Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

TAMAN PERINDU SURGA

KAJIAN ON LINE HAMBA اللهِ NANDA 121
Hari, tgl: Kamis, 30 Oktober 2014
Pemateri: Ustadz Solikhin Abu Izzudin
Editor: Nofita

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله و على اله و صحبه و من اتبع الهدى، و بعد

Assalamu'alaikum warahmatullah. Alhamdulillah mari kita memuji Allah dan bersyukur kepada-Nya karena telah memberi nikmat dan kehidupan, iman dan islam. Sudah siap untuk melazimkan syukur tanpa keluhan? Mengelola bahagia utntuk sukses? Mengubah masalah jadi makalah dan rezeki barokah? Saatnya merapatkan diri di sini di PERINDU TAMAN SURGA. 

Alhamdulillah kalau sudah siap semuanya. Selanjutnya perbanyak shalawat agar Allah berikan kepantasan kita mendapatkan syafaat di hari kiamat. Saudariku fillah. TAMAN PERINDU SURGA ini kita mulai dari sebuah doa: "Rabbanaa aatinaa fid dunya hasanah wafil aakhirati hasanah waqiinaa 'adzaabannar". Apa makna doa itu? 

Seorang salafush shalih bertanya pada puterinya: Nduk, apa makna doa ini? 
Sang puteri menjawab: Kebaikan akhirat itu surga, Ayah. 
Ayah: Kalau kebaikan dunia? 
Puteri: Tidak tahu ayah. 
Ayah: Kebaikan dunia adalah wanita shalihah. "Ad dunya u mataa'u wa khairu mata'id dunya al mar'atush shaalihah".

Saudariku, itulah cara memaknai diri dengan menSurgakan Dunia dengan menjadi shalihah sejati yang apabila dipandang menyenangkan hati suami, diperintah menaati, ditinggalkan menjaga diri dan harta suami. Masya Allah. Begitu sederhana untuk bahagia. Begitu mulia untuk meraih surga dengan shalihahkan diri menjadi bidadari.

Berikut akan kami sampaikan beberapa hikmah dari salafus shalih dalam merindu jannah. 

1. BEKALI JALANMU : Tidak ada jalan yang lebih singkat daripada kejujuran. Tidak ada petunjuk yang lebih tepat daripada ilmu. Tidak ada bekal yang lebih mencukupi daripada takwa. (Al Harits Al Muhasibi).

2. SURGAKAN JALANMU : Sesungguhnya di dunia ini ada taman2 surga. Barangsiapa tidak memasukinya di dunia maka dia tidak akan mendapatinya di akhirat. (Ibnu Taimiyah). Apa itu, shalat yg khusyu, majelis ilmu, majelis dzikir, ibadah, tilawah qur'an, keluarga sakinah, dakwah ilallah. Surgakan jalanmu raih bahagiamu. Oke

3. ILMUMU UNTUK SURGAKAN HIDUPMU. Rasulullah saw bersabda, Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan jalan baginya untuk meraih surga. (Hr Muslim). Imam Al Mawardi: Hendaknya kamu membaca setiap cabang ilmu krn seseorang akan menjadi musuh bg apa yg tidak ia ketahui, dan saya tdk mau menjadi musuh thd salah satu ilmu.

4. SURGAKAN WAKTUMU. Ada waktu2 pilihan, prima dan mustajabah untuk beramal dan beribadah dgn prioritas amal unggulan. Misal 1/3 malam terakhir di setiap hari. Antara adzan iqomah di setiap shalat tiba. Hari jumat tiap pekan. Ayyamil bidh tiap bulan. Seorang pembelajar mengelola waktu begini. Waktu menghafal adl waktu sahur. Untuk meneliti waktu pagi. Untuk menulis tengah hari. Utk menelaah dan mengulang waktu malam.

5. SURGAKAN PERANMU. Siapakah yang layak merindu surga? Dialah setiap mukmin yg shalih shalihar dan mushlih. Khairun naas anfa'uhum linnaas. Dll. Bagaimana cara menapaki? Jadilah engkau manusia wajib minimal sunnah. Yakni orang yg kehadirannya diharapkan, suaranya didengar, kebaikannya ditiru, gagasannya dilanjutkan menjadi amal jariyah dan ilmu manfaat. Semoga Allah pantaskan diri ini untuk merindu jannah. Aamiin

TITIPAN PERTANYAAN DAN JAWABAN (UST)

1. Ustadz ingin bertanya terkait: 
- Waktu sholat tahajud yang 1/3 malam dari jam berapa mulainya sampai jam berapa berakhirnya ustadz?
- Apa harus tidur dulu sebelum shalat tahajud, misalnya kita tidak bisa tidur-tidur ternyata sudah jam 1 atau jam 2? Apakah boleh langsung sholat tahajud? 
-Apa artinya ayjamil bidh tiap bulan itu ustadz? Mushlih itu apa artinya ustadz? 
- Beta pernah dengar wanita itu dianjurkan shalat di rumah daripada berjamaah dimesjid. Katanya untuk menjaga pandangan laki-laki juga. Apa itu benar ustadz? kalau itu benar, bagaimana cara wanita juga mendapatkan pahala 27x lipat juga seperti shalat berjamaah. Maaf ustadz, kalau pertanyaannya banyak, terima kasih ustadz.

2. Ustadz tadi disebutkan kalau ada waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa salah satunya pada saat antara adzan-iqomah tapi saya pernah denger juga pada saat adzan, jadi pas kita dengar suara Allahuakbar Allahuakbar itu kita sudah bisa memulai berdoa atau setelah adzan selesai ustadz? Terimakasih

3. Maksudnya musuh bagi apa yang tidak diketahui dalam ilmu apa ustadz? Apakah maksudnya kita harus selalu merasa haus ilmu dalam segala hal?

4. Ustadz. Jika seseorang yang waktu kerjanya lebih dari 8 jam perhari belum macet di jalan. Pulang-pulang sudah lelah dan mengurangi waktu ibadah. Bagaimana cara kita agar waktu menjadi berkualitas?? Agar waktu untuk dunia & akhirat pun seimbang?

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaykum wr wb.