Home » , , » SYAKHSIYATUL ISLAM

SYAKHSIYATUL ISLAM

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, October 22, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA الله UMI 22
Selasa, 21 oktober 2014
Grup : ummi Ha 22
Narasumber : Ustadzah Yana maryanah
Materi : syakhsiyatul islam
Notulen : Nurhayati
Admin : Laily
Editor : Selli
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahiim.
Baik bunda-bunda yang dirahmati Allah kita mulai aja kajian hari ini.
Hai orang2 yang beriman masuklah kalian kedalam Islam secara keseluruhannya dan janganlah kamu turuti langkah- langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yg nyata bagimu ( QS. 2:208) Islam adalah agama paripurna yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Mulai dari kesalihan individu sampai sosial. Karena sejatinya Islam adalah sitem integral yang bertujuan untuk rahmatan lilalamin. Hal ini karena Islam merupakan agama langit yang diatur langsung oleh Alloh swt. Hanya saja kecemerlangan Islam tidak tercerminkan langsung dengan fenomena sekarang terkait akhlak kaum musliminnya, walaupun ini bukanlah penilaian menyeluruh.
Muslim yang ideal adalah muslim yang memiliki hubungan yang baik dengan Alloh swt dan juga terhadap manusia hal ini bisa dilihat dari kualitas ibadahnya dan kepeduliannya terhadap sesama muslim.
Keharusan kita untuk memiliki pribadi muslim yang kaffah bukan tanpa alasan, karena disamping itu perintah langsung dari Alloh seorang mulim kaffah pasti memiliki keistimewaan yang sangat agung yang tak dimiliki oleh muslim yang hanya sebagai status.
Di dalam Al quran sedikitnya ada 8 keistimewaan yang harus melekat dalam diri seorang muslim
1. Khusu' bila melaksanakan sholat artinya sholat  dilaksanakan dengan sebaik mungkin QS.23:  1-2
Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman yaitu yang khusu' dalam sholatnya.
2. Amalnya. Seorang muslim sejati adalah apabila beramal maka amalnya bermanfaat dalam arti tidak pernah sia-sia. Karena itu segala perkataan dan perbuatannya selalu diperhitungkan "dan orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak berguna" QS. 23:3
3. Menunaikan zakat. Dengan zakat  dibersihkan hartanya dari yang kotor, sehingga dari zakat ini terjembatani ya kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin QS. 23: 4 "dan orang-orang yang menunaikan zakat".
4. Menjaga kemaluannya dari hal-hàl yang mendekati zina, karena ini perbuatan yang sangat tercela yang setiap muslim harus menjauhinya. QS. 23: 5-6 "dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri- isteri mereka atau budak- budak yang mereka miliki maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tidak tercela".
5. Senantiasa menjaga amanahnya. Karena amanah baik tidaknya seseorang salah satunya sangat bergantung pada apakah dia bisa memelihara amanahnya dan janji-janjinya. QS. 23:8 "dan orang-orang yang memelihara amanah-amanah yang dipikulnya dan janjinya".
6. Selalu berupaya beramar makruf dan nahi mungkar, sehingga dirinya tidak solih sendiri tapi berupaya untuk menjaga lingkungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena ini tugas yang berat maka dibutuhkan kesungguhan dan kerjasama dengan muslim lainnya. QS. 9:71 "dan orang-orang yang berimam laki-laki dan perempuan, sebagian kalian menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh mengerjakan yang makruf dan mencegah yang mungkar".
7. Selalu siap dan membuktikan kesiapannya dalam berjihad baik dengan harta, benda maupun jiwa. Karena Islam adalah satu-satunya agama yang harus ditegakkan di muka bumi ini dan menegakkannya harus dengan jihad atau perjuangan atau usaha yg sungguh-sungguh. QS. 49:15 "sesungguhnya orang-orang yang beriman kpd Alloh dan rasulnya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad di jalan Alloh dengan harta dan jiwa mereka itulah orang-orang yang benar".
8. Mendapatkan syurganya Alloh Swt. QS 18:107-108 "sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal sholeh bagi mereka adalah syurga Firdaus menjadi tempat tinggal. Mereka kekal di dalamnya mereka tidak ingin berpindah daripadànya.
Karenanya ketika kita sudah memproklamirkan diri kita sebagai pribadi muslim maka tidak ada pilihan bagi kita kecuali harus menunjukkan diri kita dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjdi muslim kaffah....wallohu'alam.
-------------------------------------
TANYA JAWAB:
1. TANYA
Poin 6 ustadzah, Tidak sholih sendiri.
Bagaimana jika kita tinggal bukan di lingkungan yang agamis. Maaf. Semisal keluarga kita.
Seperti yang pernah dikatakan bahwa berdakwah di keluarga itu lebih sulit daripada di tempat lain.
Apa yang harus kita lakukan ustadzah?
JAWAB:
Jika kita tidak tinggal dilingkungan agamis sbenarnya tidak masalah karena Rasulullah SAW berdakwahpun tidak dilingkungan agamis
Tapi karena akhlaq yang ditampilkan adalah akhlakul karimah akhlak mendunia maka smua orang melihat rasulullah sebagai pribadi yang bisa dijadikan panutan bahkan tokoh masyarakat
Maka tugas kita adalah memperbagus akhlak dan memdahuluinya dengan meningkatkan dan menguatkan keimanan kita.
2. TANYA
Poin no.3 tentang zakat..
'dengan zakat membersihkan hartanya dari yg kotor'..
Maksudny bagaimana? Setidaknya kita mencari dan mendapatkan rizqi dari cara yang halal.. Zakat merupakan kewajiban. Lalu "harta yang kotor" itu yang mana...yang bagaimana?..
JAWAB:
Zakat itu artinya mensucikan
Membayar, zakat artinya kita memberikan sebagian dari rizki yang kita miliki karena bisa jadi sebagian rizki yang ada ditangan kita meskipun halal tapi ada bagian orang lain.
Bisa dilihat dalam QS. 9-103
Atau di QS. Adz Dzaariyaat ayat 19 dan pada harta mereka terdapat hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian
Dan zakat juga merupakan satu-satunya cara untuk membersihkan harta dari kekotoran yang ada
Arti ya 2,5% dari penghasilan kita yg diperoleh secara rutin adalah hak orang lain baik itu penghasilan yg berupa gaji,komisi,bonus dll. itu yang dimaksud zakat profesi
Allohu'alam.
3. TANYA
Macam-macam zakat
zakat profesi (gaji, bonus, komisi dsb) tiap bulan apa tiap tahun setelah mncapai nisob? yang diwajibkan zakat yang setelah mencapai beberapa banyak? apakah U.M.R sudah masuk zakat?
JAWAB:
Zakat profesi itu tiap bulan. Yang tiap tahun zakat maal. Zakat profesi memang belum ada ketentuannya.
4. TANYA
Zakat maal sama zakat fitrah sama apa beda ya ustadzah? Kalau zakat fitrah biasanya berupa beras ustadzah.
JAWAB:
Zakat maal dengan fitrah beda
Zakat maal adalah zakat harta yang kita miliki dan harus dibayarkan zakatnya jika sudah masuk nisabnya. Mungkin ada bab khusus kajian fikih zakat ya...
5. TANYA
zakat profesi yang tiap bulan itu harus diberikan langsung ke yang mustahaq ya ustadzah..
kalau dimasukkan ke kotak infak di masjid boleh gak ?
dan jika zakat profesi tersebut dikumpulkan dahulu hingga beberap bulan baru dikeluarkan boleh tidak?
JAWAB:
sepertinya memang harus ada kajian khusus tentang fiqih dan zakat.
6. TANYA
Ustadzah.. Kalau qurban katanya mensucikan harta. Tapi bukan termasuk zakat ya
Oh iya ustadzah bisa tolong jelaskan hitungan zakat mal tidak? Jazakilla
JAWAB:
Untuk pertanyaan seputar zakat sebaiknya ada bab khusus bu admin
Karena kajiannya cukup panjang. Malam ini lagi ada agenda di rumah jadi sampai disini dulu aja ya... kajiannya afwan...atas segala kekurangan.
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....
Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!