Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » Kesehatan - Pendidikan Seksual Remaja

Kesehatan - Pendidikan Seksual Remaja

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, October 29, 2014

KAJIAN ON LINE HAMBA اللهِ UMI 20
Narasumber : Bidan Nurul
Hari, Tanggal: Selasa, 28/10/2014
Tema : Kesehatan
Admin : Rahmi
Ketua : Nana
Editor: Indah Permata Sari

Assalamu'alaikum ummi-ummi 
"Pendidikan Seksual Remaja"

Berbagai perilaku seksual pada remaja yang belum saatnya:

#Masturbasi atau onani yaitu suatu kebiasaan buruk berupa manipulasi terhadap alat genital dalam rangka menyalurkan hasrat seksual untuk pemenuhan kenikmatan yang seringkali menimbulkan goncangan pribadi dan emosi.
#Berpacaran dengan berbagai perilaku seksual yang ringan seperti sentuhan, pegangan tangan sampai
pada ciuman dan sentuhan-sentuhan seks yang pada dasarnya adalah keinginan untuk menikmati
dan memuaskan dorongan seksual. Berbagai kegiatan yang mengarah pada pemuasan dorongan seksual yang pada dasarnya menunjukan tidak berhasilnya seseorang dalam mengendalikannya atau kegagalan untuk mengalihkan dorongan tersebut ke kegiatan lain yang sebenarnya masih dapat dikerjakan.
Dorongan atau hasrat untuk melakukan hubungan seksual selalu muncul pada remaja, oleh karena itu
bila tidak ada penyaluran yang sesuai (menikah) maka harus dilakukan usaha untuk memberi
pengertian dan pengetahuan mengenai hal tersebut.
Adapun faktor-faktor yang dianggap berperan dalam munculnya permasalahan seksual pada remaja,
menurut Sarlito W. Sarwono (Psikologi Remaja,1994) adalah sebagai berikut :
#Perubahan-perubahan hormonal yang meningkatkan hasrat seksual remaja. Peningkatan hormon ini
menyebabkan remaja membutuhkan penyaluran dalam bentuk tingkah laku tertentu.
#Norma-norma agama yang berlaku, dimana seseorang dilarang untuk melakukan hubungan seksual
sebelum menikah. Untuk remaja yang tidak dapat menahan diri memiliki kecenderungan untuk melanggar hal-hal tersebut.
#Kecenderungan pelanggaran makin meningkat karena adanya penyebaran informasi dan rangsangan melalui media masa yang dengan teknologi yang canggih (cth: VCD, buku stensilan, Photo, majalah, internet, dan lain-lain) menjadi tidak terbendung lagi.
Remaja yang sedang dalam periode ingin tahu dan ingin mencoba, akan meniru apa dilihat atau didengar
dari media massa, karena pada umumnya mereka belum pernah mengetahui masalah seksual secara lengkap dari orangtuanya.
Orangtua sendiri, baik karena ketidaktahuannya maupun karena sikapnya yang masih mentabukan
pembicaraan mengenai seks dengan anak, menjadikan mereka tidak terbuka pada anak, bahkan cenderung membuat jarak dengan anak dalam masalah ini.
🍄Pertanyaan🍄
1. Usia berapakah kita boleh mengenalkan pendidikan sex kepada anak-anak?
2. Bagaimana cara mengenalkan pendidikan sex kepada remaja?
3. Bagaimana cara yang tepat menjelaskan pada anak yang tanya kenapa ummi nggak sholat pas lagi haid. haid itu apa sih gitu..nah mulai umur berapa bisa kita jelaskan detail tentang hal-hal seperti itu contohnya? Apakah jawaban yang tepat untuk anak perempuan umur 6-8 thn?
4. Atau contoh lain bagaimana dia jadi ada dan lahir dari umminya?
5. Apakah anak dari orangtua sekandung (satu bapak beda ibuk ) ((bisa juga di bilang satu gen )) anak nya akan mengalami kecacatan?  Catt: menikah karena MBA dan sbelumnya mereka tidak tahu kalau bersaudara
6. Bidan nurul Buah hati saya sering tanya kayak gini: 
1. bunda bagaimana bayi bisa ada dalam perut?
2. Kenapa temanku ga punya penis, ade punya?
3. Kenpa dada bunda besar?  
4. Kok bisa bayi ada dalam perut, bagaimana cara masuknya? bagaimana cara menjelaskannya dengan baik?

7.bagaimana sikap kita kalau menemukan anak remaja kita sdg melihat gambar/film porno atau sdg masturbasi?
8.apa kiat2 yang harus dilakukan seorang remaja untuk menahan hasrat biologisnya dan peran orang tua dlm hal ini
9.Boleh brtanya di luar tema bu bidan....???
Kalo transvaginal itu sebaiiknya di lakukan kpn...sbelum haid kah atw saat masa subur....afwan di luar tema prtanyaannya Jazakillah....
10. apakah dampak negatif dr masturbasi atau onani...
11. Bu bidan kebetulan sy lg hamil dan putra sy tanya "bunda adiknya nanti kluar dr perut bunda bagaimana..lewat mana?"
12. Transvaginal sama HSG itu sama nggak ya bu bidan..?

Jawaban
Sedini mungkin ketika anak mulai bertnya2 ttg seks.bnda usahakan mnjwbny dgn sesuai agar ia tidak mncri d luar dn kmngkinan mndptkn info yang slh itu kecil .maka anak terhindar dari keinginan coba-coba atau mencari informasi dari sumber yang salah.
Mgkn bnda bngung sjak kpn anak prlu d brikan ini dn bgaimana caranya. Brikan pndidikn sesuai usia. Cnth kalau anaknya msh kecil tidak apa2 untk bnda ajarkan untk mnutup aurat, btasn bergaul dgn tmn lawan jenisny  dn pesakn juga "nak, jangan smpai (alat kelaminya) di pegang org ya" 
#Dn berikanlah jwbn seputar prtnyaan ank. Tekankan bhwa bnda bersedia untk mnjwb pertnyaan dn berdiskusi dgn mereka seputar keingin tauany trmsuk sputar seks dn pergulany. Agar ia lbh trbuka pda bnda dn mncgah ia dri dpt info d sumber yang salah. Kalau anaknya sdh sdkit dwasa tidak mslh bnda paparkan tntg larangan berpacaran dmpk2 dri perilaku yang mnyimpang dn bhwa agamany melarang hal tsb.
sempatkan dri untk ddk dn mnerangkan kpda anak ttg nilai2 islam sblum dia malah dpt sumber yang slh bnda. Dan jangan malu untk mnjwb keingin tauan dn prtnyaan mereka ttg itu.#yang trpenting tekankan dri awal bhwa islam melarang seks d luar nikah .

ibu tidak boleh sholat karena ibu sedang haid. Mereka pasti Tanya Haid itu apa? Lalu aku akan bilang
bahwa susunan tubuh laki-laki dan perempuan itu diciptakan Allah berbeda. Nah khusus di perempuan,
Allah menciptakan rahim. Rahim itu adalah tempat dimana dulu kamu hidup. Jadi sebelum kamu lahir
kamu ada di dalam rahim ibu. Nah didalam rahim itu setiap bulan dipersiapkan Allah untuk mengandung anak tapi kalau tidak dipakai apa yang dipersiapkan itu akan keluar berupa darah. Namanya darah haid. Dan di Islam kalau perempuan sedang haid, dia terbebas dari kewajiban sholat dan puasa. Kalau punya anak perempuan, bisa sekalian bilang bahwa dia juga nanti kalau sudah akil balig akan mengalami hal yang serupa.
Saya tidak mngerti ttg prtnyaany mba dan saya jawab penybab terjadinya kecacatan saja mba. 
Kecacatan itu diprngaruhi olh bbrapa faktor mba. Diantarany : misal ada rwyat pnyakit kturunan pd kluarga ibu atau ayah si anak. Lalu juga bsa karenaa usia yang sudh lnjut saat hamil shngga kromoson nya tidak smpurna lagi. ATau bsa juga karenaa kkurangan nutrisi sperti asam folat.
Kalau prkawinan kerabat dkat kalau seayah itu haram hukumnya d tnjau dri sgi ilmu pngtahuan pun mmg bnyk efek negatifny mba. Sperti trjd k tidak normalan gen kmudian trjadi kecacatan.
Batasi akses dan maksimalkan pngawasan tentang apa yang d tnton oleh anak .
Tidak bisa dipungkiri saat ini akses informasi terbuka luas. Asal memiliki sarana yang cukup, segala lapisan umur bisa mengakses informasi sesuai keinginan. Dengan kenyataan ini, sangat sulit bila orangtua ingin mengetahui segala macam informasi yang diakses anaknya. Untuk mengatasi hal ini, pembatasan akses pada gadget. "Misalnya untuk komputer bisa diletakkan di ruang
tengah, sehingga anak sungkan bila ingin mengakses hal yang porno. Maksimalkan juga
kedekatan, dgn anak.  Kalau trkait masturbasi yang jelas harus dlarang bnda dn ajarkan serta ceritakan dampak buruk masturbasi  bnda.
Kalau untk menahan hasrat biologisny . Beri anak.penjelasn trkait seks itu brbahaya bunda. Dn yang paling penting ajarkan bhwa islam melarang dn sgt melarang seks dn Sibukkan ia pd akyvtas yang brkualitas dn islami. Dan Puasa mgkn ampuh meredam dorongan seks itu
 Salah satu dmpk negatif d anatara dmpak.lainya bunda. Untuk Pria yang melakukan masturbasi beberapa kali sebelum berhubungan seks, akan sulit untuk mencapai sebuah klimak (puncak kenikmatan). Masalah lain yang muncul adalah berkurangnya sensitifitas terhadap sentuhan orang yang lain, karena lebih terbiasa dengan sentuhan diri sendiri. Terlalu sering
melakukan onani dapat mengakibatkan kulit lecet, pembengkakan pada organ seks
karena tidak menggunakan pelumas #dan biasany mmbuat org tsb malas untk brinteraksi dgn sosial d luar karenaa hny brfkiran untk.onani/masturbsi aja .
Dan bnyk dmpk ngatif lainy.
Oh iya stu.nmr lgi kalau trkait transvaginal itu bgian dri USG lwt vagina nurul belum mndalami dn bkn wewenang mutlak bdn mba. Lbh baik d tnyakan sja sma yang lbh tau. (dokter) afwan mba
Syukron jazakillah apabila ada slh dri nurul dn bnar hny dri Allah swt dn nurul pun msh blajar mba
Kita tutup dgn Alhamdulillah dn d serahkan kpda umi admin 
Jazakumullah Khairan, hari ini sdah byk yang membantu & berpartisipasi pd kajian hri ini.. Semoga ilmu yang kita dpt hri ini bermanfaat & barokah.. Aamiin Yaa Rabb 

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post