Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KISTA OVARIUM

Kajian Online Telegram Hamba  اللَّهِ  SWT

Hari / Tanggal : Sabtu, 18 Oktober 2014
Narasumber : dr. Chevi 
Notulen : Nurza
Editor : Ana Trienta

Assalamu'alaikum
KISTA OVARIUM (kista indung telur) berasal dari indung telur yang berada di kandung telur. Terletak di rongga panggul. Berisi cairan encer atau kental. Seperti kantung. Termasuk kelompok tumor jinak.

Gejala yang dapat terjadi:
- rasa tidak enak di daerah perut bawah
- sering kencing
- sering merasa ingin berak
- gangguan mens, biasanya memanjang
- nyeri pada saat mens
- nyeri saat berhubungan sex
- nyeti mendadak pada daerah panggul
- perut terasa penuh
- syndroma polikistik, tidak subur, menstruasi sedikit, kegemukan, berbulu, jerawatan
- perut terasa tegang
- denyut nadi cepat, tekanan darah kurang
- nyeri tekan perut
- berat badan menurun, sulit makan

Pada pemeriksaan fisik bisa didapatkan benjolan pada perut, tergantung besarnya kista, tekanan darah rendah, denyut nadi cepat, Pemeriksaan biasanya hampir selalu di USG. Diagnosa pasti dengan pemeriksaan mikroskopis apabila perlu periksa juga Antigen kangker (ganas) C125. Teraphi: Kebanyakan dibiarkan apabila ukuran kecil dan tidak mengganggu apabila perlu di operasi. Pil KB dapat mencegah indung telur yang sehat supaya tidak menjadi kista
Demikian, hatur nuhun wass

TANYA JAWAB
1. Dok, kalo sudah kista ovarium ini, apakah masih bisa hamil? Pil KB dapat menjadi pencegahan, bagaimana dengan system KB yang lain? Untuk pencegahan baiknya bagaimna agar tidak kista?
Jawab
Biasanya pada orang yang ada kecenderungan kista (ditemukan ada kista), baru diberi terapi hormon (pil KB), Kalau yang tidak ada sih tidak diberikan kecuali untuk kepentingan KB. Sistem KB yang lain, bukan hormonal beda mekanismenya jadi tidak dihubungkan dengan masalah kista.

2. Berarti pil KB bagus ya dok dari pada alat KB lainnya?
Jawab
Alat KB tergantung respon individu, kesukaan dan faktor lainnya, pada dasarnya aman.

3. Dokter kalau lagi hamil terdapat positif mempunyai penyakit kista gimana nih dokter? kemarin ada yang curhat sama saya kehamilan udah 5 bulan
Jawab
Kalau hamil ada kista kecil dan tidak mengganggu tidak apa apa, kalau khawatir konsultasi dr obgyn aja

4. Dokter tanya ya, bahayakah mengkonsumsi pil KB dalam waktu beberapa tahun?  
Jawab
Konsumsi sesuai aturan tidak berbahaya kalau ada gangguan dikonsultasikan saja. Apakah ada gangguan?
.
Penanya: Alhamdulillah belum ada dok. Tapi saya ga berani untuk KB lainnya jadi takut bermasalah kalo konsumsi pil lebih lama

Dokter : Ada baiknya konsultasi ke dokter obgyn. Pada dasarnya pil KB berisi hormon yang juga diproduksi tubuh, kalau kadarnya terkontrol tidak ber efek. Selain masalah keamanan jenis kontrasepsi, yang lebih mendasar dalam masalah KB adalah masalah motivasi, niat...

PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.