Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Gigi Susu

Kajian Online Hamba الله SWT
Selasa, 14 Oktober 2014
Group 109, 111-112 NANDA
Narasumber : drg. Ida Faika
Materi : Kesehatan Gigi dan Mulut


بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكن....

Perkenalkan, saya drg. Ida Faika..saya akan bercerita sedikit tentang gigi susu.
Gigi susu umumnya tumbuh di usia 6 bulan sampai 2 tahun. Jumlahnya 20. Sudah bisa mulai dibersihkan ketika pertama kali tumbuh dengan handuk atau kain kasa basah sesudah makan atau minum susu. Gigi susu mulai tanggal di usia kurang lebih 6 tahun sampai 13 tahun.
Beberapa penelitian membuktikan bahwa anak akan lebih cerdas bila gigi susunya sehat.
Mungkin ini saja materi dari saya, ukhti semua bisa mengajukan pertanyaan, bila ada permasalahan tentang gigi.

Tanya Jawab
Q: Saya mau tanya, kenapa walau sudah sikat gigi 3x sehari, 2x saat mandi dan 1x sebelum tidur, gigi masih bisa bolong bu dokter??
A:Mungkin masih ada bagian yang tidak tersikat, untuk sela-sela gigi perlu menggunakan benang gigi (dental floss). Atau waktu mengikatnya kurang lama.

Q:Saya mau tanya..Di usia saya yang sudah 23 tahun, saya masih tumbuh gigi, dan rasanya itu gak nyaman + sakit luar biasa.. Apa itu normal? Bagaimana mengatasi sakitnya?
A: Ya itu normal, biasanya gigi geraham bungsu tumbuh diatas 20 tahun. Biasanya agak sakit, bahkan disertai demam. Sebaiknya diperiksakan, mungkin tumbuhnya miring.

Q: Apakah ketika gigi yang berlubang dicabut, misalnya yang berlubang bagian bawah, maka gigi bagian atasnya akan turun kebawah? Pemakaian semacam obat kumur, memang aman untuk kesehatan?
A:Benar, gigi atas akan turun bila di bawahnya tidak ada gigi. Ada beberapa obat kumur yang tidak aman bila digunakan terus menerus. Sebagai gantinya bisa  menggunakan rebusan air daun sirih, insyaAllah aman.

Q:Apakah abrasi gigi bisa dikembalikan ke posisi semula?   
A:Abrasi gigi, agak sulit untuk dikembalikan.

Q:Saya mau tanya bu dokter.. Saya punya keponakan bulan ini sudah mau 1 tahun umurnya.. Emang dia dulu lahir prematur.. Cuma kenapa ya bu, sampai sekarang giginya baru tumbuh..itu pun cuma satu..
A: Tidak apa-apa, memang agak terlambat, tapi in syaa Allah bisa tumbuh semua, bisa dirangsang dengan makanan yang agak keras, misalnya wortel yang direbus setengah matang.

Q:Pakai kawat gigi itu diperbolehkan nggak sih?
A:Pakai kawat gigi tidak bertentangan dengan syariat, asal tujuannya untuk kesehatan, misalnya agar gigi mudah dibersihkan (untuk gigi yang berjejal). Agar sisa makanan tidak terselip diantara gigi dan agar memperbaiki pengucapan.

Q:Mau tanya dok... seringkali saya lihat gigi anak-anak itu menghitam. Kira-kira penyebabnya apa ya? Kemudian, apakah terlalu sering melakukan scaling (pembersihan karang gigi) itu bagus? Pengalaman saya setiap habis scaling giginya goyah. Bahkan di tempat menumpuknya karang gigi itu menyebabkan gusi saya turun. Tempat menumpuknya karang gigi disitu-situ aja dok. Itu gimana ya?
A:Gigi anak-anak yang menghitam karena karies, lalu terbentuk lapisan hitam yang menjaga agar kuman tidak menembus ke jaringan di bawahnya. Subhanallah. Membersihkan karang gigi cukup 1 tahun sekali, gusi turun karena karang gigi, jadi ketika karang giginya diangkat yang nampak tinggal gusinya. InsyaAllah gusi akan naik lagi.

Q:Kalau ngebersihin gigi pakai soda kue betul nggak sih bisa mutihin gigi terus emangnya boleh ya?Pasta gigi yang baik itu yang gimana ya? Boleh disebutin namanya ngga?Mutihin gigi itu hukum nya gimana? Ada dampak buruk bagi kesehatan ngga?
A: Membersihkan gigi dengan soda kue  selain memutihkan gigi juga membuat ph mulut lebih basa, diharapkan bisa mencegah karies. InsyaAllah aman Pasta gigi yang baik yang tidak mengandung bahan abrasif. Memutihkan gigi dengan cara dibleaching masih meragukan karena bahan bleaching yang saya tahu menyebabkan kerusakan pada email

Q: Dok, apakah kebiasaan di waktu masih kecil minum obat(antibiotik) bisa berakibat ke gigi juga?
A: Kebiasaan minum antibiotik tertentu (biasanya tetrasiklin) waktu kecil sering menyebabkan pewarnaan pada gigi permanen

Q: Saya mau tanya saya kira-kira 2 tahun yang lalu habis cabut gigi geraham karena berlubang dan infeksi,  yang ingin saya tanyakan, bekas cabut giginya kan gusinya sudah menutup tapi kadang kok masih ngilu ya dok?
A: Mungkin perlu rontgen foto, untuk tau penyebabnya
            
Q: Apakah pencabutan gigi atas mempengaruhi syaraf mata?
A: Tidak, pencabutan gigi atas tidak mempengaruhi syaraf mata.

Q: Apakah gigi susu yang sehat mempengaruhi kecerdasan anak?
A: Ya, anak yang tidak memiliki keluhan pada gigi susunya akan lebih mudah menerima makanan yang beegizi dan memiliki konsentrasi belajar yang lebih baik.

Q: Makanan apa yang menguatkan gigi?
A: Yang banyak mengandung serat dan air, juga yang mengandung kalsium.

Q: Dok, saya adulunya tiap hari minum susu, tapi gigi saya keropos, sekarang sudah sebagian besar tambalan, gimana cara memelihara yang baik ya?
A: Cara merawat gigi dengan tambalan, selain disikat rutin juga diperiksakan ke drg untuk mengetahui apakah tambalannya masih baik.

Q: Bu dokter, boleh tolong jelaskan lagi poin 2 nya, terkait gigi susu? Terus, waktu kecil saya hobi makan susu bubuk dan dibawa tidur, dan permen bertangkai juga saya bawa tidur. Nah sekarang gigi saya yang geraham baik atas maupun bawah sudah banyak yang hilang, karena berlobang. Apakah itu pengaruh dari masa kecil saya? Terus, biar itu tidak terjadi lagi, apa yang harus saya lakukan bu? Apakah harus perawatan ke dokter gigi terus? Syukron bu. Afwan terlalu banyak tanya..
A: Poin 2 ya... Sebagaimana kita tahu, salah satu faktor pendukung kecerdasan anak adalah makanan bergizi dan stimulasi. Ada banyak faktor lainnya. Gigi susu yang sehat hanya menjadi salah satu yang membuat anak mudah mendapatkan makanan bergizi dan mudah menerima stimulasi. Mengenai kebiasaan buruk waktu kecil bisa jadi mempengaruhi kesehatan gigi ketika dewasa.

Q: Dok, tanya klo sering sariawan di lidah itu kenapa ya?
A: Sariawan bisa jadi karena kekurangan vitamin, stress, atau ada penyakit sistemik.
Q: Ana ska konsumsi vit C,stress gak juga..penyakit sistematik?? Rutin biasanya dok di tempat yang sama
A : Apa ada gigi yang berlubang? Mungkin ada bagian yang tajam yang melukai lidah
Q:  Ga ada dok. Lidah sisi kanan dan kiri rutin kena sariawan kaya luka..padahal tidak kegigit
A:  Kalau semua penyebab sudah diantisipasi, mungkin sebaiknya diperiksakan ke dokter mungkin ada penyakit lain

Q : Mau tanya mengenai lidah boleh dok? Mamah saya kalau tidur terkadang lidahnya suka terjulur secara tidak sadar dan akhirnya tergigit... apa penyebabnya ya dok? Makanya kalau tidur mamah saya suka menyelipkan kain ke dalam mulutnya agar sewaktu tidur tidak tergigit lidahnya... saya sudah googling buat mncari tahu tapi belum dapat jawabannya dan belum sempat nanya ke dokter bagian mulut juga.. syukron dok
A: Memang pada kondisi rileks, lidah agak terjulur. Mungkin bisa disiasati dengan tidur terlentang
Q : Oo  begitu..  tadinya saya kira lidah terjulur swaktu tidur karena ada kelemahan syaraf atau otot lidahnya ternyata karena sedang dalam keadaan sangat rileks sewaktu tidur ya, Alhamdulilaah syukron dok.

Q : Saya ingin tanya dok,apakah penyebab anak kecil usia 1,5 tahun susah makan walaupun sudah divariasi jenis&bentuk makanannya...kadang kalau maupun sering di 'lepeh' kira-kira apa penyebabnya ya dok dan bagaimana solusinya? (sehari kadang hanya 1-3 suap makanan malah sering tidak dimasukan,hanya mau minum susu&buah)
A: Mungkin kurangi susu dan buahnya, beri dia makan saat lapar.

Q: Dok saya mau tanya kalau meludah ada darahnya itu kenapa ya dok? Makasih
A: Mungkin ada radang di gusi. Radang gusi bisa karena karang gigi.

Q: Assalam.. mau tanya dok.. beberapa hari ini gigi saya ada yang brgeser ke dalam, jadi menusuk kulit di bawah lidah.. 5 hari kemarin sih sakit luar biasa.. saya belum sempat ke dokter gigi, nah sekarang sudah tidak terasa sakit, apakah masih harus ke dokter gigi?? Apakah bahaya jika dibiarkan??
A: Sebaiknya diperiksakan, agar tau cara mencegahnya biar tidak terjadi lagi

Q: Dok.. kalau gigi tambalan tapi bikin nyut-nyutan harus dilepaskah tamabalannya ?
A: Diperiksakan dulu, nyut-nyutnya bisa jadi nggak dari dalam giginya tapi dari jaringan pendukung di sekitar gigi

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis: 
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...