Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Pengaruh Gadget pada Anak Usia Dini

Kajian Online Hamba  اللَّهِ  SWT
(Grup HA 13-14 Ummi)

Hari/Tanggal : Kamis, 23 Oktober 2014
Narasumber : Ustadzah Dianda
Materi : Pengaruh Gadget pada Anak Usia Dini
Admin : HA 13 Annisa | HA 14 Wiwin

Assalamualaikum umi abi semua..  Ahlan wa sahlan..  
Hari ini saya ingin membawa tema tentang pengaruh gadget pada  anak,  terutama anak usia dini.  

Makin cepatnya perkembangan teknologi saat ini  membuat  kita tidak dapat lepas dari yang namanya gadget,  seperti handphone,  smartphone,  tablet, laptop dan lain-lain.  Semakin sering orangtua memegang dan menggunakan  gadget di depan  anak-anak mereka,  maka makin tertarik pula anak-anak  dengan  gadget itu.  Lagi pula memang barang  yang menarik bukan? Tidak sedikit aplikasi hiburan maupun pendidikan  yang bisa didapatkan melalui gadget2 ini..  Termasuk di antaranya film (melalui youtube misalnya)  dan games/permainan.  Hal ini membuat banyak orang tua yang membiarkan,  bahkan memberikan, membelikan gadget khusus bagi anak.  

Sebelum membahas efek positif gadget (mungkin materi  berikut  ya?)  saya ingin singgung beberapa efek negatif gadget,  agar kita lebih waspada. 

Bayi - Usia dini,  adalah  masa perkembangan yang paling cepat dalam hidup manusia. Menjadi fondasi  awal kemampuan dalam berbagai bidang.  Diantaranya perkembangan motorik kasi untuk penguatan otot dan keseimbangan, penguatan motorik halus dan rangsang sensoris untuk penguatan perkembangan otak/stimulasi otak..  Termasuk optimalisasi kecerdasan dan konsentrasi anak.  

Berikut ini beberapa efek negatif gadget,  dari berbagai sumber :
1. Hambatan bicara 
Penggunaan gadget dan tontonan yang terlalu lama pada anak yang belum menguasai bahasa ibu,  membuat adanya "kebingungan bahasa" pada anak. Akibatnya anak menyerap lihat dan kata-kata bahasa  asing,  dan tercampur dengan bahasa Indonesia.  Sekarang-sekarang ini  sering ditemukan  anak yang terlambat bicara,  hingga usia 3 tahun  masih terhambat. 

2. Hambatan/gangguan atensi
Pada usia-usia dini,  anak masih  dalam tahap pembentukan persepsi dari rangsang sensoris,  termasuk  sensor visual.  Saat anak diberi waktu yang lama untuk memainkan /menonton film melalui gadget, secara fisik kemampuan penglihatan anak dapat terganggu,  mata menjadi  manusia.. Misalnya.  

Selain itu,  anak melihat gambar yang terus  bergerak dan belum mampu menginterpretasi gambar itu, sehingga membuat anak menjadi tidak fokus.  Perilaku yg muncul seperti: bicara agak gagap (lama memikirkan apa yang mau dikatakan), sulit mengikuti perintah,  sulit/lama memahami instruksi..  Dst.  

3. Kecanduan gadget 
Anak jadi selalu ingin menonton, tidak bisa dilarang,  mengambil gadget siapa saja, merebut..  Dst. 

4. Mendorong peningkatan agresivitas anak
Ini dapat terjadi akibat terganggu nya kemampuan atensi,  atau dari konten tontonan yang bersifat agresif (karena anak punya kecenderungan meniru yg besar),  atau akibat dari Kecanduan gadget.  Perilaku yg muncul mulai  dari memukul, menendang, bicara/bersikap tidak sopan,  dst. 

5. Hambatan kemampuan sosialisasi 
Anak anak yang sudah terpaku pada gadget akan cenderung mengabaikan stimulasi sosial, seperti acuh saat dipanggil,  malas-malasanan saat disuruh membantu orang tua..  Selanjutnya anak akan cenderung egois,  malas bergaul,  mau menang sendiri dan bisa juga jadi pemarah. 

5. Kesulitan belajar/calistung
Kesulitan  belajar dapat muncul  sebagai akibat lebih lanjut dari hambatan bicara,  gangguan persepsi visual dan gangguan atensi pada anak.  Anak dapat menjadi sulit membaca,  sulit berhitung.. Sulit menangkap materi pelajaran. 

Umi, abi  segitu dulu untuk efek negatif gadget. Hal yang paling penting adalah kita batasi dan dampingi anak saat menggunakan gadget.  Sebagai Info, untuk anak <3 tahun,  batas aman gadget&/tontonan layar adalah 15 menit..  Per hari.  :) 

Demikian materi psikologi hari ini, semoga Allah membukakan pintu 2 ilmu nya pada kita semua. Wallahualam..
buat tambahan bisa baca link materi . ini..


Tanya Jawab HA 13 Ummi

Pertanyaan:
1.) Aeni: 
Ustadzah mo tanya orang pulang khawatir terhadap anak-anak kalau pegang gadget tapi disisi lain saya juga ndak mau anak saya jadi gaptek. Jadi bagaimanakah solusinya? Dan cara kita menegur dan menasehati  anak ,agar anak tidak tersinggung dan mengerti.
syukron atas jawabanya. Usia anak 8 thn
Jawab
okee bismillah...
Usia 8 tahun anak sudah mulai mengerti mana yang baik mana yang buruk ya, jadi coba dibicarakan ke anak dan diskusikan bagaimana dia bisa diberikan kepercayaan memegang gadget tanpa tertarik pada hal-hal yang negatif. bahas juga apa saja yg negatif, kenapa itu . tidak baik.. bikin kesepakatan, tulis didinding, berapa jam. anakboleh main gadget, apa saja yang boleh dia mainkan dan orang tau baiknya punya sistem kontrol, misalnya gadget dipakai hanya boleh di ruang keluarga, atau dipasang di layar tv, jadi orang tua selalu bisa kontrol. kalau anak melanggar kesepakatan, batasi hak mainnya,atau batasi hak lain.

2.) Anne: 
Bagaimana cara belajar yang tepat untuk anak yang terlanjur sudah seperti itu? Murid Tk saya sangat tidak bisa konsentrasi,  pandangan matanya pun tidak bisa di ajak kontak dalam waktu lama, kalo diajak bicara dia jawab nglantur, mata liat sana/i ga jelas. Setelah dtanya dan di amati, orang tuanya kecanduan gadget dan anaknya pun di biasakan dengan gadget. Kalo maen yang sifatnya melatih motorik dilarang sama neneknya
Jawab
Wah.. kalau anak. orang sulit ya,nomor satu kita harus edukasi orang tua dan keluarganya. anak belajar dari sensoris, jadi kegiatan motorik itu nomor satu dan (mungkin) satu-satunya yang terbaik. ortu harus bisa menahan diri memainkan gadget di depan anak, .. (makanya saya reply grup juga suka lama.. hehe). 

Oiya,anak yang terlalu banyak gadget dan kurang kegiatan motorik akan pengaruh ke kemampunan fisik yang akhirnya kesulitan belajar juga. sudah membaca,susah berhitung dst. Ibu-ibu ada yang pernah mendengar istilah adhd? itu gangguan atensi dan hiperaktif, ciri2nya seperti yg ditulis umi anne, plus hiperaktif. sebab alami adalah gangguan saraf/otak, nah pengaruh gadget ini sampai merusak otak loh untuk anak-anak
Oiya, kalau abah tidak tertarik ssb lebih suka lompat lari panjat lempar teriak-teriak, biarkan saja. umi anne, sebaiknya sarankan saja ke psikolog, usahakan tidak menyinggung. tapi memang harus ditangani. sebelum terlambat. karena gejala seperti uji pada anak, kalau tidak ditangani, saat remaja umumnya anak .mengalami frustrasi, dan masalah perilaku seperti berontak, kriminalitas hingga drugs.


 hasil penelitian

3.) Echa: 
Anak saya usia 2thn ustazah, juag sudah hobi gadget sama tv, semoga belum telat memperbaiki kebiasaan anak saya?
Jawab
Saya share aturan.saya untuk anak saya 3 th ya.. anak saya hanya boleh nonton 2x sehari, setelah ia makan dan mandi pagi, dan sore. masing-masing 30 menit. hanya boleh menonton yang bahasa indonesia..  kalau tidak mau mandi ya tidak boleh nonton. Sisanya, kita sediakan stimulasi yag baik bagi anak, seperti buku-buku cerita, puzzle, mainan lilin, pasir2, bola dst. susun denganvrapi dan bikin pojok main anak. secara sendirinya anak akan eksplorasi dan masih. 

Oiya umi echa . kalaupun tontonan islami tetap dibatasi ya tetap dibatasi ya karena gambar yang bikin atensi terganggu.. fokus yang ngajarin apa-apa itu orang tua bukan televisi kalau mau porsinya lebih banyak di radio,belajar lewat audio yang pengantarnya bahasa ibu ya..

Tanya Jawab HA 14 Ummi

 Bunda Wien: 
Mau tanya ustadzah...Jika anak sudah terlanjur kecendrungan dan dampaknya mulai kelihatan bagaimana cara menanggulanginya Ummii? Usianya 9 thn Mhn pencerahannya 
Jawab
Usia 8 tahun anak sudah mulai mengerti mana yang baik mana yang buruk ya, jadi coba dibicarakan ke anak dan diskusikan bagaimana dia bisa diberikan kepercayaan memegang gadget tanpa tertarik pada hal-hal yang negatif. bahas juga apa saja yg negatif, kenapa itu . tidak baik.. bikin kesepakatan, tulis didinding, berapa jam. anakboleh main gadget, apa saja yang boleh dia mainkan dan orang tau baiknya punya sistem kontrol, misalnya gadget dipakai hanya boleh di ruang keluarga, atau dipasang di layar tv, jadi orang tua selalu bisa kontrol. kalau anak melanggar kesepakatan, batasi hak mainnya,atau batasi hak lain. buat 9 tahun juga

bunda Siti Maryam
Pertanyaannya hampir sama bunda wien. Masalah anak yang susah belajar & kalau mau belajar selalu ada aja yang diminta #mau makan dan minum susu. Anak saya usianya 9 thn, kls 3 SD
Jawab
Ini saat belajar apa saja? mungkin penyebab guru mengajarnya tidak enak? coba ditanya dulu pada anak, lalu cari cara yang ia suka untuk belajar itu, misalnya tutorial dari cd edukasi..?

Bunda Dewi: 
Ustadzah mau nanya ya, Anak saya kayanya sudah kecanduan warnet, kalo pulang dari pesantren yang diburu tuh warnet. Sampe-sampe dia acting sakit kepala ke sakit asma supaya bisa pulang ke rumah. Harus gimana kalo gitu?
Jawab
Pesantrennya setiap hari? batasi uang jajan, hitung pas-pasan supaya tidak bisa bayar warnet, atau belikan alat mainnya supaya bisa main di rumah dengan aturan seperti yg 9 tahun atau, cari minat anak dan ikutkan dia kursus kearah bidang minat itu, misal sekolah bola, kursus musik, kursus komputer. jadi anaknya senang, kegiatan positif dan energinya habis di . kursus gak ada waktu dan energi lagi untuk ke warnet (dan gak selera lagi juga)

Tanggapan
Pesantrennya tiap hari plus sekolah dan jauh sekali dari rumah saya di bandung anak pesantren di tasik usianya 12thn, di pesantren ga dibolehkan bawa hp sama sekali. Tapi dia berbohong sakit apa gitu biar bisa pulang dulu ke rumah
Jawab
Disampaikan saja ya, apakah perilaku keseharian anak baik-baik saja? coba ngobrol dengan anak, bagaimana dia di sekolah? apakah menyenangkan? apa anak suka belajar disana? kesulitannya apa saja?
Pandangan saya, usia 12 th bolakbalik tasik-bandung setiap hari itu capek, jadi mungkin cari hiburan ke warnet itu. bicarakan dulu.. kalau memang capek, solusinya kurangi penyebab dia capek.. dengan harapan ke warnet (efek samping capek/jenuh) akan berkurang..



Bunda Fatkhul Jannah: 
Mau nanya juga ustadzah. Kalau anak saya ( kls 2 smp) bukan kecanduan gadget tapi nonton TV, kalo sudah lihat acara d TV  susah sekali berhenti, dari satu stasiun Tv  ke stasiun TV lainnya. Padahal mereka hanya saya bolehkan nonton tv di hari sabtu dan minggu. Dia memilih lihat Tv daripada bermain dengan teman-temannya d luar rumah. Bagaimana solusinya ustadzah....?
Jawab


Weekend usahakan kegiatan keluarga ya saya setuju boleh nonton hanya sabtu minggu, tapi tetap dibatasi waktunya kegiatan keluarga yang santai dan yang disukai anak supaya anak senang manfaatkan untuk quality time

Bunda Rama Zahra: 
Assalamualaikum ustadzah ,anak sya usia 11 thun, dari tk s/d kelas 4 semangat belajarnya bagus sehingga mendapatkan peringkat 1, tpi saat ini  smangatny sangat menurun, apa adanya kejenuhan karena selama ini ia rajin belajar?dan sayapun sangat membatasi waktu bermainya. Apa benar tidur siang itu dapat mencerdaskan anak, soalnya anak saya sudah tidak mau lagi tidur siang
Jawab


Coba ngobrol dulu dengan anak, sebabnya dia gak semangat belajar itu apa tidur siang baik juga buat kemampuan belajar, tapi prinsipnya anak ada dan tahu beristirahat efeknya terasa terutama saat kecil rasanya

Oke mari kita tutup kajian ini
wabillahi taufiq wal.hidayah wassalamualaikum wr..wb..
Jazakumullah Khairan yaa Ukhti-ukhti sholehah hari ini sudah banyak yang membantu & berpartisipasi pada kajian hari ini. Semoga ilmu yang kita dapat hari ini bermanfaat & barokah.. Aamiin Yaa Rabb 

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga bermanfaat