Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » RAHASIA NASEHAT YANG DIDENGARKAN

RAHASIA NASEHAT YANG DIDENGARKAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, October 28, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA الله UMMI 08

Selasa,28 Oktober 2014
Materi: Rahasia Nasehat yang didengarkan
Pemateri: Ustadzah Ida Nur Laila
Admin : Umy Rasya
Notulen : Rachma
Editor: Selli

Bismillahirahmanirahiim pertama kita panjatkan syukur pada Allah atas semua nikmat dan karunianya.
Allah karuniakan orang tua, suami dan anak, serta teman-teman yang melengkapi hidup kita.
Allah berikan nikmat iman, islam dan berjamaah, subhanallah.

Tema kajian kita kali ini tentang nasehat. Tepatnya adalah rahasia nasehat yang didengarkan.
Menjalani kehidupan, ada perintah Allah dalam surat Al-Ashr... yuk dibaca sebentar dengan penuh tartil....
nah berikut saya kutip arti ayat ke 3.
Masa/Waktu (Al-`Aşr):3 - kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Saling menasehati adalah perintah Allah. Pada kenyataannya hal tersebut terkadang tidak mudah dilakukan .
Kadang memberi nasehat kepada suami atau anak tapi tidak didengarkan...
Pada pagi hari ini saya ingin berbagi tentang tips agar nasehat didengarkan.
Siap ya bunda ?
Bagaimana agar didengarkan?
Ada seninya  lho.... seni nasehat yang efektif, agar kata-kata tidak hanya menjadi angin lalu.
Pernahkan anda menyampaikan suatu pendapat tapi tidak didengarkan? Saya pernah sih. Hehe jujur ngaku saja. Bukankah sepertinya mustahil ya menjadi orang yang selalu didengarkan.
Tapi ekstrimnya ada lho istri yang mengeluh tak pernah didengarkan oleh suaminya. Terkadang bukan hanya tak didengarkan dalam arti sesungguhnya, misal saat istri bicara, dipotong atau dibantah.
Mungkin ada suami yang (pura-pura) mendengarkan, tapi tidak melaksanakan.Orang jawa bilang: ”Nggih...nggih ora kepanggih”. Artinya: iya...iyaa tapi tidak dilaksanakan.
Bukan hanya suami, mungkin jika jadi ibu, nasehatnya tidak didengarkan atau tidak dilakukan oleh anaknya.
Kalau anak yang masih kecil, relatif nurut deh, biasanya mulai ABG, mulai deh...pintar berdalih. Pengin nggak sih, jika kata-kata seorang istri atau ibu didengarkan, diiyakan, dituruti dan dilaksanakan?
Ini nih rahasianya: 
1.  Jadilah perempuan yang kata-katanya berbobot. Istilah kerennya qoulan tsaqilan. Maksudnya, setiap kata yang diucapkan selalu sayang untuk dilewatkan oleh orang lain. Janji Allah nih, orang yang rajin sholat malam, akan diberi qoulan tsaqilan ini. Jadi, mari rajin sholat malam agar kata-kata berbobot. 
2.  Pilihlah kata-kata terbaik yang tersari dari kitab suci dan ucapan nabi. Karena itulah qoulan tsaqila dari Allah dan RasulNya. Tentu kata-kata kita sendiri boleh-boleh saja, selama pilih kata-kata yang baik. Jadi perempuan itu, perkaya diri kita dengan kata hikmah, kata mutiara, kata orang bijak...jika kita belum menemukan kata-kata kita sendiri. 
3.  Hematlah dalam nasehat. Nasehat yang efektif itu yang seperlunya. Nasehat yang panjang lebar, seringkali tujuannya untuk memuaskan pribadi yang menyampaikan, namun tidak mencapai sasaran.Sebenarnya targetnya memuntahkan semua atau prosen penerimaan? 
4.  Pilihkan waktu yang tepat, suasana yang tepat, momen yang tepat dan tempat yang tepat. Orang yang sedang marah, biasanya tidak bisa mendengarkan. Mereka sedang butuh didengarkan. Anak yang marah lebih cepat reda jika dipeluk atau disentuh, dari pada diomeli. Menasehati di depan orang banyak, di depan orang yang disegani oleh orang yang dinasehati, biasanya kurang mengena dan menimbulkan ketersinggungan. Menasehati secara rahasia, lebih menghargai dan mengena. 
5.  Mengenali cara yang tepat dan oleh seseorang yang tepat. Ada yang suka diingatkan dengan nasehat, ada yang lebih suka dengan arahan, dengan contoh, dengan surat atau dengan cerita. Tiap orang unik, kita hanya harus bisa menemukan kunci kombinasi untuk membuka brankas hatinya yang mengeras. 
6.  Bersabar, dan jangan putus asa. Punya usul tidak diterima, mungkin kurang mengenakkan hati. Memberi nasehat dan mendapat respon negatif, bisa jadi menyakitkan hati. Jangan patah arang. Besok berusaha lagi. Bukankah hidup adalah permasalahan yang berulang. Dengan berulang memberi nasehat juga pahalanya tambah banyak hehe... 
7.  Ikhlas dan terus mendoakan. Janganlah keinginan membaguskan akhlak orang lain, tetapi justru memburukkan diri kita sendiri. Eh gimana sih maksudnya. Begini, memberi usul atau nasehat itu kan dalam rangka agar orang lain menjadi baik. Kalau dengan respon negatif penerima, kita menjadi marah, tidak ikhlas dan sakit hati...nah kan jadinya kita yang buruk dan butuh dinasehati..hehehe. 
Begitulah kata kuncinya. Yakin bahwa amal kita berupa usulan dan nasehat yang kita sampaikan dengan ikhlas, adalah urusan kita dengan Allah. Sudah dicatat tuh pahalanya. Jangan dirusak dengan kemarahan, penyesalan dan caci maki lantaran nasehat kita ditolak.
Hati manusia dalam genggaman Allah. Maka kita bermohon agar Allah beri petunjuk pada kita dan orang yang ingin kita nasehati. Kita ini hanya penyampai, hidayah milik Allah okee?
Rasulullah saja, ada nasehatnya yang ditolak oleh pamannya, lelaki pembela yang sangat dicintainya dan juga mencintai beliau. Apalah lagi kita. Tapi yakinlah, doa bisa mengubah taqdirNya.
Intinya itu saja kok. Bismillah mari mulai tahun baru ini kita rubah gaya bicara kita. Gaya menasehati, gaya menyampaikan usulan, gaya menyanggah.....
Tak mungkin mengubah dunia, mengubah orang lain tanpa memulai dari mengubah diri kita. Jadi ibdak binafsika, mulailah dari dirimu sendiri.Jangan lupa, aspek teladan adalah ‘nasehat’ yang lebih mengena dari pada sekedar ‘omdo’ alian omong doang. 
Yuuk, siap menjadi perempuan,anak, istri dan bunda yang didengarkan?
Bismillah yuuk berusaha. Saya juga terus berjuang dan terus berjuang . Semoga dimudahkan dalam saling memberi nasehat amiin.
Sekian ya...semoga manfaat.
Wassalamualaikum  wr wb.
---------------------------------------
"TANYA JAWAB"
1. TANYA
Assalamu'alaikum ustadzah. Saya mau bertanya....
kalau kondisi hati dan pikiran tenang.... enak ngasih nasehat sama anak-anak ustadzah.. tapi giliran sudah banyak pikiran.. capek.. apalagi sedang sakit psm atau sakit kepala.... bawaannya enakan marah sambil ngomel-ngomel ustadzah ...... atau nggak nangis lihat misal rumah berantakan..
bagaimana supaya kita bisa tenang dulu ustadzah.....???
JAWAB:
Ambil segelas air ya, alhamdulillah jika ada juice, berdoa minumlah dengan nikmat, mengambil nafas, istighfar dan tersenyumlah.
"Aku bahagia walaubrumah berantakan..."
Lalu kerjakan semampunya sambil bersenandung. Jika capek, istirahatlah dan hadiahi diri dengan tilawah. Anak-anak akan melihat bagaimana bunda mencontohkan kebaikan. Tambah 7 resep di atas, insya Allah bunda tetap bahagia dan akan didengarkan....amiin.
2. TANYA
Tanya ustadzah.. Anak saya yang besar cowok baru masuk SD.. Masa dimana dia mengenal banyak teman dan kegiatan baru,, yang sangat menguji kesabaran saya...
Saya jarang antar jemput.. dan kegiatan belajar mengajar disekolah susah terpantau, karena tidak boleh masuk ke gerbang sekolah... kalau pulang papanya jemput.. waduh dah nggak benar semua atribut skolah,, baju putih kotor, pensil penghapus tiap hari hilang, bukunya kadang sobek dan sebagainya... yang paling susah kalau pulang sekolah langsung les dirumah gurunya dibelakang sekolah... anakku ini paling telat keluar, kalau ditanya kenapa lama... iya ma.. lagi nulis belum selesai... selalu saya nasehati tiap hari tentang disiplin, pulang sekolah harus simpan tas, sepatu, dll...
Dengan sabar... tapi masih saja kadang masih tidak dijalani,, jadi membuat saya marah... saya tidak mau sampai besar nanti manja terus.. masa merapikan perlengkapan sendiri mamanya terus.
Bagaimana ustadzah agar saya santai, tenang, dan sabar menghadapinya...
JAWAB:
Pertanyaan terakhir dari bunda. Selamat ya bunda terpilih melahirkan anak yang istimewa. Dengannya Allah sediakan banyak pahala kesabaran dan kreatifitas. Nasib bunda tak jauh dengan saya...
Bunda sediakan lebih banyak alat tulis, biar untuk kehilangan kecil tidak pusing-pusing amat. Terus telaten mengajari anak packing tas sekolah, menghitung jumlah dan macam bawaannya, jika nanti pulang, anak diajak lagi menghitung jumlah bawaanya.
Jika berkurang yang ketinggalan, berilah hadiah pelukan, ciuman atau sebutir permen. Untuk baju kotor ya memang usianya... semoga berkurang dengan berlalunya waktu dan bertambahnya tanggungjawab.
Masa ini tidak akan lama, selama kita terus telaten membimbing. Jangan dengan kemarahan.
Demikian bunda. Saya pamit. Mohon maaf jika ada kesalahan.
Penutup
Doa Kafaratul Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamualaikum wr wb

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post