Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Kajian Psikologi : Marah ketika pengasuhan anak

Rekapan kajian HA 01 Kamis  11 sep 2014
Narsum : U. Dianda
Tema : Psikologi marah pada anak

Assalamualaikum ummi2..
Jadi respon semalam lebih banyak yg mau materi tntg marah.. hehe. Sy posting yaaa materinyaaa
Soal gadget ingatkan sy untuk materi ketiga nanti
Siap2 agak panjang nih soalnya
Bismillah..
Bagian 2: jadi, kalau ibu2 jangan marah ke anaknya, bagaimana melarangnya?
Assalamualaikum ummi2 sekalian. Piye kabare? Apik2.tenan yaa in syaa Allah. Waktu lalu kita sudah membahas mengenai marah dalam pengasuhan anak. Apa itu marah, Hal2 yang dapat membuat kita marah, dan 3 rasa marah: rasa pikir, rasa fisik dan rasa perilaku.
Sebetulnya. . Terutama pada anak2 usia dini yaa.. sebetulnya kita itu tidak perlu marah pada anak. Karena anak itu tidak melakukan perbuatan secara bertujuan, melainkan hanya bentuk tampilan dari dorongan alamiah dalam dirinya. Dorongan2 alamiah ini.. sebutan kerennya "tugas/tahapan perkembangan" jadi bukannya mereka lari2 karena pengen nherusak barang2.. tapi ya karena secara alamiah energi mereka sedang tinggi, kontrol perilakunya rendah.. jadi lagi impulsifff.banget. kita ini. . Sebagai ibu, marah terutama karena.. kita capek.. stres.. sedang ada masalah.. dst. Anak jadi pelampiasan.
Sudah tahu apa saja tahapan perkembangan anak? Biar enak sy share lg yaa.
Tahapan perkembangan anak..
?Anak bayi.. 0-2 thn kan masa-masanya pertumbuhan. Dari bayi trus bisa guling, duduk, berdiri dan sebagainya. Perlu pengembangan otot-otot kasar.. sesuai dengan usianya. Jadi misal. . Dia lagi mau guling.. kita sediakan dia pas tidur di tempat rata, supaya bisa guling. Begitu juga kalo mau merangkak. Karna kalo landasannya nggak rata/keras.. malah gak bisa guling n gakbisa merangkak. .
??0-5thn anak eksplorasi abis-abisan. Karena sejatinya anak pengen.bisa.. pengen bisa manjat, eksplorasi sofa dan tangga. Eksplorasi makanan.. mau bejek-bejek in nasi dimasukin mulut.  Jangan dilarang.. biarkan saja. Prinsip nya kita biarkan dan sediakan stimulasi supaya anak bisa belajar, dan awasi spy jangan terjadi kondisi bahaya. Sabar.. percaya anak pasti bisa in sya Allah. Anak yg dipercaya.. bisa belajar n mengembangkan kemampuan secara mandiri.. akan memupuk rasa percaya dirinya.
Modal besar buat ke depan
??Sampe 2 thn anak belum.bisa berbagi mainan. Dan main masih asik sendiri. . Gak tertarik main dengan teman sebaya. Main bersama dan berbagi biasanya dimulai umur 3 thn. . Tapi inget tiap anak beda-beda. Anak mulai nge liat-liat, ngedeketin.. ajak main temen-temennya. Mulai punya rasa ego.. kalo tadinya semua nurut (disuruh apa2 mau), biasanya di 3 thn apa2 nggak mau. Karna ego nya mulai berkembang. Udah punya kemauan sendiri.. udah bisa bilang mau apa dan nggak mau apa..
??Oiya.. siap-siap umur 2 sampe... mungkin 4 thn kali ya.. ada periode tantrum. Hehe. Kalo ditolak kemauan nya bakal nangis gegulingan teriak ga karu-karuan. Hehehe. Dia butuh diajarkan untuk regulasi emosi. Jadi kalo ada yang gak.boleh.. konsisten. Sekali bilang gak boleh.. mau dia teriak jejeritan kyk apa juga.. jangan dikasih. Hehe..
Tar lama2 kalo kita larang, ga pake nangis, dia udh tau bakal ga dapet nyerah deh.. paling ngambek dan mulai nego.. "kalo besok bole ma? Kalo permen? Atau es krim? Boleee??" Hehhee
??Umur 4th anak mulai main pake aturan. Ngumpul sama temen-teman yang jenis kelaminnya sama.. ini ngembangin kemampuan sosial..berteman. gimana kalo yang ini mainnya curang.. kalo yangg itu gak mau ngalah.. kalo yang disana sukanya musuh-musuhin.. hehe. Wah seru. Ntar anak ngadu..nangis si ini begitu begitu.
??Anak usia SD.. masih periode berteman.. dan belajar. Skills yang berkembang penting buat mereka. Memupuk PD dan konsep diri yang baik. 2 hal Ini modal jadi pribadi yang kuat. Mulai belajar mandiri..

??Mulai SMP.. puber.. hormon naik turun.. mood naik turun.. udah mulai suka yang lawan jenis.. cari jati diri katanya, gak suka diatur-atur disuruh-suruh karna merasa udah bukan anak-anak lagi. Tapi juga belum dewasa..
Sama anak puber..kita jadiin temen. Jangan terlalu dikekang.. tar berontak. Hehe
Yaaa gitu kira2 bun..
Anak mulai beranjak dewasa dan mampu mandiri, kita bisa membuat kesepakatan dengan anak-anak untuk ikut kontribusi mengerjakan tugas-tugas rumah. . Dan tanggung jawab terhadap keperluan masing-masing. Jelaskan sebabnya.. lalu, saat pelaksanaan ibu tahan-tahan diri yaa.. hehe. Anak perlu belajar merasakan konsekuensi dari keputusan-keputusannya, baik untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
Jadi, bagaimana cara melarang anak?
Ada beberapa prinsip.
1. Jangan melarang anak melakukan hal2 yg sedang dalam masa/tugas perkembangannya.
Kenapa? Karena ini cenderung menghambat anak untuk.berkembang. secara alamiah, tubuh anak sedang mempersiapkan dirinya untuj naik melas ke.level lebih tinggi. Misal pada usia 3-6 th anak sedang suka lari2..teriak2..lompat2.. krn energinya sedang banyak, dorongan untuk.menyempurnakan prkembangam otot motorik kasar, keseimbangan.. ini penting untuk.kemampuan belajar akademis nantinya. Gak usah dilarang2.. percuma.juga sih. Anaknya.bakal tetwp.aja.lari2.. kita yg stres. Hehe..
2. Bersikap tegas dan konsisten.
Sampaikan pada anak dengan tegas apa2.saja yg ia boleh dan tidak boleh lakukan. Yg paling oenting..dan kadang yg paling susah.. adalah konsistensi. Kalau bisa, ibu kuasai seluruh runah supaya kakek-nenek-pembantu semuanya.menerapkan aturan yg sama pada anak.
3. Jelaskan ke anak kenapa hal2 itu dilarang.
Ibu2.. hehe. Sangat tidak disarankan melarang dengan menakut2i, mengiming2i, membohongi dsn melarang tanpa alasan. Kenapa? Karena anak perlu tahu sebab dia dilarang. Jelaskan dengannbahasa yg sederhana. Ini mengembangkan daya nalar anak. Perbendaharaan kata..juga nilai2 moral.
4. Berikan konsekuensi, bukan hukuman.. apalagi hukuman fisik.
Nah.. sebisa mungkin, beri anak konsekuensi yg sesuai dengan perbuatannya. Misal.. dilarang makan permen lebih dari 1 per hari. Taunya dia makan permen.. 2. Yaa berarti jatah permen besok hilang.  Hehe. Kenapa? Jelaskan. Soalnya kalau adek makan permen.banyak2..giginya bisa rusak.. sakit. Nanti mesti dokter.. begitu2. Ambil hak dia.. bujan dihukum. Makan permen.. trus dicubit. Apa hubungannya? Anak jadi bingung. Terus marah deh.. makin anak pinter,  makin marah. Karena dikit2 ujungnya cubit. Jadi males nururin kita.. kebal sama.cubit2annya. Cara ini meningkatkan awareness anak2 juga. Kontrol diri juga. Oooh aku gak boleh banyak makan manis.. nanti.gigi bolong. Harus serinf sikat gigi.. gitu.misalnya.
5. Tahan dengan tantrum.
Apa itu tantrum? Tantrum adalah episode marah anak..terutama usia <5 th. Yg menunjukkan dia gak mau mengerjakan hal2 yg kita suruh, atau meminta sesuatu yg kita larang. Tantrum.bisa... anak2 nangis2... menjerit2..teriak2..guking2an di.lantai...pegang kaki..hehe.
Saabar aja yaa ibu2. Tapi jangam dipedulikan..perilakunya. *bukan anaknya*. Tetap konsisten dengan aturan..biarkan anak tantrum selama tidak.merugikan dirinya dan org2 lain. Ajak bicara dgn lembut..tetep konsisten. Kalau anak.mulai pukul2..pegang tangannya spy dia tidak pukul..juga kakinya kalau tendang. Atau peluk kencang sampai anak tenang. Well tantrum itu fase.. hehe. perlu buat anak belajar cara mengendalikan diri. Anak yg tantrum dan dituruti, besarnya cenderung mudah melawan aturan..semaunya sendiri..dst2.
6. Selama periode larang2an di atas.. usahakan kita hilangkan emosi ya. Kalau marah bilang saja "ummi marah, soalnya adek...." gitu. Jelas. Tapi jangan marah2.. beda yaa. Hehe. Anak belajar baca emosi dan tau aoa yg diharapkan dari situasi2 yg menimbulkan emosi tsb. Setelah proses "kontrak (penjelasan dilarang sampai konsekuensi) selesai.. nada bicara turun lagi. Lupakan nada tegas tadi. Start nada baru yg lembut. . Jd anak cooling off juga. Alihkan perhatian dgn tanya mainan ini itu.. tadi ngapain aja.. atau boleh juga feedback dgn tanya.. "tadi kk kenpa sih begini begitu? Emangnya marah sama bunda?" Again, belajar komunikasi terbuka, yg baik dan pengenalan emosi ke anak.
Kalau dirangkum2 ini judulnya proses disiplin pada anak. Dan proses ini sejatinya adalah proses pengajaran disiplin. Jadi intinha adalah anak belajar.. bukan anak "didisiplinkan alias dipukul dst"
Baiklah sekian duluu.. materinya. Mudah2an bermanfaat yaa..
Wallahualam bisshawab.

Pertanyaan dan Jawaban
====================
1. Bunda Asih :  Tny ya bunda
Anak prtama sy dr kcl smp skr 8th prmpuan klo marah sm adikny sll memukul.
Pdhl sdh sll dberi th utk tdk mnyakiti.
Jwbanny klo ga adik dluan mi ya wong cm dgituin aja.
Gmn ya bun?
Jawab :
Ummi asih.. kenapa.bisa dari kecil sampai sekarang masih memukul? Apakah tidak.ditegur? Konsisten ya. Bilang.. kalau kk pukul adeknya waktu marah, kk tidak boleh.... apa yg dia suka. Konsekuensinya kalau berteman sering pukuk adalah tidak ada yg suka dgn dia. Coba isolasi.. kk gak.boleb main dgn teman. Krn nanti kalo marah sama temen pukul2 temennya. Konsisten. Ingatkan terus.
Oiya kasih jalan keluar juga. Kalau sedang marah bikang aja "gak suka dek.." tidak pukul. Gitu
Jangan berintoleransi pada anak yg sudah mulai pukul2. Tetap ditegur dgn tegas dan beri konsekuensi. Kalau kita gak gitu ya.lama2 biasa. .
2.  Bunda Marpiah : Tanya bun,anak saya 1, umr 6 thn,tp kok belum begitu mengerti kewajiban belajar, sekarang klas 1. Apa karena dia masuk SD blm ada 6 thn,jd dia maunya ingin main game dan lihat kartun
Jawab  :
Ummi marpiah.  Usia 6 thn memang masih masa2 ya main sih. Tapi ya kalau.bisa jangan main game dan nonton kartun yaa. Sy termasuk yg keras melarang keduanya belebihan..batasi kegiatan itu hanya 1 jam sehari.
pelan2 saja. Kalau soal kebiasaan.belajar mungkin nanti setekah beradaptasi dgn du ia sekolah. . Dia. Mulai.bisa teratur.
3. Bunda Marpiah : Anak saya umr 3 thn.adiknya laki2, dia maunya ingin semua sendiri.buat susu,makan ambil sendiri,mandiri apakah harus dibiarkan bun?. Dan dia selalu buat kwatir bun,sebab kalau gak dilihat dia apa saja,itu barang elektro.dia bongjkar dan.bautnya gak ada yg hilang dan rusak,pintu tempat baju dia jg dibongkar rapi,klau di diamkan dia perbaiki seperti semula,suamiq dan keluarga q smpk bigung ,gimana cara dia membongkar barang tnp rusak,itu dia mlai kaya itu umr 1 th4 bln ,
Apakah yg.hrs kami perbuat bun?
Jawab :
Usia 3 th .. memang begitu. Biarkan saja agar melatih kemandirian. Urusan.bongkar2.. Kalau bisa malah distimulasi saja.beli perangkat mainan yg kegiatannya mirip, seperti lego atau mainan dgn obeng2.
4. Bunda Marpiah : 1 lg bun gimana cara merubah sifat anak,karena dr kecil umur 1 thn nan,saya selalu bilang ,gak boleh terima apa saja dr orang lain,tdk boleh main kotor2 dan mainan orang lain,memakai kepunyaan orang lain,tp ijin bapak ibu
Sekarang getahnya bun dia terlalu kerjik,kena air sandalnya pas wudhu
Jawab :
Ummi marpiah.. kalau gitusekarang saatnga anak dibolehkan semuanga. Dorong anak main di lapangan,  main dengan teman, memberi dan menerima. Lalu ajarkan cuci tangan dan kaki sendiri. Tidak perlu dilarang2.
5. Bunda Romy : Bun ty ya...
Anak sya umur 7th lki2.krna anak prtama ap g boleh truz ap2 dlrang jdi bsarny lom ngerti tnggung jawab.truz skrg ska bngt pk aksesoris prempuan&maen sma anak prempuan.kdang2 smp sya mrah2 krn tnggkh lakuny ky anak prempuan.kdang sya takut2i.gmn y bun cra mnghadapiny?
Tkut kebablasen bun...
Jawab :
Ummi romi.. Ajak anak main bola. Bikin kegiatan olahraga rutin dgn teman laki2. Jangn dilarang2 lagi.. tapi stop duku akses ke teman perempuan dan aksesori2 itu.
6. Bunda Nana : Bunda... Doa Nurbuat itu apakah berdasarkan Alquran N hadits ?
Jawab :
Bunda nana doa nurbuat sy gaj paham...hehe
7. Bunda Asih : Sdh bun dr kcl sdh dtegur trs...sy jg blg umi marah...sdh dbilang spt bunda blg jg...sdh diisolasi jg
Jawab :
Bunda asih..Suara tegas agak tinggi saat anak akan memukul. Pegang tangannya kuat2. Dudukkan posisi.tegak. tekankan.. tidak boleh pukul.adik.
8. Bunda Marpiah :  Oh,gitu bun,tp dia selalu protes semua boleh main aq terus belajar,sebab mulai  umur 3 th udah sekolah pulang jam 2, sampai sekarang bun,dan.dirumah jam 2, lalu les,trus ngaji,jd waktu cuma malam,dia buat main nonton kartun,apakah saya keterlaluan cara mendidiknya bun,?
Tp yg kecil itu extrim bun,dia gak begitu suka bungkar pasang mainnan,maunya kaya orang tua,saja bun,apakah harus saya pupus kretif dia yg mulai nampak atau saya semangatti dia bun,?


Pertanyaan
1. Tanya bunda Ine
: Tanya bund....
Anak saya laki2 16 tahun...dr kecil anak nya pendiam dan agak tertutup....gimana cara nya supaya kita bisa akrab dengan dia...
Alhamdulillah soal pelajaran di sekolah bagus...cuma untuk terbuka dengan orang tua susah
Jawab :  Ust Dianda: Oke. Ummi C'lev.. caranya.dekat dengan anak..
Cari tahu minatnya apa.. lalu luangkan waktu.. sekeluarga, atau berdua mengerjakan hal2 yg dia suka.santai aja . Jgn terlalu frontal atau ngajak ngobrol hal2 yg terlalu dalam. Kyk gini sering2 boleh..
Bunda Ine : Anak nya minderan..meski sama orang tua sekali pun...di sekolah sering juara...sering tampil berbagai acara....tp tidak boleh orang tua melihat dia tampil...pernah dia juara hafalan ayat ...semua orang ambil piala di dampingi orang tua tp dia g mau ada orang tua nya hadir...
Ust Dianda: Umi Clev.. ada kemungkinan si anak marah dengan orangtuanya? Apa.prrnah.ada perselisihan?
Bunda  Ine : Tidak pernah...dr kecil juga sudah begini...waktu şekolah di TK aj sering tampil ...tp di g mau kalo bunda nya hadir di sekolah...sampai sekarang udah di SMU juga kay gitu...kadang merasa sedih sendiri
Ustz Dianda : Ummi clev.. anak tidak mau tampil di deoan orangtua.. kira2 apa penyebabnya? kenapa khusus orangtua yg dia tidak Mau? Apakah.. orangtua sering mengkritik? Menggoda anak? Atau... banyak tuntutan? Sering menceritakan.ke.saudara2? Kira2 apa yaa...
2. Bunda Roro: ustadzah, anak saya laki umur 1th 6 bln, tapi blm bisa ngomong baru umi,mba,bobo,dsbyg ane tanyakan kalo dia dikatakan jangan dia nekad dan bhkan terus memukul, ataupun menjmbak rambut kknya.kata yang tepat untuk larangan apa ya us, kdang dialihkan ini yang dipukul nak...bisa,tp kdng jg g bisa.mhn solusinya
Jawab Ust Dianda: Ummi.roro.. sesuai dgn tahap perkembangan.. usia 1th 6 bln memang sedang masa tumbuh dan eksplorasi. Jadi.. sbnernya dia belum paham apa yg dilarang.. Kenapa dilarang dst. Bisa jadi memukul itu adalah cara dia mengajak bermainm tanggapi dengan santai saja.. candaan atau ajak tos.. atau dinyanyikan lagu juga boleh.. untuk bicara usia segitu masih normal ya.. biasanya di usia 2 thn anak akan lebih jelas mengutarakan maksud,  lebih terang bivaranya dan mulai merangkai 2 kata.
3.Bunda Tyza: Batas kejahilan yg normal utk anak2 seperti apa ya bun? Anak ini 7thn bun, laki2, kelas 2 SD. Sy khawatir soalnya kok kyknya nakal sekali, menjurus ke tdk sopan (bicara kotor, buka rok saudaranya, dsb). Bgmn caranya merubahnya? Sementara orang tuanya sendiri tdk tegas, sy sebagai tantenya seharusnya spt apa bersikap? Takut dianggap lancang..tp sy khawatir jg ini akan menular ke saudara2nya yg lain yg lbh muda
Oh iya, anaknya sebenarnya cerdas n kritis..cm ya itu suka tdk sopan. Anehnya kl ada tamu dia bisa anteng bgt, jd seperti anak yg penurut. Tp kl udh pada pergi langsung keluar lagi deh yg aneh2 😅
Jawab Ust Dianda: Ummi mystizha.. anak ini lingkungannya seperti apa? Anak selalu banyak mencontoh lingkungan. Teman2 sekolah bicaranya seperti apa? Berteman dgn siapa dia? apakah sering nonton tv?
Budaya tiap keluarga beda2 yaa.. kalau sy sij venderung langsung tegur saja anaknya saat sy melihat dia melakukan hak2.yg tdk pantas/baik.
4. Bunda  Anna:
bunda,ada yg blg anak bayi blm setaun jika manja ingin sll gendong,hrs di gendong smp puas.pdhl bs smp 6 jam.katanya nantinya itu bs membuat anak pcaya diri.kl mnrt ilmu pengasuhan anak di islam spt apa?krn bdasarkan pengalaman,anak2 sy yg skrg usia 8 th&12 th,pkembangannya baik2 sj,percaya diri,mudah bergaul,alhamdulillah mrk jg tumbuh mjd anak2 yg bahagia,in sya Allah,pdhl saat bayi jarang sy gendong krn mrk saat bayi-nya gemuk2.sy berencana ingin tambah momongan lg.jazakillah khair utk sharing ilmu-nya bunda...
Jawab Ust Dianda: Ummi anna.. sy termasuj yg setuju dengan sering gendong yaa. krn hakekat nya si anak selama dalam kandungan dekat dgn kita..maka setelah lahir oun ingin dekat dgn kita.
Ilmu oengasuhan dlm islam sepemahaman sy juga begitu.. 7th pertama anak adalah raja. Apa2 diruruti.. salat pun, saat anak nangis, digendong.. Rasulullah SAW yg mencontohkan.
Sering gendong bikin pd? Secara ridak langsung ya, tpu melalui oerantaraan kelekatan yg sehat dgn ibu. Rasa aman nyaman dan bonding yg kuat dgn ibu membuat anak kebih jarang berontak, lebih mudah dinasehati, lebih sedikit terlibat masalah.
5. Bunda Hesti: Anakku ada 7 setiap bundanya minta tolong hampir semua anak begitu bilang cape jd bundanya ya sdhlah gak punya waktu bunda yg selalu beresin paling besar21....bungsu 9 th
Jawab Ust Dianda: Ummi hesti.. kalau mau anak2.mengerjakan, ummi.harus stop mengerjakan. Supaya ada konsekuensi nya. Dan.bagi tugas rutin dgn kesepakatan. 
Misal..disepakati si a.tugas menyapu sore..tapi.tidak dikerjakan. Ummi diamkan sj. Biarkan. Saja. Jangan.dibntu. spy.mereka muncul... rasa debuan lantai kotor saat nggak disapu..
Bunda  Roro: menyambung bunda hesti, ktk mrk tidak disiplin kita biarkan rumah berantakan ustadzah...ada tamu lgi.., gmn donk ustadzah....
Ust Dianda: Ummi roro... kalau anak2 masih <5th.. rumah berantakan itu suatu.. keniscayaan. Hehe. Pasti terjadi. Apalagi kalau anaknya laki2..energinya lebih banyak. Sikap sy sih...ajarkan mereka ikut membersihkan rumah. Tapi sekali2 waktu pasti tidak terkontrol.. yaa.  relakan saja. Hehe
Ust Dianda: Ummi roro..ummi hesti.. kalau anak > 5thn dobiarkan yaa maksudnya bukan terus2an dibiarkan. Tapi biarkan sehingga mereka memang menyadari itu tugas mereka. Kalau mereka tidak kerjakan juga, potong hak mereka. Misalnya tidak boleh keluar rumah sampai tugasnya diselesaikan. Begitu.. konsisten. Ummi2 jangan jadi mengerjakan tugas2 mereka itu.. lama2 ya mereka liatnya.. "nanti juga umki yg kerjain"...
6. Bunda Adillah: Kalau sy gak tegaan sama anak dan akhirnya jadi bumerang buat diri sendiri
Gimana tips agar bisa tega sama anak dalam hak disiplin
Hampir setiap hari ke sekolah telat
Jawab Ust Dianda: Ummi adillah.. ingatkan pd diri sndiri bhwa kita mengajarkan disiplin pd anak adalah untuk kebaikan mereka sndiri. Bagaimana mereka mau maju dan mandiri kalau tidak bisa mengurus diri sndiri?
7.Bunda Juli: anak saya 8th dan 6thn keduanya putri..mereka selalu bikin ulah ganggu satu sama lain, ga mau kalah jadi nangis terus bergantian. bagaimana menanamkan rasa sayang kepada saudara (kakak adik) ya? biar ga saling ganggu n usil..terima kasih ustadzah
Jawab Ust Dianda: Ummi julibianika.. bikin ulah ini.. xari dulu sebabnya. Kenapa? Apakah ada rasa iri/persaingan kaka-adik? Apa ada yg merasa diperlakukan berbeda oleh ortu.. rasa sayang sperti ini harus dipupuk sejak kecil. Kita sbg orangtua sering2 luangkan waktu untuk bersama mereka mengerjakan hal2 yg menyenangkan. Puji keduq anak bergantian. Jadi mereka terbiasa melihat hak2 positif dr masing2
Jawab Ust Dianda: Satu note yaa.. anak juga jangan diberi kewajiban berlebihan. Sekolah sampai sore/malam.. kalau ankanya mengekuh capek..ya jangan diteruskan.
Bunda Mar: Ustadzah msh boleeh nanya ya...
Klu anak kita anjurkan untuk disiplin dgn waktu...bagaimana cara terbaik ya....krn suka melalaikan kewajiban...baik tugas sekolah atau kegiatan keseharian....kadang dibiarkan sj....krn takutnya nanti kt dibilang cerewet dan suka marah...dgn resiko seperti telat kesekolah...krn anak ke 2 umur 13 thn laki2...suka menunda2 kegiatan dan tugasnya...syukron ustadzh
Jawab Ust Dianda: Disipkin waktu yaa ummi mar. Bikin kesepakatan dgn anak. Jdwal harian mereka spt apa.. tentukan hak2 dan kewajiban mereka.. hak tidak akan dikasih kalau kewajiban belum terpenuhi. Pajang jadwal mereka di djnding dan konsisten dalam menerapkan.
Bunda Anna: sy punya pengalaman saat anak2 tdk mentaati peraturan di rmh.saat itu si sulung msh tk,kami membuat perjanjian kl selesai bermain hrs di bereskan lg,kl tdk di bereskan,berarti sy yg membereskan&nyimpennya di t4 sampah.beneran lego-nya sy buang ke t4 sampah di luar,dia pungutin sdr.trs waktu sd,jg gitu.1x susah bangun smp bolos,1x hrs cari ojeg sdr krn lelet smp ketinggalan jemputan.bocah bener2 kapok,smp skrg sblm subuh sdh bangun,subuhan ke masjid,sdh terpola.tega ngga tega bund,drpd kita kt capek sdr 
Ust Dianda: Ummi anna, ummi2 bisa coba ditiru ummi anna ini.. hehehe
Ust Dianda: Ummi2.. Kita dalam melihat anak harus oaham dulu dia sedang dalam tahao perkembangan yang mana.. ciri nya seperti apa..
Ust Dianda: Satu note yaa.. anak juga jangan diberi kewajiban berlebihan. Sekolah sampai sore/malam.. kalau ankanya mengekuh capek..ya jangan diteruskan.
Mari kita tutup majelis hari ini dg membaca Doa Kafaratul Majelis :
Bissmillahirrahmanirrahim...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya rabbal alamiin