Home » , , » Kesehatan Gigi

Kesehatan Gigi

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, October 24, 2014


Kajian Online Hamba الله SWT
Kamis,23 Oktober 2014
Narasumber : drg.Gilang
Rekap materi grup 301  ayah ( Sugeng )
Tema: Kesehatan Gigi

Bismillahirrahmanirrahim

Menyikat Gigi: Hal Yang perlu Diperhatikan
Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, menyikat gigi adalah suatu prosedur yang menjadi keharusan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan waktu menyikat gigi, diantaranya:

1. Waktu penyikatan gigi.
Banyak para dokter gigi yang menyarankan untuk selalu menyikat gigi sebelum tidur. Mengapa?
Hal ini dikarenakan pada waktu tidur, air ludah berkurang sehingga asam yang dihasilkan oleh plak akan menjadi lebih pekat dan kemampuannya untuk merusak gigi tentunya menjadi lebih besar. Oleh karena itu, untuk mengurangi kepekatan dari asam maka plak harus dihilangkan.

Gigi juga harus disikat pada waktu pagi hari, boleh sebelum ataupun sesudah sarapan pagi. Hal ini tergantung jam berapa Anda sarapan pagi. Idealnya, sarapan pagi Anda lakukan sebelum beraktivitas dan dilanjutkan dengan menyikat gigi. Sehingga kondisi mulut tetap bersih sampai makan siang.

Namun, apabila Anda sarapan agak telat atau bahkan tidak sarapan sama sekali, sebaiknya Anda tetap menyikat gigi setelah bangun tidur. Karena, walaupun sebelum tidur Anda sudah menyikat gigi dengan bersih, plak akan mulai terbentuk lagi selama Anda tidur malam.

Plak memang tetap terus terbentuk setelah menyikat gigi. Oleh karena itu, rutinitas menyikat gigi harus Anda lakukan setiap hari agar plak yang terbentuk tidak bertambah tebal.
Rasul sendiri punya tips sendiri dalam menjaga kesehatan giginya.

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, `Seandainya tidak memberatkan ummatku, pastilah aku akan perintahkan untuk berwudhu pada tiap mau shalat. Dan wudhu itu dengan bersiwak. (HR Ahmad dengan isnad yang shahih)

Jika tidak memberatkan, tips dari Rasul ini sangat baik untuk dilaksanakan. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan. Apabila Anda ingin mengikuti anjuran Rasul untuk bersiwak atau menyikat gigi, jangan gunakan pasta gigi setiap kali Anda menyikat gigi. Cukup gunakan pasta gigi dua kali sehari, ketika menyikat gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur.
Pasta gigi memiliki sifat abrasif yaitu kemampuan  untuk mengikis gigi. Kemampuan ini memang diperlukan agar proses penyikatan gigi kita lebih bersih. 'Namun, apabila digunakan terlalu sering, gigi pun akan ikut terkikis sedikit demi sedikit.

2. Sikat gigi Anda dengan kelembutan.
Menyikat gigi yang terlalu keras juga dapat menyebabkan resesi gusi yang mengakibatkan terbukanya permukaan akar gigi.
Tekanan yang digunakan juga haruslah tekanan yang ringan. Cobalah pegang gagang sikat gigi Anda seperti Anda memegang pulpen, hal ini akan membuat tangan Anda menghasilkan suatu tekanan yang ringan dan lembut.

Dalam menyikat gigi sama sekali tidak diperlukan tekanan yang kuat, karena plak itu memiliki konsistensi yang lunak. Dengan tekanan ringan pun dia akan terbuang.
Plak tidak akan hilang kalo sudah mengeras menjadi karang gigi (kalkulus). Karang gigi ini harus dibuang dengan prosedur skeling di dokter gigi, karena dengan penyikatan gigi yang kuat sekalipun karang gigi tidak akan bisa hilang.

3. Sikat gigi Anda minimal 2 menit.
Tentunya menyikat gigi yang terlalu cepat tidak akan efektif membersihkan plak. Menyikat gigi yang tepat paling tidak membutuhkan waktu minimal dua menit. Kebanyakan tidak ada orang yang menyikat gigi selama itu. Coba Anda hitung sendiri menggunakan stop watch berapa lama Anda menyikat gigi.
Agar lebih mudah, cobalah Anda menyikat gigi sambil mendengarkan lagu favorit Anda. Sikatlah gigi Anda sepanjang lagu itu yang rata-rata panjangnya berkisar 2 sampai 3 menit.

4. Sikat gigi Anda dengan urutan yang sama setiap harinya.
Anda bebas memulai dari gigi bagian mana saja yang ingin pertama kali disikat. Hanya saja pastikanlah bahwa seluruh bagian gigi di dalam mulut Anda tidak ada ketinggalan.
Agar lebih pasti, lakukanlah urutan yang sama setiap harinya. Misalnya dimulai dari permukaan bagian luar gigi di lengkung rahang atas sebelah kanan sampai ke lengkung sebelah kiri, dilanjutkan dengan permukaan bagian luar pada lengkung gigi di rahang bawah, lalu permukaan kunyah gigi pada rahang atas dan bawah, dan permukaan bagian dalam gigi rahang atas dan bawah.
Apabila urutan ini Anda lakukan terus setiap hari dan menjadi suatu kebiasaan, Anda tidak perlu lagi berpikir bagian gigi mana yang masih belum tersikat.

5. Rutinlah mengganti sikat gigi.
Apabila bulu sikat sudah mekar alias rusak ataupun sikat gigi sudah berusia 3 bulan, maka sikat gigi tersebut akan kehilangan kemampuannya untuk membersihkan gigi dengan baik. Gantilah sikat gigi Anda dengan yang baru apabila salah satu diantara dua hal ini terjadi.

Apabila bulu sikat Anda sudah rusak sebelum 3 bulan, bisa jadi itu merupakan tanda kalau Anda menyikat gigi terlalu keras. Selain itu, penggantian sikat gigi juga diperlukan setelah Anda menderita sakit. Karena sikat gigi bisa menjadi tempat menempelnya kuman penyakit dan hal ini beresiko membuat Anda menjadi terinfeksi lagi.

Tanya dan Jawab

1. Tanya :
Kalau ana suka sariawan kenapa ya? Terus kalau gigi kuning bisa dibuat putih bersih kah?
jawab:
penyebab sariawan ada banyak faktor. diantaranya trauma (misal tergigit, atau ada bagian gigi yang tajam, makanan keras dsb), kekurangan vit b12, faktor hormon, penggunaan obat tertentu, dll.
sebaiknya konsultasi langsung akh ke drg agar dilihat penyebabnya apa dan supaya diberikan penanganan yang tepat.
gigi yang kuning bisa dibuat putih kembali akh. ada berbagai pilihan perawatan, mulai dari scaling, bleaching, dan veneer...

2-3. Tanya :
 #Kalau nggak keras, makanan yang nyelempit sudah di hilangkan...
 #Gimana memilih pasta yg bagus. Katanya yang mengandung fluoride nggak bagus...
jawab:
untuk membersihkan makanan yang sering nyangkut di gigi, ada alat yang direkomendasikan yaitu benang gigi. coba akh cari di youtube tutorial penggunaan benang gigi/dental floss. alat ini lebih baik daripada tusuk gigi, karena dengan cara pemakaian yang salah, tusuk gigi lama kelamaan dapat merusak gusi.
sebenernya, kunci menyikat gigi yang bagus bukan dari pasta nya, tapi dari cara menyikat nya.
bila cara menyikat gigi sudah benar, tanpa pasta gigi pun gigi bisa bersih dengan baik.
toh, waktu zaman rasul pun beliau menyikat gigi hanya menggunakan siwak saja dan gigi tetap bersih.banyak isu yang beredar kalau fluoride itu tidak baik. hal itu benar apabila pasta giginya ditelan dalam jumlah besar.untuk pemakaian di rongga mulut saja, pasta gigi bisa dikatakan aman. dan harap perhatikan penggunaan pada anak anak, jangan sampai mereka menelan pasta gigi ketika menyikat gigi. apabila anak belum bisa diinstruksikan untuk tidak menelan pasta gigi, maka tidak perlu gunakan pasta gigi pada mereka.
justru dokter gigi menganjurkan penggunaan fluoride untuk sikat gigi, dan alhamdulilah semua pasta gigi sekarang sudah mengandung fluoride.
seandainya fluoride berbahaya, tentu lembaga seperti FDA, PDGI, BPOM, dan sebagainya, tentu sudah melarang penggunaan bahan ini.
oleh karena itu, kita harus lebih bijak lagi menerima informasi khususnya yang berasal dari internet akh. dan percayakan saja dengan lembaga lembaga kesehatan yang berkepentingan. bila tidak ada pernyataan resmi dari mereka, maka bahan fluoride ini masih aman untuk digunakan.

4)Tanya : 
Ana mau tanya dok mengenai flouride juga, info yang ana dapat itu zat berbahaya, salah satu bahan pembuat bom nuklir, mengapa ditambahkan kedalam pasta gigi kita?
jawab:
sudah terjawab di atas ya...
fluoride juga berperan untuk memperkuat struktur gigi agar tidak mudah berlubang.
kalo pun ada yang bilang bisa untuk bom nuklir, dan lain sebagainya... selama para ahli mengatakan bahan ini aman untuk digunakan pada pasta gigi, dan lembaga kesehatan pengawas obat menyatakan bahan ini aman untuk digunakan dan tidak merusak kesehatan, maka tidak apa untuk digunakan.lain hal ya apabila bahan ini dilarang untuk dikonsumsi layaknya formalin, pewarna pakaian, dsb

5)Tanya :
Klo akar gigi mulai kelihatan akibat gosok gigi yg terlalu keras, bgmn pnanganannya Dok..?
jawab:
yang pertama, perbaiki cara menyikat gigi agar kerusakan tidak berlanjut.
kedua, bila ada keluhan gigi linu akibat akar gigi terbuka, bisa gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.
ketiga, apabila pasta  untuk gigi sensitif tidak mempan, maka akar gigi yang terbuka dapat ditutup dengan tambalan gigi.

6-7). Tanya :
Ijin bertanya, jaman dulu Rasulullah membersihkan gigi dengan siwak. Apakah ada waktu2 tertentu untuk membersihkan gigi sesuai tuntunan Rasulullah?
Kalau tidak salah, ana pernah dengar bahwa Rasulullah bersabda "seandainya tidak akan merepotkan kalian, maka aku akan memerintahkan untuk bersiwak setiap waktu." Afwan ana lupa hadistnya. Bagaimana pandangan kedokteran mengenai hal tersebut? Seinget ana, setelah shalat dan akan shalat pun Rasulullah menganjurkan bersiwak.
Jawab :
hadisnya uda ane kasih di materinya gan.Rasul sendiri menganjurkan untuk bersiwak setiap sebelum sholat. Dan betul, bila tidak memberatkan kebiasaan ini bagus sekali untuk kesehatan rongga mulut, karena kuncinya adalah kebersihan.Kalau akh ingin mengikuti anjuran Rasul ini dengan menggunakan sikat gigi, saran ane jangan gunakan pasta gigi setiap menyikat gigi, cukup gunakan pasta gigi dua kali sehari ketika sikat gigi pagi dan malam sebelum tidur.Hal ini dikarenakan  pasta gigi memiliki sifat abrasi atau mengikis. Kalau digunakan berlebihan tentu tidak baik, cukup dua kali sehari.
Dan yang paling penting adalah menyikat gigi sebelum tidur tidak boleh tertinggal. karena proses pengrusakan gigi lebih cepat terjadi ketika kita tidur kalau rongga mulut kita dalam keadaan kotor.

8).Tanya :
Untuk sakit tenggorokan yang sering terjadi, bagaimana ya? Apa penyebabnya? Ada yang bilang berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi/menyembuhkan. Benar atau tidak? Bagaimana caranya?
Jawab :
Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena infeksi virus atau bakteri. Bila masih dalam tahap ringan, mungkin bisa diredakan dengan cara:
1. minum air hangat
2. berkumur dengan air garam hangat
3. minum obat pereda sakit seperti parasetamol atau ibuprofen bila perlu.
4. hisap permen pelega tenggorokan namun bila sakit berlanjut, silahkan akh konsultasi langsung dengan dokter agar dapat diperiksa langsung kondisinya.

9)Tanya :
Klo ane biasanya pake benang jahit biasa. Berpengaruh kah?
jawab:
tidak apa akh, asal lebih hati hati saja karena benang jahit mungkin lebih tajam. asal cara penggunaannya benar, pakai benang jahit pun boleh boleh saja.coba cek di youtube akh cara menggunakan dental floss.

10) Tanya :
kalau untuk gigi yg sudah tanggal, sebaiknya pakai gigi tiruan atau gak tadz ? kalau pakai gigi tiruan, sebaiknya yg terbuat dari bahan apa ya?
Jawab:
Sebaiknya diganti, karena gigi tiruan juga menjaga kesehatan rongga mulut.untuk pilihan bahan, semua bahan yg digunakan dokter gigi untuk membuat gigi tiruan adalah bahan yang aman.yang seharusnya dipertimbangkan adalah jenis gigi tiruannya, ada gigi tiruan lepasan, cekat, dan implan.masing masing punya kelebihan dan kekurangan, harganya pun berbeda beda.yang paling nyaman adalah gigi tiruan implan, karena giginya ditanam ke dalam gusi sehingga serasa memiliki gigi asli. namun menjadi jenis yang paling nyaman, dia juga menjadi jenis gigi tiruan yang paling mahal. satu giginya mungkin bisa di atas 10 juta, karena harus melalui proses operasi.

Doa Kafaratul Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!