Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KESEHATAN - DEMAM

KAJIAN ONLINE (WA) HAMBA اَللّه UMMI 22
Jum'at,10 Oktober 2014
Narasumber : Tri setiorini 
Grup      : Ummi 22
Materi : Kesehatan
Notulen : Nurhayati
Admin : Laily
Editor: Selli
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bismillahirramanirrahiim
kenalan dulu ya bunda.... Panggil saja rini saya perawat bunda, bukan dokter.... jadi hari ini kita sharing ya....
Hari ini kita bahas tentang demam ya.... Silahkan dibaca dulu..

*Demam*
Demam terjadi sebagai respon tubuh terhadap pembentukan panas berlebihan. Peningkatan suhu tubuh atau disebut juga hipertermi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan suhu tubuh di atas kisaran normal yaitu diatas 37,8
Penyebab :
- dehidrasi (kekurangan cairan )
- infeksi
- kelainan pada otak
Keluhan yang terjadi pada seseorg yang mengalami hipertermi yaitu suhu diatas 37,8 °c, kulit kemerahan, hangat/panas pada sentuhan,  peningkatan frekuensi denyut jantung & pernafasan,  pusing, menggigil, pada anak-anak anak rewel/gelisah.
Demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi atau zat asing yang masuk dalam tubuh, bila ada infeksi atau zat asing yang masuk dalam tubuh akan merangsang sistem pertahanan tubuh melepas zat pirogen. ( Zat pirogen adalah zat penyebab demam ) . Pirogen selanjutnya membawa pesan melalui reseptor (alat penerima pesan) yang terdapat pada tubuh untuk disampaikan ke pusat pengatur suhu panas di hypotalamus ( bagian dari otak) . Dalam hypotalamus,  pirogen ini akan merangsang pelepasan zat asam arakidanat serta meningkatkan produksi prostaglandin, ini akan menimbulkan reaksi suhu tubuh dgn cara menyempitkan pembuluh darah tepi & menghambat sekresi kelenjar keringat, dan terjadilah hipertermi.
Yang perlu diperhatikan saat demam : cara timbul nya demam, berapa lama saat demam, seberapa tinggi kenaikan suhu tubuh, keluhan/gejala lain yg menyertai demam.
Berikut bbrp hal yg bisa dilakukan saat demam :
1. Bukalah pakaian & selimut yg berlebihan kecuali saat menggigil
2. Perhatikan & atur suhu ruangan
3. Berikan cairan sesuai kebutuhan
dapat berupa air putih, jus buah,  susu
4. tidur yang cukup agar mengurangi metabolisme tubuh
5. kompres air biasa di dahi ketiak lipat paha
lbh dianjurkan air hangat krn bisa membuka pori2 kulit shg mempermudah pengeluaran panas. jgn menggunakan air es karena justru akan membuat vasokonstriksi (menyempit) sehingga panas tidak bisa keluar
6. Obat penurun panas sesui dosis.
------------------------------------
Tanya jawab
tanya (1)
Salah ya berarti kalau kompres pake air es ?
jawab (1)
iya bunda, bila kompres es pori-pori di kulit tambah mengecil.
Tanya (2)
kalau saya lagi panas dan menggigil...pakqi selimut tebal - tebal, yqng biasa dipakai musim dingin.. masih pakai jaket juga...
jawab (2)
bunda, Wajar kok kalau pas panas kita menggigil... Kita pelajari fase demam ya
Fase demam :
1. Fase I, pada fase ini terjadi peningkatan frekuensi jantung & pernafasan. Merasa mengigil , meriang, dan suhu tubuh mulai meningkat. Kulit terlihat pucat & dingin.
2. Fase II, pada tahap ini mengigil menghilang dan kulit terasa panas. muncul rasa haus dan kehilangan nafsu makan.
3. Fase III, kulit merah hangat dan mulai berkeringat kadang disertai menggigil ringan.
tanya (3)
kalau balurin anak yang panas pake bawang merah yang sudah di parut  apakaah berpengeruh ke pori pori kulit?
Jawab (3)
Bunda, bawang merah kan sifat nya hangat bisa membuka pori-pori tapi hati-hati kalau terlalu banyak malah kepanasan si kecil. tidak apa-apa bunda tapi hati-hati penggunaan nya .. & jangan di wajah.
tanya (4)
Kalau pagi sehat, malam nya demam, pagi sehat lagi, malam demam.
Itu katanya typus ??
jawab (4)
Kalau demam lakukan langkah 1 - 5 dulu bunda :
1. Bukalah pakaian & selimut yang berlebihan kecuali saat menggigil
2. Perhatikan & atur suhu ruangan
3. Berikan cairan sesuai kebutuhan, dapat berupa air putih, jus buah,  susu
4. tidur yang cukup agar mengurangi metabolisme tubuh.
5. Kompres air biasa di dahi, ketiak, lipat paha.
Lebih dianjurkan air hangat karena bisa membuka pori - pori kulit sehingga mempermudah pengeluaran panas, jangan menggunakan air es,karena justru akan membuat vasokonstriksi (menyempit) sehingga panas tidak keluar.  Bunda.. Penyakit sering kali muncul berkaitan dengan pola demam, durasi demam, serta gejala khas yang lain,: berikut adalah pola demam
-Demam Kontinyu yaitu demam yang menetap dlm periode 24 jam. Perubahan kala malam dari suhu normal biasanya tidak terjadi atau tidak signifikan. Terjadi pada Demam tifoid dan Malaria
-Demam Remiten yaitu demam dengan penurunan suhu tiap siang hari tetapi tidak mencapai normal dengan fluktuasi melebihi 0,5 o C per 24 jam. Pola ini merupakan tipe demam yang paling sering ditemukan dalam anak-anak)dan belum spesifik untuk penyakit tertentu namun menggambarkan proses infeksi, penegakan diagnosa dilakukan sampai dengan durasi hari ke-3. Terjadi pada Infeksi Saluran Kemih . Infeksi Saluran Nafas Atas
-Demam Paska Imunisasi .
a. Demam Intermiten yaitu demam dimana suhu kembali normal setiap hari, umumnya pada pagi hari, dan puncaknya pada siang hari. Pola ini merupakan jenis demam terbanyak kedua yang ditemukan di praktek klinis. Terjadi pada Malaria, Limfoma (kelainan kelenjar getah bening) , Endokarditis (peradangan otot jantung) .
b. Demam Bifasik yaitu demam dengan 2 episode yang berbeda (pelana kuda/ saddleback fever ), demam pertama dengan durasi 2-3 hari, kemudian turun sampai dengan hari ke-5, kemudian demam lagi bahkan kenaikan suhu bisa lebih tinggi. Contoh klasik dari pola demam ini yaitu Demam Dengue ( Demam berdarah, dengan tanda-tanda perdarahan di gusi, hidung, dan ruam kulit), Demam Kuning (warna kuning pada sclera mata), Poliomielitis (lumpuh layu), Cikungunya (nyeri sendi, dan lesi kulit bentuk koin), serta Leptospirosis (berasal dari tikus, bangkai, menyerang sistem syaraf pusat).                           
tanya (5)
Sebagian orang ada yang menyebutkan kalau penggunaan fever itu kurang bagus efeknya ke badan?                    
jawab (5)
Bunda... kalau fever itu meringankan demam bunda bukan mengobati                    
tanya (6)
Anakku juga sering panas ampe 40.3 C. Taunya kena radang tenggorokan.kalau obat penurun panas yang dimasukin lewat #maaf anus. itu katanya lebih cepet turun yah??? Ketimbang obat oral, tapipunya efek memacu detak jantung lebih cepat, benar enggak ?                      
jawab (6)
Bunda...yang saya tahu obat penurun panas yang dimasukkan lewat dubur itu isinya ibuprofen..... Ibuprofen mempunyai fungsi pereda nyeri & penurun panas tapi efek nya meningkatkan asam lambung jadi pas pemberian lambung harus terisi dulu.
Tanya (7)
Ibuprofen itu termasuk jenis penurun panas dosis tinggi? soalnya reaksinya cepat banget sepengalaman saya.    
Jawab (7)
beberapa kasus deman ibuprofen tidak boleh diberikan ..  Misal pada demam berdarah karena apabila asam lambung terlalu meningkat maka mudah terjadi resiko perdarahan bahaya pada kasus demam berdarah. Jadi untuk pemberian ibuprofen lebih baik konsultasi dengan dokter.  
Tanya (8)
Katanya kalau radang itu ada 2 jenis, disebabkan oleh bakteri dan oleh virus. Benar gak?                     
jawab (8)
Bunda ... radang tenggorokan bisa karena virus, bakteri dan alergi. Pada anak - anak seringnya karena alergi.
Tanya (9)
Gimana mensiasati untuk bisa makan buah dan sayur ummi?           
 jawab (9)
Bunda ... Pada waktu anak sudah MPASI sebaiknya MPASI nya ada sayur dan buah dan dalam pengolahannya tanpa garam dan gula. Bila anak sdh besar bisa disiasati memasukkan sayur pada lauk nya misal bikin nuget ayam+ wortel+brokoli dan lain-lain telur dadar + bayam . Untuk buah bisa dicampur dalam puding atau di buat juz / salad.
Tanya (10)
Ummi... gejala demam berdarah, typoid, dan peradangan tenggorokan hampir sama.. Kadang kita kirain typoid ternyata amandel...
1.Bagaimana yah cara yang paling efektif untuk mengetahui ini amandel ataupun typoid
2. Ummi ada nggak obat herbal  untuk amandel?                       
Jawab (10)
Bila typus kita lihat lidah nampak kotor bunda, Kalau sakit amandel bahasa medis nya *tonsilitis *  kita intip tenggorokan bunda.. nanti keliahatan merah bgt
Untuk obat herbal...afwan bunda bukan bidang saya, yang penting kalau amandel makan nya  dijaga aja ya bunda... misal kayak minum es sebaiknya dikurangi       
Tanya (11)
ummi rini... jika demam disertai flu ...ktika demam nya sdh reda namun flu nya masih ada.
penanganan nya gimana
Jawab (11)
penanganan dan perawatan flu tanpa obat yang berlebihan,
Penanganannya :
Umumnya ga perlu langsung minum obat. Makanlah makanan bergizi dan perbanyak buah, terutama buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, jambu biji, dan mangga. Asupan ini akan
meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh mampu menyembuhkan diri sendiri.
Kalau lendir hidung terus keluar, itu pertanda sistem kekebalan sedang bekerja. Tentu butuh waktu untuk bisa sembuh. Istirahatlah yang cukup, karena akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh
minum air putih hangat. Untuk bayi tetap berikan ASI supaya daya tahan tubuhnya tetap baik.
Aroma minyak kayu putih atau balsam juga dapat melonggarkan jalan pernapasan. Balurkan di dada
dan leher serta punggung.
Inhalasi sederhana. Caranya, isi baskom dengan air panas dan beberapa tetes minyak angin/ kayu putih. gunakan plastik seukuran kertas A4. lalu gulung plastik tsb. menyerupai pipa paralon. tutup
baskom dengan handuk. taruh gulungan plastik di antara handuk dan tepi baskom. lalu dekatkan hidung dengan lubang atas gulungan plastik, pastikan ada uap masuk ke hidung. inhalasi ini berguna untuk memudahkan kita bernapas akibat sumbatan “mampet” pada hidung.
nah jika disertai demam lebih dari 38 oC, barulah dianjurkan untuk minum obat penurun panas yang
mengandung parasetamol.
Tanya (12)
kalau untuk baby... kadar minyak kayu putih nya kira - kira berapa tetes ?            
Jawab (12)
3 - 5 tetes.  cukup bunda. sudah saya coba dan cukup meringankan.
Gimana bunda, sudah tidak ada pertanyaan lagi. Kalau tidak ada saya tutup dulu  kajiannya sampai sini.
Rasanya sudah cukup jelas bunda - bunda disini, Alhamdulillah kalo sudah jelas.... saya undur diri , mohon maaf ya.. dan moga bermanfaat.


PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.      
        
            ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ