Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » Mencintai Rasulullah SAW dengan sunnahnya

Mencintai Rasulullah SAW dengan sunnahnya

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, October 16, 2014

Kajian Al Qur'an online UMMI HA 12
     
Tanggal : 16 Oktober 2014
Narasumber : Ustazah Imas
Tema : fiqh dan kesehatan wanita
Editor : Ira Wahyudiyanti, SE


Kajian hari ini ttg : Mencintai Rasulullah SAW dengan sunnahnya

Pepatah mengatakan kalau tak kenal maka tak sayang, ternyata benar adanya, ktk kita tdk mengenal Rasulullah SAW maka kecintaan padanya akan sulit diwujudkan. Pdhal sbg seorg muslim dituntut utk komitmen kpd bagian ke2 dari syahadat :  wa asyhadu anna Muhammad Rasulullah.
Ulama salafusholeh memberikan fokus pd mslah ini serta berupaya meneguhkannya dlm jiwanya dan jiwa anak2 mrk. Dg pengajaran ini perasaan anak akan tergerak serta keislamannya akan meningkat.
Perintah utk menanamkan kecintaan kpd Rasulullah SAW dlm hadits riwayat Thabrani, Ibnu Najjar dan Dailami yg meriwayatkan dr Ali ra bhw Nabi SAW pernah bersabda : "Didiklah anak2 kalian pd 3hal, yaitu kecintaan pd Nabi kalian,  kecintaan pada klwrganya dan membaca Al-Qur’an"
Jika kita perhatikan kehidupan anak2 para shahabat ra, bgm mrk mempunyai kecintaan kpd Nabi SAW serta bgm Rasul mrk mjd pokok dlm kehidupan mrk serta ssuatu yg plg mahal dlm kehidupan mereka.
Bnyk hadits2 yg meriwayatkan bgm mrk snntiasa bergegas mnjwb panggilan Nabi SAW dan bersegera mlksnkan perintah Beliau SAW, mrk jg turut memerangi org yg menyakiti Beliau SAW juga mrk mencintai apa yg dicintai Nabi SAW. Dlm kehidupan keseharian apa yg dianjurkn Rasul sll diikutinya, shg sebuah amalan sunnah adlh keutamaan utk dikerjakan. Bagaimana cara menanamkan kecintaan kpd Rasulullah SAW kpd anak2 ? Ada bbrp hal yg hrs kita upayakan :
1. Merubah paradigma anak. Sebuah pemahaman yg keliru jk anak2 kita memahami sunnah nabi adlh ssuatu yg bs ditinggalkan & tdk perlu dilakukan. Jk pemahaman ini trs ada dlm jiwa anak maka mustahil anak bs mencintai Rasulullah SAW.
2. Ktk mengerjakan amalan keseharian, jgn bosan utk menyebutnya "ini perintah Allah & mengikuti Rasulullah SAW", misal tentang cara hidup  yg sehat.

Islam adalah agama yang mengajarkan hidup sehat. Jika selama ini ada slogan yang terkenal “pencegahan lebih baik dari pengobatan,”  ternyata sejak empat belas abad yang lalu aplikasi dari slogan itu telah Nabi SAW tanamkan kepada para shahabatnya. Mari perhatikan hal-hal berikut:
a)  Menjaga kebersihan dan kesucian : “Dan pakaianmu bersihkanlah.” (QS. Al Mudatstsir: 4). Muhammad bin Sirin rahimahullahberkata : maksud dr “Dan pakaianmu bersihkanlah” adalah basuhlah dengan air.”Ibnu Zaid rahimahullah berkata : dahulu orang-orang musyrik kebiasaan mereka tidak bersuci, maka Allah memerintahkan agar bersuci dan membersihkan pakaiannya.” (Lihat tafsir Al Quran Al Azhim).Berkata Ibnu Katsir rahimahullah: “Ini adalah pendapat yang dipilih oleh Ibnu Jarir, ayat ini mencakup seluruh perkara itu bersamaan dengan kesucian hati.” Lihat kitab Tafsir Al Quran Al Azhim di dalam ayat ini. “Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Bersihkanlah jasad-jasad ini semoga Allah membersihkan kalian, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba bermalam suatau malam dalam keadaan suci melainkan seorang malaikat akan bermalam bersamanya di dalam selimutnya, tidaklah dia bergerak pada suatu waktu dari malam melainkan malaikat itu berdoa: “Wahai Allah, ampunilah untuk hamba-Mu sesungguhnya dia tidur malam dalam keadaan suci.” (HR. Ath Thabrani dan dihasankan oleh Al Albani di dalam kitab shahih Al Jami’, no. 3936).
b) Mandi.
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wajib bagi setiap muslim untuk mandi di setiap tujuh hari, sehari dia membasuh kepada dan badannya di dalamnya.” (HR. Ibnu Hibban dan Bukhari).Maksud hadits adalah: suatu kelaziman dan keharusan bagi setiap muslim minimal dalam seminggu dia harus mandi membersihkan kotoran di tubuhnya dan kepalanya, dan yang dimaksud sehari disini adalah hari Jumat sebagaimana dalam beberapa riwayat seperti riwayat Imam Ahmad dan Ath Thahawy.
c) Menghilangkan kotoran, bakteri dan kuman dengan memotong kuku, menghabiskan bulu ketiak, bulu kemaluan, berkhitan, menipiskan kumis. Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “lima perkara dari fitrah; berkhitan, menghabiskan bulu kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan menipiskan kumis.” (HR. Bukhari dan Muslim).Makna fitrah di dalam hadits adalah: asli penciptaan, agama, dan sunnah (syariat Islam).Imam An Nawawi rahimahullah berkata, "Tafsiran Al Fithrah dengan makna As Sunnah adalah pendapat yang benar, karena diriwayatkan dari sunnah bahwa menipiskan kumis, mencabut bulu ketiak atau memotong kuku-kuku, dan tafsiran yang paling benar di dalam menfsirkan kata-kata yang sing di dalam hadits adalah dengan riwayat lain.” Jk tdk dipotong maka dia akan mjd tempat berkembangbiaknya kuman&bakteri
d) Mencuci tangan terutama setelah bangun.
Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Nabi SAWbersabda: “Jika salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke bejana sampai dia membasuhnya tiga kali, karena sesungguhnya dia tidak mengetahui dimanakah tangannya bermalam.” (HR. Muslim).
e) Pola dan tata cara makan
Perut sumber penyakit, Al Miqdam bin Ma’dikaribradhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Tidaklah seorang manusia mengisi sebuah tempat yang lebih buruk daripada perut, cukuplah bagi seorang manusia beberapa suapan yang menegakkan punggungngya, dan jika hawa nafsunya mengalahkan manusia, maka 1/3 untuk makan dan 1/3 untuk minum dan 1/3 untuk bernafas.” HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 2265.Membagi minuman atau Bernafas ketika minum, Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhuberkata: “Bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam bernafas ketika minum sebanyak tiga kali, beliau bersabda: “Sesungguhnya ini lebih Arwa (menghilangkan haus), Abra (melepaskan penyakit) , Amra”  (HR. Bukhari dan Muslim).Bernafas ketika minum artinya adalah: ketika minum beliau bernafas, kemudian minum lagi kemudian bernafas kemudian minum lagi dan bernafasnya dilakukan diluar tempat minumnya. Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dan Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shalallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk minum dari mulut teko.” (HR. Bukhari).Ditakutkan dari minum dengan cara seperti ini ada sebuah kotoran atau binatang yang keluar dari mulut teko tersebut tanpa diketahui sebelumnya, apalagi jika tekonya berwarna gelap atau tidak bisa dilihat apa yang ada di dalam teko tersebut.Ayyub rahimahullah berkata:“Aku pernah diceritakan bahwa seseorang minum dari mulut teko lalu yang keluar adalah ular.” (HR. Ahmad).
Abu Said Al Khudry radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam melarang untuk meniup di dalam minuman, maka seseorang berkata: “Ada kotoran yang aku lihat di dalam tempat minuman?”, beliau bersabda: “Tumpahkanlah dia”. Lalu lelaki itu berkata lagi: “Sesungguhnya aku tidak puas minum jika tidak dari satu nafas?”, beliau bersabda:“Kalau begitu, jauhkanlah teko dari mulutmu,”(HR. Tirmidzi).Di dalam kitab Zaad Al Ma’ad karya Ibnu Qayyim Al Jauziyyahrahimahullah banyak sekali disebut gaya makan Nabi Muhammadshallallahu ‘alaihi wasallam, seperti:minum madu yang sudah dicampur dengan air dinginmakan manisan dicampur dengan madumenyukai daging unta, kambing, ayam, keledai liar, kelinci, sea food.menyukai daging bakarmencampur antara ruthab(kurma matang yang segar) dengan tamr (kurma kering)makan kurma dengan rotiminum susu murni atau yang sudah dicampurmakan semangka dicampur dengan kurma ruthabmakan roti dicampur dengan cukadan lain-lainnya.
.f) Menyikat gigi dan membersihkan mulut Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siwak membesihkan mulut dan mendatangkan keridhaan untuk Rabb.” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al Jami’, 3695). Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhumeriwayatkan bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jikalau aku tidak memberatkan atas umatkau maka aku akan perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali akan shalat dengan wudhu dan setiap kali wudhu.” (HR Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 200).
g) Menutup tempat makanan dan minuman yang terisi. “Jabir radhiyallahu ‘anhumeriwayatkan bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tutuplah tempat-tempat makanan, tempat-tempat minuman karena sesungguhnya di dalam setahun ada sebuah malam yang turun di dalamnya wabah penyakit tidak dia melewati sebuah tempat makanan atau minuman yang tidak tertutup, atau tidak ada penghalang di atasnya melainkan turun di dalamnya dari wabah penyakit tersebut.” (HR. Muslim).
h) Menjaga kebersihan lingkungan
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhumeriwayatkan bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Jauhilah  dua perkara yang mendatangkan laknat”, para shahabat radhiyallahu ‘anhu bertanya: “Apakah dua perkara yang mendatangkan laknat, wahai Rasulullah?”, beliau bersabda:“Yang buang hajat di jalan manusia atau di tempat berteduh mereka.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 2348). Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhumeriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah salah seorang dari kalian sekali-kali pernah kencing di air yang menggenang kemudian dia mandi darinya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dari Sa’ad radhiyallahu ‘anhuberkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bersihkanlah pekarangan kalian karena sesungguhnya kaum yahudi tidak membersihkan pekarangan mereka.” (HR. Ath Tahbarani dan dihasankan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 3935).
Jika anak2 memahami apa yg dikerjakan nya sehari2 adlh anjuran Rasulullah shg dia mjd bersih, sehat, kuat,  akan terekam dlm benaknya betapa Rasulullah adlh pribadi yang luarbiasa.
Demikian pula dgn ibadah2 mahdhoh, pun juga memiliki bnyak hikmah bnyak kemanfaatan bagi yg mlksanakn nya. Kita sbg orgtua selayaknya mmberikan contoh skaligus menanamkan nilai kpd anak bhw dg mengamalkan sunnah maka kita akan sehat, insyaAllah. Kesyukuran yg tiada henti atas anugrah iman dan islam shg kita menjalani kehidupan ini dibawah naungan iman dan islam.
Jgnlah kita kmdian msh memiliki pemikiran utk meninggalkan sunnah Rasul krn kerugianlah yg akan kita dapatkan.  Wallahu'alam.

*Dari berbagai sumber

Tanya jawab

Bagaimana spy qt bs menyampaikan ke anak qt....bs menarik perhatian mereka. Spy nancep di mind anak kita??
Krn anak anak lbh tertarik dgn cerita cerita kyk kancil, trus kepahlawanan , mahabarata..dll. (Pengaruh tv. )

Subhanallah
Skrg alhamdulillah banyak referensi bacaan utk balita ttg kehidupan Rasulullah SAW,  diawali dg sering menceritakan kehidupan Rasulullah SAW mdh2n bs tumbuh kecintaan, juga cara mendongeng yg membuat anak tertarik

Afwan....kdg ada coment dr anak sy.... Gmn wujud nabi???? (Dibandingkan ma tokoh2 yg dia liat di TV)
Truz...gmn jwbx ya ummi???

Alhamdulillah jk anak bertanya itu, ini kesempatan baik utk mnjlskan bhw wajah Rasulullah SAW tdk boleh digambarkan krn nnt bs mmbuat org yg lemah imannya stlh menggambar bhkan dibuat patungnya,  lama2 dimuliakan patung/gambar (sprti) Rasulullah itu, slnjutnya bs dikultuskn/disembah sbg perantara dg Allah sprti org yahudi/nashrani/musyrik jaman dulu


Ummi.. bisa kasih rekomendasi referensi bacaan yg bagus utk anak2 ??

Tp ini bukan promosi yah
Idealnya memang dr buku sirah nabawiyah, yg sdh diterjemahkan yg recomended : sirah nabawiyah karangan syeikh al-mubarak fury, ada lg sirah nabawiyah karangan syeikh said ramadhan al-buthi.

Boleh ummi di share ke kami buku panduan cinta rosululloh sesuai dengn anak5th.

Tp anak2 gk tertarik dg buku ini, jgnkan anak2, para ortu jg gk kelar2 bacanya
Asal kita pandai2 menceritakan nya (bisa mendongeng acr menarik) buku ini bs jd panduan
Klo terbitan kita dlm bentuk cerita anak bergambar ada Muhammad Teladanku penulisnya eka wardana terbitan sygma,  atau Rasul tersayang penulis eka wardana juga terbitan rumah pensil,.

Bagaimana memberikan motifasi anak supaya mau, ingin, bersemangat dan rajin belajar alqur'an,?
Karena ketika sudah di ceritakan apa manfaat alqur'an, bagaimana membaca Qur'an, anak kadang cuek, ketika mau membaca jg membaca asal-asalan.
Bagaimanakah caranya ummi..
Sukron ummi.

Klo yg terbitan rumah pensil ada di toko buku, tp klo yg terbitan sygma dijual mll sales nya, harganya cukup mahal (bwt sy) wlw bs dicicil.

Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                              ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

~~~~~~~~~~~~~
Semoga ilmu hari ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post