Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Qowiyul Jism (Tubuh Yang Kuat)

Kajian Online Hamba الله SWT

Jum’at, 31 Oktober 2014/ 7 Muharram 1436
Narasumber : Ustadzah Ira Wahyudianti
Rekapan Grup Nanda 119-120 (Apriyani)
Tema: Syakhsyatul Islam (Muwashofat Tarbiyah yang ke – 6)
Editor :Rini Ismayanti


Qowiyul Jism (Tubuh Yang Kuat)


Bismillahirrahmaanirrahim.....

Bada Tahmid wa sholawat

            Memiliki tubuh yang kuat dan sehat adalah merupakan suatu nikmat yang luarbiasa dari  Allah ta’ala, dimana dengan nikmat tersebut kita bisa melakukan banyak aktifitas yang bermanfaat baik untuk dunia terlebih lagi untuk akhirat.
Dari abi huraoiroh r.a berkata : bersabda Rasulullah saw : ‘sesungguhnya mu’min yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mu’min yang lemah, dan pada semuanya ada kebaikan. Berusahalah dalam mencapai apa-apa yang bermanafaat (untuk dunia-akhiratmu), dan (selalu lah) memohon pertolongan kepada Allah dan janganlah (bersikap) lemah. Dan jika sesuatu menimpamu maka janganlah berkata : ‘seandainya aku mengerjakan begini tentu hasilnya tidak begitu’. Tetapi katakanlah : ‘Allah telah menetapkan, apa yang Dia kehendaki pastilah terjadi’. Karena sesungguhnya kata ‘seandainya’ dapat membuka perbuatan (jahat) syaiton’. (HR Muslim)
            Kekuatan jasmani (qowiyyul jism) merupakan salah satu sisi pribadi muslim yang harus ada. Kekuatan jasmani berarti seorang muslim memiliki daya tahan tubuh sehingga dapat melaksanakan ajaran Islam secara optimal dengan fisiknya yang kuat. Shalat, puasa, zakat dan haji merupakan amalan di dalam Islam yang harus dilaksanakan dengan fisik yang sehat atau kuat dan bentuk- bentuk perjuangan lainnya.
            Kesehatan jasmani harus mendapat perhatian seorang muslim dan pencegahan dari penyakit jauh lebih utama daripada pengobatan. Meskipun demikian, sakit tetap kita anggap sebagai sesuatu yang wajar bila hal itu kadang-kadang terjadi, dan jangan sampai seorang muslim sakit-sakitan. Karena kekuatan jasmani juga termasuk yang penting, maka Rasulullah Saw bersabda yang artinya: ‘Mu’min yang kuat lebih aku cintai daripada mu’min yang lemah’ (HR. Muslim).
            Pada dasarnya, kuat-sehatnya tubuh tidak akan ada artinya jika tidak disyuuri dan tidak digunakan dalam rangka meningkatkan ketaatan kepada Allah. Apalah arti sebuah gunung yang besar menjulang  tinggi tapi tak ada satu tumbuhan pun yang menyertainya, bahkan bebatuan pun tidak ada. Ia hanyalah tumpukan kerikil yang tidak berarti, tidak memberi hasil apa-apa.
Maka manfaatkanlah tubuh kuat-sehatmu dengan sebaik-baiknya, sungguh anda tidak tahu harapan apa yang ada didalam hati orang yang sekarat lemah tak berdaya di rumah sakit. Sekali lagi, manfaatkanlah sebaik-baiknya di jalan Allah, sebelum datang keputusan yang pasti dari_Nya, yaitu KEMATIAN.

            Aplikasi dari qowiyyul jism yang dapat diperaktikkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain mengikuti petunjuk kesehatan dalam makanan dan minuman, seperti:
a. Membersihkan peralatan makan dan minum;
b. Menjauhi makanan yang diawetkan dan mengkonsumsi minuman alami;
c. Mengatur waktu-waktu makan;
d. Mampu menyediakan makanan;
e. Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi yang berlemak;
f. Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi garam;
g. Tidak berlebihan dalam mengkomsumsi gula;
h. Selektif dalam memilih produk makanan

TANYA JAWAB
Q : Karena saya tinggal sendiri.. jadi sering beli bahan makanan yang bisa di simpan dlm freezer. Baik itu yang fast food maupun yang alami, jadi kapan lagi kepengen masak.. tinggal masak.. ga perlu repot lagi.. pertanyaannya.. klo lampu mati seharian.. apa makanan dalam kemasan itu masih bisa dimakan bu dok? Apa ada pengaruhnya klo tetap dimakan?
A : Ini bukan field aku sbnrny. Tapi, kayaknya setiap bahan makanan memiliki aturan penyimpanan sendiri, termasuk mengenai aturan suhu ideal untuk menyimpannya. Ukhti coba lihat ada perubahan atau tidak pada warna, rasa ataupun bau karena efek kulkas mati listrik
jika ada jangan dimasak / dimakan ya.

Q : Asalamualaikum, mau bertanya, katanya kan klau makan malem mebih dari magrib itu ga baik, tapi bagaimana kalau dengan banyaknya aktivitas malem membuat saya jadi lapar di jam-jam malam, apa sebaiknya tetap makan malam, atau harus ditunda makannya ? Terimakasih
A : Untuk mensiasati perasaan lapar, biasanya saya cari makanan yang tinggi serat, rendah kalori. Karena serat memberikan volume pada usus sehingga memberikan informasi "kenyang" ke otak.

Q : Bu dok mau nanya, biasanya klau habis makan malam, beberapa jam kemudian itu lapar lagi dok, apa harus makan lagii ? Satu lagii dok,  kenapa klau lapar kadang  perut berbunyi gitu dok? Apakah makanan yang haram yang masuk ketubuh apa ada akibatnya jg pada tubuh kita dok ?
A : Hindari makanan yang ga bikin kenyang, tapi banyak kalorinya. Seperti : gorengan, kue2, ngemil. Yang ketiga : balik lagi lihat jenis makanannya. Makanan haram mksdnya babi&anjing? Aku belum tau soal itu. Tapi klau minuman haram (alkohol), jelas berefek. Perut bunyi itu sebenarnya suara gerakan peristaltik usus yang akan mningkat di saat lapar

Q : Sebenarnya penyebab sakit maag itu apa sih? Apa hanya karena makan tdk teratur aja? Kan makannya kita buat jadwal sendiri biar teratur, ga sama dgn jadwal makan orang2 hehe
A : Di lambung ada faktor agressor, ada faktor defensor terhadap dinding lambung. Agresor : asam lambung, radikal bebas (asap rokok), makanan pedas/asam yang merangsang pengeluaran asam lambung. Sifatnya mencederai dinding lambung. Defensor: zat alamiah yang dikeluarkan sel-sel asam lambung untuk mempertahankan diri dari faktor agresor. Maag : ketidakseimbangan antara faktor agresor dan defensor. Asam lambung slalu ada di lambung. Tapi produksinya akan meningkat secara berkala (klau ga salah tiap 6-8 jam sekali). Jika ada makanan, dia akan "terpakai" untuk mencerna makanan. Tapi klau ga ada makanan yang masuk, ya akan nganggur dan membuat keseimbangan faktor agresor dan defensor terganggu sehingga melukai dinding lambung. That's why, makan ga teratur mnjadi salah satu pemicu.

Q : Dok tanya....badan saya kecil tapi makan saya banyak...apakah itu berlebihan??kan makan sebelum lapar berhenti sebelum kenyang...tapi klau ga banyak porsinya saya ga kenyang, apa mungkin usus n lambung saya udah melar y??
A : indikasinya metabolisme nya cepat sepertinya ukhti kebanyakan aktifitas hampir sama seperti jawaban di atas coba buat agar otak merasa kenyang tapi jangan terlalu risau ya sperti kata temen-temen. Ukhti beruntung makan banyak ga gemuk dan banyak orang diet berlebihan hanya ingin kurus dan banyak orang diet berlebihan hanya ingin kurus

Ustadzah : jika minum air putih sebelum makan, baik atau tidak yaah? Ada 
pengaruh tidak dgn kesehatan kita? 
A : sebaiknya minum sedikit sebelum makan dan saat makan jangan minum banyak air karena akan menyebabkan kenyang air dan makanan yang seharusnya habis jadi tidak habis

Q : Dok saya sering pusing...terus lutut kalau malam sama pagi kyk linu-linu..Saya periksain kata dokterx saya kurang makan. Saya ga dikasih obat/vitamin dok, cm  disuruh makan yang bnyak. Perasaan makan saya sudah bnyak sii, porsi makan saya nasinya tuh 2 centong lebih loh. Kalau saya lihat temen-temen saya malah makanx cuma separoh dari makanan saya. Salah dmn nya ini dok?
A : saran teman saya dokter Lani, mba sebaiknya cek ASTO,silakan d gugling sendiri dahulu katanya nanti boleh japri saya kalau mau tanya lagi ke dokter Lani

Q : saya kan punya kebiasaan klo pagi hanya minum secangkir teh hangat dan 
camilan kecil (roti ato gorengan 2pcs) nah nanti makan pagi baru jam 10.00pg 
apakah pola makan yang begitu baik ustdzh?
A : menurut saya kurang baik, karena ukhti terlalu siang sarapan sehingga akhirnya makan siang tidak teratur bahkan tidak makan siang. penuhilah hak tubuh sesuai kebutuhan makannya yaitu 3 x sehari

Doa Kafaratul Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa
atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada
sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu
dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat