Home » , » KESEHATAN - KARIES GIGI

KESEHATAN - KARIES GIGI

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, October 22, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA اللهِ
Grup : 115 dan 116 Nanda
Tanggal : 21 Oktober 2014
Tema : Karies Gigi
Narasumber : Dokter Eka
Editor: Selli

Asslamu'alaikum wr wb
KARIES GIGI (GIGI BERLUBANG)
Karies gigi merupakan penyakit gigi yang sering dijumpai. Karies gigi merupakan penyakit jaringan keras gigi yang biasa ditandai dengan adanya kerusakan pada gigi itu sendiri sehingga menyebabkan lubang pada gigi.
Penyebab dari karies gigi adalah bakteri. Secara normal, bakteri memang terdapat didalam mulut. Tetapi apabila bakteri bercampur dengan sisa makanan, air liur dan asam yang dihasilkan oleh bakteri tersebut maka akan membentuk lapisan lengket yang melekat erat pada permukaan gigi. Ini yg disebut PLAK. Plak terbentuk sekitar 20 menit setelah makan. Zat asam dalam plak akan melarutkan jaringan keras gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.
Proses karies ini ditandai dengan adanya lubang pada gigi yang berwarna coklat atau hitam. Biasanya gigi berlubang (karies) pada awalnya tidak menimbulkan rasa sakit. Tetapi apabila karies ini didiamkan maka lama kelamaan akan membesar. Dan biasanya gigi akan terasa ngilu apabila terkena rangsangan manis panas atau dingin.
Lubang yang didiamkan terlalu lama maka lubang gigi tersebut dapat mencapai kamar pulpa, yaitu bagian dalam gigi yang berisi pembuluh darah dan jaringan syaraf. Bila terjadi peradangan/infeksi pada pulpa ini akan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Lama kelamaan infeksi ini dapat menyebabkan kematian jaringan pulpa dan infeksi dapat menjalar ke jaringan penyangga gigi sehingga dapat terjadi abses (bengkak).
Perawatan gigi yang terkena karies ini adalah dengan membersihkan jaringan karies gigi dan dilakukan penambalan.
Untuk karies gigi yang sudah mencapai kamar pulpa dilakukan perawatan syaraf gigi. Dan apabila kerusakan gigi sudah terlalu besar dan gigi tidak dapat diperbaiki dengan penambalan maka dilakukan pencabutan
Demikian ya tentang karies gigi. Kalau ada pertanyaan dipersilahkan.
------------------------------
TANYA JAWAB 115
1. TANYA
Lalu apa yang harus kita lalukan ya dok untuk mencegah karies gigi agar tidak lebih parah?
JAWAB:
Pencegahan:
a. Sikat gigi dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari, pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.
b. Lakukan flossing sekali dalam sehari untuk mengangkat plak dan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.
c. Hindari makanan yang terlalu manis dan lengket.
d. Lakukan kunjungan rutin ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali.
e. Perhatikan diet pada ibu hamil dan pastikan kelengkapan asupan nutrisi, karena pembentukan benih gigi dimulai pada awal trimester kedua.
f. Penggunaan fluoride baik secara lokal maupun sistemik.
2. TANYA
Dan apakah yang mmiliki karies gigi di geraham bisa di behel? Apakah pembehelan bisa membuat gigi menjadi lebih rapuh?  Terimakasih dok  maaf banyak tanya ... afwann
JAWAB:
Untuk pencegahan gigi berlubang sudah dijelaskn diatas ya. Bila ada karies gigi sebaiknya ditambal secepatnya. Jangan menunggu sampai sakit atau bertambah besar ya.
Behel adalah alat khusus untuk meratakan gigi agar lebih rapi. Sebelum pemasangan behel dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Bila ada gigi karies atau berlubang memang sebaiknya ditambal terlebih dahulu. Kalau kita memakai behel kebersihan mulut harus tetap diperhatikan. Karena behel didalam mulut yang bisa menjadi tempat penumpukan mkanan apabila si pemakainya tidak memperhatikn kebersihan mulutnya
3. TANYA
Kalau misal gigi pernah ditambal itu ganti tambalnya selepas tambalannya atau ada waktunya ya?
JAWAB:
Tambalan gigi in sya Allah bisa bertahan lama minimal 3-5 tahun selama tidak terjadi kebocoran tambalan atau pecah. Sebaiknya kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali agar bisa dilihat apakah tambalan yang sudah ada dalam mulut perlu diganti atau tidak.
4. TANYA
Setelah makan siang apakah baik untuk sikat gigi dok?
JAWAB:
Menyikat gigi yang disarankn memang hanya 2 kali sehari. Kalau menyikat setelah makan siang tidak masalah tapi jangan terlalu sering menyikat gigi. Karena penyikatan yang terlalu sering dapat menyebabkan email cepat terkikis.
5. TANYA
Dok, saya mau tanya apa benar kalau sedang sakit gigi diobatinya dengan cara kumur-kumur dengan air garam atau minyak angin ditaruh di kapas lalu dibakar dan ditaruh di tempat yang sakit? Mohon penjelasannya dok.
JAWAB:
Berkumur-kumur air hangat adalah sebagai antiseptik dan bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Tapi. itu hanya sementara. Sebaiknya kalau sakit gigi segera periksakan ke dokter gigi terdekat agar bisa diketahui penyebab sakit gigi nya.
Untuk minyak angin. Sebenarnya itu bukan obat sakit gigi juga mba. Minyak ini hanya mengurangi sakit yang dirasakn saja toh tidak menyembuhkan penyebab sakitnya. Minyak ini juga membuat gigi menjadi rapuh.
6. TANYA
Ada punya obat namanya dapirin parasetamol dok saya sihh biasanya pakai untuk obat sakit kepala tapi ada kandungan untuk sakit giginya juga apa bagus dok untuk dipakai berkelanjutan?
JAWAB:
Itu bisa juga sih dipakai untuk mengurangi rasa sakit giginya mba. Kalau lagi sakit gigi bisa minum obat itu buat ngilangin sakitnya. Tapi setelah tetep harus periksa ke dokter gigi yaa.... Biar tau sebab sakit giginya.
7. TANYA
Menghilangkan bau mulut gimana dok?
JAWAB:
bau mulut bisa disebabkan karena karang gigi, gigi berlubang atau penyakit gigi lainnya. Mengatasinya tergantung sebabnya mba.misalkan bau mulut karena karang gigi >> bersihkan karang gigi. Atau karena gigi berlubang/karies >> perawatan/penambalan gigi yang karies
8. TANYA
Kalau pembersihan karang gigi itu bagusnya per 6 bulan sekali dok?
JAWAB:
Iya mba. Periksa gigi memang sebaikmya 6 bulan sekali. Kalau kita kontrol itu nantikan bisa terlihat ada tidaknya karang gigi, karies gigi dll.
9. TANYA
Dok kalau sikat gigi hanya 2 kali sehari berarti setiap mandi kita ndak perlu sikat gigi kah dok?
Kan sikat giginya pagi habis serapan dan malam sebelum tidur. Sedangkan dari dulu kita di terapkan setiap mandi sikat gigi.
JAWAB:
sikat gigi yang disarankn memang hanya 2 kali sehari mba. Ada juga yang menyarankan 3 kali. Tapi, lebih dari itu bisa bikin email kita cepat terkikis alias keropos karena penyikatan yang terlalu sering. Kebiasaan ini yang harus diubah mba.  Kalau kita sebelum tidur malam sikat gigi in sya Allah saat kita bangun pagi gigi tetap bersih. Kumur-kumur saat bangun tidur sudah cukup untuk membersihkan mulut kita. Setelah sarapan baru sikat gigi lagi.
10. TANYA
Dok mau tanya, kalau sikat gigi lebih dari 3 kali itu brarti bisa bikin gigi kropos ya?
Terus keseringan makan pempek katanya juga bisa kropos karena keseringat minum kuah pempek yang ada cukanya, itu benar ya dok?
JAWAB:
Kalau kita makan pempek kan kuahnya pakai cuka ya, nah cuka ini yang mengandung asam sedangkan asam bisa bikin gigi keropos. Jadi kalau habis makan yang asam-asam seperti cuka jangan terlalu sering. Bisa juga berkumur-kumur setelah makan itu.
11. TANYA
Eh bukan flooring, flossing itu apa ya dok?
JAWAB:
Flossing = tindakan pembersihan gigi dengan dental floss (benang gigi). Caranya dengan memasukkan benang gigi ke sela-sela /celah antara gigi-gigi. Digerakan maju mundur atas bawah agar sisa makanan yang menyangkut di gigi terangkat.
12. TANYA
Dok kalau orang yang memutihkan gigi gitu baik kah buat kesehatan gigi itu sendiri?
JAWAB:
Memutihkn gigi nggak berpengaruh ke kesehatan gigi mba. Mksdnya nggak bahaya...
13. TANYA
Dok berkumur dengan air es apa bisa menyembuhkan nyilu di gigi..?
JAWAB:
engga kok mba. Saya malah baru tau ini
14. TANYA
Kalau berkumur dengan mouthwash apa bener dok bisa mengikis karang gigi..??
JAWAB:
Sampai saat ini karang gigi tidak bisa dihilangkan dengan obat kumur atau obat lainnya mba. Harus dibersihkn oleh dokter gigi dengan alat khusus.
15. TANYA
Terus Mouthwash yang tersebar ditoko-toko itu berfungsi untuk apa ya dok..??
JAWAB:
Obat kumur untuk membantu membersihkan gigi menjadi lebih bersih dan membuat nafas lebih segar. Gunanya lebih kearah membantu saja mba.
16. TANYA
Kalau selain menggosok gigi dibantu dengan apa yaa dok biar gigi lebih putiih...??
Kadang kalau minum kopi mocca agak membuat gigi berubah warna dok..
JAWAB:
Sebenarnya warna gigi tergantung warna lapisan dibawah email gigi. Tapo sekarang ada cara untuk bikin gigi lebih putih. Nama kerennya bleaching. Kopi, teh, rokok, dll yang berwarna memang bisa bikin stain-stain/noda-noda dari minuman tersebut di gigi. Tapi, noda-noda ini bisa dibersihkan oleh dokter gigi kok.
17. TANYA
Bleaching apa dok..??
JAWAB:
Bleaching = teknik pemutihan gigi dengan bahan-bahan tertentu
18. TANYA
Dok, apakah sering mngkonsumsi obat-obatan, itu isa membuat gigi rapuh?
Saya sekarang sedang berada di salah satu pulau di bagian Aceh, di sini rata-rata saya perhatikan, gigi-gigi masyarakatnya banyak yang rusak. Bahkan anak remaja.
Jadi adakah pengaruh cuaca atau air bagi kesehatan gigi?
JAWAB:
Maksudnya obat apa ya yang dikonsumsi terlalu sering? obat-obatan nggak berpengaruh ke gigi selama tetap dijaga kesehatan mulutnya. Kalau masyarakat desa kebanyakn giginya rusak bisa karena beberapa faktor mba. Bisa karena kebiasaan mereka dalam merawat giginya, konsumsi makanannya, pengaruh air juga bisa berpengaruh mba. Kalau air yang dikomsumsi kurang mengandung flour, gigi menjadi kurang kuat.
Kalau konsumsi obat-obatannya saat hamil bisa mempengaruhi bemih gigi si bayinya. Misal antibiotik tertentu bisa membuat warna gigi berubah
19. TANYA
Misalnya obat-obatan dari dokter, dok.
Waktu kecil si anak sering sakit-sakitan dan sering mengkonsumsi pil-pil dari dokter, dan pas dewasanya gigi si anak kurang bagus dan rusak. Berarti, kondisi kesehatan gigi si cabang bayi sangat berpengaruh dari makanan yang dikonsumsi si ibu hamil, dok ya??
Jenis mknan apa yang baik untuk dikonsumsi si ibu hamil biar gigi si cabang bayinya sehat kelak??
JAWAB:
Iya mba. Kalau untuk ibu hamil konsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi seperti sayur, buah, daging dll. Dan slama hamil juga gigi ibu hamil bersih tidak ada yang berlubang.

TANYA JAWAB 116
1. TANYA
Benang gigi tidak bahaya kan dok? Dan apa bisa buar gigi graham?
JAWAB:
Tidak mba. Benang ini memang digunakan untuk membersihkan semua gigi termasuk gigi geraham
2. TANYA
Dok tambalan gigi kuat berapa lama? Sering tambalan itu lepas sendiri?
JAWAB:
tambalan minimal 3-5 tahun kecuali ada kebocoran ditambalannya. Tambalan bisa lepas karena pemakaian seperti untuk mengunyah makanan. Lepasnya tambalan biasanya karena ada kebocoran (pecah) di tambalannya mba.
3. TANYA
gigi aku ada yang berlubang. Bagaimana cara supaya tidak menyebabkan bau. Sudah gosok gigi tapi tetap saja kurang enak. Mau dicabut takut kena saraf. Saya jadi bingung.
Kalau di cabut bahaya tidak ya dok?
JAWAB:
kalau ada gigi yang berlubang sebaiknya ditambal mba. Jadi tidak bikin bau mulut. Gigi berlubang memang bisa bikin bau mulut karena makanan bisa terkumpul di gigi tersebut lama kelamaan bisa membusuk. Kalau giginya masuh bisa ditambal atau dilakukan perawatan syaraf gigi tidak perlu dicabut mba. Kecuali giginya sudah tidak bisa ditambal. Dicabut deh. 
Tidak bahaya kok.
4. TANYA
apa buah strawwberry bisa mebuat gigi putih?
JAWAB:
bisa mba. Strawberrynya dihaluskan terus dioleskan ke gigi kira 10 menit. Lakukan 2-3 kali
5. TANYA
Dok cara perawatan syaraf seperti apa? Terus menyikat lidah bisa menghilangkan bau mulut juga kah dok?
JAWAB:
perawatan syaraf gigi dilakukan pada gigi yang lubangnya hingga kamar pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf. Perawatannya itu intinya dilakukan pembersihan gigi hingga bagian pulpanya. Menyikat lidah bagus kok mba. Tapi pelan-pelan ya
Kalau sudah tidak ada pertanyaan lagi saya tutup ya teman-teman.

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                
            ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Smoga yg di sharing hr ini bermanfaat. Saya mohon maaf kl ada salah2 kata. Trimakasih
Wassalamu'alaikum wr wb

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!