Home » , , » Kesehatan - Pola Makan dan Pola Hidup Sehat

Kesehatan - Pola Makan dan Pola Hidup Sehat

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, October 28, 2014

KAJIAN ON LINE HAMBA اللهِ UMI 15
Hari, tanggal: Senin, 27 Oktober 2014
Materi: Kesehatan
Narasumber: Dr. Riana
Admin: Farabella
Ketua: Ajeng

Editor: Indah Permata Sari

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Semangat pagi.
Bagaimana Ukhtifillah, sudah mendapatkan kedahsyatan energy pagi hari ini?
Semoga sepanjang hari nanti Allah menjaga langkah-langkah kita dalam kebaikan. Aamiin
Kenalkan Ukhtifillah ana dr. Riana W yang diamanahi untuk mendampingi kajian hari ini. Untuk melengkapi energy pagi, tema kajian pagi ini adalah Bagaimana agar kita tetap sehat untuk beraktifitas dengan memiliki pola makan dan pola hidup yang sehat.
Bagaimana Ukhtifillah oke kan? Semua sudah siap ya. Nah, Ukhtifillah ana sudah siapkan materi tentang pola makan sehat, agar bisa tampil cantik, dan sehat tidak terlalu gemuk atau kurus.
Ukhtifillah...
Sakit itu mahal dan sangat tidak nikmat..Karenanya kita harus mensyukuri nikmat Allah yang berupa kesehatan ini
Nah..tahukah Bunda? Ternyata banyak penyakit itu datangnya karena kita undang sendiri..
Antara lain, karena pola makan kita yang tidak berimbang atau kurang tepat, sehinggga mengundang masalah..
Coba sekarang ana mau tanya ke Ukhtiess,..
Biasanya Ukhtiess pola makan dan kebiasaannya bagaimana:

- Lebih suka mengkonsumsi makan apa saja yang penting enak, cepat, sesuai selera atau mikir dulu kandungan gizinya sudah seimbang/belum?
-menkonsumsi buah,sayur, serat tiap hari atau kalo ingat saja?
-minum air putih 1,5-2 liter atau jarang menakar?
-tenang dan berpikir positif atau lebih banyak pusing dan stress?
-cukup istirahat atau banyak begadang dan keteteran atur waktu?
-suka makanan cepat saji, atau masak sendiri dan merancang dan memikirkn keseimbangan zat gizinya?
-menyempatkan olahraga atau hanya kl ingat/ingin saja?
-dll
Nah..
Kalau kita teliti, ternyata masih banyak pola makan dan pola hidup kita yang belum pas, sehingga justru mendatangkan penyakit/masalah di tubuh kita..Ya nggak?

Nah, ini beberapa syarat mungkin yang sehat:
- Harus cukup memberikan kalori, tidak berlebihan, tidak kurang.
- Memenuhi menu yang berimbang, ya harus mengandung semua unsur karbohidrat, protein, lemak, serat, air, vitamin dan mineral.
- Pilih menu yang bervariasi, jangan itu-itu saja, karena semua makanan itu mengandung unsur spesifik yang tidak dipunyai makanan yang lain..Kalo hanya itu-itu, akibatnya akan berlebihan di unsur-unsur yang itu-itu saja, dan itu bisa menimbulkan masalah kesehatan yang baru.
- Harus bersifat higienis
Tahukah Ukhtiess? Ternyata pola makan yang kurang tepat sejak usia muda bisa mempengaruhi pola penyakit di usia selanjutnya..Bukan hanya manis dan asin. Tapi juga makanan yang banyk kolesterol, asam urat, dll..
Banyak orang yang terlena, mumpung masih muda, belum kena penyakit apa-apa, makan semaunya...Padahal penyakit Hipertensi, Diabetes, Hiperkolest, dll adalah akibat dari pola makan yang kurang tepat sebelumnya.
Pengobatan akan sangat sedikit bisa membantu jika pola makan baru berubah ke pola makan yang baik/seimbang ketika sudah didiagnosa..Sebenarnya sudah cukup terlambat. Yang baik adalah kita mengatur pola makan seimbang itu sejak dini, sejak muda, bahkan..Karena pencegahan itu lebih efektif daripada pengobatan.
Rosul saw mengajarkan kita untuk makan tidak berlebihan..Yaitu makan saat lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Juga beri porsi lambungmu 1/3 makan, 1/3 air, 1/3 udara. Tepat sekali itu, dengan medis cocok baget. Segalanya tidak berkah (baca: sehat) kalo terlalu berlebihan..Maka kita perlu makan yang cukup juga bervariasi..
Nah bagaimana kalo kita terlanjur obesitas?
Ada tips-tips nya agar tidak obesitas..
Lemak tubuh kita itu menumpuk karena kalori yang masuk kelebihan dibanding yang keluar..
Nah..agar tidak obesitas kita harus menyeimbangkan kalori masuk dan keluar tersebut.
Kalori masuk adalah dari makanan.
Maka yang obesitas, hindari makanan-makaman yang kalori tinggi, yaitu LEMAK dan KARBOHIDRAT, termasuk makanan yang manis-manis.. Perbanyak yang kalori rendah dan mengandung banyak serat, yaitu sayur dan buah..
Kemudian buang kalori agak lebih dari biasanya.. Yaitu dengan aktifitas yang melibatkan fisik,misalnya banyak jalan kaki,olahraga rutin, banyak gerak badan.. Kurangi aktifitas yang tidak banyak membuang energi, misal banyak duduk, liat TV atau chatting sambil ngemil, naik mobil/motor lebih bnyk dibanding naik sepeda angin atau jalan kaki..
Yang mengandung kolesterol banyak, mulai dari santan, minyak jenuh, lauk-lauk yang berlemak,
Kaldu yang kental..misal soto, gule, jeroan, burung dara, bebek, roti yang bermentega, es krim,dll
Ukhtiess..
Mungkin ini dulu pancingan materi dari ana.. Nanti bisa diperluas dengan pertanyaan-pertanyaan.,.
Tafadol.. dikumpulkan dulu pertanyaannya.. 💕💕💕
Sesi Tanya Jawab:
1⃣ Bunda Fara
Dokter Riana, ada beberapa pertanyaan 😁
1. bagaimana ya caranya supaya anak mau makan sayur, terutama yang hijau?
2. Kalau sayur dikukus terus diblender apa nutrisi nya berkurang?
Jawab:
1. Tips menanamkan pola makan sehat untuk anak ya Bunda...Nah Bun, kalo kita inginkan kesehatan untuk anak-anak kita, maka kita perlu mulai merubah untuk MEMBIASAKAN anak-anak agar menyukai menu-menu yang sehat..Tipsnya adalah:
1. Untuk anak-anak bisa menyukai menu-menu sehat dan menyukai menu yang bervariasi,maka sejak bayi kita perlu mengenalkan berbagai jenis makanan dan berbagai rasa..Harapan saat besar nanti pilihannya bukan rasa yang ituitu saja.
Termasuk kenalkan sayur dan buah sejak dini, karena anak itu biasanya menyukai dulu rasa yang gurih, sedangkan sayur itu rasanya tidak dominan, wajar jika kebanyakan anak-anak sekarang sukanya makan hanya dengan lauk, tidak suka sayur.
Misal untuk bubur bayi, lebih baik racik sendiri dengan menu 4 sehat 5 sempurna, daripada bubur bayi instan..
2.Sediakan dan utamakan di menu harian kita selalu ada sayur dan buah, kemudian juga beri contoh anak-anak kita, misal ajak mereka sekali-sekali makan bersama di meja makan dengan kita, motivasi untuk makan sayur dan buahnya. Mungkin bisa dengan kreatifitas ibu menyanyikan lagu 4 sehat 5 sempurna untuk anak kita yang kecil, atau sayurnya digado sendiri, baru nasi dan lauknya..Banyak dari anak-anak kita ternyata bukannya tidak mau sayur, hanya karena tidak terbiasa/belum mencoba, image mereka sudah tidak tertarik pada sayur.. Untuk anak yang agak besar mungkin bisa dikenalkan dengan sayur agak sedikit pedas, bisa jadi lama-lama dia ketagihan untuk mencoba lagi..Juga yang sudah besar bisa kita beri motivasi secara ilmiah, karena mereka di sekolah sudah belajar dengan gurunya.
3.Sajikan menu sehat semenarik mungkin..Nah, ini perlu belajar banyak resep masakan nih Bunda..
Misal kalo anak kita suka gurih, kita bisa olah sayur seperti jamur, kembang kol, bayam dengan digoreng tepung kentucky..Atau buat bola-bola tahu dengan ada banyak sayur di dalamnya..
2. Sayur yang dikukus kemudian diblender sebenarnya boleh saja, hanya saja memang nutrisinya sedikit berkurang, beda dengan yang segar.. Tetapi daripada tidak sama sekali, tidak apa-apa untuk membiasakn mau makan sayur..
2. Bunda Riri
Mau bertanya juga
1.Betulkah makan setelah jam 7 malam tidak baik untuk kesehatan?
2.Kalau sedang sakit katanya harus lebih banyak makan buah dibanding makanan berat?
Jawab:
1. Memang tidak dianjurkn makan setelah jam 7 malam, sebab jam segitu aktifitas fisik kita minimal sehingga kalori cenderung ditimbun. Apalagi makan berlemak misal nasi goreng. Jika lapar, misal ngemilnya sayur, buah atau apa yang kalorinya minimal..
2. Tergantung sakitnya apa, jika yang memang butuh vitamin, daya tahan tubuh, serat, benar jika harus banyak mungkin sayur/buah. Tapi jiak sakitnya typus, infeksi pencernaan, gastritis justru sementara harus menghindari dulu serat tinggi, agar pencernaan tidak terlalu bekerja dengan keras..
3. Bunda Rosy
Dok..berat badan saya ideal tetapi perut saya buncit, tiap ketmu teman psti dikira hamil padahal jilbab saya besar, saya tidur max 4 jam sehari..kata orang makan banyak pepaya bisa ngecilin perut..bukannya malah jadi banyak BAB ya?
Jawab:
Bunda Rosy, coba senam aja, terutama senam yang banyak mengexplore daerah perut..Banyak makan pepaya mungkin maksudnya agar banyk serat yang masuk. Memang serat, yaitu sayur dan buah bisa melaruntukan lemak yang ada di pencernaan untuk dibuang ke luar..
4. Bunda Esty
Dok tips mengecilkan perut yang kendur pasca melahirkan gmana ya?
Jawab:
Bunda Esty untuk mengencangkan perut yang kendur pasca melahirkan juga dengan senam yang fokus melatih otot sekitar perut untuk kontraksi agar kenceng.
5. Bunda Balqis
Mau nanya juga, apakah benar menggabungkan telur dan susu tidak baik untuk kesehatan dan rasulullah melarang hal ini?
Jawab:
Secara medis telur dan susu boleh saja digabung, karena tidak ada zat di dalamnya yang kontra indikasi/slg berlawanan.. Hanya saja dua-duanya mengandung protein dan lemak, sehingga jika digabungkn sebaiknya tidak dalam jumlah yang berlebihan..
6.Bunda Sysy
bertanya: jus buah dan sayur apakah boleh disimpan/tidak langsung diminum? seperti puree untuk bayi kan biasanya disimpan di tempat kecil2 karena porsipun sedikit, jd suatu saat tinggal makan. apakah nutrisi bisa berubah? *disimpan di kulkas
Jawab:
Bunda Sysy..  Sebaiknya jus memang segera diminum, boleh ditaruh kulkas tapi tidak dalam waktu lama, karena di samping nutrisi akan berkurang, juga terjadi proses oksidasi..Ditambah segi higiene-nya juga tidak bisa dijamin..
7.Bunda Cahya 
Dr. Riana mau tanya. Penyebab kaki parises apa ya..keluar garis biru disekitar mata kaki apakah itu juga parises
Jawab:
 Bunda Cahya..Benar, itu varises. Varises itu adalah pelebaran pembuluh darah vena, letaknya biasanya di kaki..ada yang di dubur, namanya ambeien.. Penyebabnya mungkin bisa karena banyak tekanan di vena sekitarnya, misal wanita hamil karena pembuluh darah di atasnya tertekan bayi..bisa karena pake hak sepatu tinggi, dll aktifitas yang memberatkan pembuluh darah sekitar vena tsb..
Ukhtifillah...
Karena sudah malam, afwan.. Ana minta diri dulu yaa. Ana akhiri kajian hari ini.. Afwan jiddan jika ada banyak kekurangan memandu kajian hari ini..
Wassalamu'alaikum wr.wb...

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!