Home » , , » TAUHID – KANDUNGAN KALIMAH SYAHADAH

TAUHID – KANDUNGAN KALIMAH SYAHADAH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, October 31, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT Nanda 105 & 106
Hari & Tanggal : Jum'at, 31 Oktober 2014
Narasumber : Ustadzah Meilinda
Materi   : Kandungan Kalimah Syahadah
Notulen : Tiwi
Editor    : Ira Wahyudiyanti & Hernizar

Assalamualaikum Wr. Wb..
Apa kabar nanda sekalian? Mohon maaf aktivitas kemarin membuat saya lupa dengan jadwal kita.

Hari ini kita akan membahas kandungan kalimah syahadah.
Telah dibahas sebelumnya bahwa syahadah mengandung makna ikrar, sumpah dan janji (maaf materinya di samakan dengan group sebelah ya).

Ikrar artinya pernyataan seorang muslim mengenai apa yang di yakininya dan pernyataan ini sangat kuat karena di dukung oleh Allah SWT, malaikat dan orang-orang yang berilmu maka ketika seorang muslim menyatakan “la ilaaha illallah” maka pernyataan itu harus di ucapkan dengan segenap keyakinan dan kesadaran bahwa pernyataan ini perlu pembuktian. Dan karena yang menjadi saksi adalah Allah SWT, Zat Maha Besar pencipta alam maka Allah sendirilah yang akan menuntut bukti ini. Itu sebab manusia tidak bisa menolak rasa ketuhanan yang muncul dalam dirinya karena memang sudah fitrah sekalipun orang itu atheis kelas berat.

Bisa di lihat dalam Q.S.7: 172 dan Q.S.3: 81
Syahadah juga bermakna sumpah artinya kesediaan menerima akibat dan resiko apapun dalam mengamalkannya. Ini adalah sumpah seorang hamba dengan Tuhannya dan ditandai dengan kesiapan menerima Islam sebagai minhajul al hayah atau aturan hidupnya dan sebagai gantinya adalah jannah dari Allah SWT dengan keabadian dan keindahannya. Dan pelanggaran terhadap sumpah adalah bentuk kemunafikan Quran surat 63 ayat 1 dan 2. Jadi intermezo sedikit, kalo ada orang yang mengatakan kita munafik dengan segala contoh dan prilaku keislaman kita maka sebenarnya justru merekalah yang munafik karena telah melanggar sumpahnya dengan bangga dan sadar pula

Dan ini bisa juga di cek dalam surat 4 ayat 138 sampai 145...
(tolong Al Quran terjemahannya di buka ya sekarang)
Dan syahadah juga bermakna perjanjian yang teguh. Mitsaq yaitu janji setia untuk mendengar dan taat dalam segala keadaan terhadap perintah Allah dan sunnahnya Rosulullah taat dalam suka dan duka sami'an wa thaatan

Definisi taat itu suratul istijabah atau segera menyambut dan melaksanakan perintah, taharrid diqqah atau melaksanakan perintah sesuai arahan syar’i dan tidak meninggalkan tugas tanpa izin dan agar kita dapat melaksanakan semua dari makna syahadah ini maka kata kuncinya adalah dawamuluju illallah senantiasa kembali pada Allah, mengenal tabiat jalan Allah ma'rifat thabi'atu Thariq dan menghindari konflik atau adamu tanazu'.
Ketiga unsur ikrar, janji dan sumpah ini menjadi satu kesatuan yang harus dimiliki dalam syahadah. Dampak pada ketiga hal tersebut bila dilaksanakan dengan baik akan menghasilkan iman yang berkualitas, dan keistiqomah. (ini akan kita bahas minggu depan).

Wallahualam bishowab….

TANYA JAWAB HA NANDA 105 & 106:
1.     Ana mau bertanya ummi. Berkaitan dengan mitsaq. Ana pernah baca bahwa di dalam Al-Quran dijelaskan mitsaqon gholidzhon itu hanya ada dua, yaitu perjanjian dengan Allah dan perjanjian saat ijab qobul. Afwan mohon koreksi dan penjelasannya ummi ..
Jawab:
Yup benar

2.  Adakah hukuman yang dijelaskan bagi orang-orang yang mengingkari mitsaqon gholidzhon tersebut selain dikatakan sebagai orang munafik ummi? Apakah orang yang mengatakan kita munafik itu maksudnya orang kafir? Munafik disini maksudnya bagaimana? Jazaakillaah khayran katsiran.
Jawabannya:
Ya hukumannya adzab Allah dan tiada hukumannya yang lebih besar dari itu. Munafik karena mengingkari ikrar, perjanjian dan sumpahnya pada Allah SWT.

3.      Ummi, bagaimana kita menghindari sifat munafik itu?
Jawab:
Berpegang pada syahadahnya dan banyak-banyak berdoa supaya Allah meneguhkan kita sampai akhir zaman nanti.

4.      Adakah yang membatalkan syahadat? Jika ada apa saja?
Jawab:
Banyak hal. Ada bahasannya sendiri dan ada bukunya judulnya al iman nanti cek bab hal-hal yang membatalkan syahadah.

5.      Ustadzah, ada tidak hal-hal yang membuat kita harus mengucapkan 2 kalimat syahadat?
Jawab:
Kalo syahadatnya batal maksudnya kita keluar dari agama kita. Tapi kalau kita sudah muslim dari lahir yah tidak usah lagi. Apa yang membatalkan syahadat ada kajiannya sendiri.

Afwan saya akhiri ya. Saya left dulu nanti undang saja lagi pas jadwal.
Kita tutup ya kajiannya dengan hamdallah, istighfar dan doa kifaratul majelis.

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT