Ketik Materi yang anda cari !!

3 PRINSIP KEISLAMAN SEORANG MUSLIM

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 2, 2014

Kajian On line WA Hamba الله  SWT  
(Ayah 301 & 303)
(Bunda 19 & 20)

Hari / Tanggal : Rabu,19 Oktober 2014
                          Senin, 01 Desember 2014
Narasumber : Ustadz Edy Saputra
Tema : Aqidah
Admin : Ayah : Sugeng & Abdiel Varian Syukur
             Bunda : Haryani & Rahmi
Editor : Ana Trienta

Apakah arti islam?
Ada 3 prinsip akidah keislaman seseorang dengan mengamalkan 3 prinsip inilah seseorang baru dikatakan muslim haqiqi. 3 prinsip tersebut akan kita dapatkan tatkala kita tau dan memahami arti dari kata islam. Syeh Muhammad Bin Abdul Wahhab -penulis sederet kitab dalam masalah tauhit yang dijadikan rujukan oleh ulama kita dalam pembelajaran - tauhit pernah berkata dalam menafsirkan islam :

ﻭﻗﺪ ﻋﺮف الاسلام ﺷﻴﺦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ –ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ – ﺑﻘﻮﻟﻪ: ‏(ﻫﻮ ﺍﻻﺳﺘﺴﻼﻡ ﻟﻠﻪ ﺑﺎﻟﺘﻮﺣﻴﺪ، ﻭﺍﻻﻧﻘﻴﺎﺩ ﻟﻪ ﺑﺎﻟﻄﺎﻋﺔ، ﻭﺍﻟﺒﺮﺍﺀﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﺮﻙ ﻭﺃﻫﻠﻪ‏)

“Berserah diri pada Allah dengan mentauhidkan-Nya, patuh kepada-Nya dengan melakukan ketaatan dan berlepas diri dari syirik dan pelaku syirik.”

Dari pengertian tersebut jelaslah ada 3 point prinsip akidah keislaman seseorang dengan pengamalan 3 prinsip inilah barulah dia dilatakan seorang muslim.


1. Prinsip pertama
ﻫﻮ ﺍﻻﺳﺘﺴﻼﻡ ﻟﻠﻪ ﺑﺎﻟﺘﻮﺣﻴﺪ

Berserah diri pada Allah dengan bertauhid.

Inti Tauhit yang menjadi dakwah semua nabi dan  rasul adalah tauhit dalam ibadah, mengesakan Allah dapam beribadah hanya beribadah kepada Allah dengan syariat nabi muhammad. Makanya baru dikatakan seseorang mislim kalau dia bertauhit kepada Allah dalam beribadah. Allah Ta’ala berfirman dalam beberapa tempat, diantaranya :

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ

“Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. At Taubah: 31).

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah: 5).

Dalam ayat lain, Allah menyebutkan mengenai Islam sebagai agama yang lurus.
Inilah point pertama islam : mentauhitkan Allah, maka orang yang berbuat syirik dengan berbagai alasan seperti Tradisi bukanlah islam.

2. Prinsip kedua

والانقياد له بالطاعة

Taat kepada Allah dengan melakukan ketaatan.

Tatkala seseorang mengaku tauhit wajib membuktikan tauhitnya dengan ketaatan dalam  melakukan amalan. Ngaku tauhit tapi ngak mau mengamalkan syariat islam itu cuma pengakuan palsu. Jadi point kedua bukti keislaman seseorang adanya ketaatan kepada Allah dengan mengerjakan amal ibadah.

3. Prinsip ketiga
والبراءة من الشرك وأهله

Berlepas diri dari syirik dan pelaku syirik.

Tidak cukup seseorang diaggap islam hanya dengan dua prinsip yang tadi..seseorang yang bertauhi kepada Allah dan melakukan amal ibadah kepada allah dengan petunjuk rasulullah wajib melakukan prinsip ke-3 : berlepas diri / adanya pengingkaran terhadap kesyirikan dan orang-orang yang melakukan syirik.

Inilah inti dari makna 2 rukun dari kalimat :
لا اله الا الله

Tiada tuhan yang berhak diibadahi selain allah.

Rukun pertama : Nafi / peniadaan atau pengingkaran terhadap sesembahan selain Allah dan terhadap kesyirikan serta pelaku kesyirikan. Rukun ini diambil dari kalimat : لا اله...

Rukun kedua: isbat atau menetapkan hanya Allah lah yang berhak disembah atau diibadahi
rukun ini di ambil dari kalimat : الا الله

Penerapan rukun ini wajib sebagaimana yang dipraktekkan oleh nabi ibrahim. Ibrahim ‘alaihis salam dan kaumnya yang beriman memberi contoh penerapan makna لا اله الا الله tatkala berlepas diri dan mengingkari dari orang-orang musyrik.

Allah ceritakan dalam alquran :

(قَدْ كَانَتْ لَكُمْ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِي إِبْرَاهِيمَ وَالَّذِينَ مَعَهُ إِذْ قَالُوا لِقَوْمِهِمْ إِنَّا بُرَآءُ مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاءُ أَبَدًا حَتَّىٰ تُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَحْدَهُ إِلَّا قَوْلَ إِبْرَاهِيمَ لِأَبِيهِ لَأَسْتَغْفِرَنَّ لَكَ وَمَا أَمْلِكُ لَكَ مِنَ اللَّهِ مِنْ شَيْءٍ ۖ رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْكَ أَنَبْنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ) [سورة الممتحنة : 4] بواسطة 

Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: "Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. Kecuali perkataan Ibrahim kepada bapaknya: "Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatupun dari kamu (siksaan) Allah". (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali".

Dan perhatikan juga ayat ini ayat 26-27 dari surat Azzukruf:
> Peningkaran  ibrahim dan berlepas diri dari kesyirikan dan pelaku kekafiran

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ لِأَبِيهِ وَقَوْمِهِ إِنَّنِي بَرَاءٌ مِمَّا تَعْبُدُونَ

Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu sembah"

> Penetapan ibrahim hanya Allahlah yang wajib diibadahi :

إِلَّا الَّذِي فَطَرَنِي فَإِنَّهُ سَيَهْدِينِ

Tetapi (aku menyembah) Tuhan Yang menjadikanku (Allah); karena sesungguhnya Dia akan memberi hidayah kepadaku".

Jadi inti prinsip dan poin ketiga sebagai bukti keislaman seseorang : wajib mengingkari dan berlepas diri dari kesyirikan / kekafiran dan pelaku kesyirikan / kelafiran barupah dikatakan islam.

Maka orang-orang zindiq seperti liberal yang tdak berlepas diri dari kekafiran serta membenarkan dan tdak mengkafirkan orang kafir patut kita ragukan keislamannya walaupun seorang profesor keislaman karena allah telh mengkafirkan orang kafir dia malah ragu dan tdak mengkafikan berati dia ragu atau tdak peraya kepada ayat allah dalam surat Albayyinah :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ أُولَٰئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ

Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.

Tanya Jawab 

AYAH 303
1. Ustadz, Mengenai fenomena gubernur jakarta saat ini yang bukan muslim di kaitkan dengan prinsip keislaman seorang muslim bagaimana ustadz?
Jawab :
Haram mengankat non muslim sebagai pemimpin tapi sekarang apa hendak di bilang dia sudah dipilih. Ini merupakan pelajaran ke depan untuk lebih hati-hati dalam memilih peminpin dan ini juga pelajaran buat kita semua kita golput atau tidak pemilihan tetap berjalan...maka gunakanlah hak pilih untuk ke depan

2. Kenapa pada saat pemilihan lalu, calon yang muslim kalah ya tadz? apa pengaruh "oknum" partai yang berbasis islam terlibat skandal korupsi? karena kalo ana denger dari orang-orang sekitar mereka 'nyinyir' bahwa partai islam sama saja walo itu gara" nila setitik, bagaimana ustadz?
Jawab :
Pertanyaan no. 2 ini ana nggak tau ini lebih baik ditanyakan kepada ustadz-ustadz yang memang lebih paham dalam dunia politik. Ana tidak terlalu dalam memahami realia politik di indonesia yang jelas kalo dikatakan karena beberapaa politisi islam korup main hukum semua jelas nggak benar...partai nasionalis lebih banyak lagi korupnya.

3. Apa hukumnya orang-orang yang memilih non muslim sebagai pemimpin mereka, apakah sekedar berdosa atau termasuk yang ingkar dengan ayat-ayat Allah (al qur'an)?
Jawab:
Hukum memilih pemimpin non muslim haram.

4. Assalamu'alaykum ustadz edy, mohon dijelaskan syirik akbar dan syirik asghar. Pernah mendengarnya di radio sekali, jadi masih kurang paham. Jazakallahu tadz.
Jawab :
Syirik besar syirik yang pelakunya kekal di surga dan terhapus segala amalannya, contohnya thawaf kepda selain Allah...bertabarruk di kuburan. Adapun syirik kecil tidak membuat pelakunya kekal disurga dan nggak menghapus semua amalan kecuali amalan yang sedang dikerjakan..contohnya riya

5. Hukum memilih pemimpin nonmuslim apakah hanya sekedar haram saja seperti bohong dll, atau sampai ke derajat ingkar dengan ayat-ayat Allah yang tegas melarangnya ust?
Jawab :
Jelas haram dan dosa besar tapi tdak sampai kepada derajat kekufuran. Orang bohong berati dia juga ingkar terhadap ayat dan hadis yg melarang bohong.

6. Para pemimpin muslim kan masih sering berbeda pendapat ya, nah ketika dalam hal seperti itu "memilih pemimpin bagaimana menyatukan mereka, apakah sudah ada upaya penyatuan dalam forum forum tertentu. Karena kan masyarakat biasanya dapat diarahkan dan diayomi oleh siapa yang memimpin daerah setempat. Afwan
Jawab :
wallahu a'lam ana blum tau apakah ada apa belum forum seperti yang akhi maksudkan..

7. Ustadz. Bila kita mengenyampingkan atau menunda sholat karena meeting apakah termasuk syirik ?
Jawab :
menunda nunda sholat dosa besar dan kecelakaanlah bgi dirinya..namun ngak nyampek syirik tapi kalo meninggalkan sholat atau tidak sholat hukumnya memang para ulama bereda pendapat tapi hadis-hadis secara tegas mengatkan kekufuran orang yang meninggalkan sholat

Bunda 19
1. Zaman sekarang susah kita ngebedain dengan nama, antara dukun, paranormal, orang pintar, dan kyai..hakikatnya sama.
Jawab
Barang siapa yang mengaku mengetahui hal ghoib itu namanya dukun terserah mau pakai label apa, mau kiayi, usadz dll.  Yang mendatangi mereka tdak diterima sholat selama 40 hari kalo memperayai perkataan mereka kufur hukumna.

Bunda 20
1. Waktu kita kecil, orang dewasa sering menakuti nakuti kita dengan hantu dan sejenisnya, sehingga terbawa-bawa sampai dewasa, kalau sendiri, ditempat sepi atau tempat yang "seram", bagaimana ustadz? Apakah itu termasuk syirik, takut kepada selain Allah?
Jawab
Takut itu tabii..hal yang wajar makanya kita diajarkan zikir in sya allah kalo rajin zikir akan allah hilangkan perasaan semacam itu dunia jin dan syaitha serta iblis dunia yang nyata makanya kita selalu berlindung dari kejahatan mereka kalo mendatangi suatu tempat yakininlah allahlah yang bisa memberi mudharat dan kebaikan dan berlindunglah kepada allah dari kejahatan mereka. Takut/ khouf disebutkan ulama ada 3 macam :
1.khouf tobii > seperti takut ke binatang buas.
2.khouf ibadah > takut terhadap seseorang sehingga kita ibadahi, ini hanya untuk allah kp selain allah syirik besar.
3.khouf sir >  seperti takut kepada penghuni kubur ini juga disebutkan ulama bagian syirik. Khouf sir itu secara sembunyi-sembunyi ada rasa takut seperti takut ke sebuah pohon yang seram dll, bisa di liat di syar ushul tsalasah

2. Tradisi bukanlah islam. Termasuk didalamnya budaya bangsa ya ust? Bagaimana dengan tarian-tarian yang bernada islam ustadz? salahkah kalo tujuannya untuk dakwah? Soalnya pernah ada ustazdah yang menyampaikan dakwah semua hampir pake nyanyi..hehe.. Termasuk juga budaya bangsa arab yang nari muter-muter itu ustadz.. (saya lupa namanya). Apakah dengan melakukan hal-hal demikian iman kita lebur dimata Allah? Makasih ustad,  maaf kalo kurang jelas penyampaiannya.. hehe
Jawab
Ada sebuah qaedah : kalo suatu amalan itu caranya baik tentu para sahabat sudah lebih dulu mengerjakannya. tarian arab dari dulu sudah ada apakah pernah para sahabat menari untuk berdakwah?

3. Terus hukum bagi yang mendengarkan tausiahnya gimana ust? Tausiah yang diselingin nyanyi-nyanyi?
Jawab
wallahu a'lam.. kalo ana nggak mendengar sesuatu yang bercampur antara yang hak dan yang bathil

4. Ustadz, terkadang kita ga bisa terima dengan ketetapan Allah misalnya saja ada musibah, walau berusaha husnudzon sama Allah, tapi hati kecil tetep saja ngomong kenapa begini begitu, bagaimana kondisi iman kita kalo begitu ustadz?
Jawab
Ya berusahalah untuk sabar dan menerima takdir ya berati tatkala itu iman kita lagi tipis, banyak-banyaklah beribadah untuk menaikkan iman.hhehhehe

5. Habis gimana ya ustadz pengajian ibu-ibu komplek kalo ga ikut dikira somse, beda aliran. Kalo ikut ya kaya gitu isinya asmaul husna dinyanyiin, ustazdahnya juga nyanyi-nyanyi. curcol ya ustad masih galau..
Jawab
Untuk mengamalkan dan membiasakan yang baik yang sesuai dengan sunnah rasul memang butuh usaha besar dan kesabaran, ana cuma bisa berdoa kepada Allah semoga Allah mudahkan bunda karna seperti bunda bilang emang susah.

6. Ustadz sekarangkan banyak benda-benda seperti kalung gelang atau barang lain yang punya khasiat kesehatan atau kecantikan bagaimana hukumnya?
Jawab
Kalo memang pasti bisa dibuktiin secara ilmiah di lab boleh kalo ngak cuma anggapan doang tapi ngak bisa dibuktiin ngak boleh kalo ada keyakinan tertentu sebagaimana jimat termasuk kedalam katagori syirik.

7. Ustadz keluar tema gpp ya. Kemarin ada ustadzah ngajakin bisnis yang untuk haji/umroh gitu, bisnis ini sperti money game tadz itu gimana? Boleh ngga sebenarnya? kalo berangkat haji/umroh dari uang yang kita kumpulin dari money game halal ga?
Jawab
Money game, ana nggak paham gimana bentuknya? bisa dijelaskan prosesnya baru bisa ana jawab ana ngak berani jawab kalo yang ana belum tau gimana prosesnya atau cara kerja...sms ja di WA ana.

8. Assalamu'alaikum ustadz ,maaf mo tanya kalo sedang udzur sebenarnya boleh ga baca buku dzikir pagi petang, majmu syarif (yang isinya surah yasiin,al mulk,al waqi'ah) dan beberapa surah lain seperti tahlil ada yang bilang boleh, ada yang bilang ga boleh, jadi bingung mohon pencerahanya ya ust.,,syukronn
Jawab
Intinya kalo membaca dari hafalan boleh kalo pegang nggak boleh sama seperti alquran..bacaan dzikir kan dari ayat alquran juga.

9. Ustad, gimana ya biar kita fokus dan iman kita selalu mengebu-gebu terus kalau lagi hafal qur'an sebab saya kalau lagi ngafal itu kadang-kadang ditengah-tengah hapalan suka blank pikirannya kadang-kadang lagi kerja berenti sendiri mulutnya komat kamitnya, nggak fokus, apa itu menandakan iman yang lagi turun naik y? makasih sebelumnya maaf kepanjangan y tadz
Jawab
Itu memang penyakitnya menghafal, in sya allah perbanyakkan ibadah kurangi dan berhenti dari maksiat allah mudahkan dalam menghafal alquran..taqwa solusi utama menghafal

10. Bagaimana sikap kita kepada orang tua (ayah) yang tidak menafkahi keluarganya dan melakukan KDRT terhadap istri dan anak-anaknya, suka merokok dan berjudi, setelah anak-anaknya besar sering dimintain uang untuk rokok dan judi kalau tidak dikasih langsung mencap anak durhaka.
Jawab:
Walaupun ayah bunda seorang yang emosian senang mukul gak bertanggung jawab tapi beliau juga orang tua kita wajib kita berdoa kepada Allah semoga diberi hidayah dan bergaullah dengan  akhlak mulia semoga beliau sadar. Namun kita tidak boleh membantu orang termasuk ayah dalam maksiat kepada Allah, ngasih uang beli judi dan rokok nggak boleh ngasihnya. Ketika bunda ngasih berati bunda ikut mendukung secara tdak langsung dan kalo itu harta uang suami bunda wajib izin sebelum ngasih ke ayah dan bunda tak mau ngasih bukan durhaka perlu didefinisikan kata durhaka, kebanyakan orang tua menggunakan kata durhaka untuk mengamcam anak tidak ada keaatan dalam maksiat kepada Allah. wallahu a'lam...

11. Bagaimana bila ada seorang ibu selalu menuntut anaknya dan si anak itu selalu berusaha untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan ibunya , ketika tuntutan ibunya tidak di penuhi karena terpaksa karena si anak itu mau menyekolahkan anaknya, ibunya ga mau ngerti langsung ibunya mengucapkan kata kualat dan rezkinya tidak berkah..padahal si anaknya itu udah punya anak istri yang jadi pertanyaan saya ustadz berdosakah si anak itu tidak memenuhi tuntutan ibunya? Ucapan seorang ibu adalah do'a, apakah ucapan ibunya akan di jabah oleh Allah? Saya mohon pencerahannya..syukron ustadz..
Jawab
Kata serapah doa dan sebagainya bukan senjata bagi orang tua untuk mengintimidasi anaknya dan kita sebagai anak wajib berbakti semampu kita aja. Sebenarnya disinilah butuh saling paham sang anak pahamlah bahwasanya dia adalah anak yang wajib berbakti dan sang ibu harus paham anaknya sekarang sudah berkeluarga jadi berbaktilah semampunya .

12. Afwan ustd, di daerah saya ada tradisi jika anak perempuan sudah baligh, itu di adakan ritual pembaiatan katanya itu untuk mengjarkan anak mengenal islam dan tanggung jawabnya sebagai anak yang sudah baligh. Bagaimana hukumnya? Dan satu lagi ya ustad, Gimana hukum merayakan ulang tahun dengan acara sholawatan dan sejenisnya? Syukron atas jawabnnya
Jawab
Ritual seperti itu tidak perlu, tugas orang tua mendidik anaknya bukan begitu cara didiknya. Rasul kita punya anak perempuan namanya fatimah, rasul mendidik fatimah bukan malah cuma dibuat acara peringatan cuma seremonial aja, intinya meninggalkan acara pembaiatan lebih lebih baik.. Hukum perayaan ulang tahun haram, ulang tahun itu budaya non islam sesuatu yang nggak boleh dengan di sholawat bukan berarti berubah jadi boleh

13. Gimana hukumnya menghadiri acara walimatul ursy yang hukmnya wajib, tapi di acara itu ada musik-musik dari keyboard dan sejenisnya.?
Jawab
Menurut imam nawawi juga disebutkan sayid sabiq dalam fiqh sunnah: tatkala ada maksiat maka hukumnya nggak wajib lagi.

Syukron katsiron ustad atas ilmunya

Baik mari kita tutup dengan do'a kaffaratul majlis.

PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa'atubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” 
(HR. Tirmidzi, Shahih).

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru