Home » , » KESEHATAN - PENYAKIT ASMA BRONCIALE

KESEHATAN - PENYAKIT ASMA BRONCIALE

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, October 1, 2014

KAJIAN HA NANDA 107/108
Rabu, 01 Okt 2014

Pemateri: Dr Yayu
Tema: Asma Bronchiale (Kesehatan)
Notulen: Fiet & Ria


Assalamualaikum wr wb
ُsalam kenal nanda semuanya ...kajian hari ini mengenai penyakit "asma bronchiale" . Asma adalah suatu keadaan dimana saluran nafas mengalami penyempitan kr hiperaktivitas thdp rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan dan penyempitan yg bersifat sementara.                              
Penyebab : Menurut The Lung Association ada dua faktor yg mnjdi pencentus asma.

1) pemicu (trigger) yg mengakibatkan terganggunya saluran pernafasan tetapi tdk menyebabkan peradangan sprti:
a. perubahan cuaca dan suhu udara,
b. rangsang sesuatu yg bersifat alergen,
c. infeksi saluran pernafasan, gangguan emosi,
d. kerja fisik/ olahraga yg berlebihan.                              
2) (inducer) yaitu sel mast disepanjang bronkhi melepaskan bahan sprti histamin dan leukotrien sbgi respon thdp benda asing yg menyebabkan terjadinyayaitu,
a. kontraksi otot polos,
b. peningkatan pembentukan lendir.

Gambaran Klinis:

@Sesak nafas kr asma khas disertai suara mengi akibat kesulitan ekspirasi.

@Pada auskultasi terdengar wheezing dan ekspirasi memanjang

@Keadaan sesak hebat

@Batuk yg panjang di pagi hari dan larut ​malam.            
Penatalaksanaan :
#Faktor pencentus serangan sedapat mungkin dihilangkan.

#Berikan bronkhodilator terpilih.

#Penderita status asmatikus memerlukan oksigen, terapi parenteral dan perawatan intensive. Demikian kajian hari ini ...silahkan barangkali ada yg mau bertanya ato punya pengalaman ttg penyakit asma mohon ditampung dl pertanyaannya.                  

TANYA JAWAB


TANYA:
🙋Klw misalx sering ambil nfas pnjng itu apa skh stu gejla asma ?


JAWAB:
 kalau nafas panjang tdk disertai dgn suara mengi itu bkn asma.                                

TANYA:
Wa'alaikumsalam dok..
Saya mau bertanya dok, saya sering mengalami sesak pda saat macet, udara dingin, atau pda tmpt yg penuh org banyak,tidur dgn bantal terlalu rendah. Tpi sesaknya tdk sperti asma. Hanya kesulitan menarik nafas panjang. Apa itu normal dok? Dan apa itu termasuk asma?
Tapi saya tdk ada keturunan asma dok..


JAWAB:
klo utk asma itu punya ciri khas disertai dgn suara mengi (ngik, ngik pd saat mengeluarkan nafas ).          

TANYA:
Dok. Anak tetangga sya ada yg batuk'a berkepanjangan dan terkadang sampai muntah2. Trus juga g bs capek. Klo capek lgsung batuk'a g bs berhenti(lama). Apakah itu tergolong asma??

Bagaimana cr memberikan pertolongan pertama pada penderita asma???              

JAWAB:
blm tentu nanda kr hrs dilakukan pemeriksaan lbh lanjut atau pemeriksaan penunjang lainnya utk menentukan asma ato tdknya.                                              
                                   
Baringkan penderita dgn posisi setengah duduk diganjal dgn bantal dibelakangnya, sebaiknya dirmh tersedia obat inhaler utk meringankn sesak nafasnya bila tdk ad perubahan sebaiknya dibw̲̣̥ ke rmh skt.                                  

TANYA:
Sebab kenapa ya dok , sehabis kita ( saya saja contoh nya ) minum kopi / milk tea itu di dada terasa sesak dan nafas jd terengah
Mksh dok sebelum dan sesudahnya


JAWAB:
klo itu gastritis nanda ato penyakit maag.              


TANYA:
Asma itu penyakit turunan bukan dok??


JAWAB:
asma adalah penyakit keturunan.                              

TANYA:
Saya sering batuk berkepanjangan diatas jam 8 malam, tapi kalo siang ngga dok, kadang batuknya terus2an ampe satu jam an lebih, tenggorokan gatal, nah kira2 itu sy knp ya dok,,,dn kira2 sarannya apa agar bs sembuh dr batuk yg bgt?


JAWAB:
Hrs diperiksa lbh lanjut bila disertai dgn gejala lain mgk bkn termasuk asma.            


TANYA:
Dok mau tanya.. pemberian sufot pd bayi itu bisa jd penyebab asma pd bayi ya?? Soalnya dulu ponakan ana wktu masih bayi sama ibunya diberi sufot terus.. dan ponakan ana dr sjak bayi sampai umurnya krg dr 5thn hampir tiap bulan harus diopnme diRS krn sesak nafas..


JAWAB:
klo utk sufor itu bkn penyebab asma pd bayi


TANYA:
dok apakah penderita asma itu ada pengaruh'a sma makanan(alergi makanan)???


JAWAB:
Iya bisa nanda fiet
Alerginya bisa kr makanan ato kr alergi dingin kr cuaca


TANYA:
Brp persen kemungkinan asma diturunkan ke anak kalau hanya ibu yg pembawa?


JAWAB:
Bila anaknya 3 kemungkinan satu bisa terkena utk yg anak 2-nya biasanya faktor alerginya yg diturun kannya


TANYA:
Kalo gejala lain ngga ada dok!
Cuman batuk aja


JAWAB:
Klo cm batuk aja itu blm tentu asma


TANYA:
Bagaimana klo misalkan ibu hamil/menyusui yg menderita asma?

Apakah ada pengaruh negatif terhadap byi'a??


JAWAB:
Utk ibu hamil yg menderita asma sebaiknya diperiksa dibwh pengawasan dokter

Kr ada obat"an yg mgk tdk diberikan utk ibu hamil

 Dan bisa berpengaruh thdp bayinya

PERTANYAAN

 dokter aku mau nanya
Aku kalo misalkan batuk tuh suka sesek di dada dan akhirnya suka susah nafas itu termasuk asma gak ya??

Bu dok mau nanya ttg sinusitis... Ada tingkat keparahannya ga? Kalau ada apa saja sekalian ciri2nya?

kalau asma itu bisa karena keturunan jg nda dok ?

 Penderita Asma bisa sembuh total nda dok ? atau memang bersifat menahun jika sudah terkena?

Trus klo udah kena pnyakit asma bsa sembuh total gak dok?!
Nb jwban atas:hawa dingin jg bs mnyebabkn asma ssorang kmbuh gak dok?!

 Mau tnya ttg penyakit kebanyakn lemak dok
Org bsa dnyatkn mempunyai penykit bnyak lemak tu yg gmn y dok?soalny temnq yg guendud j sehat pie da 1 temn gak bgtu gendud tpi kta dokter mempunyai sakit kebanyakn lemak

 Gimana cara menghilangkan selulit dok


Jawaban :                    
akmalia_ tdk semua batuk ή sesak itu asma kr asma punya ciri khas sesaknya itu disertai dgn suara mengi.            
rini_maaf nanda rini sinusitis diluar tema sayangg mgk bisa dibahas nanti kr beda dgn asma.              

ira _ asma adalah penyakit keturunan. Klo utk sembuh total mgkn tdk bisa tp bisa dijaga agar tdk terjadi serangan dgn cara menghindari faktor pencetusnya.                                  
nur_ utk pencegahan sebaiknya dirmh tersedia obat inhaler utk mengurangi sesaknya, hindari faktor pencetus sprti asap rokok, debu, polusi, bulu binatang.                        
akmalia_ bulu kucing termasuk faktor pemicu asma

Klo utk sembuh total itu mgk tdk bisa hanya bisa mempertahankan agar tdk terjadi serangan dgn cara menghindari faktor pencetus diantara Ώyå mengindari debu, termasuk hawa dingin bisa memicu terjadinya serangan asma

Ŵååĥĥ°◦ klo selulit diluar tema nanda mgk bisa dibahas nanti ​Y媪 syg

REKAP TANYA JAWAB NANDA 108
Rabu, 01 Okt 2014


TANYA:
Klw misalx sering ambil nfas pnjng itu apa skh stu gejla asma ?


JAWAB:
 kalau nafas panjang tdk disertai dgn suara mengi itu bkn asma.                                

TANYA:
Wa'alaikumsalam dok..
Saya mau bertanya dok, saya sering mengalami sesak pda saat macet, udara dingin, atau pda tmpt yg penuh org banyak,tidur dgn bantal terlalu rendah. Tpi sesaknya tdk sperti asma. Hanya kesulitan menarik nafas panjang. Apa itu normal dok? Dan apa itu termasuk asma?
Tapi saya tdk ada keturunan asma dok..


JAWAB:
klo utk asma itu punya ciri khas disertai dgn suara mengi (ngik, ngik pd saat mengeluarkan nafas ).          

TANYA:
Dok. Anak tetangga sya ada yg batuk'a berkepanjangan dan terkadang sampai muntah2. Trus juga g bs capek. Klo capek lgsung batuk'a g bs berhenti(lama). Apakah itu tergolong asma??

Bagaimana cr memberikan pertolongan pertama pada penderita asma???              

JAWAB:
blm tentu nanda kr hrs dilakukan pemeriksaan lbh lanjut atau pemeriksaan penunjang lainnya utk menentukan asma ato tdknya.                                              
                                   
Baringkan penderita dgn posisi setengah duduk diganjal dgn bantal dibelakangnya, sebaiknya dirmh tersedia obat inhaler utk meringankn sesak nafasnya bila tdk ad perubahan sebaiknya dibw̲̣̥ ke rmh skt.                                  

TANYA:
Sebab kenapa ya dok , sehabis kita ( saya saja contoh nya ) minum kopi / milk tea itu di dada terasa sesak dan nafas jd terengah
Mksh dok sebelum dan sesudahnya


JAWAB:
klo itu gastritis nanda ato penyakit maag.              


TANYA:
Asma itu penyakit turunan bukan dok??


JAWAB:
asma adalah penyakit keturunan.                              

TANYA:
Saya sering batuk berkepanjangan diatas jam 8 malam, tapi kalo siang ngga dok, kadang batuknya terus2an ampe satu jam an lebih, tenggorokan gatal, nah kira2 itu sy knp ya dok,,,dn kira2 sarannya apa agar bs sembuh dr batuk yg bgt?


JAWAB:
Hrs diperiksa lbh lanjut bila disertai dgn gejala lain mgk bkn termasuk asma.            


TANYA:
Dok mau tanya.. pemberian sufot pd bayi itu bisa jd penyebab asma pd bayi ya?? Soalnya dulu ponakan ana wktu masih bayi sama ibunya diberi sufot terus.. dan ponakan ana dr sjak bayi sampai umurnya krg dr 5thn hampir tiap bulan harus diopnme diRS krn sesak nafas..


JAWAB:
klo utk sufor itu bkn penyebab asma pd bayi


TANYA:
dok apakah penderita asma itu ada pengaruh'a sma makanan(alergi makanan)???


JAWAB:
Iya bisa nanda fiet
Alerginya bisa kr makanan ato kr alergi dingin kr cuaca


TANYA:
Brp persen kemungkinan asma diturunkan ke anak kalau hanya ibu yg pembawa?


JAWAB:
Bila anaknya 3 kemungkinan satu bisa terkena utk yg anak 2-nya biasanya faktor alerginya yg diturun kannya


TANYA:
Kalo gejala lain ngga ada dok!
Cuman batuk aja


JAWAB:
Klo cm batuk aja itu blm tentu asma


TANYA:
Bagaimana klo misalkan ibu hamil/menyusui yg menderita asma?

Apakah ada pengaruh negatif terhadap byi'a??


JAWAB:
Utk ibu hamil yg menderita asma sebaiknya diperiksa dibwh pengawasan dokter

Kr ada obat"an yg mgk tdk diberikan utk ibu hamil

 Dan bisa berpengaruh thdp bayinya

 Klo tdk ada pertanyaan mohon ditutup sj ​ya nanda!

Sy mohon izin utk pamit mudah"an kajiannya bermanfaat.                          

Wasalamualaikum wr wb


 Î♈α᪪ªª ..⌣♧ sm2 klo sdh tdk ª∂a̲̅ pertanyaan bisa ditutup sj ​Y媪 nanda

 Sy mohon pamit mudah"an kajiannya bisa bermanfaat. Wasalamualaikum wr wb

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!