Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Tauhid Sebagai Kunci Pembuka Pintu Surga

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT (HA 02 Ummi)

Hari / Tanggal : Senin, 13 Oktober 2014 / 18 Dzulhijjah 1435
Materi  : Syumuliyatul Islamiyah
Narasumber : Ustadz Kaspin
Notulen : Bunda Eka
Editor : Ana Trienta

Bismillahirrohmaanirrohiim.. Assalamualaykumwarohmatullahiwabarokatuhu
Saya doakan bunda semua sehat senatiasa penuh keberkahan. Berkah artinya bertambah dan bertumbuh.

Bunda semua tahu ya artinya tauhid? Ada yang belum tahu?
Menurut Ibnu Taimiyah tauhid ialah penetapan: Bertuhan Allah dengan bersyahadat
Tidak beribadah kecuali kepada Allah
Tidak bertawakal kecuali kepada Allah
Tidak loyal kecuali kepada Allah
Tidak akan kembali kecuali kepada Allah
Tidak beramal kecuali kerana Allah 
Demikian pula menetapkan nama nama dan sifat sifat kesempurnaan kepada Allah

Dalam mengarungi samudera kehidupan yang kadang bukan hanya berisi hal-hal yang membahagiakan memanglah diperlukan sikap dan keyakinan yang kokoh kepada Allah swt saja. Sehingga apapun yang terjadi patut disyukuri. Sebab Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang tidak akan membuat keburukan buat hamba-Nya. Kebaikan itu dari Allah dan keburukan asalnya dari diri sendiri.

Dalam pada itu maka hidup adalah proses yang didalam Islam yang tidak dinilai kecuali pengakuan terhadap kalimat tauhid ini dipenghujung akhir hidup manusia. Oleh sebab itu kita jangan suka sinis apalagi memvonis orang-orang yang tampaknya tidak bener tapi doakanlah. Rosulullah saw bersabda;
"Barangsiapa yang penghujung ucapannya 'laa ilaha illallah', maka ia masuk surga" (HR. Abu Daud, Ahmad, dan Alhakim)
Namun memang bisa saja dihujung hidupnya orang mengucap la ilaha illallah walau mungkin hidup berlimpah dosa dan maksiat tapi masalahnya kematian adalah misteri yang tidak diketahui kapan, dimana dan karena apa ia datang. Dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan.

Aih... maka jadi penting bagi kita untuk senatiasa bisa taat dan istiqomah dalam ibadah kepada Allah. Dan mengetahui syarat-syarat dari  kunci pembuka surga ini. Ada 7:

1. Al Ilmu, mengetahui arti, makna dan maksud kalimat laa ilaaha illallaah.
Muĥammad:19 - Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.
2. Keyakinan yang menghilangkan keraguan (dalam ibadah, tawakal dsb)
Kamar-kamar (Al-Ĥujurāt):15 - Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.
3. Menerima segala keputusan dan perintah Allah swt.
Cahaya (An-Nūr):51 - Sesungguhnya jawaban oran-orang mukmin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka ialah ucapan. "Kami mendengar, dan kami patuh". Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.
Perhiasan (Az-Zukhruf):23 - Dan demikianlah, Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang pemberi peringatanpun dalam suatu negeri, melainkan orang-orang yang hidup mewah di negeri itu berkata: "Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama dan sesungguhnya kami adalah pengikut jejak-jejak mereka".
4. Siap mengikuti Allah dan Rosul-Nya.
Wanita (An-Nisā'):125 - Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.
5. Jujur dan benar imannya.
Laba-laba (Al-`Ankabūt):3 - Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.
6. Ikhlash, amalnya bersih dari syirik
Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):110 - Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadat kepada Tuhannya."
7. Cinta kepada Allah dan Rosul-Nya
Sapi Betina (Al-Baqarah):165 - Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).
Pengampunan (At-Tawbah):24 - Katakanlah: "jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.
Caranya memang kita harus kenal dengan Allah dan Rosulullah saw
Demikian semoga bisa difahami. Jika ada yang akan ditanyaken maka daripada itu materi diatas dipersilahken dan diperkenanken. In sya Allah yang saya bisa jawab saya jawab kalau tidak bisa maka saya kudu tanya yang bisa dong. Monggoo...

TANYA JAWAB
1. Bunda Ema
Pa Ustad saya mau tanya, apakah hukum karma itu benar adanya kalau ada orang tua berbuat maksiat terus terkena anaknya karena ulah orang tua dari perbuatannya karena ada orang bilang hukum karma tuh karena orang tuanya jahat. Gimana pa Ustad? mohon penjelasannya.  salam.
Jawab :
Bunda Ema yang baik hukum karma tidak ada dalam islam. Akan tetapi sekarang menjadi istilah populer bahkan digunakan sebagian umat islam untuk menyebut orang yang kena musibah karena kejahatannya. Kata orang sunda : katulah ku polah sorangan.

Tanggapan Bd. Ema 
Oh jadi kitunya kang Ustad karena perbuatannya sendiri jadi kena akibatnya?
Jawab Ustadz
Adapun kejahatan atau maksiat yang dilakukan orang tua memang terkadang akan berefek pada anak. Karena itu kita harus senantiasa beristighfar dan berelindung kepada Allah swt

Tanggapan Bd. Ema 
Maaf yaa seblmnya buat semua, kalau ada orang tua dulunya istrinya banyak apa bisa jadi keturunan keanaknya terutama kepada anak laki-lakinya. Itu bukan disebut karma ya?
Jawab Ustadz 
Bunda Ema, itu bukan karma tapi apa ya namanya? Banyak sisi yang harus dilihat.

Tanggapan Bd. Ema 
Bisa disebut keturunan ya pa Ustad?

Jawab Ustadz
Ga juga.... Tapi bisa jadi

2. Bunda Marpiah
Jadi intinya 7 syarat kunci pembuka surga adalah : Muhammad, kamar-kamar, cahaya perhiasan, wanita, laba-laba, penghuni gua, demikian, ya ustadz jawabannya? Apakah perbuatan kita ,akan menimpah keturunan kita ustadz?
Jawab
Ya kalau disingkat jadi begitu...

Tanggapan Bunda Marpiah
Oh jadi benar akan kena getahnya tapi bukan karma kan?
Jawab
Dan itu juga bisa jadi seperti misalnya duit hasil koropsi dipake makan anak istri. Karena itu penting bagi para istri untuk bisa mengendalikan keinginan.

Tanggapan Bunda Marpiah
Seperti gini ustadz, seperti massa lalu bapak dari suamiku ,dia seorang kiyai dan sangat ditakuti oleh masyarakat karena jahat, kalau waktu sholat dia keliling kampung dan memarahi dan main tangan pada para pemuda yang tidak melakukan sholat bagus tuk agama. Tapi anak-anak mulai dewasa semua aklaknya menyimpang dari didikan orang tua, nakal gak ketulungan, semua bilang itu karma kalau jahat sama orang ,nimpa tu ke anak turunnya. Nah itu karma? Apa karena.doa orang banyak? Maksudku yang gak melakukan sholat yang di marahi dan di pukul
Jawab :
Bunda, metode kiyai begitu zaman dulu ya ada yang begitu. Nakal dan menyimpang anaknya ya itu adalah pilihan sadar anaknya apalagi sudah dewasa jadi orang tua tak bisa disalahkan ada yang mendidik dengan lembut, ada yang mendidik dengan keras tergantung pengetahuan mereka dan sikap yang diambil. Doa itu ga ada yang jelek. Doa jelek kembali pada yang berdoa. Kita ga bisa vonis orang nakal dan jahat itu nakal dan jahat selamanya kita doakan aja biar tobat.

Tanggapan Bunda Marpiah
Iya sudah menikah sudah tobat contoh suamiq, tapi apa akan nurun ke anak kami, sebab suamiku bilang dia gak mau mengulang kembali  cara mendidik anak seperti yang pernah di alami dulu, karena anak akan memberotak  setelah dia mengenal orang selain keluarga, dan orang tua,

Tanggapan Bunda Emma
Jadi  kalau kita kumpul sama orang baik pasti jadi baik, kalau kumpul sama tukang minyak wangi pasti jadi wangi terus kalau dilingkungan orang-orang yang  gak bener gimana?
Ustadz
Ya bunda Ema harus bener, masa ikut ga bener?

Tanggapan Bunda Marpiah
Kita pasti ikut gak bener to bun kena imbasnya. Aku pernah ngalami semua suka gosib aku jadi jago gosip bun, setelah aku tau suamiku bilang apa gunanya ngomongi orang, mending diam, aku jadi banyak diam diri dirumah, dan cari orang kerja, sebab jualan ditempat pariwisata bayak macem orang lewat
Ustadz
Bunda, sebenarnya kita ini hidup sendiri, mati juga nanti sendiri dibangkitan juga sendiri dihisab sendiri karena itu kasihanilah diri sendiri dengan terus dekat kepada Allah

Tanggapan Bunda Marpiah
Aamiin, In sha Alloh selalu istiqomah  ustadz, mohon doanya untuk selalu bisa menghindari dari hal yang dilarang Allah
Ustadz
Aamiin...naa...karena kita bisa saling mendoakan maka saling mendoakanlah. Tiada kata seindah doa

3. Bunda Marpiah
Ustadz tapi kalau faktor keturunan itu tetap ada ya, sebab anak saya laki-laki sifat saya nurun ke anak saya, saya kalau marah diam gak ada suara tapi merusak barang yang ada didekat saya, nah anak saya yang 1 kalau marah diam jadi kita repot ingin tau sebabnya dia marah dan 1 nya kalau marah rusak semua barang didekatnya. Bagaimana caranya supaya anak saya tidak niru sifat dengan watak saya ustadz?
Jawab :
Bunda Marfiah memang kadang ada yang nurun begitu maka solusinya ibu yang lebih tahu dulu begitu sekarang jadi begini itu ibu yang tau.

Alhamdulillah.... Mohon dimaafkan saya mau pamitan, silahkan dilanjutkan

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamualaikum wr wb