Ketik Materi yang anda cari !!

Home » » TAJWID - MAD

TAJWID - MAD

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, October 14, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT (HA 18 UMMI)


Hari / Tanggal : Sennin, 13 Oktober 2014
Narasumer : Ustadzah Uswatun Hasanah
Editor : Ana Trienta

Bismillaah..
Assalaamu'alaikum bunda shalihat..
apa kabar bunda pagi ini?
Materinya akan saya share dalam bentuk pict, silakan di download bunda..
Thayyib, kita mulai saja yah bun..
In syaa Allah hari ini kita masuk ke materi mad, ada yang masih belum tau mad, bunda?







TANYA JAWAB
 Ummi Ittin
Afwan ustadzah, untuk mad jaiz dan syilah untuk harokatnya maksudnya boleh 2 - 4 - 5 ketukan begitu? *afwan kalau saya mengajar TPA, harokat=ketukan *afwan jiddan andai salah mengartikan. Jazakillah atas jawabannya
Jawab
Ya bunda, boleh pilih antara 2/4/5, jika pilih 4 ketukan, maka jika bertemu mad yang sama, harus konsisten hingga selesai tilawah..

 Ummi Betyy
Ustadzah di aliflaaaaaamim.. dimana letak tasydid ya?
Jawab
Alif laaaaaammiim memang tidak bertasydid bunda sayang, ia masuk pada kelompok mad lazim (mutsaqqal harfi), sama seperti mad lazim mukhaffaf harfi yang tidak bertasydid, namun agar lebih mudah diingat maka dikelompokkan pada mad lazim.

 Ummi Ittin
Afwan, bila 6 harokat bertemu dengan tasydid. Mana yang harus diambil dahulu ustadzah?memanjangkan harokat dulu baru ambil tasydid atau langsung ambil tasydidnya? afwan sepertinya hal ini harus lewat audio ya biar lebih jelas..Syukron..
Jawab
Memanjangkan harakat dulu bunda

 Mad far'i, disebabkan bertemu tasydid dan sukun (lanjutan)
2:42 pagi 14 Okt - ‪+62 822-8502-1576‬: 
Mad far'i, dsebabkan bertemu tasydid dan sukun

 Ummi Nora 
Assalammualaikum ummi ustazah. Pertanyaan nora mungkin agak lari dari tema hari ini Mudah-mudahan ustazah berkenan menjawab.  Gini umm.. kalo kita ketemu tanwin ( afwan jiddan klo salah, yang baris dua itu umm) di akhir kalimat. sejatinya apa yang harus kita lakukan umm. mematikan huruf tersebut atau membunyikan tapi tunggal (mis: tidak di baca an,in,atau un..) contoh لايلف قر يش. Dibacanya nya Li iilaafi quraisy atw Li iilaafi quraisyin..?
Jawab
Wa'alaikumsalaam.. Jika tanwinnya fathain, maka dia dibaca, tapi fathah saja bun, itu dia mad iwadl, ada di gambar di atas. Nah jika tanwinnya kasratain atau dhammatain, maka dia di sukun kan, dia bernama mad liin..
Contoh ummi itu mad lin jadinya, jika waqaf jadi li iilaafi quraisy..

 Ummi Ari: Assalamualaikum, wrwb
Ustdzh dalam ayat ada tanda wakof salah satunya lam kecil datas ayat ataupun di akhir ayat. Apakah benar jika ditengah ayat tidak boleh berhenti & wajib disambung? gimana kalau di akhir ayat, apakah harus disambung bacaannya ke ayat selanjutnya. Syukron jazakillah ustazah. Ex :QS : 2 :10 & 18
Jawab
Wa'alaikumsalam wr wb..
Dalam quran terbitan indonesia, memang ada umm, tapi di terbitan madinah, tidak ada huruf lam, saya pakai madinah umm, jadi tak ada nemu tanda itu jika posisinya di akhir ayat, boleh berhenti, boleh lanjut, saya pribadi lebih memilih berhenti karena Rasulullah juga demikian. Nah kalau mau lanjut, ummi perlu perhatikan apa tanda baca pada huruf terakhir, maka tanda baca itu dibunyikan dan disambung ke ayat berikut dengan memenuhi hukum-hukum tajwid antara kedua ayat, misal ayat 1 diakhiri tanwin, terus awal ayat 2 huruf Fa, maka ia dengung karna dia ikhfa..

Thayyib bunda shalihat, saya pamit dulu untuk kajian hari ini, maaf yang sebesar-besarnya untuk keterbatasan dan kekurangan saya..
Alhamdulillah, wastaghfirullah, wassalaamu'alaikum..

Penutup
Doa Kafaratul Majelis

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post