Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

MENGIMANI KEBERADAAN JIN

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT 
(All Grup Nanda)

Hari / Tanggal : Senin, 20 Oktober 2014
Narasumber : Ustadz Abdullah Haidir LC
Materi :  Arkaanul Iman
Notulen : Ana Trienta

Assalamualaikum para ustazah, shobbahul khair..
Kita mulai ya kajiannya melanjutkan kajian Arkaanul Iman. Sampai dimana terakhir pembahasan kita?

  • Iman kepada malaikat ust..
  • Alhamdulillah, ternyata wikhe memperhatikan pelajaran.

Thayib, saya akan bahas tentang jin. Dalam kajian tauhid, biasanya bahasan ini disertakan saat membahas tentang malaikat meski tidak terkait langsung, namun karena dunianya gaib seperti malaikat, maka perlu dibahas.

Jin adalah makhluk yang juga harus diimani keberadannya, meski bukan termasuk rukun iman. Namun pada prakteknya terdapat pemahaman dan pengamalan yang tidak tepat terkait dengan masalah jin. Perkara jin sering dibicarakan, kadang ada benarnya, kadang banyak ngawurnya. Dunia jin adalah dunia yang berbeda dari dunia manusia. Gaib, tidak kasat mata. Karena itu akan banyak ngawurnya kalau cuma dikira-kira atau sekedar cerita.

Tapi kalau infonya bersumber dari Penciptanya dan selalu dapat melihatnya; Allah Ta'ala, maka info kita tentang jin tidak ngawur.

Keberadaan jin sebagai makhluk Allah tidak diragukan lagi bagi seorang mukmin, walaupun tidak pernah melihatnya. Cukuplah pernyataan dalam Alquran dan hadits tentang jin menjadi keyakinan tentang adanya makhluk bernama jin. Bahkan ada surat bernama Al-Jin. Dari penciptaan dasar, in terbuat dari api, sebagaimana disebutkan dalam Alquran (Al-Hijr: 27) dan hadits. Sedang manusia dari tanah.

Namun demikian ada sejumlah kesamaan jin dengan manusia; Sama-sama diberikan akal dan diwajibkan beriman dan beramal saleh. Jin juga diberikan kemampuan memilih antara baik dan buruk. Maka ada jin baik dan buruk, ada yang taat ada yang kufur. Perhatikan surat Al-Jin
Dalam surat Al-A'raf: 27 dinyatakan bahwa manusia tidak dapat melihat jin sedangkan jin dapat melihat manusia.

يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا ۗ إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ ۗ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman. (QS: Al-A'raf Ayat: 27)

Intinya di ayat ini

إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ ۗ

Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.  (QS: Al-A'raf Ayat: 27)

Dalam bahasa Arab jin dikatakan jin karena dia tak tampak. Satu akar kata dengan janin, karena janin tersembunyi dalam rahim. Jin punya hati, mata dan telinga, dapat bersuara (Al-A'raf 179, Al-Isra 64), 

QS: Al-A'raf Ayat: 179

 وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا ۚ أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. 

QS: Al-Isra Ayat : 64

وَاسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ وَأَجْلِبْ عَلَيْهِمْ بِخَيْلِكَ وَرَجِلِكَ وَشَارِكْهُمْ فِي الأمْوَالِ وَالأولادِ وَعِدْهُمْ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلا غُرُورًا

"Dan usungkanlah, siapa yang kamu (syaitan) sanggupi di antara mereka (manusia) dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki, dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak, dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada mereka, melainkan tipuan belaka." – (QS.17:64)

Berdasarkan hadits, mereka makan, minum, tertawa. Apa makanan jin? Dalam hadits disebutkan bahwa makanan jin adalah tulang dan kotoran hewan. Makanya disebutkan juga dalam hadits, tdk boleh bersuci menghilangkan najis dg tulang dan kotoran hewan. Jin juga seperti manusia, menikah, berhubungan intim dan melahirkan keturunan (QS. Ar-Rahman 56, Al-Kahfi 50).

QS: Ar-Rahman Ayat : 56
فِيهِنَّ قَاصِرَاتُ الطَّرْفِ لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَلا جَانٌّ

"Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan (dan) menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia, sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin." – (QS.55:56)

QS: Al-Kahfi Ayat : 50
وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلائِكَةِ اسْجُدُوا لآدَمَ فَسَجَدُوا إِلا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلا

"Dan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat: 'Sujudlah kamu kepada Adam', maka sujudlah mereka, kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Rabb-nya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu. Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang zalim." – (QS.18:50)

Jin hidup dan mati . Tapi berapa lama usia mereka tidak ada info pasti. Yang ada infonya adalah Iblis yang Allah berikan tangguh untuk hidup hingga hari kiamat. Apa bedanya jin, setan dan Iblis?

Setan adalah jenis jin yang berkaraker jahat dan promotor kemaksiatan sedangkan Iblis adalah gembongnya setan. Terkait setan dari bangsa jin, Allah nyatakan dalam surat Alkahfi 50, bahwa Iblis yang tidak mau bersujud kepada nabi Adam berasal dari bangsa jin.

Ada memang pandangan yang mengatakan bahwa iblis berasal dari malaikat, dengan dalil bahwa perintah Allah untuk bersujud kepada Adam ditujukan kepada malaikat. Sedangkan Iblis menolak sujud kepada Adam, lalu Allah murkai dia dan usir dia dari surga. Logikanya, kalau Iblis bukan malaikat, seharusnya dia tidak dimurkai dan diusir, bukankah yang diperintah adalah malaikat? Maka, karena dia dicela dan dimurkai akibat menolak sujud kepada Nabi Adam, berarti dia adalah malaikat. Namun kesimpulan tersebut tidak dikuatkan. Karena terdapat ayat tadi yang jelas-jelas menunjukkan bahwa iblis berasal dari bangsa jin. Adapun dimasukkannya Iblis dalam perintah sujud kepada Adam bersama malaikat, itu bersifat diikutsertakan, dalam bahasa Arab disebut taghlib..

Itu kadang dipraktekkan dalam bahasa Arab, seperti dibilang qomaroin (dua bulan) yang dimaksud adalah bulan dan matahari. Iblis saat itu diikutsertakan dengan malaikat karena dia tinggal di surga bersama kumpulan malaikat.

Bagaimana pengaruh jin dalam kehidupan manusia sehari-hari?
Ada 2 sikap ekstrim dalam masalah ini, ada yang tidak mengakui sama sekali keberadaan dan pengaruhnya, ada yang meyakini jin dapat berbuat semaunya. Ajaran agama cukup mengajarkan kita utk berlindung dari gangguan jin. Khususnya dengan sering berzikir. Tak lebih dari itu. Hal tsb menunjukkan bhw jin dpt memberikan pengaruh atau mengganggu manusia. Namun demikian, jangann juga meyakini jin dapat berbuat apa saja. Karena itu, lebih selamat adalah meninggalkan interaksi dengan jin, apalagi sampai minta perlindungan darinya. Dalam surat AlJin ayat 6 dinyatakan bahwa orang yang minta perlindungan jin akan semakin bertambah dosanya....

Al-Jin : 6
وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الْإِنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا

Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.

Karena itu jangan terima kalau ada orang yang menawarkan dapat membantu dengan khodam jin atau mendatangkn pasukan jin. Walau ditambah embel-embel jin muslim. Jin itu alamnya berbeda dengan manusia, kita tak tahu hakekat mereka. Dengan manusia saja yang kasat kita sering tertipu apalagi dengan jin? Walau jin tesebut mengaku sebagai jin muslim siapa yang jamin mereka tidak mengajak kesesatan. Manusia saja yang mengaku muslim banyak yang ngajak sesat..

Yang paling jelas adalah Rasulullah saw, kalau meminta bantuan jin dibenarkan, maka yang paling utama membutuhkannya adalah Rasulullah saw karena beliau menghadapi banyak peperangan dan permusuhan dari orang-orang kafir. Namun tidak ada riwayat beliau memliki khodam jin atau pasukan jin seperti gembar gembor sebagian orang zaman sekarang. Kalaupun Rasulullah minta prtolongan, beliau minta kepada Allah, seperti dalam perang Badar, lalu Allah utus pasukan malaikat, bukan pasukan jin.

Wallahu a'lam.... sampai disini kajian yang dapat saya berikan.
TANYA JAWAB
Admin:

1. Ustadz tanya: saya pernah dengar setiap manusia ada khadamnya, jadi saat kita wafat misal ada keluarga kita yang melihat kemunculan kita dalam kurun 40 hari itu adalah khadam kita. Lalu kuntilanak, pocong dsb. Apakah itu termasuk jin? tapi kenapa sebagian orang ada yang bisa melihatnya?
Jawa

Kalau setan pendamping manusia dalam hadits disebut qorin bukan khodam tujuannya bukan melayani. Kuntilanak dll, kalau ada, termasuk jin tapi umumnya yang dikenal masyarakat lebih banyak tambahannya tidak berdasar. Jin tidak dapat dilihat dalam bentuk aslinya tapi kalau dia berbentuk yang lain dapat dilihat itupun seperti yang ada di film, kemungkinan besar adalah rekaan. Di Negeri kita suasana seperti itu sangat tampak, di sini saudi tidak. Pengalaman pribadi, juga teman - teman di sini rasa takut akan hal-hal seperti itu sangat jarang. Wallahu a'lam..


2. Ustadz, kalau dalam permainan sulap apakah ada yang memakai jin? Karena rasanya tidak masuk akal yang dilakukannya.
Jawab
Sulap boleh jadi ada yang minta bantuan jin.

3. Tugas Qorin apa Ustadz? Terus tujuannya si jin berubah wujud untuk apa ustadz?
Jawab


Membisikkan keburukan, qorin itu ada yang dari setan dan ada yang dari malaikat, malaikat membisikkan kebaikan. Wallahu a'lam, ga tau ya kenapa si om jin berubah wujud. Zaman nabi, jin ada yang berubah wujud jadi manusia. Kata Rasulullah saw, kalau mendapati ular dalam rumah, jangan langsung dibunuh, boleh jadi itu adalah jin.

4. Jadi tiap manusia punya dua qorin ustadz? Qorin baik dan buruk?
Jawab

Naam....

5. Qorin dari jin atau malaikat? Lalu membedakan itu bisikan Qorin atau kata hati bagaimana ustadz?
Jawab
Ini haditsnya



ما منكم من أحد إلا ومعه قرينه من الجن وقرينه من الملائكة، قالوا: وأنت يا رسول الله؟ قال: وأنا، إلا أن الله أعانني عليه فأسلم


HR. Ahmad
Kalau malaikat ga ada penampakan sekarang.



6. Dari surah al a'raf ayat 27 tadi di katakan manusia tidak bisa melihat jin, lalu yang biasa di lihat manusia sebagai "penampakan" atau yang punya kelebihan (orang indigo) itu apa ustadz?
Jawab
Ga jelas apa yang dilihat orang indigo

7. Bedanya jin dan manusia apa bapak?
Jawab

Penciptaan dan alamnya yang beda.

Thayib, terkait pertanyaa-pertanyaan seputar adanya orang-orang yang dapat melihat jin, umumnya semua itu sulit dibuktikan, kecuali hanya pengakuan saja kalaupun ada sesuatu yang mereka lihat, maka itu bukan jin dalam bentuk aslinya, karena jin dapat berubah bentuk. Itupun tak ada keistimewaan apa-apa dalam Islam, maka janganlah hal tersebut, mengalihkan kita dari hal-hal yang penting, wallahu a'lam..

Adapaun pertanyaan seputar istilah-istilah seperti kuntilanak, nenek lampir, gendoruwo, itu semua hanyalah kisah-kisah khayalan yang mendarah daging sehingga membentuk semacam keyakinan di tengah masyarakat mungkin sekali ada yang mengganggu manusia, tapi jika seseorang dekat dengan Allah, suka bezikir dan kuat iman, insya Allah jin tidak berdaya apa-apa

GRUP 101
1. Afwan bunda,  ada yang mau  ditanyakan..
Gimana dengan orang yang bisa melihat makhluk halus seperti jin atau sejenisny,  katanya jika seorang itu bisa melihat jin dan sejenisnya artinya di dalam dirinya ada jin juga karena  makhluk itu akan mampu melihat makhluk lain yang  sama  jenisnya, maksudnya manusia kan bisa melihat manusia, jin bisa mlihat sesama jin
2. Sama dengan pertanyaan di atas, ditambahin kalo ada yang bisa seperti katanya karena bakat (keturunan) mungkin tidak?
Jawab
Ini sudah saya jawab di atas ya kesimpulannya pengakuan-pengakuan seperti itu sulit dipertanggungjawabkan kebenarannya, kalaupun ada benarnya kemungkinan yang dilihat adalah jin dalam bentuknya yang lain, bukan aslinya itupun dalam Islam tidak ada keistimewaan tertentu jadi jangan disikapi berlebih-lebihan. Apakah itu bakat atau keturunan, wallahu a'lam...

GRUP 102
1. Mengenai nenek moyang, jadi ibu ana percaya sekali dengan nenek moyang itu masih ada disekitar kita dan menyediakan sesajen kopi manis dan kopi pahit, ana sudah menjelaskan bahwa setalah meninggal manusia tidak ada keterikatnnya didunia kecuali amal zariah dan doa anak sholeh tpi itu tetap nda di terima dg beliau. Nah pada suatu saat liat show imah tentang alam sebelah waktu itu bintang tamunya yang main simanis jembatan ancol dan ada ustadznya, lalu kata ustadznya artisnya ada dijaga oleh nenek monyaknya nah makin membuat ibu yakin bahwa nenek moyang ada. Walau kebiasaan kopi manis pahitnya sudah nda lagi tapi pemahaman beliau masih saja, jadi pada dasarnya hal tentang moyang itu bagaimana menjelaskanya kepada ibu?
Jawab
Yap, betul jawaban anti tidak ada istilah roh gentayangan. Ketika dicabut, arwah manusia sudah berpindah ke alam barzakh yang kita tidak tahu hakekatnya. keyakinan-keyakinan seperti ini hendaknya sudah kita jauhkan dalam diri kita. Memang yang besar jasanya menumbuhsuburkan keyakinan-keyakian seperti ini sekarang adalah media-media televisi yang meracuni masyarakat dengan hal-hal seperti itu kadang pake ustaz pula tak semua yang mengaku ustaz dapat dipegang omongannya.. Sampaikan saja, bahwa semua itu cuma cerita, nenek moyang kita semua sudah di alam kubur atau alam barzakh tidak ada mereka sekarang yang gentayangan di dunia tugas kita hanya mendoakan mereka jika mereka muslim....

GRUP 103
1. Assalamualaikum, ustad mau tanya  dikantor  saya punya temen katanya keluarganya tuh punya qodam gitu dan dwariskan turun temurun dan mereka punya paranormal sendiri ,menurut islam bagaiman sih orang yang mengaku muslim solat tapi masih percaya hal gaib dan percaya kalo mereka punya pelindung yang diwariskan turun temurun dan apakah fenomena kesurupan/ketempelan makhluk halus itu ada?

Yang benar istilahnya khodam artinya pembantu itu memang istilah yang sering dipake oleh sebagian orang terhadap jin yang katanya siap membantu seseorang inipun pemahaman yang kabur posisi jin dan manusia itu setara, sama-sama hamba Allah yang diperintahkan beribadah, yang satu tidak diciptakan untuk mengabdi kepada yang lainnya. Bahkan yang cukup kuat adalah, manusia dilarang memohon bantuan kepada jin, lihat surat Al Jin ayat 6

وَأَنَّهُۥ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ ٱلْإِنسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِّنَ ٱلْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا ٦

Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan." (Q.S. al jin :6)

Berdasarkan ayat ini, para ulama berpendapat tidak boleh manusia minta bantuan dari jin. Pada prakteknya, seringkali yang jadi khodam adalah manusia dengan alasan jin akan membantunya ini itu, lalu seseorang bersedia melakukan apa saja yang diminta oleh para jin, entah potong hewan ini itu, puasa, dll. Jika kita pelajari contoh Rasulullah dan para sahabat, tidak kita temukan beliau dan para sahabat memiliki khodam jin, padahal kalau boleh, mereka sangat butuh untuk menghadapi kaum kafir

2. Saya pernah baca artikel ada manusia menikah dengan makhluk gaib apa mungkin terjadi? Jazakallah
Jawa
Menikah dengan makhluk gaib atau jin juga para ulama umumnya melarangnya, karena sulit diterapkan hakekatnya....

GRUP 104
1. Sebenarnya manusia bisa atau tidak melihat jin? Mohon disertakan dalilnya
Jawab
Sebagaimana surat Al A'raf di atas, manusia tidak dapat melihat jin.

2. Ustadz (ada titipan pertanyaan dari temen). Uwa saya mempunyai piaran jin muslim dia menggunakannya untuk pengobatan. Saya tidak percaya sampai sekarang dengan hal itu setiap kami berdebat dia malah meceramahi saya. Yang ingin saya tanyakan apa betul manusia dan jin dapat bekerjasama padahal mereka berbeda alam kalau iya.. Apakah ada hadist ataupun ayat yang menguatkannya? Jazakallah ustadz..
Jawab
Jawabannya dapat dilihat jawaban saya di atas, kesimpulannya, seseorang dilarang minta bantuan jin untuk kepentingan apapun...

3. Apa benar jin itu bisa menyukai manusia, istilahnya kaya jatuh cinta terhadap sesama manusia, bahkan sampai sudah meresapi ke aliran darah manusia, tanpa manusia itu sadari..  mohon penjelasannya.. Jazakallah ustadz
Jawab
Wallahu A'lam, jin dan manusia adalah 2 alam yang berbeda ada jin yang jatuh cinta terhadap manusia, adalah sesuatu yang jauh yang ada adalah, jin dapat mengganggu manusia.

4. Benarkah kalau jin masuk ke tubuh kita ketika menguap? Jadi karena itulah ketika menguap harus menutup mulut menggunakan punggung tangan?
Jawab
Masalah menutup mulut saat menguap, memang dia jurkan...

5. Apa benar jin itu bisamenyukai manusia? Istilahnya hanya jatuh cinta terhadap sesama manusia. bahkan sampai meresai ke aliran darah manusia tanpa manusia itu sadari?
Jawab 
Masalah jin menyukai manusia atau manusia menyukai jin, sulit dipercaya kebenarannya, karena keduanya adalah alam yang berbeda.

6. Ciri-ciiri orang yang dimasuki gimana ya ustadz?
Jawab
Ciri-ciri orang kemasukan jin bisa dilihat dari raut mukanya, sorot matanya dan ucapannya, berbeda dari biasanya dan bukan yg biasa tampak darinya.....

7. Ustadz ketika orang tua masih menganut mitos otang tua zaman dulu, seperti masih percaya paranormal itu gimana?
Jawab
Yang dilarang adalah kita sengaja berinteraksi dengan jin, adapun jin itu mendatangi kita atau diwariskan kld kita   tidak masalah, asalkan kita tidak menghiraukannya dan mohon perlindungan kepada Allah. Paranormal, dukun, orang pintar, dan semacamnya, tak boleh sedikitpun kita minta tolong kepada mereka, bertanya saja ancamannya tidak diterima shalatnya 40 hari, apalagi membenarkannya berat...jauhi....!!!! lebih baik datangi ustaz, orang-orang saleh minta didoakan.

GRUP 107
1. Ustad teman saya pernah dapat telepon teman lain si B, nah pas d tanya si B ngaku ga nelpon.. Nah kata teman lain si C (bisa melihat yang gaib) katanya yang nelpon itu sebenernya sahabat kita yang sudah meninggal. Memang beliau meninggalnya kecelakan dan tewas d tempat. "apakah memang itu arwah sahabat atau jin yang jahil"?
Jawab
Nonsens itu....abaikan saja...!!! Kalau pengakuan-pengakuan macam itu diterima, mereka akan tambah-tambah ngarangnya



GRUP 109
1. Bagaimana hukum pernikahan bangsa jin dengan manusia?. Apakah bisa dihubungkan dengan kesyirikan?
Jawab
Pernikahan jin dengan manusia, para ulama umumnya melarang dia tidak langsung dikatakan syirik, tapi sangat rawan terjadi praktek kesyirikan.....

2. Ada ga sih mba pengetahuan dalam agama yang bisa mngetahui aktivitas seseorang tanpa harus diceritakan ? Afwan kalau kalimat saya agak kurang enak di baca. Singkat kata seseorang yang punya kelebihan mengetahui orang lain tanpa harus dikasih tau

Jawab
Orang seperti itu, kalau tidak berbohong, kemungkinan juga meminta bantuan jin yang umumnya dilalui dengan cara-cara perdukunan, jin tersebut yang nantinya beri info ke dia terkait orang lain. Adapun orang yang dapat mengetahui perkara gaib, itu tidak ada....

3. Apakah besok di akhirat manusia dan jin akan diberikan ganjaran yang sama? Atau ada perlakuan khusu di antara masing2 makhluk tersebut?
Jawab
Jin  dapat kewajiban seperti manusia, otomatis dia dapat balasan sesuai amalnya

GRUP 111
1. Saya juga pernah dengar tentang bahwa sebenarnya setiap orang itu ditunggui oleh jin, benar apa tidak?
Jawab
Hadits nabi...
ما منكم من أحد إلا ومعه قرينه من الجن وقرينه من الملائكة، قالوا: وأنت يا رسول الله؟ قال: وأنا، إلا أن الله أعانني عليه فأسلم

"Setiap kalian pasti bersama pendamping dari jin dan malaikat." Mereka bertanya, "Termasuk engkau ya Rasulullah?" Beliau bersabda, "Termasuk saya, hanya saja Allah menolong saya atasnya, sehingga dia masuk Islam." HR  Ahmad

2. Saya juga mau tanya. Gini memangnya kita bisa merasakan ya kalau kita sedang di dekatkan oleh bangsa halus. Misalkn jin atau sebangsanya. Gimana kita bisa mengetahuinya kalau kita sedang di dekatkan sama makhluk seperti itu??? Jazakillah
Jawab
Kadang ada orang yang merasa jika diganggu jin, kadang tidak, tergantung kondisi orang masing-masing. Tergantung pula tingkat godaan jin tersebut.

3. Apa benar ada jin islam? Kalau benar kenapa ada jin islam? Tugasnya apa?. Terus kalau yang suka kerasukan itu benar kah? Jin, setan, iblis apa sama atau berbeda?
Jawab
Dalam hal beriman atau kafir, baik atau jahat, jin seperti manusia. Lihat surat al jin....disana ada ayat-ayat yang menjelaskan hal tersebut. Namun bukan berarti kalau misalnya ada jin mengaku Islam, langsung kita percaya segalanya sama lah seperti manusia, mengaku muslim, ada juga yang jahat, atau sesat. Jin dapat merasuk ke tubuh manusia atau dikatakan kesurupan meskipun ada sebagian ulama yang mengingkarinya.  Jin itu bangsanya setan adalah bagian dari jin, Iblis biangnya setan. Padanannya kera bangsanya, simpanse adalah hewan dari jenis kera,



GRUP 113
1.Jadi kalau setan pendamping manusia disebut qorin, tujuannya bukan melayani, lalu sebenarnya apa tujuannya ustadz?
Jawab
Malaikat tujuannya membisikkan kebaikan, sedangkan setan tujuannya membisikkan keburukan, bukan untuk melayani atau membantu....

2. Nah ustad mau tanya lagi, Kemarin salah satu teman cerita, hampir mirip dengan pertanyaan jessy sebenarnya. Jadi memang turunan dari generasi ke generasi, temanku hilang jelmaan macan gitu ustadz, tapi sekarng udah dilepas karena ga kuat katanya. Hukumnya gimana ustadz kalo seperti itu? Apakah boleh memelihara jin seperti itu?
Jawab
Memelihara jin lebih dekat dilarang. lihat surat aljin ayat 6. Karena hakekatnya sebenarnya bukan dia yang memelihara jin, tapi jin lah yang memelihara dia. Sebab jin akan meminta darinya melakukan sejumlah perbuatan karena itu, orang-orang yang berinteraksi dengan jin sering mendapatkan ketidaktenangan dalam hidupnya. Maksudnya memelihara jin, menurut pendapat yang lebih kuat adalah dilarang



GRUP 114
1. Jin hamil nya berapa bulan? Terus ngelahirinnya gimana ya?
Jawab
Yang ini saya ga tau jawabannya lom pernah kenalan sama akhwat dari kalangan jin.



GRUP 115
1. Kalau seseorang dinyatakan indigo oleh seorang ustadz. Dan memang dalam kenyataannya dia bisa melihat keberadaan jin. Kemampuan itu di turunkan oleh kakek yang dulunya punya pusaka. Ketika kakek meninggal diturunkan. Dan ustad itu menyarankan amalan wirid setiap jam 11 malam selama 11 hari. Tapi ga di lakukan. Karana sebenarnya masih ragu. Apa yg sebenarnya terjadi dalam dirinya. Lalu solusi agar tidak musyrik gimana, ya? Karena yang dia yakini cuma dzikir pagi petang yang dianjurkan Rasulullah S.A.W tapi kalau pusaka yang diturunkan yang katanya ada di punggungnya ga dihilangkan nanti kelak akan menyebabkan meninggal susah gimana ya... mohon masukannya
Jawab
Indigo bisa benar bisa tidak. Dalam Islam tidak ada kelebihan khusus bagi mereka. Kalaupun ada yang mereka lihat, itu bukanlah rupa jin yang sesungguhnya tidak perlu ada wirid khusus dalam hal ini. Banyak-banyak saja baca zikir yang diajarkan syariat.....

2. Benarkah jika ada yang bilang jin bisa menyerupai manusia?


Jawab
Jin dapat menyerupai manusia....pada zama Rasulullah, setan datang menyerupai manusia.

GRUP 116
1. Mau tanya ustdz, adik teman saya "katanya" dimasukin jin muslim, selama beberapa hari kegiatannya sholat+ngaji, kan katanya jin muslim, kok bisa ganggu ya ustadz?
Jawab


Sekali lagi, jangan terpaku dengan istilah jin muslim orang muslimpun ada yang jahat, jin kalau sudah merasuk, berarti dia jahat....

2. Ustadz, seorang teman saya pernah memanggil arwah lalu arwah tersebut masuk ke dalam dirinya. Kemudian bisa berkomunikasi dengan saya & teman saya yang lain. Apakah itu juga jin? Lalu arwah almh.nenek saya juga pernah masuk ke dalam tubuh dia dan berbicara dengan saya. Apa bisa seseorang yang pernah meninggal arwahnya bisa dipanggil seperti itu?
Jawab


Arwah tidak dapat dipanggil. Kalaupun ada seakan-akan seperti itu, kemungkinan besar doa adalah jin.

3. Memang ada jin muslim & jin kafir ya? Kenapa bisa ada perbedaan. Ustad mau tanya lagi, memang benar ya orang yang hati & pikirannya lagi  kalut gampang di masukin jin &  apa jin memang bisa masuk ke dalam jiwa seseorang & mengendalikan jiwanya?
Jawab
Jin seperti manusia dalam hal kafir atau muslim, baik atau jahat orang yang kemasukan jin biasanya adalah orang yang jarang berzikir dan jiwanya kosong, kalut, galau, sering bengong....dll...

GRUP 117
1. Assalamualaikum, Kenapa jin bisa membunuh manusia? Atau membuat manusia sakit atas perintah manusia lain seperti dengan cara puyuh, pelet, sihir, ato sejenisnya?
Jawab
Jin seperti manusia, ada yang baik ada yang jahat...


2. Apa benar jin boleh mencuri informasi tentang masa depan, sehingga dukun ato paranormal yang ngakunya bisa komunikasi dengan jin bisa tau tentang masa depan karena dikasih tau jin? Manusia ndk bisa melihat jin, tapi kenapa ada beberapa manusia yang bisa seperti orang indigo?
Jawab


Dalam surat jin dahulu mereka suka mencuri informasi dari wahyu yang turun dari langit lalu diinformasikn ke dukun tapi pada masa Rasululah saw mereka terhalang dari itu, sehingga yang ada banyak bohongnya, sekali-kali aja benernya. Soal indigo sudah saya jawab berulang-ulangb

3. Jin sama dengan manusia manusia kagak ustadz?
Jawab
Jin sama dengan manusia dalam hal kewajiban ibadah, ada yang beriman dan kufur, ada yang baik dan jahat, berilmu, berbicara, mendengar dll

Do'a Kafaratul Majelis: 

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Wassalamu'alaikum...