Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KESEHATAN - HIPERTENSI

KAJIAN ONLINE HAMBA اَللّه NANDA 107 dan 108
Rabu, 08 Okt 2014
Pemateri: dr. Aryadewi
tema: Kesehatan (Hipertensi)
Editor: Sell
               
HIPERTENSI
A. Pengertian
Menurut WHO, batas tekanan darah yang masih dianggap normal adalah 140/90 mmHg dan tekanan darah sama atau diatas 160/95 mmHg dinyatakan hipertensi.
Menurut Departemen Kesehatan RI (1990) Hipertensi didefinisikan sebagai suatu peninggian yang menetap daripada tekanan darah sistolik di atas 140 mmHg dan tekanan diastolik di atas 90 mmHg

B. Faktor resiko hipertensi
1. Asupan garam yang tinggi
2. Stres psikologis
3. Faktor genetik (keturunan)
4. Kurang olahraga
5. Kebiasaan merokok dan minum alkohol alkohol
6. Penyempitan pembuluh darah oleh lemak/kolesterol tinggi
7. Peningkatan usia
8. Kegemukan

C. Tanda dan Gejala Hipertensi
Adapun tanda-tanda gejala pada hipertensi antara lain
1. Kepala pusing
2. Gemetar
3. Sering marah - marah
4. Jantung berdebar-debar
5. Tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg
6. Keringat berlebihan
7. Gangguan penglihatan
8. Rasa berat ditekuk
9. Sukar tidur

D. Diet Hipertensi
1. Makanan yang dianjurkan untuk penderita hipertensi :
a. Sumber karbohidrat seperti biscuit, singkong, roti, tepung, mie, tapioca, nasi
b. Sumber protein nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan
c. Sumber vitamin (buah dan sayuran) seperti buah jeruk, pisang, melon, tomat, dll
2. Makanan yang dibatasi
a. Garam dapur
b. Makanan yang diawetkan dengan garam seperti ikan l asin, asinan
c. Makanan yang tinggi lemak dan kolesterol

E. Pencegahan Hipertensi
1. Periksakan tekanan darah secara teratur ke pelayanan kesehatan terdekat
2. Diet hipertensi
3. Menjaga keseimbangan berat badan
4. Hindari minum-minuman keras(alkohol) dan hentikan merokok
5. Istirahat yang cukup
6. Hindari stres
7. Olahraga yang teratur
 ------------------------------
TANYA JAWAB
A.  NANDA 108
1. TANYA:
Dok.. saya mau nanya. Hipertensi apakah menyerang segala usia?
Trus, itu gejala-gejalanya apa ada keadaan tertentu? (Misal pada poin no.1,2,4,6)
JAWAB:
Iya bisa.. hipertensi yang sering ditemui adalah hipertensi sekunder.. pada kasus gangguan ginjal dapat ditemukan hipertensi pada anak atau dewasa muda
Gejalanya bisa seperti yang disebutkan diatas tentunya dengan diperiksa tekanan darahnya
2. TANYA:
Saya mau tanya...
Apakah hipertensi bisa sembuh total dan tensinya normal kmbali dan tidak kmbuh lgi?
Berapa persen kemungkinan hipertensi dapat diturunkan?
JAWAB:
hipertensi tidak dapat sembuh dalam artian hilang. Tapi terkontrol atau stabil sehingga mengurangi komplikasi yang lain. Tentunya dengan pola hidup, olahraga, obat-obatan dan kontrol rutin
3. TANYA:
Mau nanya apakah orang yang terkena hipertensi lebih mudah marah?
JAWAB:
kondisi yang berbeda dengan normal, harus minum obat, mengatur diet dan lain-lain sehingga pasien cenderung mudah marah
Tidak selalu dan tidak semua penderita lho ya...
4. TANYA:
Dok, kenapa pasien yang terkena hipertensi lebih baik menghindari makan daging kambing yang berlebihan?
Malah dulu almarhum ayah Fiet yang penderita hipertensi, baru berencana makan daging kambing (balum makan) tiba-tiba langsung jatuh dan pingsan!
JAWAB:
segala sesuatu yang berlebihan nggak baik ya.. utntuk pasien hipertensi memang disarankan untuk mengurangi konsumsi lemak dan kolesterol
5. TANYA:
Kalau darahnya sekarang naik turun itu termasuk hipertensi nggak sih dok?
Kadang 145, kadang di bawah 120.. Padahal asupan makanan udah dijaga
JAWAB:
medical check up rutin ya.. perbaiki pola hidup dan diet, hindari stress
6. TANYA:
Dok, saya mau tanya..
Saya kan darah rendah, tekanan nya itu selalu 90. (jarang 100, kalau pun 100 itu adalah keberuntungan :D)
Dan saya pernah konsumsi semacam suplemen penambah darah, tetap aja nggak nambah darahnya :D
Baiknya konsumsi daging-daging gitu kah dok? Tapi saya kan orangnya takut gendut, apalagi makan daging-daging gitu :D
Tapi Alhamdulillah saya jarang sakit dok, paling hanya pusing sesaat karena darah rendah itu :D
JAWAB:
Ada beberapa indivudu yang tekanan darahnya rendah.. tapi normal. Tidak masalah
Tekanan darah berbeda dengan kadar darah (Hb)
Bila Hb rendah bisa ditambah dengan suplemen atau konsumsi daging merah, hati, atau sayur yang berwarna merah atau cerah
7. TANYA:
Boleh tanya tentang HB dok? HB saya diatas normal,14.3 kalau tidak salah..kata dokter saya darahnya agak kental, harus banyak minum air putih, stop jamu-jamuan dan multivitamin.. penyebabnya kenapa ya dok? Beberapa tahun lalu HB saya kurang,sekarang malah lebih?
JAWAB
bisa dicek ulang Hbnya nda.. klo 14.3 masih dalam range normal
Bila kita dehidrasi atau kurang cairan Hb cenderung naik..
8. TANYA:
Dok....saya sering migrain.. Tapi tensi saya kok normal ya
JAWAB:
migrain tidak berhubungan dengan tekanan darah nanda..
9. TANYA:
Dokter, saya kok sering sembelit ya. Gerak aktif,
JAWAB:
sembelit bisa karena kurang konsumsi sayur-sayuran atau serat.. atau ada gangguan dari saluran cernanya
10. TANYA:
Dokter sebab B.A.B tidak lancar apa ya, dan gmana cara menanggulanginya?
JAWAB:
konsumsi cairan yang cukup, konsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayur dan buah
11. TANYA:
Aku sudah coba segala macam mba ida. Makan sayur, serat-serat, buah-buah, minum air banyak.
Tapi tetep aja gak selancar kaya sewajarnya orang bab. Aku bisa sampe 3 hari gak bab. Malah bisa seminggu. :'( :'(
Makanya kadang aku suka dorong pake pencahar..
JAWAB:
kalau konstipasi berlangsung lama periksa saja, apakah ada kelainan? ?
12. TANYA:
Maaf dok, saya mau tanya.. Maaf kalau diluar topik.
Apa kalau magh sedang kambuh bisa menimbulkan nyeri sampai ke dada kiri karna asam lambungnya naik?
Bagaimana pola makan untuk magh kronis?
Terima kasih dok sebelumnya..:)
JAWAB:
iya nanda.. lambung posisinya diperut sebelah kiri atas.. kadang nyeri sampai menimbulkan rasa panas ditengah dada
Pola makan teratur, 3x makan besar 2x cemilan. Hindari makan  pedas atau asam
13. TANYA:
Saya juga pertanyaannya diluar topik dok.. kenapa kalau kecapekan langsung sakit perut terus betis sakit sekali dok??
JAWAB:
saat lelah tersebut makan gak? Kadang makan jadi tidak diperhatikan kalau lelah..
Kaki pegal karna penumpukan asam laktat..
14. TANYA:
Dok, saya juga cukup minum air putih dan cukup gerak tapi sembelit.
gimana ya cara mengatasinya?
JAWAB:
sudah dijawab seperti pertanyaan lain diatas ya..
15. TANYA:
dok, ana pernah kena ISK.. sekarang kalau dibawa puasa suka kayak berasa mau kambuh karena kurang minum..
ada tips ngga dok?
JAWAB:
ISK.. minum yang cukup ya.. Lalu jangan suka nahan kencing. Cebok setelah bak dari depan ke belakang. Hati-hati pemakaian toilet umum

B. NANDA 107
1. TANYA:
Sistolik dan diastolik itu apa pengertiannya? Apakah kalau sistolik naik otomatis diastolik juga naik?
JAWAB:
sistolik suara yang pertama terdengar saat pengukuran tensi. Diastolik suara terakhir yang terdengar saat pengukuran tensi
Tidak selalu.. tapi seringnya kenaikan sistolik dibarengi dengan kenaikan diastolik
2. TANYA:
diet hipertensi
Rendah garam rendah lemak kolesterol, Olahraga rutin, Kontrol rutin
JAWAB
Makanan alami seperti ketimun, obat herbal ala prof. hembing
3. TANYA:
pada trismester ketiga pertumbuhan janin sangat cepat, kulit perut mengalami peregangan dan mengurangi kelembabannya sehingga timbul strech mark
JAWAB:
Atasi dengan gunakan pakaian yang longgar, minum cukup air putih, gunakan lotion atau minyak zaitun
4. TANYA:
Bu dokter apa obat selulit
JAWAB:
kalau obat.. dengan salep khusus atau minyak zaitun
Boleh konsul ke dokter kulit
" hasil searching" 
Tak perlu pusing lagi mencari krim yang ampuh
untuk mengatasi selulit di paha, perut, dan
bokong Anda. Ternyata Anda bisa dengan mudah
meracik sendiri 'obatnya'. Bahan utamanya:
ampas kopi!
Tak peduli berapa umur Anda, apa jenis kulit
Anda, dan berapa berat badan Anda, selulit
selalu jadi musuh besar. Ia biasanya muncul di
paha, perut, dan bokong, yang membuat kulit
kita terlihat bergaris-garis kasar bak kulit jeruk.
Selama bertahun-tahun, wanita di seluruh dunia
mencari berbagai krim dan obat untuk
menghilangkan selulit. Padahal, hanya berbekal
serbuk kopi, kita bisa meracik ramuannya
sendiri, lho.
Salah satu metode yang paling ampuh untuk
menghilangkan selulit adalah pijat. Dengan pijat,
sirkulasi darah jadi lebih lancar, dan sel-sel
lemak bisa lebih mudah dihancurkan.
Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa
krim antiselulit yang dianggap paling ampuh
adalah yang mengandung kafein. Ternyata kafein
bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga
sirkulasi dan aliran darah menjadi lebih lancar.
Kafein juga bisa mengurangi kadar penimbunan
air, yang merupakan salah satu penyebab
terdorongnya lemak ke kulit dan menjadi selulit.
Dua fakta ini jadi cukup bukti untuk meyakinkan
kita bahwa salah satu solusi paling ampuh
menghadapi selulit adalah pijat dengan ramuan
yang mengandung kafein. Ini resepnya.
Resep 1
1 cangkir ampas kopi yang masih baru
1 putih telur
1 sendok makan minyak zaitun
Campurkan bahan-bahan di atas dan gunakan
untuk memijat bagian tubuh Anda yang berselulit.
Pijat dengan gerakan memutar, kemudian bilas.
Ramuan ini juga bisa dioleskan ke selulit,
kemudian 'bungkus' bagian tersebut dengan
plastik dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk
hasil yang optimal, lakukan ritual ini 3 kali
seminggu.
Resep 2
1/4 cangkir ampas kopi hangat
1 sendok makan minyak zaitun
Campurkan bahan-bahan di atas, kemudian
balurkan ke atas loofah atau handuk wash lap
sebelum memijat bagian yang berselulit. Lakukan
2 kali seminggu.
Resep 3
Campurkan ampas kopi dengan sabun cair atau
body lotion. Balurkan ke tubuh, diamkan
beberapa menit, lalu bilas. Lakukan setiap hari.
5. TANYA:
Bu dokter saya mau bertanya boleh? Obat untuk wasir apa ya kalau sudah parah kecuali oprasi?
JAWAB:
wasir kalau tahap awal bisa dengan obat dan konsumsi makanan tinggi serat
Tapi bila sudah tahap yang parah *maaf benjolan tidak bisa dimasukkan ke dubur kembali dan cenderung sering perdarahan saran untuk segera dioperasi
6. TANYA:
Wasir itu apanya yang benjol bu dok?
JAWAB:
Pembuluh darah disekitar anus nanda.. jadi seperti benjolan..
Kalau tahap yang sudah parah tidak bisa lagi dimasukan kedalam dubur
7. TANYA:
Kalau mau ct scan itu harus ada surat rujukan dari dokter ya? nggak bisa langsung gitu?
Sama kayak periksa lab ya bu dok?
Harus ada surat pengantar dari dokter yang menyarankan untuk melakukan tes/pemeriksaan tersebut
JAWAB:
Kalau mau CT scan harus ada pengantar dari dokter nggak bisa ujug-ujug.. kita minta di CT scan..
Atas indikasi dan diagnosa pasien di CT scan? Nama, umur dan dokter pengirimnya.. harus ada data-data tersebut
Rumah sakit mba.. krn CT scan itu pemeriksaan yang advance.. atas saran dr. spesialis pada umumnya.. apalagi pasien dengann BPJS atau asuransi.. harus surat pengantarnya ditnda tangani spesialis
8. TANYA:
Haid yang tidak teratur itu mempengaruhi kesuburan ya jika sudah menikah?? Tidak teraturnya dari segi hari dan lama haid.. Saya pernah usg, katanya rahim saya lebih kecil dari ukuran normal
JAWAB:
Jangan stress.. sekarang berobat aja dulu sagar siklus haidnya teratur:)

Semoga bermanfaat & terima kasih.
PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.    
      

            ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ