Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KESEHATAN - DISLIPIDEMIA

KAJIAN ONLINE HAMBA  اَللّٰه NANDA 103 dan 104
selasa, 21 oktober 2014 
Pemateri: dr. Tengku Dayu
Tema: kesehatan (dislipidemia)
Editor: Selli

Assalamualaikum wr wb,
Dislipidemia adalah gangguan pada jumlah lipid didalam darah, yang ditandai dengan peningkatan atau penurunan fraksi lipid dalam plasma.
Dislipidemia merupakan salah satu faktor resiko trjadinya aterosklerosis dan memiliki peran dalam terjadinya penyakit jantung koroner.
Kebanyakan orang yang obesitas itu rentang terjadi dislipidemia.
Disarankan untuk pasien dislipidemia untuk mengurangi konsumsi makanan yang memiliki lemak tinggi dan memperbanyak konsumsi sayuran.
Serat didalam penelitian dapat mengikat lemak
--------------------------------------------
TANYA JAWAB NANDA 103 dan 104
1. Tanya
Ciri-cir yang memiliki dislipidemia itu apa dok?
Jawab:
kalau dicek kolesterol tinggi terutama LDL.
LDL sering dsebut sebagai lemak jahat.
2. Tanya
Kolesterol saya tinggi 289 dok. Minum apa yaa dok? Saya tidak mau minum obat yg kimia.  Herbal apa yaa dok??
Jawab:
ada benecol dari kalbe, produknya susu. Kayak yoghurt gitu tapi rasanya smootish
3. Tanya
Saya olahraga juga dok tapi tidak rutin.
Jawab:
Itu lebih efektif olahraga dengan makan sayuran hijau yang banyak
4. Tanya
Dok, afwan. Kalau untuk meningkatkan fungsi sel beta pankreas dianjurkan mengkonsumsi apa ya dok? Soalnya nilai homa beta saya rendah
Jawab:
sel beta pankreas merupakan kelenjar penghasil utama insulin bagi tubuh. Insulin sendiri merupakan hormon yang berfungsi membantu proses metabolisme gula dalam tubuh.
‬Menjaga makanan biar tidak terlalu berat kerja pankreas, karena dalam hal medis masih dalam penelitian tentang bgaimana cara merangsang perbaikan sel beta pankreas
Tanya
Kira-kira solusinya bagaimana ya dok?
Jawab:
menjaga makanan saja mba biar tidak terlalu berat. Kalau suka yang manis-manis dikurangi.
Tanya
Saya konsumsi makanan yang seperti apa dok sebaiknya??
Kalau lauknya makan apa??
Saya harus hindari makanan yang seperti apa dok??
Jawab:
Kalau hewani yang lemaknya sedikit, putih telur, ikan. Kuning telur kolesterolnya tinggi
Tanya
Apa yang salah ya dok. Kemarin makan quaker oat tapi sedikit sekali turunnya hanya 19 sudah 3 bulan.
Jawab:
susunya pake skim. Kalau makan ayam tidak pake kulit, kurangin jeroan, hati dll
Tanya
Iyaa dua putih telur sama dengan 1 telur utuh.
Kemaren dapet catatan menu tentang mkanan yang harus dijaga. Susu skim di pasaran jarang ada ya kayaknya? Bedanya sama susu biasa apa ya dok?
Jawab:
lemaknya lebih rendah mba.
5. Tanya
Dok, susu kambing dan sapi bagusan mana ya? Ada yang bilang bagusan kambing, kandungan tinggi tapi lemak juga tinggi.
Jawab:
iya protein kambing tinggi apalagi lemaknya. Saya mah sukanya susu sapi rasanya lebih enak
6. Tanya
Afwan dok, kalau buat diet, pengaturan pola makannya bagaimana ya dok?
Jawab:
apa say? contoh menu buat nurunin kolesterol?
Tanya
Kolesterol dan berat badan
Jawab:
Bukan ke menu sih. Tapi lebih kemakanan yang harus dijaga
7. Tanya
Dokter, afwan. Bagaimana mengatur pola makan untuk penderita hepatitis? Makanan apa saja yang dianjurkan dan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi?
Jawab:
- Kalau aku biasanya kalau sudah merasa berat badan naik tapi masih masuk berat badan idealnya, diet jam 7 malam, jadi makan malamnya sebelum jam 7. Contoh menu diet kolesterol 1500 cal. Pagi quekerout+susu skim+melon potong
snack pagi :puding buah
siang : nasi 100gr+ikan 1 potong sedang+tempe 1 potong+sayur+pepaya
snack sore salad buah
makan malam :nasi 200 gr+ayam 40gr+tahu+sayur
- prinsipnya pengaturan konsumsi makanan yang berlemak, banyak konsumsi sayuran dan buah karena tinggi serat dan perbanyak air putih
prinsipnya diet hepatitis
- perhatikan konsumsi asupan lemak, biasanya 10-15% dari total energi kebutuhan biasanya kalau di rumah sakit dikurangi jumlah konsumsi kuning telur, seminggu cuma 1-2 kali. Kalau mau minum susu yang skim, sayur nabati, buah tidak ada pantangan
8. Tanya
Kemarin quakeroatnya di konsumsi pakai susu biasa, kental manis bendera.
Pantes kolesterolnya tidak turun yaa dok
Jawab:
kental manis kadar gulanya tinggi loh
9. Tanya
Wah cara menghitung kandungan kalori makanan bagaimana itu?
Jawab:
tiap bahan makanan beda-beda. Kalau itu perlu waktu belajar menghitung kalori lagi, tidak cukup disini
10. tanya
Tapi kebanyakan orang obesitas itu paling anti makan sayuran yaa ummi... Bagaimana cara menyiasati nya ??
Jawab:
bisa dari buah-buahanan di jus tapi lebih efektif buah potong
Tanya
Kandungan vitaminny lebih bagus buah-buah yang dipotong ya umi?
Jawab:
kalau buah potong seratnya utuh serat larut airnya masih utuh
Tanya
Lalu ummi. Kalau kita dietnya pakai produk instan
Afwan sebut aja (herba**fe) itu bagaimana m?
Jawab:
sebaiknya alami
Tanya
iyaaa mi. Kurang percaya juga sama produk-produk instan mi...
Bisa merusak usus juga tidak ya mi ??
Jawab:
efek-efek yang ditimbulkan harus ada penelitian dalam jangka lama dulu baru bisa dikatakan akurat
11. Tanya
Umi saya mau tanya.. Kalau diet dengan menggunakan progam detok itu berbahaya nggak buat kesehan tubuh.. Seperti mengkonsumsi supplement seperti vitamin. Ikan,liquid chlorophyll.. nutrisi viber.. gitu tapi tanpa makan apa-apa.. syukron
Sama ada maksimum protein katanya pengganti serat mkanan dan karbohidrat, terus konsumsi air minim 3L setiap harinya
Jawab:
kalau vitamin ikannya bagus tapi kalau tidak makan itu yang salah tidak konsumsi kh bisa menyebabkan keton dalam tubuh meningkat
Tanya
Afwan umi mau tanya keton dalam tubuh sejenis apa itu ya?
Jawab:
semacam zat berbahaya untuk tubuh
Tanya
Kalau ada targetnya mengkonsumsi selama 21 hari umi.. terus kira-kira efek penyakit apa yang bakalan timbul?
Jawab:
tergantung mba..Biasanya produk apapun harus dicantumin efek samping pemakaian
Tanya
Tapi diproduk tersebut tidak ada cantuman efek samping umi.. vitamin dan herbal
Jawab:
spirulina bagus sudah ada penelitian mengenai manfaatnya tapi dosis mengenai manfaatnya masih penelitian
Tanya
Temen saya sudah mengkonsumsi itu hampir 2 minggu lebih tanpa makan apa-apa umi.. Tapi tidak ada efek sampingnya.. cuma waktu awalnya saja bilangnya agak pusing mungkin perut kaget karena tiba-tiba tidak makan apa-apa
Adalah pasti nggak mungkin nggak ada apalagi nggak makan
Kalau saya gemuknya dibagian tertentu umi ..seperti afwan pantat dan paha besar banget.. bagaimana cara mengecilkan itu ya umi. Jadi efeknya dibelakangan ya umi.
Jawab:
- tidak ada satu bahan makanan yang lengkap nutrisinya. Apalagi kalau suplementnya kalau bilangnya lengkap, tapi yang jadi pertanyaan jumlahnya sudah sesuai kebutuhan belum?
makan efeknya tidak sekarang tapi kalau dikonsumsi terlalu lama pasti ada efek sampingnya
Vitaminnya banyak juga, afwan ya ummi..
Cuma skedar tambahan saja, info yang didapat jangan terlalu sering mngkonsumsi vitamin atau herbal, meskipun tidak ada efek sampingnya, tapi bisa berpengaruh pada ginjal, karena kerja ginjal jadi lebih ekstra lagi, usahain minum air putihnya yang banyak.
 12. Tanya
Umi,.. kenapa saya makan lumayan sering dan banyak juga, tapi kok berat badan sulit banget bertambahnya ya?
Jawab:
kemungkinan aktivitas mba lebih tinggi, jadinya sesuai antara yang masuk dengan yang keluar
13. Tanya
Dislipedemia itu hubungannya ke kolestrol juga kan ya mi??
Jawab:
iya hubungannya sama kolesterol
Tanya
Berarti kalau kolestrolnya tinggi bisa dikatakan dislipedemia mi? Terus mi faktor keturunan itu bisa mempengaruhi juga mi?
Jawab:
kalau obesitas ya diturunkan tapi kalau kolesterol berdasarkan gaya hidu.
Tanya
Berarti dilihat dari pola makanannya juga ya mi.. Kalau obesitas itu kan kelebihan berat badan, tapi indah kurus mi, terus kolestrol kadang tinggi, berarti orang kurus juga tidak menjamin ya mi?
Jawab:
sipp.. benar banget mba, orang kurus belum tentu jaminan bebas dari kolesterol
Tanya
Ummi minta sarannya selain makan sayuran, ada lagi tidak selain sayur supaya pola makanannya lebih sehat aja,  soalnya kurang suka makan sayur mi, terus pernah juga minum suplemen pengganti maknan sayur, tapi belum sebulan berhenti soalnya bau obatnya tidak enak.
Jawab:
dari sayuran tidak suka masih ada buah
14. Tanya
bunda... mau tanya.. Apakah vegetarian bisa terkena penyakit kelebihan kolesterol?
Jawab:
kemungkinan ada, tapi persentasenya kecil. Karena sayuran tidak ada kolesterol nya
15. Tanya
ummi ayah dulu pernah menerapkan food combaining, itu berhasil jadi normal berat badannya tapi apa itu cara yang benar buat nurunin berat badan.
Aku berat badan 48 kg tinggi badan 150 umi ingin diturunkann.
Jawab:
hee kebetulan kami penganut paham keseimbangan food combaining termasuk yang salah
16. Tanya
Terus yang benar bagaimana umm ?
Jadi perhitungan (TB-100)-10% salah umm ? Yang benar bagaimana ?
Jawab:
BBI : (TB-100)-10%
17. Tanya
Untuk jaga BBI kata ummi lebih baik alami, alami itu yang bagaimana umm?
Jazakillah um.
Jawab:
iya, yang dimaksud disini adalah kalau mau diet menurunkan berat badan pakai yang alami saja dengan cara pengaturan pola makan.. tanpa konsumsi obat penurun berat badan cepat


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....
Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...