ini kita Akan.membahas tentang pentingnya mananamkan.Rasa percaya pada anak sejak dini

pertama seperti apa sih mananamkan kepercayaan pada anak? dan sejak kapan?

sejak bayi kita bisa mulai.. dengan Hal Hal kecil.. seperti komentar2 kita pada perilaku atau tangisan bayi

kita sebagai ibu bisa mencoba percaya pada apapun yg anak tampilkan.. coba biasakan beri komentar yang netral menuju positif.. usahakan jangan komentar negatif..

contoh saat anak menangis.. hindari komentar seperti "duh rewel amat sih.." atau "jangan nangis dong dek.." anak bisa merasa tidak diterima, karena.yang mereka ungkapkan tidak dipercaya ibu mereka/lingkungan

komentar netral seperti.. "kenapa dek, badan adek sakit?" atau "nangis dek? lapar?.. ngantuk?" sambil berusaha memberi apa yang mereka butuh..

usahakan menahan diri dari berbicara hal2 negatif seperti saat kita emosi. saat anak Mau mencoba melakukan sesuatu.. jangan dilarang atau mengatakan anak tidak bisa.. kita sabar dulu, tahan diri dari bereaksi terlalu banyak.. beri.kesempatan anak mencoba dan memproses hal2 yang ia alami.. ini.adalah sikap kita dalam mempercayai anak

contoh saat anak baru belajar berjalan.. tiba2 merangkak menuju tangga dan mau.naik...
coba kita.ikuti di.belakangnya sambil diam.siapkan.diri menangkap anak jika.jatuh (bukan saat akan jatuh yaa) dan.berikan.anak.waktu.untuk mencoba sendiri

saat anak.jatuh.. senyum ya, puji usahanya dan semangati anak. begitu juga saat berhasil. tanamkan pada diri bahwa kita percaya pada anak. anak pasti bisa.. kalau.anak sudah Mau mncoba.. jangan dilarang atau dibatasi..

karena mereka sedang menguji kemampuan dirinya.. jadi kalau anak merangkak naik tangga.. sampe atas.. kita ikuti saja di belakangnya.. terus.sampai atas. anak juga menjadi berani.. tau ibunya.percaya pada mereka dan bangga sudah berhasil.

soal pisau..air panas..sama yaa. hanya pastikan anak tidak sampai dalam kondisi darurat. sy cenderung..anak merasa sakit sedikit tidak apa. misalnya air panas.. ajak.
bikin teh.. kalau anak.Mau tekan tombol air panas.biarkan..sambil kita bilang "hati2 ya.. panas"

biasanya seiring kita memberi kepercayaan pada anak.. anak akan terbiasa jujur.

coba kita refleksi.. kapan sih kita Mau/pengen berbohong? saat.keinginan.kita dibatasi samasekali. dituduh/tidak.diberi.kepercayaan samasekali

ummi, bisa.lebih.diperbanyak mengecek kebenaran kata2 anak langsung.ke sumbernya.. jadi misal soal makan sayur..cek sj apa sayurnya.berkurang..atau tanya ke saudara/art.diam2..daripada langsung meng konfrontasi ke anak

untuk melarang2.. pastikan dulu.alasannya..misal..kenapa harus memisahkan tidur.anak.saat.ada adek.bayi? apakah takut si anak akan cemburu dan menjahili.adik bayi? nah disini start Rasa percaya. gak.usah dipisah dulu.. beritahu.anak apa yang boleh dan tidak boleh saat ada adek bayi. sabar.. biarkan.si.kakak kenalan dengan adiknya. kasih.kesempatan sambil.diawasi.. di
... segitu dulu yaaa. hehe

TANYA JAWAB:

Indah: Saya mau bertanya bgmna cara menasihati anak yg menjadi agak nakal karena tmn2 skitar tpi msih di bwh 10 thn tpi dgn tdk menyinggung hatinya?
 susah yaa kalau sampe tidak mrnyinggung? menurut says sih mrnyinggung tidak apa, ask jangan.kasar dan menyakiti hati.. beda yaa..

coba diajak ngomong aja.. ajak anak untuk melihat dan menilai sendiri teman2nya dan bagaimana kira2 orang lain bersikap ke mereka kalau mereka mengerjakan Hal yg tidak baik
 kalau akhirnya mrnyinggung.. jelaskan dan beri waktu anak untuk memproses informasi baru itu

Fiet: Bunda, bagaimana cara'a menahan emosi agar tetap stabil jika anak bertingkah super duper rewel/agak bertingkah?

 menahan emosi ya... kita Harus pahami dulu apa sebabnya anak menjadi rewel.. juga Haruspahami ciri anak dalam tahap perkembangannya..

jadi tau..mana yang Harus kita respon dengan marah dan mana yg tidak.

untuk menahan marah.. tips nya menenangkan diri.. alihkan perhatian.

jadi ibu itu hari ekstra sabar, Bunda ya???

Tp fiet org'a g bs sabaran bun. Apa lg klo lg capek, g bs diganggu.
Gmn tu klau lg cpe trus ank'a rewel. Puyeng deh
😅😅😅

 mba fiet.. haha.. in syaa Allah nanti kalau ketemu denganvanak sendiri muncul Rasa keibuan.. nanti ada jalan amiin. hehe. saya jugavdulu begitu
 dulu gak suka anak2..  yg penting kritis dan terus cari ilmu.. soalnya kalau pasif kita bisa keikut aja arus pengasuhan dari lingkungan yang masih pakai cara dulu.. cubit, pukul, jewer, larang2 ini itu.. hehe.

 Rahma: Bunda kponakan saya tu rewel bgt , umurnya 3thn, krna dia cucu prtma d'keluarga sya jdi sngat d'mnja, dan kalau mau apa2 hrus d'turuti klw tdk mlah ngambek,, trus apkh bnar jika anak trus2 d'marahin akan brpengaruh pda sistem krja otaknya / mnjdi kurng pntar,,, ??

 mba rahma.. konon memang hasil penelitian begitu.. syaraf2 di.Otak anak jadi nggak tersambung dengan baik. saya kurang paham yaa kaitannya dengan kepintaran.. mungkin lebih lambat dalam menyerap informasi..
 tapi terlalu dimanja juga gak baik yaa

 Desti: Bunda, bagaimana cara mengatasi anak yg keras kepala, dibilangin yg baik susah bunda jadi harus nunggu keinginannya sendiri baru mau

 mba desti anaknya usia berapa jk appa? disuruh apa yang gakmau?

 Misal.. kalau anaknya sdh trlnjur dididik bukan sprti yg diatas umm.. Apa yg hrus dilakukan oleh orangtua spy si anak ini bisa mersa klau dirinya tlah dipercaya oleh ortunya ??

 mba diah.. kalau anak sudah terlanjur dididik begitu.. pertama sebelum berubah..usahakan ada mukaddimah dulu, pembukaan.. dulu ayah ibu begini, begitu.. ternyata kurang tepat.. ada cara yang lebih baik. nah kita coba begitu yaa... --> kalau anak udah usia 2th ke atas.. udah bisa ngobrol 2arah. kalau di bawah itu yaa.. langsung aja

 Bun, dl pas masi sklh di MA, fiet prnah ikut seminar perenting. Kata motivator'a klo ortu memukul/membentak anak, itu 1 syaraf di otk'a terputus. Jdi bs saja anak tsb kelak IQ'a dibawah rata.
Krn pd dasar'a anak dilahirkan sempurna, tp asuhanlah yg membuat dia jd begini dan begitu.

Tp ad hdits rasul juga mengatakan, jika anak tdk mau shalat (7th) mka pukullah(kira2 gt inti hdits'a)
 Jadi, apa boleh memukul anak yg tdk paduh pda usia 7th k atas.?
Dan itu memukul yg bagaimana??

jangan kenceng2 mukulnya... kalau saya begini.. sama anak yang mesra dan pelihara kedekatan (bonding dengan anak).. jadi pukul itu.. pukullah, tapi gakperlusampai sakit. sertai suara yang tegas. jadi kena di hati, bukan di badan


 Nanda: Tapi melihat kenyataan yang ada, anak2 yang dididik keras, pada saat dewasa nantinya akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab, yang gak lembek, yang disiplin..
Berarti tak apa dong ummi kalo kita sedikit pake kekerasan 😅😅

 mba nanda... itu kesimpulan darimana?
 
 saya Mau tanya rekan2 sekalian.. kalau sejak kecil rekans dididik oleh ortu dengan pukulan, cubitan,jeweran, ledekan, cibiran, tamparan, pecutan rotan...

perilaku kita menuruti perintah ortu apakah.dibarengi dengan rasacinta atau benci pada ortu?

Nanda:
Lebih kepada takut, Bunda.. Hehe

Bunda:
takut kira2 akan melahirkan apa?

Nanda:
 Benci sih, Bunda. Hehe

Bunda:
 takut saat kecil.. kalau sudah besar apa.masih takut? kira2 anak akan merasa apa pada ortunya saat sudah besar?

Nanda:
Dendam, Bunda. Kaya teman saya. 
Perilakunya jd kasar dan sering menyalahkan orgtuanya..

Bunda:
 bunda dianda: keras jangan.tegas boleh

 Bun, sdkit keluar dari materi ga papa ya.....

Ada yg bilang, kalau salah satu penyebab hambatan bicara pada anak adalah karena terlalu banyak speaker. Contoh ketika seorang ibu mengajak anaknya yg berusia 3 th yg belum jelas bicaranya ke mall, ada seseorang yg bertanya, eh..adek lucu banget. Namanya siapa? Tapi yg jawab malah ibunya.

Itu maksudna gmn, bun?

 mba nadiya...lengkapnya namanya kurang stimulasi.. maksudnya stimulasi yang sesuaiuntuk peningkatan bicara. termasuk pengaruh gadget.. dual-bahasa, juga perilaku seperti.tadi.

usia 3tahun.kalau belum lancar bicara sudah perlu konsul yaa.. batassss ujung

 Jd, sy punya teman, usianya sdh dewasa awal, terdidik dg kehidupan yg sgt keras (Ayahnya sipir penjara). Sedari kecil, ia terbiasa dg hidup keras. Nah, sy tahu beliau sdh berusaha utk belajar mengendalikan emosi dan perilaku, tp begitu sulit. Nah, apakah hal ini bs menurun ke anak2nya? Karena, kata beliau, perangainya yg saat ini, adalah semacam keturunan keluarga, dr bbrp generasi...
jawab:mb.anes.bisa banget


Bun..ak mau tanya mengenai peran muslimah dalam mendidik anak melihat kecenderungam saat ini muslimah bekerja dan menyerahkan pengurusan anak ke 'si mbak'...
 Alesan bekerja adalah untuk.membantu nafkah keluarga atau 'jaga2' kalo terjadi phk suami dll..

Jwb : oomenyiasati kebutuhan bekerja ya?

saya cenderung kalau ibu bekerjanya paruh waktu saja.. dan anak bisa titip di daycare.. karena kalau dengan mbak di rumah khawatir masalah keamanan dan cara pengasuhan.. sedangkan kalau di daycare kita bisa kontrol dengan saling ngobrol dengan ibu2 lain

 Daycare ky penitipan anak gt ya? Kalau misal d kota tmpt tggl kita nantix ga ada tmpat ky gt gmn bun? 😅
Itu kan biasax d kota besar saja

Jwb : kalo gak ada daycare yaa nitip keluarga mba... hehe

 Assalamualaikum...
Umi mau tanya kl nanti saya pnya anak di awal kelahiran kan memang cuti tp terbatas kan cutinya it pemberian asinya gmn ya?? Kl mslkn d ksh susu formula takutnya ke asi g mau...
( berasa udah punya anak aja 🙈🙈🙈)

Jwb : yw sama pompa asi