Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KESEHATAN - PENYAKIT MULUT

Kajian Hamba اَللّٰه Nanda 117 dan118
Selasa, 21 Oktober 2014
"Penyakit Mulut"
Narasumber: Dr. Ida
Admin: Nita dan Arin
Ketua: Aty dan Venny
Notulen dan Editor : Selli

Kali ini tema kita adalah tentang penyakit mulut yang sering terjadi pada anak dan remaja. 
- Gingivitis ulceratif akut, radang gusi biasa penderita berusia 16 - 30 tahun . Disebabkan oleh  bakteri dan menurunnya daya tahan tubuh
- Gingivostomatitis herpetik akut biasanya menyerang anak usia 3 tahun, anak akan menjadi rewel dan tidak mau makan. Penyebabnya virus herpes simplex
- Luka sudut mulut ( keilitis angularis )
Luka kecil pada sudut mulut kiri dan kanan yang merupakan manifestasi keadaan kurang gizi. Luka tersebut kadang terinfeksi jamur atau bakteri
- Sariawan (Aphtae )
Luka-luka kecil dengan diameter kira2 1mm. Nyeri. Bisa mengenai dasar mulut, lidah, bibir  atau pipi bagian dalam. Biasanya sembuh setelah 10-14 hr
-------------------------------------
TANYA JAWAB NANDA 117
117 lely
1. TANYA
Dok, kalau sariawan ada hubungannya dengan stres dan kanker kah?
JAWAB:
Kalau dengan stress memang ada hubungannya, tapi tidak selalu ada hubungannya dengan kanker.
2. TANYA
dok, gigiku kropos yang belakang habis, kalau mau makan yang kiri gak bisa ngunyah, dan sering sariawan
stres tu gila bukan dok?
JAWAB:
Gigi keropos mengandung banyak kuman, sebaiknya ditambal atau dicabut, salah satu penyebab sariawan adalah kuman
Stress itu bisa karena terlalu banyak yang harus dipikirkan atau dikerjakan. Ndak selalu berarti.
3. TANYA
Penyebab sariawan itu apa ya dok? Adik teman saya, sekarang usia 5 tahun sariawan terus dari bayi, dan itu terus-terusan..
Paling ampuh mencegah sariawan bagaimana? Adakah pantangan? Atau makanan apa yang sebaiknya di makan?
Iya katanya sariawan itu tanda stres. Kok bsia dok stres jadi sariawan?
JAWAB:
Agar tidak mudah sariawan banyak makan buah dan sayur istirahat cukup, hindari stress. Karena stress melemahkan daya tahan tubuh
4. TANYA
Dok, dari kecil sampai SMA berat badan saya aman-aman saja malah terhitung kurus. Nah ketika kuliah naik ampe 10 kilo nggak turun-turun... Kira-kira apa yang salah itu dok? Padahal cara hidup gitu-gitu saja..
JAWAB:
Kalau pertanyaannya mbak, saya juga ndak bisa jawab, silahkan ke dokter umum saja ya
5. TANYA
dok menghilangkan kumannya bagaimana?
JAWAB:
Kuman di mulut memang normal ada, jadi ndak bisa dihilangkan sama sekali, tapi jumlahnya bisa dikurangi dengan sikat gigi, menambal gigi yang berlubang, berkumur dengan antiseptik
6. TANYA
Kapan gigi seseorang harus dicabut atau masih bisa ditambal?
Gusi saya pernah bengkak, padahal tidak ada lubang. Waktu ke dokter gigi, katanya ada fistel kemungkinan, jadi disuruh rontgen buat melihat syarafnya bagaimana,, terus keesokannya masih bisa ditambal katanya. dibuatin lubang untuk ditambal. Sekitar beberapa bulan, tambalannya lepas, malah sekarang jadinya berlubang gigi saya, gara-gara dilubangi itu. Cukup besar. Padahal dulu tidak pernah berlubang.. bagaimana baiknya sekarang ya dok? Saya tidak pernah sakit gigi, tapi jadi tidak nyaman saja gara-gara ada lubangnya ini
JAWAB:
Fistel itu ada biasanya karena ada infeksi kuman anaerob, tujuan dibuat lubang adalah agar kuman mati karena terkena udara. Sebaiknya segera ditambal ulang.
7. TANYA
Ooo..gitu ya dok?? Yang pertnyaan pertama yang kapan gigi bisa ditambal atau dicabut itu bagaimana dok?
JAWAB:
Ditambal kalau dinding-dindingnya masih ada dan jaringannya masih sehat. Dicabut kalau dinding-dindingnya sudah lepas, jadi kalau ditambal akan lepas tambalannya
8. TANYA
Dok,  aku giginya dua baris dok bagian bawah jadi ada gigi yang tumbuh di dalam sebanyak 2 gigi, nah dulu disaranin buat operasi kecil diambil sebelum usia 17 tahun,  karena saya takut nggak diturut. Sekarang gigi yg dibelakang itu sepertinya jadi memanjang dok,  apa itu tidak apa-apa atau emang harus di ambil dok?
JAWAB:
Sebaiknya diperiksakan lagi mbak mitha, kalau dua baris, ada bagian gigi yang ndak bisa dibersihkan, bisa berlubang. Mungkin memang perlu diambil
, gak usah takut, kan dibius
 
TANYA JAWAB NANDA 118
1. TANYA
Saya sering banget sariawan dok.. Setiap bulan pasti ada kena sariawan.. Kenapa ya ?? Dan cara mencegahnya bagaimana? Obat sariawan yang paling ampuh apa ya ??
JAWAB:
- sariwannya saat haid nggak mbak? Kadang ada orang-orang yang kalau haid menurun daya tahan tubuhnya. Kalau saya sariawan biasanya pake albotyl, tapi tiap orang punya obat sariawan favorit
- Kalau penyakit mulut ini umumnya penyebabnya adalah penurunan daya tahan tubuh yang dapat diantisipasi dengan makan makanan bergizi, istirahat cukup dan hindari stress.
2. TANYA
Dokter mau tanya kalau tidak suka sayur memang berpengaruh dengan bau mulut ya.
Terus, di gigi ini yang atas kan lubang terus ada kayak daging jadinya dulu tidak ada.. Sekarang suka sakit.. Apa perlu di cabut ya dokter
JAWAB:
memang protein hewani yang kita makan lebih berbau dari pada protein nabati. Gigi yang ada daging tumbuh (polip), memang sakit dan mudah berdarah. Sebaiknya ke dokter gigi untuk dihilangkan polipnya.
3. TANYA
bu, obat kumur yang ada alkoholnya itu berbahaya atau tidak untuk ksehatan mulut?
JAWAB:
alkohol membuat kering permukaan mukosa mulut
4. TANYA
Dokter mau tanya perawatan gigi seperti apa yang harus kita jalani agar terhindar dari 4 penyakit itu
JAWAB:
perawatan gigi yang bisa mencegah terjadinya penyakit mulut, meminimalkan jumlah kuman, sikat gigi rutin, kontrol ke dokter gigi, sekali-sekali kumur dengan antiseptik ( misalnya air rebusan daun sirih)
5. TANYA
Ummi, bagaimana pasta gigi vs siwak?  Kalau bersihin karang gigi itu seperti apa?
JAWAB:
Siwak bagus, mengandung antiseptik,  kalau dalam bentuk kayu siwak agak sulit menggunakannya, mungkin karena ndak biasa yaa. Karang gigi yang menempel di gigi dibersihkan dengan alat yang bergetar, jadi kalau disentuhkan alat tersebut karang gigi bisa rontok
6. TANYA
Memang siwak ada yang bentuk lain umi ?
JAWAB:
siwak ada yang sudah dikemas dalam bentuk pasta gigi
7. TANYA
Umm, lagi yaa... Apa semua orang pasti ada karang gigi nya mi?
Karang gigi tu mnyebabkan apa mi?
JAWAB:
Tidak harus tiap orang ada karang giginya, penyebabnya plak, sisa makanan, bakteri, kebiasaan buruk ( salah cara / waktu menyikat gigi, mengunyah satu sisi, pola makan)
8. TANYA
Biasanya biaya kalau membersihkan karang gigi berapa um? 
JAWAB:
Biaya membersihkan karang gigi bervariasi tergantung seberapa luas area yang harus dibersihkan, kalau di jogja mulai 70rb

PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                 
            ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ