Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Manisnya Iman

Rekap Kajian Online Hamba Allah
Grup 02 Ummi
Senin, 20 Okt 2014/25 Dzulhijjah 1435
Materi : Syumuliyatul Islam
Narasumber : Ustadz Kaspin

Assalamualaykum warohmatullahi wabarokatuhu.
Semoga bunda semua sehat senantiasa dan dalam kasih sayang Allah swt....sehingga hidup, kehidupan dan penghidupannya berkah bertambah dan bertumbuh.
Hari ini adalah hari Senin sebab kemarin adalah Ahad dan besok pasti selasa...jika bukan selasa maka berarti kita tidak tinggal di Indonesia.
Karena kita adalah kumpulan hari hari.
Sehingga waktu bagi kita adalah kehidupan.
Yang tidak punya waktu berarti tidak punya kehidupan.
Bersyukur atas waktu hingga hari ini adalah keniscayaan..sebab...suatu hari nanti kita akan pergi meninggalkan waktu dan kenangan didunia.
Kita kembali kepada Yang Menciptakan waktu yg tidak terikat oleh waktu dan tempat. Zat Yang Maha Kuasa yg selalu kita harapkan cinta dan kasih sayang-Nya.
Oleh sebab itu mestilah kita mengetahui manisnya iman dan cinta.
Manisnya Iman:
Rosulullah saw bersabda ;"ada 3 perkara, jika ketiganya terdapat pada diri seseorang maka ia telah merasakan manisnya iman:
1. Hendaknya Allah dan Rosulullah lebih ia cintai daripada selain keduanya.
2. Hendaknya ia mencintai seseorang hanyalah demi karena Allah
3. Hendaknya ia benci kembali kepada ke kufuran sesudah diselamatkan Allah seperti tidak mau dirinya dilemparkan kedalam api neraka.
(HR. Bukhori dan Muslim)
Makna Cinta
Ibnul Qoyyim menjabarkan arti cinta sbb;
1. Ashofau wal bayaad.
Putih dan bersih. Ada ketulusan, kejujuran dan kesetiaan terhadap yg dicintai.
2. Al'uluwwu wa zzuhhuru.
Tinggi dan tampak. Mengutamakan kehendak yg dicintai daripada kehendak diri sendiri.
3. Alzuumu watsubutu.
Terusmenerus dan kokoh. Memelihara kecintaan dan tidak mau jauh dari kekasihnya.
4. Allubbu.
Inti atau saripati sesuatu. Kesediaan memberikan sesuatu yg paling berharga yg dimilikinya.
Demikian materi pagi ini.
Semoga kita bisa memahaminya.
Allah Yang Maha Mengetahui.
Silahkan jika ada kritik dan kesan pesan ataupun hadiah pulsa.
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Diskusi
*******
1. Pertanyaan
@ Bd.  Ema : Pa Ustad, apa bener klu kt hbs plg Haji/Umroh gk boleh keluar rmh seblm 40 hr mhn penjelasannya mksh.
@ Ustadz : Bunda Ema yg eyang...memang ada tradisi di sebagian masyarakat kita yg demikian...contohnya orang betawi dan Banjar.
Tradisinya betawi memang sebisa mungkin haji yg baru pulang tidak kemana mana sblm 40 hari karena sanak saudaranya akan datang silaturahim...danbagi sang haji...waktu itu dimanfaatkan untuk lebih tafakur dan dekat dg Allah.
Kalau malaikat nempel wallahu'alam.
Setau saya yg nempel biasanya perangko.
Tapi sekarang lebih baik sms ya.
Jadi itu tradisi aja bunda.
2. Pertanyaan
@ Bd. Mar : Bagaimana caranya  kita bisa menomer 1, untuk mencintai Allah dan nabi Muhammad,
Karena kita masih sering mencintai anakdan suami kita pak?
@ Ustadz : Bunda Marpiah: untuk itu perlu terus belajar dan berproses sampai akhir hayat...terus berdoa.
3. Pertanyaan
@ Bd.  Ema : Pa Ustad klu kt sholat seblm bc Alfatihah pasti Bismillah dl yaa, trs rakaat ke 2 apa hrs bc Bismillah lg atau lsg Alfateha...?? Sy prnh sholat dimesjid daerah depok wkt itu pas rakaat ke 2 lsg Alfateha krn sdh kebiasaan pakai Bismillah dl...mhn penjelasannya pa Ustad
@ Ustadz :  Bunda Ema: mereka bukan tidak baca basmalah...tapi bacaan basmalahnya sirr(tidak dikeraskan).
4. Pertanyaan
@ Bd.  Mar : Kita berdoa tp kok sering terbalik ya pak,klau anak terasa melekat dihati smp umbun2, apakah ada doanya pak ustadz?
@ Ustadz :  "Ya Allah jadikanlah cintaku kepada-Mu melebihi cintaku kepada diriku sendiri, kepada sanak keluargaku dan kepada harta bendaku"
Itu doa nya...teks arabnya saya ga bisa
5. Pertanyaan
@ Bd.  Mar : Apakah yg dimaksud dgn  cinta dr ibnul Qoyyim,yg di cintai dan di kasihi itu tujuannya ke pada Allah semata ya,pak ?
@ Ustadz : Walaupun sebenernye...perasaan yg sama demikian untuk makhluk.
Tapi harus dialihkan bahwa yg demikian itu hanya Untuk Allah Rosul dan Jihad.
6. Pertanyaan
@ Bd.  Mar : Pak apakah dosa kita minta kepada Allah , supaya orang yg menghina islam,nabi kita,kakbah untuk tempat berak,tmpt ibadah kita dan tata cara / sunah rosul,
Supaya dia dapat hidayah dan tdk menghina islam lagi?
@ Ustadz :  Cuma dalam dunia internet kita jgn ikut menyebarkan...koment dsb nya...sebab jadi makin ramai dan makin banyak yg tahu...meskipun tujuan kita baik. Langsung blokir aja. Kalau ada gambar atau akun...atau situs yg begituh.
Biasanya yg koment seolah olah membela juga itu dari kalangan mereka juga.
Seperti orang dagang baru buka tiba tiba langsung ramai...ternyata itu sanak saudaranya yg pura pura jadi pembeli.
@ Bd.  Mar: Iya,masak kaya gitu editannya pak,keterlaluan tp itu adminnya yg mau blokkir pak,jd kadang kita sewot,dgn gambar2 itu,duh gusti Allah
@ Ustadz : Iya sewot boleh aja tapi jangan melotot gitu dong
7. Pertanyaan
@ Bd.  Mar: Gini ustadz apakah doa saya untuk saudara saya mendapatkan hidayah dr Allah,
Supaya keluarga saya bisa mengerti dan menjalikan peritah Allah,menjalankan rukun islam,spy bener2 mjd islam dlm hati ,bkn hanya islam ktp sj,
Krena kami sering salah pendat,
@ Ustadz : Bunda Marpiah: ya doa dan kontribusi bunda...seringlah beri hadiah pada nya.
Beda pendapat biasanya juga karena beda pendapatan dan kita jarang ngasih ngasih ...
8. Pertanyaan
@ Bd.  Romy : Ustadz mau ty tp mnyimpng dri mteri
Sbnre puasa daut itu ap ce&bgimn plksanaanny..
Truz apkh itu jg dsyariaykn oleh Rosululloh
Maksud sya dsunnahkn..
@ Ustadz : Bund Romi: sunnah hukumnya...hari ini puasa besoknya tidak. Selang seling satu hari.
9. Pertanyaan
@ Bd.  Mar : Bolehkah kita datang keacara natal dan kasih selamat,jg makan hidangangan natal pak?
@ Ustadz :  Sebaik nya tidak. Ulama mengharamkan.
@ Bd.  Mar : Walaupun keluarga kita sendiri ya pak,sebab suamiq selalu melarang saya dan anak2 untuk pergi kerumahnya saudara,tp sering saya dengar klau udah bilang toleransi sebab siapa kamu dl dan sekarang memang beda,trus gimana saya tdk membuat kedua pihak kecewa pak?
Maksutq tdk kecewa kedua pihak
@ Ustadz :  Bunda Marpiah: apalagi yg melarang adalah suami...maka bunda wajibun kuduun harusun taat.
Kecewa mereka kenapa?...udah lakum dinukum dlm hal ini mah.
Bagimu agamamu
10. Pertanyaan
@ Bd.  Mar : Pak apa benar seorang homo sex klau mati dkt boleh di sholatkan? seperti mayang prastiyo dr lampung itu?
@ Ustadz : Kalau mau ya sholatkan aja. Kalau ga mau ya jangan.
Tetangganya pada ga mau kan?
Ya...kita ga bisa maksa.
Mudah mudahan kita semua terhindar dari fitnah akhir zaman yg salah satunya adalah munculnya para pengikut kaum sodom.
@ Bd.  Mar :  Katanya gak boleh sebab oprasi kaya cewek,dan apa benar klau gak ada yg mau akan kena azab dr Allah 1 kampung pak
Apa yg dimaksut kaum sodom
@ Bd.  Fitri : Kaum Sodom itu kaumx Nabi Luth yg mencintai sesama jenis .... laki2 berpasangan dgn laki2 dan wanita dgn wanita
@  Ustadz :  Lalu dosa kah jika tidak ada yg menyolatkan.
Kaum begitu Allah sudah laknat.
Kaum sodom adalah kaum yg suka sesama jenis di zaman nabi luth as.
@ Bd.  Mar : Oh saya kira sodomi,laki  sama laki itu,
Tp sekarang sdh jamannya kembali ke nabi luth ya pak,apakah benar tanda2  dunia sdh mau hancur?
@ Bd.  Fitri : Tanda2 akhir zaman sdh banyak yg tampak sekarang ya ustadz
@ Bd.  Siska : Jd sebaiknya gmn? Klo tdk ada yg menyolatkan sama sekali?
@ Bd.  Mar : Buang ,atau dipindah agama spy ada yg mengurus mayit bunda
@ Bd.  Fitri : Keluargax aja mungkin yg menyolatkn
@ Bd.  Siska : In sya Allah msh ada yg spt itu bunda marpiah........
@ Bd.  Mar : Iya,bunda tp apa maksutnya masih ada yg sempat,
Klau kaya derce dia rubah alat kelamin tp dia taat hidupnya untuk ibadah itu bisa di sholatkan,tp klau buat maksit gak boleh bunda,mana yg benar
Iya semogga kita dan keturunan kita tethindar dr apa yg dilarang Allah ya bunda
@ Ustadz : Kalau bunda gamalama sebaiknya memang dia balik ke aslinya.
@ Bd.  Mar : Berarti harus.oprasi kelamin lagi ya pak,waduh pakai kepunyaan siapa,pak
10. Pertanyaan
@ Bd.  Pipit :  Ustad sy mw tny.dr segi ilmu medis ada bbrp yg terlahir sebagai laki2 namun sifat sikap & hormon yg da dlm tubuhnya adalah wanita (seperti kasus bbrp laki2 yg disahkan dipengafilan untuk berubah mjd wanita atau sbalikny) hal ini dikarenakan stlh dilakukan pmeriksaan baik internal maupun alat genital tnyt org tsb mmg bnr lbh k laki atau prempuan..bagaimana hal tersebut dlm islam? Apakah sah? Lalu apakah slh individu tsb? Pdhl dy tdk pnh meminta mjd laki atau perempuan
@ Ustadz : Bunda Pipit: yg jelas memang dia harus sesuai jenis kelaminnya...bukan hanya hormon tapi kejiwaan...ketika kecil harusnya diajarkan bgmana bersikap laki laku atw wanita.
Kalau kelamin ganda...memang harus dilihat mana yg berfungsi normal dan lengkap.
Kalau sama sama ga lengkap...bisa diambil kecenderungannya kemana.
Sekarang ini kita lihat...mereka tidak bisa beranak...tapi kenapa makin banyak?...ini kejiwaan yg sakit.
@ Bd.  Pipit : Krn pengadilan memutuskan hal itu setelah ada pemeriksaan medis khusus..nah tu gmn y? Pdhl tu bkn keinginan individu tsb.justru klo dtny k mrk psti mrk pun risih krn stiap perkembangan yg mrk alami tu berbeda dr jenis klamin mrk pdhl mrk gmw
^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
Mohon pamit ya.
Maafkanlah kesalahanku.
Doa Kafaratul Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Assalamualaikum wr wb
₩₩₩₩₩₩₩¥₩₩₩₩₩₩¥₩¥₩₩₩₩¥¥¥¥₩¥¥