Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KESEHATAN KEWANITAAN - KEPUTIHAN

KAJIAN ONLINE HAMBA اللهِ UMMI 11 dan 12
REKAPAN MATERI
Tanggal : 20 Oktober 2014
Tema: Kesehatan Kewanitaan
Waktu : 05.00
Narasumber: dr. Riana
Editor: Selli

Assalamualaikum wr.wb...
Selamat pagi Ukhtifillah...
Ketemu lagi dengan ana, dr.Riana W di kajian online materi medis..
Ana mulai share materi yaa..Setelah itu dikumpulkan pertanyaan-pertanyaannya, ana jawab nanti saat senggang..
Siap yaa..
KEPUTIHAN/FLUOR ALBUS/LEUKORE
Keputihan adalah setiap cairan yang keluar dari vagina selain darah, atau cairan vagina yang berlebih.
Sumber cairan ini dapat berasal dari sekresi vulva, cairan vagina, sekresi serviks, sekresi uterus atau sekresi tuba.
Cairan ini bisa bersifat fisiologis (normal), tapi juga bisa bsifat patologis (abnormal/penyakit). Bahkan ada yang merupakn tanda dini dari kanker serviks, sehingga kita tidak boleh menyepeleknnya.
Bagaimana membedakn keputihan fisiologis dan patologis?
- Keputihan Fisiologis.
sering terjadi saat masa subur, saat sesudah dan sebelum mens. Cairan keputihannya encer, berwarna krem/bening, tidak berbau, tidak menyebabkn gatal, jumlahnya sedikit.
- Keputihan patologis.
Keputihan bersifat kental, putih seperti susu/kuning/hijau, menyebabkan gatal, menyisakn bercak pada celana dalam, jumlahnya banyk..
Penyebab keputihan:
- Higiene sekitar vagina. Karena kelembaban yang meningkat dapat meningkatkan infeksi bakteri patogen di sekitarnya.
- Stress. Semua organ tubuh kinerjanya dipengaruhi dan dikontrol oleh otak. Saat stress terjadi perubahan dan keseimbangan hormon dalam tubuh, sehingga sekresi organ reproduksi juga meningkat.
- Penggunaan obat-obatan, termasuk penggunaan kontrasepsi hormonal/alat kontrasepsi.
Misal penggunaan antibiotik jangka panjang, imunosupresan dll.
Penyebab keputihan: bisa dari golongan jamur, parasit, bakteri atau virus.
- Jamur monilia, candida. Ciri: warna putih seperti susu, sangat kental, sangat berbau, gatal sampai dengan radang dan kemerahan.
Diperparah pada penderita Diabet, supresi immune, pengg KB hormon lama..
- Parasit Trichomonas Vaginalis
Ditularkn melalui hub sex, bibir kloset, perlengkapan mandi.
Ciri: sangat kental, kuning/hijau berbuih, bau anyir, tidak gatal, tapi kdg vagina sakit jika ditekan.
- Bakteri Gardnerella
Ciri: warna keabuan, sedikit encer, amis dan berbuih, gatal dan sangat mengganggu.
- Virus.
Karena penyakit menular sexual. Mis Herpes, Condyloma, HIV.
Human Papiloma Virus, yang menurut penelitian menjadi pencetus tearjadinya Kanker Serviks juga termasuk infeksi virus.
Mencegah Keputihan:
1. Bersihkn selalu organ intim.
Boleh memakai pembersih, tapi yang tidak menyebabkn gangguan kestabilan pH pada daerah Vagina. Penggunaan sabun antiseptik kurang cocok jangka panjang dan bersifat keras.
- Jangan menggunakn bedak/powder, sebab mudah terselip dan mengandung jamur.
- Keringkn selalu vagina setelah mandi, cebok/mencuci vagina sebelum bpakaian/memakai CD.
- Pakai selalu pakaian dalam yang kering, bawa cadangan jika perlu ganti.
- Gunakan celana luar yang mempunyai pori-pori cukup, jangan terlalu sering menggunakn celana luar yang ketat, agar sirkulasi daerah kewanitaan tidak tganggu.
-Gunakan CD bahan katun dan menyerap keringat.
-Saat periode mens sering ganti pembalut.
-Panty liner digunakan saat perlu saja dan jangan terlalu lama.
-Hindari stress, rilex sejenak.
-Kurangi kegiatan yang mbuat letih, kepanasan, keringat berlebihan, atau segera mandi dan membersihkan tubuh, terutama daerah kewanitaan.
-------------------------------
TANYA JAWAB UMMI 11
1. TANYA
ada hubungannya nggak dok antara kondisi hamil dan normal? saya saat hamil mengalami.tapi kalau tidak hamil normal-normal saja?
JAWAB:
Betul Ukh, kondisi hamil mempengaruhi kondisi hormon, sehingga mempengaruhi produksi sekret sekitar organ reproduksi dan kelembaban, sehingga terdapat keputihan, tetapi ini fisiologis.
2. TANYA
boleh tidak pemakaian godogan daun sirih yang terus menerus untuk menghilangkan keputihan? (ada effeknya buat vagina?)
JAWAB:
Godogan daun sirih sebenarnya bisa bmanfaat untuk antiseptik, tetapi jika terlalu sering penggunaannya perlu ditinjau ulang jika pH-nya tidak sesuai dengan pH vagina, akan mematikan flora normal vagina, sehingga justru akan muncul bakteri patogen atau jamur..
3. TANYA
satu lagi pertanyannya. 5 tahun yang lalu saya kuret setelah dedek lahir. Nah muncul benjolan di labia. Dokter pertama bilang kelenjar bartholini. Saya diberi obat salep (sudah lupa namanya). Sempat mengecil. Belakangan muncul lagi. Dokter yang lain bilang abses. Ada yang merekomendasikan di operasi tapi ada juga dokter yang merekomendasikan tidak dioprasi. Karena di daerah itu banyak syarafnya. mohon sarannya dok (maaf kalau keluar dari tema)
JAWAB:
Yang benjolannya tadi saya kesulitan kalau tidak melihat langsung. Kemungkinan memang infeksi kelenjar Bartholin atau abses.. Jika memang berulang, sebaiknya di-incisi/operasi kecil..
Coba lebih lanjut konsultasi ke dokter SpOG terdekat atau Poli Kandungan, biar difollow up dengan tepat.
4. TANYA
- dokter saya pakai KB IUD, dan keputihan hampir tiap hari ada. Kira-kira normal tidak ya dok? cocok apa tidak berarti saya pakai IUD? soalnya sudah  3 tahun 5 bulan saya tidak pernah kontrol ke dokter (sejak pemasangan)
- keputihan yang terjadi hampir tiap hari normal tidak ya dok kalau dialami oleh anak gadis?
JAWAB:
- Salah satu efek samping IUD adalah iritasi lokal, juga suasana lebih lembab sekitar organ reproduksi, kemungkinan keputihan lebih besar. Oleh karena itu pasien dengan kontrasepsi IUD seharusnya kontrol untuk memantau efek samping. Sebaiknya segera saja kontrol, sekalian diobati keputihannya, sekalian IVA/Pap Smear..
- Gadis keputihan, normal/tidaknya tergantung kondisi keputihannya. Coba cocokkan dengan share materi ana di atas, sudah termasuk keputihan yang patologis atau msh fisiologis. Jika sudah patologis, periksa dan obati. Jika ragu, tetap periksa saja untuk memastikn, atau coba terapkan dulu tips-tips untuk menhindari keputihan seperti materi di atas. Selamat mencoba, semoga berhasil..
5. TANYA
Saya mau tanya dok.. kalau vagina itu memang punya bau yang khas atau bau itu disebabkan oleh keputihan. Saya tidak terlalu sering keputihan tapi maaf suka ada bau yang tidak enak di celana dalam.
JAWAB:
Memang vagina ada bau khas Ukh.. Tetapi kalau ada keputihan dan baunya lebih menyengat daripada biasanya, apalagi disertai gatal, atau warnanya berubah, kemungkinan ini yang keputihan patologis..
6. TANYA
Maaf dok, mau tanya kalau pembalut-pembalut yang sering dijual ditoko-toko itu, apakah itu tidak aman? Pernah dengar seperti itu, efeknya apa ya dok? Terima kasih
JAWAB:
Pembalut itu aman/tidaknya, sesuai penggunaannya. Kapasitas daya serap pembalut berbeda-beda, nah, kalau kita menggunaknnya di atas kemampuan daya serapnya atau kurang memperhatikan kelembaban dan higienenya, ini yang menyebabkan tumbuhnya kuman atau jamur. Memang bahan dasar pembalut bisa jadi mempengaruhi higiene, misal katanya pembalut yang biasa dijual di pasaran, yang murah katanya (saya tidak tahu persisnya) dari kertas-kertas bekas yang didaur ulang. Sedangkan pembalut yang mahal, misalnya yang produk MLM itu dari bahan yang lebih higienis. Ana tidak bisa memastikn persisnya, perlu penelitian lebih lanjut. Tapi saran ana, jika pakai pembalut biasa, lebih sering ganti pembalut jika sudah penuh/lembab. Jika pakai yang mahal, kalau memang kapasitasnya lebih besar, bisa lebih sedikot frekwensi ganti pembalutnya.
7. TANYA
Tanya dokter dulu saya kena pelengketan di rahim dan saya harus menjalani terapi yaitu perut saya bagian rahim dipanaskah melalui sinar. Gejalanya dulu sehabis menstruasi tidak berhenti-henti. Apakah itu salah satu penyakit dalam rahim. Karena sekarang ini saya suka merasa sakit dibawah perut, sama dengan waktu dulu saya mengalami pelengketen rahim tapi tidak disertai flek-flek. Mohon jawabannya.
JAWAB:
Iya Ukh,berarti anti mengalami PID (Pelvic Inflammatory Disease) atau Peny Radang Panggul, yaitu penyakit keradangan dari saluran genitalia wanita bagian atas, bisa pada endometrium/rahim, pelvis atau pada saluran yang menghubungkan ovarium dan rahim..
Terapinya adalah dengan ditiup atau dengan sinar untuk melepaskan pelengketan, harapannya tidak menjadi penyulit proses pembuahan/kehamilan. Jika infeksinya sudah sembuh dan terapi peniupan berhasil, harapannya sudah smbuh. Jika sekarang ada nyeri, masih belum bisa dipastikan sumber nyerinya karena apa, bisa infeksi ulang, tapi juga bisa infeksi yang lain di daerah situ, misal infeksi saluran kencing, saluran pencernaan, atau hanya otot perut yang menegang..
Sebaiknya diperiksakan/dikonsultasikan ke dokter terdekat Bunda, jika perlu cek Urine, darah atau apa yang diperlukan menurut pemikiran dokter tersebut..
8. TANYA
Mau tanya dokter.. Menyimpang dari tema keputihan. Setelah melahirkan saya pendarahan dan di kuret.  Setelah itu sering keluar darah merah segar, anyir jika saya stress atau terlalu banyak aktivitas, terlebih di sini saya kalau kemana-mana pakai sepeda. Dalam 1 tahun ini saya sudah 6 kali pedarahan, pernah di cek ke rumah sakit, secara organ normal, ketika itu mau cek lebih jauh sayanya keburu homeleave. Dalam 1 bulan ini saya sudah 2 kali menemukan darah segar di celana saya, karena bulan ini memang cukup sibuk dan banyk hal yang harus di urus..
Apakah itu berbahaya (pendarahannya)?
JAWAB:
Jika begitu Bunda sebaiknya sedikit mengurangi aktivitas yang berlebihan yang menyebabkan pendarahan lagi. Jika terus menerus pendarahan di luar menstruasi sebaiknya diperiksakan sampai tuntas, ketemu dan konsultasi dengan dokter SpOG untuk terapi supaya sembuh..
9. TANYA
Tanya dok. Setahun yang lalu, saya terkena miyom. Setelah diberi obat dalam tempo 1 bulan saya disuruh cek lagi jika ganas saya harus dioperasi.
Tapi Alhamdulillah diwaktu cek lagi ternyata kata dokter, miyom saya hilang...
- Apa benar miyom disebabkan keputihan ??
- Tanpa USG apakah miyom (+) sembuh???
JAWAB:
Mioma uteri bukan disebabkn oleh keputihan. Mioma uteri itu adalah tumor jinak yang berasal dari otot uterus dan jaringan ikat, bisa karena rangsangan terus menerus oleh hormon estrogen..
- Maksud pertanyaan kedua ini mungkin apa bisa dinyatakan sembuh tanpa USG, gitu ya Ukh?
Diagnosa Mioma uteri itu bisa dari anamnesa, kemudian pemeriksaan fisik, jika besar dan bisa teraba, tanpa USG pun bisa didiagnosa Mioma Uteri. Tapi kalau kecil dan untuk memastikan, memang lebih jelas lagi dengan USG.
Mungkin dokter SpOG anti sudah cukup yakin dengan pemeriksaan sebabnya, sudah terlihat hasil yang sangat signifikan, sehingga setelah pengobatan, saat diperiksa dokter sudah jauh mengecil dari sebelum pengobatan, sehingga tanpa USG beliau berani memastikn sudah smbuh..
Kalau ingin jelas, sebaiknya ditanyakan langsung ke beliau.
10. TANYA
Saya punya saudara, dia punya kista, sama SpOG dikasih obat yang bisa membuat hamil, buat nantinya kistanya bisa diambil berbarngan sama lahiran, nah sudah habis beberapa obat, dia belum kunjung hamil, kira-kira bahaya tidak dokter dengan kistanya? mungkin karena dia masih muda dan agak syok ya, belum sempat tanya resiko, besar kistanya berapa dia tidak tanya, keluhannya kalau lagi haid nyerinya sakit sekali, obat sudah tidak mempan
JAWAB:
Kista yang besar memang bisa mempengaruhi kehamilan/kesuburan. Tapi kalau kecil biasanya tidak terlalu berpengaruh. Dokter biasanya akan mempertimbangkan operasi jika kistanya sangat besar atau ada pelekatan dengan organ sekitar, sehingga mengganggu/mengancam, atau jika ada kecurigaan ke arah keganasan. Jika kecil, biasanya akan dibiarkan walaupun nyeri, apalagi jika wanita tersebut belum mempunyai keturunan, sebab saat dilakukan operasi, otomatis mengambil sebagian/semuanya dari ovarium, itu artinya mengurangi atau bahkan menghilangkan kesuburan wanita tersebut. Sebab ovarium adalah tempat diproduksinya sel telur..
11. TANYA
saya ingin bertanya juga dok. Kenapa ya jika haid waktunya lama sekali hingga sampai 12-14 hari, padahal sebelumnya normal 7 harian. Saya pakai kb kalender saja. Jadi di hari pertama s/d hari ke 5 haid hanya warna coklat tapi sedikit, baru setelah itu darah banyak. Saya ingin haid kembali normal 7 hari saja dan siklus haid saya normal antara 27 atau 28 hari.
apa ada resep obatnya ya dok? jazakillah
JAWAB:
Lama haid dan siklus haid itu sangat personal dan ditentukan banyak faktor, bahkan kadang tidak diketahui sebabnya. Jadi tidak ada obatnya, dan selama masih dalam range normal tidak masalah. Lama haid rata-rata wanita sampai 14 hari masih termasuk normal.
Coba ditelusuri lagi kira-kira apa faktor yang mempengaruhi, misal terlalu capek/stress, apa pake kontrasepsi IUD? Atau jika ingin jelas, bisa diperiksakan ke dokter SpOG untuk diperiksa lebih lanjut. Misal pada wanita dengan mioma uteri juga didahului dengan haid yang makin memanjang..
12. TANYA
Saya juag tanya dok. Haid saya tidak teratur. Kadang mundur 1 minggu. Dulu malah pernah 3 bulan tidak haid. Tapi alhamdulillah sekarang mundurnya paling lama 2 minggu
Itu kenapa ya dok? Dan apakah tidak berbahaya?
JAWAB:
Haid yang tidak teratur jika usianya sudah cukup, artinya bukan lagi pada masa menarche awal (haid awal pada anak remaja), jika terus menerus seperti ini, sebaiknya diperiksakann lebih lanjut. Sebab berkaitan dengan kesuburan.
Afwn.. Ukhti sudah menikah dan berputra/belum? Jika belumm, sebaiknya diperiksakan. Jika sudah, berarti tidak masalah. Mungkin hanya siklus hormonnya saja yang terganggu.
13. TANYA
Anak saya 28 Oktober ini 2 tahun. Perempuan. Sudah 3 kali saya lihat di celana dalamnya dikemaluan saat saya buka itu ada bercak coklat sperti orang dewasa saat awal menstruasi atau sudah selesai menstruasi gitu dok.. Bukan bercak sih dok. Kalau dalam istilah gambar seperti diarsir gitu. Itu apa ya dok? Apakah kalau anak perrmpuan seperti itu. Kalau menurut ayahnya mungkin saat membersihkan sisa bab belum bersih. Jadi "nyiplak" ke celana dalam. Mohon penjelasannya dok.. terima kasih
JAWAB:
Kemungkinan memang hanya sekret/kotoran dari vagina atau entah kalau dari dubur. Selama tidak ada keluhan, tidak banyak, tidak apa-apa Bunda..
Coba lebih diperhatikn tentang higienenya, misal kalau dia sering main di pasir, atau ceboknya agak kita perhatikan lagi. Arah cebok yang benar dari depan (saluran kencing dan Vagina) ke belakang (anus) ya Bunda. Jangan kebalik.
14. TANYA
Sekarang bayi ku udah 8 bulan... sampai sekarang kok aku belum menstruasi sama sekali, keputihan juga nggak pernah..
JAWAB:
Putranya 8 bulan dan belum haid ya Bunda... kemungkinan masih terjadi mekanisme KB yang alami. Jadi Bunda masih dalam masa tidak subur karena proses menyusui. Saat menyusui, terutama yang ASInya penuh, kuat dan mekanisme hormonnya baik, hormon Prolactin akan menghambat proses ovulasi, sehinhigga tidak terjadi haid. Tidak usah risau Bunda. Tapi hati-hati kadang-kadang masa subur tidak bisa lagi diprediksi, sehingga kadang-kadang, tahu-tahu sudah subur lagi, belum haid, tapi terjadi proses pembuahan,  sehingga jadi adik barunya.
Jika masih mau merencanakan belum adik lagi, sebaiknya gunakan kontrasepsi misal kondom.

TANYA JAWAB UMMI 12
PERTANYAAN
1. Dokter, saya sering keputihan & memang terjadi sebelum & setelah mens. Keputihannya tidak berbau dan tidak gatal tapi jumlahnya terkadang banyak? Apa ini keputihan patologis?
Saya pengguna pantyliner. Tapi sering ada yang bilang kalau penggunaan pantyliner itu tidak bagus. Bagaimana menurut kesehatan dok? Sekarang juga sedng marak pantyliner herbal, apakah aman digunakan sehari-hari? Syukron, dokter.
2. Assalamualaikum dok, kalau sudah keputihan putih kental seperti susu selain rajin mengganti baju dalam apakah harus disertai pengobatan?
3. Assalamu'alaikum dokter
Apakah orang yang tidak keputihan setelah haid merupakan indikasi ketidaksuburan wanita? Ada yang bilang begitu ke saya. Jazakillah jawabannya ya dok
4. Asalamuallaikum Dokter
Apa saja faktor penyebab masa haid jadi panjang. Ana biasanya 7 hari sudah bersih, beberapa bulan terakhir jadi 10 hari. Terus apakah berpengaruh pada masa subur, serta rentan masa subur bukan antara hari ke 12-16 lagi
5. Assalamu'aikum dok,
Dulu saya sangat sering keputihan & keram ketika haid, sekarang sudah sangta berkurang semenjak saya pakai pembalut herbal. Tapi masih sering keram ketika haid.
Katanya setelah nikah akan sembuh sendiri, tapi masih saja sering keram, dan setelah nikah saya juga terkena Isk (infeksi saluran kencing).
Apakah itu akibat saya dulu sering keputihan ya dok?
Apakah juga mempengaruhi dengan kesuburan?
Syukran dok.
6. Assalamu'alaikum dok,
Bulan july ll saya USG hasilnya kista 3 mm, ada yang bilang itu karena keputihan.. lumayan sering juga dok, dulu waktu remaja terlihat kuning di celana dalam.. kadang gatal saya pakai air rebusan sirih hangat.. sekarang sudah berkurang dok cuma yang paling berasa mengganggu itu kalau habis (dipake#maaf) jadi lembab terus sampai seharian dok. Padahal setelah itu langsung cebok.. Solusinya bagaimana ya dok. Apa perlu pantyliner? Bagaimana dengan produk cristal-x dok, apakah boleh dipakai..?
7. Assalamualaikum dokter
Saya keputihan hampir tiap hari sudah setahun lebih (dulu hanya sebelum & sesudah mens)
bau besi kadang tidak bau dan menggumpal seperti ampas susu warna putih susu dan gatal
setiap gatal saya selalu vt setelah di vt tidak gatal lagi. Padahal saya selalu ganti cd & tidak pake obat macam-macam. Setiap akan mens selalu keluar cairan bening ngucur gitu aja
apa jenis keputihan saya patologis? amankah vt yang saya lakukan?
perlukah saya ke spkk? atau bisa dengan pengobatan dirumah?
bagaimana perawatan yang tepat untuk saya?
bolehkah memakai herbal jamu-jamuan untuk pengobatan?
apakah efek samping keputihan saya bisa menghambat kesuburan?
mengingat saya belum dikaruniai anak dalam 2 tahun ini.
terimakasih sebelumnya dok

JAWABAN:
1. Kalau diliaat ciri-cirinya kayaknya belum masuk keputihan patologis ya Ukh.. Coba terapkan saja dulu tips-tips untuk mengurangi keputihan di materi yang ana share tadi pagi.. Kalau tetap, atau ada gejala-gejala patologis, periksakan lebih lanjut..
Pantyliner bagus/tidaknya tergantung penggunaannya.. sama seperti CD (celana dalam).
Jika dipakai seharian, cuaca panas, lembab, tidak sering ganti, tentunya tidak sehat..
Jadi harus sering dikontrol kelembabannya, jika habis cebok atau keluar sekret, sebaiknya diganti yang baru..
Panty herbal ana tidak tahu persis satu per satu kandungannya, prinsipnya jika mengganggu pH vagina berarti tidak sehat untuk dipakai.. Jika tidak mengganggu, tidak masalah dipakai..
2. Kemungkinan memang sudah termasuk keputihan yang patologis, jadi sebaiknya diperiksakan untuk diperiksa Laborat dan periksa dalam..
Jika memang infeksi, segera diobati sesuai petunjuk dokter..
3. Tidak Bunda. Indikasi kesuburan seseorg tidak hanya dilihat dari keputihan pasca/pre mens.. Kesuburan wanita terletak pada ovulasinya tiap bulan yang ditandai dengan haid, meskipun masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi kehamilan, seperti kondisi/struktur organ reproduksi, kualitas ovum, infeksi, dan sebagainya..
3. Faktor penyebab haid jadi panjang bisa saja karena kndisi hormonal atau kondisi uterus/rahim.
Misal, pada wanita yang memakai IUD banyak yang kecenderungan haidnya memanjang, karena ada "benda asing" di rahim..
Haid yang panjang tidak mempengaruhi masa subur.. Kalau waktu masa suburnya, tergantung dari siklus haidnya dalam sebulan. Kalau siklus bertambah panjang, berarti waktu masa suburnya mundur.
Masa subur itu dihitung dari 14 hari sebelum perkiraan mens berikutnya, jadi tidak tergantung selesainya mens.. Atau kalau yang berpatokan pada hari ke 12-16 juga tidak masalah, walau mens memanjang, asal siklusnya dalam sebulan tetap 28 hari..
Sudah jelas ya Bunda?

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                              ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
~~~~~~~~~~~~~
Semoga ilmu hari ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin