Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , , » KESEHATAN – MENSTRUASI

KESEHATAN – MENSTRUASI

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, December 4, 2014


Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT 

Bunda 27 & 28
Nanda 101, 102, 104

Hari, tanggal : Senin, 1 Desember 2014
                        Kamis, 4 Desember 2014
Narasumber  : Ummi Ratih
Materi   : Menstruasi
Notulen : Bunda : Ophie & Nunik
                Nanda Tari-Dewi-Lala
Editor    : Ira Wahyudiyanti & Herniza, Ana

Assalamu'alaikum wr.wb..
Sudah siap dengan kajian hari ini nanda? Bahas tentang menstruasi ya..

Setiap wanita pasti mengalami menstruasi ya... tapi mungkin belum seberapa memahami bagaimana menstruasi itu terjadi? Lalu ada keluhan ini itu.

Menstruasi adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus menstruasi.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Siklus menstruasi dibagi atas empat fase, yaitu:
1. Fase Menstruasi
Yaitu, luruh dan dikeluarkannya dinding rahim dari tubuh. Hal ini disebabkan berkurangnya kadar hormon seks. Hali ini secara bertahap terjadi pada hari ke – 1 sampai hari ke – 7.

2. Fase Pra-ovulasi
Yaitu, masa pembentukan dan pematangan ovum dalam ovarium yang dipicu oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Hal ini terjadi secara bertahap pada hari ke-7 sampai hari ke-13.

3. Fase ovulasi
Masa subur atau Ovulasi adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi. menurut beberapa literatur, masa subur adalah 14 hari sebelum haid selanjutnya. Apabila wanita tersebut melakukan hubungan seksual pada masa subur atau ovulasi maka kemungkinan terjadi kehamilan.

4. Fase Pascaovulasi

Yaitu, masa kemunduran ovum bila tidak terjadi fertilisasi. Pada tahap ini, terjadi kenaikan produksi progesteronsehingga endometrium menjadi lebih tebal dan siap menerima embrio untuk berkembang. Jika tidak terjadi fertilisasi, maka hormon seks dalam tubuh akan berulang dan terjadi fase menstruasi kembali.

Menentukan masa subur
Beberapa metode dalam menentukan masa subur dapat dilihat dengan beberapa cara:
Perubahan Periode Menstruasi:
a. Perubahan Lendir Servik
b. Perubahan Suhu Basal Tubuh

Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang dapat terjadi pada saat masa menstruasi: 
1. Perut terasa mulas, mual dan panas
2. erasa nyeri saat buang air kecil
3. Tubuh tidak fit
4. DemamSakit kepala dan pusing
5. Keputihan, radang pada vagina
6. Gatal-gatal pada kulit
7. Nyeri dan bengkak pada payudara
8. Bau badan tidak sedap
9. Suara kurang menarik
10. Muncul jerawat di wajah

Kelainan Pada Menstruasi

1.  Menstruasi Yang Menyakitkan Atau Dysmenorrhea
Dysmenorrhea pertama biasanya dihubungkan dengan naiknya kadar kimia alami di dalam tubuh saat ovulasi, yang menyebabkan rasa sakit. Dysmenorrhea kedua merupakan tanda suatu kelainan mendasar. Dysmenorrhea kedua ini mempengaruhi wanita yang belum pernah menstruasi sebelumnya. Kelainan reproduksi, endometriosis, atau fibroids dapat menimbulkan menstruasi dengan rasa sakit, dan satu-satunya cara untuk mengetahui penyebabnya secara pasti adalah dengan memeriksakannya ke dokter. Gejala dysmenorrhea termasuk rasa sakit pada punggung bagian bawah atau kaki, kram perut, atau sakit pada tulang panggul. Kelainan menstruasi ini dapat menunjukkan ketidaksuburan.

2.  Menstruasi Yang Sangat Hebat Atau Menorrhagia
Ketidakseimbangan hormon atau kelainan rahim dapat menyebabkan volume darah menstruasi yang sangat tinggi, namun dr. Minkin mengatakan bahwa penyebabnya tidak selalu jelas. Jika wanita mengalami menstruasi selama tujuh hari atau lebih, dan darah yang keluar tidak tertampung lagi oleh pembalut, maka kemungkinan ia menderita menorrhagia. Darah yang menggumpal juga sebenarnya normal, namun gumpalan darah dalam jumlah besar merupakan tanda "heavy periods". Menorrhagia dapat menyebabkan anemia, jadi pastikan untuk mengonsumsi cukup banyak zat besi. Daging yang tidak berlemak, sayuran hijau, sereal, oatmeal, kacang kedelai rebus, dan kacang-kacanganlain, merupakan sumber zat besi yang baik. Obat-obatan dari dokter mungkin dibutuhkan untuk mengatasi menstruasi yang berlebihan atau anemia, namun pastikan untuk memberi tahu dokter jika sedang berusaha untuk hamil.

3. Menstruasi Tidak Teratur Atau Oligomenorrhea
Menstruasi yang tidak dapat diprediksi datangnya termasuk normal, namun hanya bila hal ini terjadi pada tahun pertama wanita mengalami menstruasi dan saat perimenopause (tahun-tahun menjelang menopause). Ketidakseimbangan hormon atau kelainan juga menyebabkan haid tidak teratur, yang dapat memengaruhi tingkat kesuburan dan kesempatan wanita untuk mendapatkan bayi.

4. Tidak Mengalami Menstruasi Atau Amenorrhea
Jika wanita tidak mengalami menstruasi selama tiga bulan, kemungkinan ia sedang hamil. Namun penyebab lainnya bisa juga karena ia mengalami amenorrhea, perimenopause, atau menopause. Penyebab yang paling umum dari absennya menstruasi adalah kehamilan. Amenorrhea juga merupakan efek samping dari penyakit, stres, latihan terlalu berat, atau turunnya berat badan yang terlalu banyak. Jika wanita tidak menstruasi, bisa jadi ia tidak berovulasi (tidak melepas telur setiap bulan). Jika tidak berovulasi maka ia akan kesulitan hamil. Penderita sebaiknya menghindari diet dan latihan yang ketat.

Biasanya darah haid mula-mula keluar berwarna hitam, kemudian berubah kepada merah, kemudian antara merah dan kuning, kemudian kuning dan akhirnya keruh (yakni antara putih dan hitam), hingga akhirnya putih bersih tanda selesainya haid. Namun tiap wanita biasanya memiliki siklus warna darah yang berbeda satu sama lain.

Untuk menampung darah haid, wanita yang mengalami menstruasi harus memakai pembalut, baik pembalut tradisional misalnya kain ataupun pembalut modern yang sudah ada dengan berbagai keunggulan. Ada pembalut yang terbuat dari herbal, sehingga nyaman dipakai, ada juga pembalut yang di desain dengan ukuran panjang 29 hingga 35 cm untuk dipakai saat tidur atau bagi mereka yang darah haidnya keluar dengan deras. Pembalut harus diganti minimal dua kali sehari untuk mencegah agar tidak terjadi infeksi pada vagina atau gangguan-gangguan lainnya.

Cara Memilih Pembalut Yang Tepat 
Pilihlah pembalut sesuai dengan kebutuhan.
Pembalut dengan ukuran ekstra tebal dipakai pada saat volume darah menstruasi banyak atau di malam hari. Beberapa merk menyediakan pembalut bersayap, yang membantu pembalut melekat lebih sempurna pada celana dalam dan juga mencegah rembesan yang menodai celana dalam. Tetapi kalau volume darah menstruasi tidak terlalu banyak, bisa juga memakai pembalut yang lebih tipis. Pilih yang nyaman dipakai dan tidak mudah mengerut.

Patokan pembalut yang nyaman dipakai adalah pembalut yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika pembalut yang dipakai mudah mengerut, maka kebocoran rentan terjadi, sehingga darah bisa tembus kemana-mana.Pilihlah pembalut berdaya serap tinggi. Tapi pastikan bahwa pembalut yang berdaya serap tinggi itu permukaanya kering. Kondisi permukaan pembalut yang kering memperkecil risiko terjadinya kelembapan dan iritasi.Pada saat membeli pembalut, pastikan kemasannya baik dan tertutup rapat.

Segera tukarkan pembalut yang kemasannya rusak, sekecil apa pun itu. Kerusakan kemasan, seperti lubang, bisa jadi celah masuk bakteri yang terbawa debu. Penggunaan pembalut berkaitan dengan permukaan kulit organ tubuh yang relatif sensitif, makanya higienitasnya harus terjaga.Pilihlah pembalut dari bahan sangat lembut dan lentur. Ini akan mengurangi faktor iritasi pada daerah kulit vagina dan juga mengurangi resiko kebocoran.

Saat menstruasi, rasa nyeri akibat kram menstruasi seringkali datang. Bisa hanya samar-samar atau sangat nyeri. Kondisi ini memang sedikit menggangu saat menstruasi. Kondisi yang dalam istilah medisnya disebut dysmenorrhea ini biasanya terjadi di perut bagian bawah.Untuk mengurangi nyeri saat haid, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:
a. Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi.
b. Kekurangan cairan akan membuat nyerinya semakin terasa.
c. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.
d. Membuat ramuan jahe. Caranya, rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air lalu minumlah air jahe dalam keadaan hangat.
e. Tempatkan handuk hangat di sekitar perut bagian bawah. Ini cara yang cukup mudah untuk menghilangkan nyeri sementara waktu.
f. Hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu iritasi pada usus halus
g. Meminum teh beraroma mint. Lebih baik jika diminum dalam keadaan hangat.
h. Melakukan peregangan pada pagi hari dapat melancarkan pereedaran darah dan sekaligus mengurangi rasa nyeri.

Dibaca dulu ya nanda. Saya batasi 3 pertanyaan dulu ya, setelah itu saya jawab. Jika waktunya mencukupi saya buka pertanyaan kembali…


Rekap Tanya Jawab & Diskusi Grup Nanda#102
*******
Tanya:
Assalamu'alaikum..
Dok.. Klo haidny brwarna hitam dr awal smpe trakhir haid itu knapa ya?

Trus kental.. Tdk bnyk cairan..hanya brupa tetes
Jawab:
Darah yg keluar saat haid berwrna kehitaman itu sprti flek2sja...bs dikarenakan pengaruh kb hormonal,krna lelah,diet yg ketat,stres,ketidakseimbangan hormon
~~~~~~~

Tanya:
Gimana caranya mengatasi ketidak seimbangan hormon ?
Jawab:
mengatasinya ya dari diri sendiri nanda...org lain tdk bs..itu tergntung dri otak masing2dmn otak adlh pusat segala hormon..jdi klo lgi stres maka akan kacau hormonnya,jdi pinter2orgnya menetralisir kerja otaknya...
Misalnya qt stres atau trlalu lelah mens rata2akan maju atau mundur 1mnggu,atau bhkan bisa jdi tdk mens,atau siklus mens lebih cepat atau lebih lama
~~~~~~
Tanya:
Mau tnya Bunda, adakah makanan trtentu yg harus dhindari slama fase menstrasi? N bgaimana dg efek pemakain sabun khusus daerah kewanitaan? Sbnrnya bgus atau tdk untk wanita. Trmksh
Jawab:
tdk ada pantangan makanan,makan seperti biasa,malah hrus diperbanyak,krena sbg asupan cairan pengganti darah haid yg keluar dan..sistem metabolisme itu mengerluarkan bab,bak,keringat dan ditmbh lgi saat haid,klo asupan cairan kurang tubuh lemes
Diusahakan tdk usah memakai sabun kewanitaan,krn dikhwtrkan asam basahnya tdk sama dg daerah kewanitaan mlah mengakibatkan keputihan abnormal..jdi dijaga kebersihannya lebih ditingkatkan
~~~~~~~~
Tanya:
Bunda dokter, mau tanya ada 2 pertanyaan, sya pernah dengar jika sedang haid minum es maka akan menyebabkan kista, apa itu benar?
Jawab:
Penyebab kista bukan krna itu...beberapa teori mengatakan penyebab kista krna
1. Kb oral
2. Ketidakseimbangan hormon
3. Pola hidup tdk sehat
4. Infertil
5. Mens yg kacau

Sebab kista msh blm tau pasti krna apa,krna tiap org tdk sama hormonnya..tpi slma ini yg sya jumpai krn gaya hidup,ketidakseimbangan hormonal
*********
Yg kedua, sy sering berpikir, jaman dahulu sewaktu blm ada pembalut, generasi nenek2 kita ke atas jarang ditemui kasus kista, miom, kanker serviks dan kawan2nya. Nah kenapa jaman skrg penyakit tsb kasusnya meningkat dan tdk kenal usia. Jazakillah bunda

Jawab:
Krna org dlu2 hidupnya sehat..mau makan mau minum ambil dri alam yg tdk terkontaminasi,segalanya msh serba alami,tdk ada jung food,tdk ada makanan yg dipestisida,tdk ada air yg diksh kaporit,tdj ada ikan2yg diksh obat saat mereka mengambil..para prianya setia pada pasangannya,psk pun msh sedikit,sdgkn skrg??berbalik dg jaman dlu..itulah salah satu penyebab knpa bnyk bermunculan jenis penyakit..jaman sdh canggih,iptek yg canggih,manusianya pun canggih..soooooo...qt intropeksi sndri demi menjaga kesehatan masing2
~~~~~~
Tanya:
Nanya lg bunda dokter, td kan dijelasan ttg penyebab kista yg salah satunya disebabkan ketidakseimbangan hormon dan infertil. Adakah makanan2 khusus yg dperlukan untuk mencegah terjadiny kedua hal tsb?syukron 
Jawab:
Hindari makan2an yg berbau vitsin,jung food,makanan beli diluar...jdi masak ndri tnpa micin/vitsin/masako/royco...gak blh maem saus sembrg saus yg dijual ditukang bakso
~~~~~~
Keputihan normal (fisiologis), sebenarnya tidak berwarna putih dan tidak cocok disebut keputihan, banyak dipengaruhi oleh sistem hormonal, sehingga banyak sedikitnya sekret/cairan vagina sangat bergantung pada siklus bulanan dan stress yang juga dapat mempengaruhi siklus bulanan itu sendiri.

Cairan sekresi berwarna bening, tidak lengket dan encer.Tidak mengeluarkan bau yang menyengat.Gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid dan tanda masa subur pada wanita tertentu.Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan olehplasenta atau uri.Gadis muda kadang-kadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya lemah. Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.Pada wanita hamil keputihan lebih sering timbul, karena pada ssat wanita hamil, maka kekebaln tubuhnya akan menurun.Pada waktu menopause dimana keseimbangan hormonalnya terganggu.Pada orang tua dimana kekebalan tubuhnya sudah menurun dapat pula timbul Keputihan

Keputihan abnormal (patologis)

Keluarnya cairan berwarna putih pekat, putih kekuningan, putih kehijauan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, lengket dan kadang-kadang berbusa.cairan ini mengeluarkan bau yang menyengat.Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya serta dapat mengakibatkan iritasi pada vagina.Merupakan salah satu ciri-ciri penyakit infeksi vagina yang berbahaya seperti HIV, Herpes, Candyloma.
~~~~~~~

Tanya:
Bun saya mens nya ga lncar, 2 bln sx bhkn lbh. Prnh smpai 6 bln. Knp yh bun trus cara mngtsinya bagaimana?

Krna mbk msh nanda jdi tergolong amenorea...silahkan dibaca dipenjelasan mens abnormal bagian amenorea mbk
~~~~~
Tanya:
Ada tmn saya klo mens smpe 15 hri, klo ga pake pembalut keluarnya bnyk, tp klo pake pembalut ga keluar darahnya. Itu pnyebabnya apa?

Jawab:
Hehehe...ya mbk...sya ndri jg gtu...mgkn itu krna cara berpikirnya qt gtu akhrnya terjdi gtu...scra teori tdk ada penjelasan knp trjdi bgtu


~~~~~~~
Hehehe....mksh ya buat nanda 101 dan 102..

Maaf jika ada kekurangan dan jika ada kata2yg menyinggung perasaan yg sengaja atau tdk



SESI TANYA JAWAB 104
1.      Ummi apa sakit perut di awal haid itu normal karena terkadang sakit terkadang tidak? Dari materi masuk kategori yang mana umm?
Jawab:
Nyeri saat haid itu wajar dan tidak perlu khwatir atau cemas, karena itu rata-rata dialami oleh wanita yang sedang haid yang belum menikah maupun yang sudah menikah. Nyeri haid itu termasuk dalam tanda/gejala haid.

Penjelasan lebih jelas tentang dismenore (nyeri haid)

Dismenore adalah nyeri haid menjelang atau selama haid, sampai wanita tersebut tidak dapat bekerja dan harus tidur. Nyeri bersamaan dengan rasa mual, sakit kepala, perasaan mau pingsan, lekas marah.

Dismenore adalah nyeri selama menstruasi yang di sebabkan oleh kejang otot uterus. Nyeri ini terasa di perut bagian bawah dan atau di daerah bujur sangkar Michaelis. Nyeri dapat terasa sebelum dan sesudah haid. Dapat bersifat kolik atau terus menerus.

Nyeri haid yang merupakan suatu gejala dan bukan suatu  penyakit. Istilah dismenorea biasa dipakai untuk nyeri haid yang cukup berat dimana penderita mengobati sendiri dengan analgesik atau sampai memeriksakan diri ke dokter.

Dismenore adalah nyeri haid yang sedemikian hebatnya, sehingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan pekerjaan atau cara hidup sehari-hari untuk beberapa jam atau beberapa hari. Patofisiologi dismenore sampai saat ini masih belum jelas, tetapi akhir-akhir ini teori prostaglandin banyak digunakan, dikatakan bahwa pada keadaan dismenore kadar prostaglandin meningkat. Kram, nyeri dan ketidaknyamanan lainnya yang dihubungkan dengan menstruasi disebut juga dismenore. Kebanyakan wanita mengalami tingkat kram yang bervariasi; pada beberapa wanita, hal itu muncul dalam bentuk rasa tidak nyaman ringan dan letih, dimana beberapa yang lain menderita rasa sakit yang mampu menghentikan aktifitas sehari-hari.
Dismenore dikelompokkan sebagai dismenore primer saat tidak ada sebab yang dapat dikenali dan dismenore sekunder saat ada kelainan jelas yang menyebabkannya.  Wanita yang tidak berovulasi cenderung untuk tidak menderita kram menstruasi; hal ini sering terjadi pada mereka yang baru saja mulai menstruasi atau mereka yang menggunakan pil KB. Kelahiran bayi sering merubah gejala-gejala menstruasi seorang wanita, dan sering menjadi lebih baik. Istilah dismenorea atau nyeri haid hanya dipakai jika nyeri haid demikian hebatnya, sehingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan pekerjaannya untuk beberapa jam atau beberapa har.
Ada 2 jenis dismenorea, yaitu dismenorea primer dan dismenorea sekunder. Pembagian dismenorea  adalah sebagai berikut :
1.      Dismenorea primer atau esensial, intrinsik, idiopatik, yang pada jenis ini tidak ditemukan atau didapati adanya kelainan ginekologik yang nyata; yang kedua dismenorea sekunder atau ekstrinsik, yaitu rasa nyerinya disebabkan karena adanya kelainan pada daerah pelvis, misalnya endometriosis, mioma uteri, stenosis serviks, malposisi uterus atau adanya IUD. Menstruasi yang menimbulkan rasa nyeri pada remaja hampir semuanya disebabkan dismenorea primer. Dismenorea primer disebabkan karena gangguan keseimbangan fungsional, bukan karena penyakit organik pelvis.
2.      Dismenorea sekunder berhubungan dengan kelainan organik di pelvis yang terjadi pada masa remaja


Etiologi
Diduga faktor psikis sangat berperan terhadap timbulnya nyeri. Dismenore primer umumnya dijumpai pads wanita dengan siklus berovulasi. Penyebab tersering dismenore sekunder adalah endometriosis dan infeksi kronik genitalia interns. Dismenore sekunder lebih jarang ditemukan dan terjadi pada 25% wanita yang mengalami dismenore. Penyebab dari dismenore sekunder adalah: endometriosis, fibroid, adenomiosis, peradangan tuba falopii, perlengketan abnormal antara organ di dalam perut, dan pemakaian IUD, faktor psikologis yaitu stres.
a.       Dysmenorrhea primer
Penyebab dari nyeri haid ini belum di temukan secara pasti meski telah banyak penelitian dilakukan untuk mencari penyebabnya. Etiologi dari dysmenorrhea primer tersebut adalah:
-          Faktor Psikologis
Biasanya terjadi pada remaja dengan emosi yang tidak stabil, mempunyai ambang nyeri yang rendah, sehingga dekat sedikit rasa nyari dapat merasakan kesakitan.
-          Faktor Endokrin
Pada umumnya hal ini dihubungankan dengan kontraksi usus yang tidak baik. Hal ini sangat erat kaitannya dengan pengaruh hormonal. Peningkatan produksi prostaglandin akan menyebabkan terjadinya kontraksi uterus yang tidak terkoordinasi sehingga menimbulkan nyeri.
b.      Dysmenorrhea sekunder
Dalam dysmenorrhea sekunder, etiologi yang mungkin terjadi adalah:
-          Faktor konstitusi seperti anemia, pemakaian kontrasepsi IUD, benjolan yang menyebabkan pendarahan, tumor atau fibroid.
-          Anomali uterus konginental, seperti : rahim yang terbalik, peradangan selaput lendir rahim.
-          Endometriosis, penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan jaringan endometrium di luar rongga rahim. Endometrium adalah jaringan yang membatasi bagian dalam rahim. Saat siklus mentruasi, lapisan endometrium ini akan bertambah sebagai persiapan terjadinya kehamilan. Bila kehamilan tidak terjadi, maka lapisan ini akan terlepas dan dikeluarkan sebagai menstruasi.

 Lanjutan sesi taya jawab :
2.      Wanita yang subur / sudah menstruasi apa sangat membutuhkan zat besi? Kemarin disarankan budhe (ahli gizi). Seminggu sekali 1 tablet zat besi dan ketika haid 1 tablet sehari. Semisal jangan tablet zat besi di ganti apa ya umm? Takut ada efek samping kalau sering minum obat. Tolong di jelaskan lebih detail..
Jawab: 10 Manfaat Zat Besi bagi Kesehatan

Zat besi adalah mineral penting bagi tubuh. Manfaat zat besi terutama untuk membawa oksigen ke sel-sel darah. Sekitar 2/3 zat besi dalam tubuh terdapat dalam hemoglobin. Berikut beberapa manfaat zat besi bagi tubuh:
a.       Membawa Oksigen
Zat besi berfungsi sebagai pembawa oksigen dan berperan dalam mentransfer oksigen antar sel  sehingga oksigen dapat diistribusikan ke seluruh tubuh untuk menjamin fungsi-fungsi organ berlangsung dengan semestinya.
b.      Membantu Pembentukan Hemoglobin
Zat besi berperan penting dalam membentuk hemoglobin. Zat besi merupakan komponen pembentuk hemoglobin dan memberikan warna merah tua pada sel darah serta membantu membawa oksigen ke sel-sel tubuh.
c.       Membantu Fungsi Otot
Zat besi merupakan unsur penting bagi kesehatan otot. Zat besi terdapat dalam jaringan otot dan membantu suplai oksigen yang diperlukan untuk kontraksi otot.
d.      Membantu Fungsi Otak
Pengembangan otak adalah salah satu manfaat zat besi. Karena suplai oksigen ke darah dibantu oleh zat besi dan otak menggunakan sekitar 20% oksigen darah, zat besi secara langsung berkaitan dengan kesehatan otak dan fungsi otak.
e.       Mengatur Suhu Tubuh
Zat besi adalah fasilitator bagi pengaturan suhu tubuh. Semakin baik kapasitas serapan tubuh terhadap zat besi, semakin baik tubuh mengendalikan suhu badan.
f.       Membantu Sintesis Neurotransmitter
Zat besi berperan penting dalam pembentukan beberapa neurotransmitter esensial seperti dopamine, norepinephrine, dan serotonin. Neurotransmitter adalah bahan kimia yang mengolah dan mengirim sinyal syaraf. Zat-zat kimia ini berperan penting dalam berbagai aktivitas yang melibatkan fungsi syaraf dan otak.
g.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Zat besi berperan penting dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Kekurangan zat besi menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.
h.      Membantu Metabolisma
Zat besi juga berperan dalam metabolisma energi dalam tubuh, dimana energi yang diekstrak dari makanan yang dikonsumsi akan didistribusikan ke seluruh tubuh.
i.        Membantu Pembentukan Enzim
Zat besi merupakan komponen penting penyusun beberapa jenis enzim dan bahan penting lainnya dalam tubuh seperti myoglobin, cytochrome dan katalase.
j.        Mencegah dan Menyembuhkan Anemia
Kekurangan asupan zat besi dari makanan dapat menyebabkan anemia (kurang darah). Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit anemia.

Kalau melihat 10 manfaat zat besi disitu menjelaskan tentang pembentukan haemoglobin dan mencegah anemia, kita pada saat menstruasi mengeluarkan darah yang bisa jadi cukup banyak dan sebagai gantinya kita dapat mengonsumsi zat besi supaya tidak kekurangan darah. Kalau tidak mau minum obat, maka makan makanan yang mengandung zat besi, seperti:
·         Kulit Kentang
Mungkin sebagian besar kita tidak memakan kulit dari kentang dan mengupasnya untuk dibuang. Ternyata studi menemukan bahwa kulit kentang memiliki zat besi lima kali lebih besar dibanding daging kentangnya sendiri. Jadi sekarang coba yah makan kentang dengan kulitnya.
·         Bayam
      Bayam adalah sayuran yang sangat membantu kita untuk mengikat zat besi. Dengan bayam kita dapat mengikat banyak sekali zat besi, dan memang bayam sudah dikenal dapat mengurangi gejala anemia. Jadi jangan ragu untuk menyantap bayam setiap minggunya. Selain zat besi, bayam juga mengandung vitamin A.
·         Jagung
      Jagung kaya akan zat besi dan tembaga. Jagung juga menjadi sumber yang baik untuk vitamin A dan C.
·         Kangkung
      Adalah sumber yang sangat baik untuk vitamin A dan vitamin B serta C. Kangkung mengandung jumlah tinggi zat besi, kalsium, dan kalium.
·         Chard
      Merupakan sayuran yang mengandung vitamin A dan zat besi. Buah ini mengandung zat besi yang sempurna untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan zat besi.
·         Bit hijau
      Merupakan sumber vitamin A dan B2. Bit hijau juga dapat memperkaya darah dengan besi dan mangan.membantu memerangi penyakit akibat kekurangan vitamin C, karena buah jeruk mengandung asam folat.
·         Buah Prune
      Adalah jenis buah yang memiliki banyak zat besi dibanding buah apel dan pepaya. Dalam jus prune terdapat 3mg zat besi. Jadi coba buah ini untuk memperlancar sirkulasi darah kita keseluruh tubuh.
·         Kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai
      Merupakan jenis kacang yang mudah diolah. 100 gram kacang kedelai mengandung 381 kkal energi, dan 10 mg zat besi. Sedangkan kacang hijau mengandung 323 kkal energi dan 7,5 zat besi per 100 gram.
·         Lentil
      Yang bentuknya bulat dan kecil ini bisa disajikan untuk menu sehari-hari. Bisa dibuat sup atau bubur manis. Dalam 1 cangkir lentils mengandung 6,6 mg zat besi.
·         Beras merah
      Sumber serat, vitamin E, asam folat, dan zat besi.
·         Roti Gandum
      Adalah pilihan bagi para pelaku diet untuk memenuhiisi perutnya, selain itu ternyata gandum mengandung zat besi yang besar, selain memiliki fungsi mencegah penyakit jantung dan kanker. Jadi biarpun tidak melakukan diet roti gandum pun bisa menjadi pilihan buat pengikat zat besi kita.
·         Kismis
      Mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kismis juga merupakan makanan yang bersifat basa dan dapat membantu mengatasi kondisi asam tubuh.
·         Cereal
      Makanan yang sering disajikan untuk menu sarapan ini sangat baik untuk kesehatan. ¾ cangkir sereal mengandung 18 mg zat besi. Sedangkan 100 gram oatmeal instan mengandung 11 mg zat besi.
·         Buah kismis, pig, apel, pir, aprikot dan peach
      Adalah buah yang paling sering dikeringkan. Namun buah kering yang banyak mengandung zat besi adalah kismis dan plum. Dalam ½ cangkir kismis terdapat 1,9 mg zat besi dan dalam 1 cangkir plum terdapat 1 mg zat besi. Minimal anda akan mendapatkan sepertiga kandungan kalsium per hari dalam satu cangkir. Kalsium akan membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.
·         Telur
      Kaya akan semua mineral, termasuk besi, dan vitamin B. Telur ideal dikonsumsi saat sarapan karena mengandung jumlah energi memadai.
·         Daging
      Merupakan bahan makanan hewani. Seperti daging sapi yang mudah diolah. Dalam 100 gram daging sapi segar mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 mg zat besi.
·         Ikan baronang
      Salah satu makanan laut ini dipercaya kaya akan omega-3 dan 6. Ikan baronang diketahui mengandung zat besi sebanyak 3,8 mg per 100 gram. Selian itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. Ikan salmon merupakan sumber utama protein dan asam lemak omega 3. Dan jangan lupa satu lagi yaitu ikan tuna.

Atau makan segala saja. Itu lebih baik

3.      Ummi.. Apa bedanya nyeri saat haid dengan disminorhea? Lalu disminorhea yang bagaimana yang bisa mengganggu kesuburan?
Jawab:
Dismenorhea artinya = nyeri haid. Itu hanya nama latin nya saja..

4.      Bund, benarkah pembalut wanita terbuat dari kertas daur ulang yg diberi pemutih sehingga akan berdampak pada kesehatan?
Jawab:
Pembalut wanita adalah termasuk produk “cepat saji” dan produk sekali pakai. Karena itu, untuk menghemat biaya produksi, para produsen pembalut kerap mendaur ulang bahan sampah kertas bekas dan menjadikan sampah kertas bekas ini menjadi bahan dasar pembalut wanita.
Pembalut wanita merupakan produk yang sangat besar pasarnya serta merupakan produk sekali pakai, oleh karena itu untuk menghemat biaya produksi, industri pemblaut wanita biasanya menggunakan produk daur ulang dari sampah kertas bekas sebagai bahan dasar dari pembalut wanita yg saat ini banyak beredar di pasaran. Bahan pembuat pembalut adalah kertas bekas, koran bekas, hingga kardus bekas.
Karena menggunakan bahan kertas daur ulang tentunya dibutuhkan suatu proses dengan bahan kimia untuk membuat kertas daur ulang tersebut menjadi berwarna putih, membunuh bakteri-bakteri, serta menghilangkan bau sampahnya.
Sebagian besar wanita tidak tahu bahwa pembalut yg mereke gunakan sehari-hari selama ini terbuat dari bahan-bahan yg sangat tidak layak pakai. Banyak wanita yg membeli pembalut biasa / pantyliners biasa yg ada dipasaran karena mereka hanya memikirkan harga yg murah dan sudah cukup enak dipakai, tapi tanpa mengetahui sedikitpun ancaman kesehatan organ reproduksi yg sedang mengancam mereka.

Coba lakukanlah pengujian sebagai berikut:
1.    Sobek produk pembalut yang biasa anda gunakan, ambil bagian inti di dalamnya.
2.    Ambil air putih segelas. Sebisamungkin gunakan gelas yang transparan sehingga lebih jelas.
3.   Ambil sebagian dari lembaran inti pembalut dan celupkan ke dalam gelas, aduk dengan sumpit.
4.    Lihat perubahan warna dalam air.Apakah produk tersebut utuh atau hancur seperti pulp.
5.  Jika hancur dan airnya keruh, berarti anda menggunakan produk yang berkualitas buruk dan banyak mengandung bahan pemutih.
6.    Anda akan menemukan gulungan kertas dan bukan kapas.
7.   Bahan pemutih tersebut mengandung dioksin yang sering menyebabkan bagian intim organ kewanitaan selalu mengalami banyak masalah, seperti keputihan, gatal-gatal, iritasi, juga pemicu terjadinya kanker mulut rahim/serviks dan gangguan kesehatan reproduksi lainnya.

Dioksin
-         Dioksin merupakan produk sampingan dari proses pemutihan yang digunakan dalam pembuatan produk kertas, termasuk tampon, sanitary pads (pembalut), panty liners, dan popok diapers. (Kongres Tampon Safety and Act, 1999)
-     Dioksin, walaupun dalam jumlah sedikit, terakumulasi dalam jaringan lemak (Endometriosis Association, 2004). Intervensinya sampai pada tingkat sel, yang akhirnya mempengaruhi DNA, metabolisme hormon, sistem endokrin, reproduksi, fungsi imunitas dan faktor pertumbuhan (Jurnal Environmental Health Perspective, 1995)
-  Wanita yang terpapar dioksin dapat mengalami gangguan endokrin pada berbagai tahap kehidupan yang meningkatkan risiko gangguan dan kondisi yang berkaitan dengan masalah hormon seperti ketidakteraturan siklus menstruasi, infertilitas/mandul, endometriosis, gangguan autoimun dan kanker sistem reproduksi. (National Institute of Health, 2005)

5.      Teman saya pernah didiagnosa menorrhagia kemudian endometriosis. Setelah dikuret kemudian diberi terapi hormon. Apakah endometriosis merupakan penyakit kambuhan bund? Jika iya, bagaimana cara untuk mengindarinya? Jazakillah...
Jawab:
Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormonestradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan pelvic pain. Endometriosis dikatakan terkait dengan estrogen sebab perkembangan dansimtoma yang ditimbulkan akan hilang seiring datangnya menopause, oleh karena itu perawatan paling umum bagi penderita radang ini adalah penggunaan terapi hormonal yang menginduksi kondisi hipoestrogenik. Estrogen merupakan kelompok hormon steroid yang disekresi ovarium setelah distimulasi oleh FSH dan/atau LH yang disekresi oleh kelenjar hipofisis. Lebih lanjut sekresi FSH dan LH dihambat oleh hormon GnRH yang disekresi olehhipotalamus. Setelah kista endometriosis telah terbentuk sepenuhnya, muncul simtomahiperalgesia vaginal yang disertai dengan hiperalgesia otot perut.Jaringan di sekitar kista akan mensekresi berbagai sitokina antara lain IL-1, IL-6, IL-8, dan IL-10, TNF-α, faktor pertumbuhan seperti VEGF danNGF.

Biasanya endometriosis terbatas pada lapisan rongga perut atau permukaan organ perut. Endometrium yang salah tempat ini biasanya melekat padaovarium (indung telur) dan ligamenpenyokong rahim. Endometrium juga bisa melekat pada lapisan luar usus halus dan usus besar, ureter (saluran yang menghubungan ginjal dengankandung kemih), kandung kemih, jaringan parut di dalam perut atau lapisan rongga dada. Kadang jaringan endometrium tumbuh di dalamparu-paru.

Endometriosis bisa diturunkan dan lebih sering ditemukan pada keturunan pertama (ibu, anak perempuan, saudara perempuan). Faktor lain yang meningkatkan risiko terjadinya endometriosis adalah memiliki rahim yang abnormal, melahirkan pertama kali pada usia di atas 30 tahun dan kulit putih.

Endometriosis diperkirakan terjadi pada 10-15% wanita subur yang berusia 25-44 tahun, 25-50% wanita mandul dan bisa juga terjadi pada usia remaja. Endometriosis yang berat bisa menyebabkan kemandulan karena menghalangi jalannya sel telur dariovarium ke rahim.

Penyebabnya tidak diketahui, tetapi beberapa ahli mengemukakan teori berikut:
a.   retrograd(menstruasi yang bergerak mundur).Sel-sel endometrium yang dilepaskan pada saat menstruasi bergerak mundur ke tuba falopii lalu masuk ke dalam panggul atau perut dan tumbuh di dalam rongga panggul/perut.
b.  Kelainan sistem kekebalan menyebabkan jaringan menstruasi tumbuh di daerah selain rahim. Setiap bulan ovarium menghasilkan hormon yang merangsang sel-sel pada lapisan rahim untuk membengkak dan menebal (sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan). Endometriosis juga memberikan respon yang sama terhadap sinyal ini, tetapi mereka tidak mampu memisahkan dirinya dari jaringan dan terlepas selama menstruasi.
c.    Kadang terjadi perdarahan ringan tetapi akan segera membaik dan kembali dirangsang pada siklus menstruasi berikutnya.
d.      Proses yang berlangsung terus menerus ini menyebabkan pembentukan jaringan parut dan perlengketan di dalam tuba dan ovarium, serta di sekitar fimbrie tuba.
e.       Perlengketan ini bisa menyebabkan pelepasan sel telur dari ovarium ke dalam tuba falopii terganggu atau tidak terlaksana. Selain itu, perlengketan juga bisa menyebabkan terhalangnya perjalanan sel telur yang telah dibuahi menuju ke rahim.

Resiko tinggi terjadinya endometriosis ditemukan pada:
-  Wanita yang ibu atau saudara perempuannya menderita endometriosisWanita yang mengalami menarke(menstruasi pertama) terjadi lebih awal Wanita yang biasa mengalami menstruasi selama 7 hari atau lebih.
-          Wanita yang mengalami orgasme

 Tanda dan Gejala:
-          Nyeri di perut bagian bawah dan di daerah panggul
-          Menstruasi yang tidak teratur (misalnya spotting sebelum menstruasi)
-          Kemandulan
-          Dispareunia (nyeri ketika melakukanhubungan seksual)
Jaringan endometrium yang melekat pada usus besar atau kandung kemih bisa menyebabkan pembengkakan perut, nyeri ketika buang air besar, perdarahan melalui rektum selama menstruasi atau nyeri perut bagian bawah ketika berkemih.

Jaringan endometrium yang melekat pada ovarium atau struktur di sekitar ovarium bisa membentuk massa yang terisi darah (endometrioma). Kadangendometrioma pecah dan menyebabkan nyeri perut tajam yang timbul secara tiba-tiba. Kadang tidak ditemukan gejala sama sekali. Jadi harus dilakukan pemeriksaan lebih detail

Betul.... endometriosis itu kambuhan, jadi memang harus dilakukan pengobatan di doker Sp.OG.. .apalgi bagi progmil harus dilakukan terapi-terapi sebelum hamil...


6.      Ummi saya kalau haid biasanya sampai demam.. Perut tegang kayak kram gitu... diatas motor gak boleh kena guncangan.. Harus pelan-pelan, Kalau berdiri lama-lama pusing.. Semua kayak berputar.. Kata orang-orang kalau haidnya eperti itu merupakan tanda-tanda kista. Benarkah umi?? Apakah normal kalau haid seperti itu ummi?? Atau memang ada gejala suatu penyakit? Jazakillah khayran umi..
Jawab:
Penyakit kista adalah penyakit yang sering menyerang kaum wanita. Kista sendiri berbentuk benjolan yang isinya cairan yang lokasinya ada di indung telur. Penyakit kista adalah penyakit tumor jinak, karena penanganan nya tidak perlu operasi besar untuk di lakukan. Tetapi berdasarkan tingkat keganasan nya, penyakit kista itu bisa di bagi menjadi dua jenis yaitu :
-          Kista non – neoplastik adalah kista yang memilki sifat jinak dan akan dengan sendirinya mengempes dalam waktu 2 – 3 bulan
-          Kista neoplastik adalah kista yang harus di lakukan operasi untuk mengangkatnya tetapi ini bergantung pada sifat dan ukuran nya
Kista tidak hanya bisa berkembang di tubuh dan indung telur atau ovarium wanita saja, tetapi bisa juga tumbuh di otak, usus dan paru-paru. Debu dan polusi udara dapat menyebabkan penyakit kista. Mengapa demikian ? Karena dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas dari kendaraan bermotor bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga kista menjadi lebih mudah berkembang. Selain itu faktor lingkungan, makanan pun turut ambil andil. Zat – zat lemak tidak mampu pecah dalam proses metabolisme oleh karena makan terlalu banyak lemah atau lemak yang tidak sehat sehingga hormon testosteron menjadi meningkat pada wanita.

o  Keluhan nyeri ketiak menjelang atau dalam masa haid, beberapa penderita bahkan ada yang bisa sampai pingsan karena tidak tahan saking sakit nya menahan
o   Nyeri perut pada bagian bawah
o   Haid yang sangat banyak atau justru terlalu sedikit
o Sering merasa ingin buang air besar / kecil karena jaringan kista terus membesar semakin menekan kandung kemih sehingga tidak dapat menampung banyak air seni
o Pada keadaan lanjut dapat teraba benjolan di daerah perutPerubahan pola haid, misalnya terlambat haid atau pendarahan di antaranya periode haid
o   Pendarahan vagina yang hebat dan tidak teratur
o   Nyeri perut hebat di sertai mual dan muntah
o   Pembesaran perut akibat beberapa jenis kista yang cenderung tubuh makin besar
o   Rasa sakit seperti di gigit semut di bagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian
o   Keluhan sakit pad.a pinggang belakangSakit saat berhubungan seks atau intim
o  Jika kista pecah misalnya saat berhubungan seksual penderita akan merasa nyeri bertambah bila melakukan aktivitas fisik
Iya nanda...itu sepertinya haid abnormal...dengan keluhan nanda yang seperti itu disarankan konsultasi dengan dokter Sp.OG

7.      Kalau tiap bulan waktu haidnya selalu maju 5 hari, itu normal apa tidak??
Jawab:
Haid maju mundur 5 hari msh normal....
Haid maju mundur tu disebabkan oleh 3 hal:
a.       Otak : karena tempatnya hormon, jika stres bisa maju bisa mundur..
b.      Ketidakseimbangan hormon
c.       Permasalahn pada kandungan

8.      Satu lagi.. Normal apa tidak ya mi? klo Jangka waktu haidnya itu cuma 4 hari.. Tapi pas hari ke-4 itu biasanya dari malam sampai pagi tidak keluar darah haid.. Pas siang sampai sore itu baru keluar lagi dan banyak. Hari kelima tidak ada trus kadang hari keenam sore atau malam suka keluar lagi. Jazakillah khairan katsiran..
Jawab:
Menstruasi 4 hari masih normal nanda sayang...yang penting tidak melebihi 15 hari...karena itu darah istiqhadah.. darah abnormal yang harus dihentikan

Baiklah saya tutup kajiannya hari ini
Terimakasih atas waktu dan kesempatannya yang diberikan sehingga saya bisa berkunjung di group ini. Maaf jika ada salah kata dan kekurangan. Semoga saya bisa berkunjung lagi di group ini...

Doa kafaratul majelis:

: سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”. ​

Wassalamualaikum wr.wb.
Semoga ilmu hari ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post