Ketik Materi yang anda cari !!

CANTIK

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, November 27, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Rabu, 26 November 2014
Narasumber : Ustadz Abdurrahman Wahid
Rekapan Grup Nanda 127 (Lia/Shinta)
Tema: Kajian Muslimah
Editor : Tari / Rini Ismayanti

CANTIK

Assalamu'alaikum
Dalam Islam, ma’na cantik tidak hanya secara definisi ‘dunia’, tapi juga definisi ‘akhirat’.
Coba bayangkan jika kita terjerumus dalam definisi cantik ‘dunia’ yang secara fisik digambarkan dengan wujud boneka Barbie yang berkulit putih, wajah lonjong, hidung mancung, tubuh langsing semampai, dan sebagainya.
Kemudian lihat lagi bagaimana dengan Negara-negara non kepercayaan, seperti Korea Selatan yang menjadikan operasi plastik sebagai komoditas publik. Setiap orang tidak PD jika tidak berdagu runcing, berhidung mini yang mancung, memiliki mata double aye-lids (umumnya orang Korea memiliki mata single eye-lids),alis yang tajam, bibir yang seksi, dan setiap orang (terutama perempuan) merasa malu dengan apa adanya diri mereka. Menurut kami, mereka telah menipu orang lain dan lebih buruknya lagi, telah menipu orang lain.
 Sekarang, kita tilik dari sisi Islam…
Islam menentukan konsep mengenai kriteria “Wanita Cantik” seperti dalam Al Quran:
 ”Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik” (QS.Ar Rahman:70)
Ensiklopedi kata-kata Al Qur’an AL Karim yang di keluarkan oleh Dewan Bahasa Arab,Kecantikan di maknai dengan keanggunan,kehalusan dan keelokan. Ada juga yang mengartikan kecantikan dalam kasat mata yaitu hal yang indah yang dapat membuat seseorang menjadi suka dan mencintai.
Bagaimana membuat seseorang menjadi suka dan mencintai ada lagi ketentuannya:
1.       Terhadap Allah
Apa yang bisa membuat kita sebagai perempuan disukai dan dicintai Allah?
Ada dalam hadits berikut:

”Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian,tapi ia melihat hati dan amal kalian” (HR.Muslim,Ahmad dan Ibnu Majah)

Dari Amr ibnu ra : ”Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhisannya adalah wanita shalehah” (HR.Muslim,Ibnu Majah dan An Nasai)

2. Terhadap suami
Sekalipun Islam tidak memiliki konsep yang pasti tentang kriteria “wajah atau bentuk tubuh yang cantik”, namun kaum Muslimah didorong untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu yang membuat penampilannya menarik hati suaminya, seperti berdandan untuk suaminya serta berpenampilan yang rapi dan bersih. Kaum Muslimah tahu bahwa tindakan seperti itu akan mendatangkan ridho Allah Swt. Diantara tugas dan kewajiban kita terhadap suami adalah taat, menyenangkan bila dipandang, dan menjaga kehormatan dan harta suami jika suami sedang tidak di rumah.

3. Terhadap orang lain (orang tua, teman, laki-laki, perempuan) dan lingkungan Birrul walidain; aman dari lisan dan tangan kita; menghindarkan dari fitnah.
Wahai Asma’, sesungguhnya perempuan itu jika telah baligh tidak pantas untuk ditampakkan dari tubuhnya kecuali ini dan ini – sambil menunjuk telapak tangan dan wajahnya.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.(QS Nur:31)

Dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu. (QS. al-Ahzab: 33)

“Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya, melakukan melakukan tato di wajahnya (mutawasshimah), menghilangkan rambut dari wajahnya, menyambung giginya, demi kecantikan, mereka telah mengubah ciptaan Allah.
Sedikit ulasan cinta untuk para perempuan sholihah:
1. Jadikanlah ghadul bashar (menundukkan pandangan) sebagai celak bagi kedua belah alis mata kalian. Insya Allah, pandangan visual kalian akan menjadi makin jernih dan bening.
2. Oleskanlah lipstik kejujuran dan kebenaran (alhaq) pada ulasan bibir delima kalian. Insya Allah, ukiran senyuman kalian akan bertambah manis dan dihargai sesama.
3. Bedakkanlah raut wajah kalian dengan kosmetik yang berasaskan malu dan keadaban. Insya Allah, kesederhanaan lahiriah yang kalian biasakan itu akan menyejukkan mata yang memandang.
4. Lumurkanlah sabun istighfar ke sepelusuk anggota badan kalian. Insya Allah, ia bisa mengikis daki kotoran dosa dan kesalahan yang telah kalian lakukan.
5. Rawatkanlah rambut kalian dengan hijab Islami. Insya Allah, ia akan menyelimuti azarauljasad sang hawa daripada menjadi mangsakerakusan insan yang terlepas daripada tambatan keimanannya.
6. Sarungkanlah kedua-dua belah tangan kalian dengan gelang sedekah dan jari-jemari kalian dengan cincin ukhuwwah Islamiyyah. Insya Allah,kelak kalian akan temui warga sholihin yang nilainya melangkaui segunung emas permata.
7. Alunkanlah kemerduan dan kesyahduan suara kalian dengan tilawatul Qur’an dan zikrullah. Insya Allah, berkat kekhusyukan dan penghayatan, hulwatul Iman akan dikecapi ruh kalian sebagaimana lidah merasakan kemanisan makanan.
8. Luruskanlah postur tubuh badan kalian dengan ketulusan dalam menunaikan shalat dan pengibadatan kepada Allah. Insya Allah, takkan Dia sia-siakan keikhtilasan atau keikhlasan atau keistiqomahan kalian dalam mencari keridhoan-Nya.
9. Hembuskanlah nafas taabud wa taqarrub ilallah ke dalam ruh dan sanubari kalian. Insya Allah, selama itu takkan kalian rasai ketandusan kasih sayang maupun kegelisahan dalam kehidupan
Dear akhawaati fillah… percantik diri kita dengan akhlaq mu’minah sholihah…
Hindari berhias ketika keluar rumah dengan tujuan dilihat oleh orang lain. Hiasilah hati kita dengan dzikir, hiasi fisik kita dengan apa yang Allah sudah perintahkan untuk kita.
Bersyukurlah…
Karena tujuan kita adalah ridho Allah, menjadi bidadari surga, dan berada di jannahNya..
Allahu a’lam
Maraji’: islampos, iqmapost, western beauty myth, dakwatuna
Cantik, defined oleh Nanda :
·       Cantik..semua orang selalu mengatakan identik dengan keayuan wajah..dan kemolekan tubuh..dan warna kulit..namun dalm artian yang sesungguhnya cantik itu yang seperti apa ya ummi..
·       Cantik dimata aku itu ketika ada wanita yang selalu tersenyum ramah, lembut tutur katanya, berjilbab syar'i
·       Cantik itu ketika melihat seorang ibu yang bisa mendidik anaknya menjadi seorang muslimah.
·       Cantik itu ketika wanita taat secara kafah terhadap perintah Allah
·       Cantik itu ketika seorang wanita bisa membuat orang-orang di sekitarnya nyaman dengan keberadaanya...
·       Cantik itu lembut dalam bertutur kata dan diam ketika emosi menghampiri
·       Cantik tu muslimah yang berhijab syar'i, taat pada Allah, taat pada suami, berbakti kepada orang tua dan bisa mengajak kebaikan pada orang disekitarnya.

TANYA JAWAB

Q :  Bunda kalau berhias pake bedak dan celak saja itu cukup kan bund? Tidak melebihi batasan berhias di luar rumah 
A : Seorang wanita ketika keluar dari rumahnya diwajibkan untuk menutupi perhiasannya dari lelaki asing (bukan mahramnya) berdasarkan firman Allah ta’ala:
وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ
Dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang tidak mengerti aurat perempuan.. QS Nur:31
Jadi, saran ana.. Kalau keluar rumah tidak perlu berhias..
Memang kondisi di tanah air sangat berbeda dengan di Saudi Arabia atau di tempat ana sekarang di Pakistan. Di sini, perempuan benar-benar menjadi fitnah. Maka ada baiknya dengan menjaga adab pergaulan dan memakai cadar serta tidak keluar rumah kecuali benar-benar perlu atau bersama mahram.
Sedangkan di tanah air, laki-laki sudah terbiasa dengan perempuan berjilbab, maka yang menarik perhatian adalah yang bukaannya lebih luas. Na'udzubillah min dzaalik..
Jadi, baiknya.. Ikuti yang sudah ditetapkan dan berhias di depan mahram saja..

Q : Bunda Mencukur alis kan tidak di perbolehkan. Bagaimana hukumnya yang menjadi perias 
sebagai pekerjaan ?
A : Yang boleh dan yang dilarang dalam Islam cukup jelas, jadi, ikuti yang ada, tidak usah dikikir alisnya, dirapikan saja dengan teknik tertentu.. Dan baiknya sekarang tidak melayani pemasangan sanggul dan sebagainya.. Menuju salon muslimah..
Kemudian perhatikan juga supaya pakaian tidak terlalu ketat, tidak transparan, dan dada tertutupi..
Allahu a'lam

Q : Bunda...afwan saya mau tanya..bun terkadang saya tu merasa gimana gtu..kalau lihat cewek baju ketat. muka putih kaya tembok...tpi mereka juga pakai jilbab.. yang mau saya tanyakan disini itu..apakah seorang itu harus berdandan secantik mungkin..dan make up setebal mungkin..boleh dibilang sih sekarang lagi trend..jilbobs " dan siapa aja boleh pakai..namun menurut ana sendiri..jilbobs itu belum syar'i..tapi kenapa ya bun..anak jaman sekarang lebih condong memilih jilbobs..mohon penjelasannya yaa ummi
A :  Ana selalu takut dengan istilah 'jbo*bs' itu.. Bikin merinding..Ana pun khawatir dengan fenomena tersebut mbak.. Alhamdulillah dengan begitu kita telah menjadi pengikut Rasulullah SAW karena telah memikirkan masalah umatnya.
Kita kembali kepada hadits tentang melihat kemungkaran:
1. Ubah dengan tangan
2. Ubah dengan lisan
3. Selemah-lemahnya ada dalam hati
Kalaupun tidak memungkinkan untuk mengingatkan secara langsung pada saat itu juga karena orang asing dan sebagainya, maka kita memiliki tanggung jawab untuk mengingatkan setidaknya orang-orang terdekat kita. Tunjukkan kemuliaan Islam dengan hijab muslimah yang syar'i..
Aa Gym: Mulai dari diri sendiri, dari hal kecil, saat ini juga..

Q : Bunda boleh meminta kata-kata indah, menyentuh, tidak membosankan dan tidak menggurui, untuk mengingatkan kepada orang tua yang belum berhijab Syar'i?  syukron bun
A : Orangtua akan senang kalau kita ajak terlibat dalam kegiatan kita - kalau memungkinkan - misalnya kita ada kegiatan baksos dari remaja masjid, atau organisasi Islam, atau majelis ta'lim. Ajak ibu kita dan insyaaaLlah berawal dari melihat orang lain, kemudian lama-lama akan ikutan.
Gunakan bahasa yang lembut. Lihat bagaimana nabi Ibrahim mengingatkan ayahnya yang bukan hanya paganis, tapi bahkan pembuatnya.. 'Duhai bapakku..' sebanyak 4 kali, kemudian didoakan bapaknya.. QS Maryam: 41-59
Akhirnya gunakan senjatanya orang-orang mu'min.. Perbanyak berdoa.. Minta kepada Allah agar orangtua segera dapat melengkapi ketaatannya kepada Allah..

Q : Sama bunda mau tanya, kan ada hadits yang menganjurkan memakai celak itsmid seperti Rasulullah memakainya, nah untuk wanita itu bagaimana bun? Syukron
A : ya.. Celak adalah sunnah, pun untuk perempuan. Dianjurkannya itsmid, dan digunakan 3 kali di mata.

Q : Bunda jadi sama sekali tidak usah pake yaa ? Bunda gimana kalau pengantin dia kan berhias dan di depan umum
A :  Pengantin di Indonesia memang begitu.. Ini masih belum bisa dihindari.. Baiknya dipisahkan tamu perempuan bersama pengantin perempuan dan tamu laki-laki bersama pengantin laki-laki.
Iya tidak pakai.

Q : Kalau celak itsmid seperti apa bunda? Bentuknya seperti apa? 
A : Ana sendiri belum lihat langsung..
Dari media-quran:
Berkata Murtadha az Zabidiy: ” Itsmid adalah batu celak berwarna hitam kemerahan, berasal dari Ashbahan dan  juga ada di Moroko namun lebih keras .Ia merupakan jenis celak terbaik” (Taajul Arus:4/468).
Rasulullah bersabda:
إِنَّ خَيْرَ أَكْحَالِكُمُ الْإِثْمِدُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ
” Sebaik-baik celak kalian adalah itsmid.Ia menerangkan pandangan dan menumbuhkan bulu mata” H.R.Abu Dawud:3878,An Nasa’iy:5113, Ibnu Majah:3497 dan dishahihkan oleh Syaikh al Baniy dalam shahih sunan Abu Dawud
Dalam riwayat lain Rasulullah memerintahkan agar bercelak dengan menggunakan celak itsmid:
اكْتَحِلُوا بِالإِثْمِدِ فَإِنَّهُ يَجْلُو البَصَرَ ، وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ
“ Bercelaklah dengan Itsmid sebab ia sebaik-baik celak kalian.Ia menerangkan pandangan dan menumbukkan bulu mata”.H.R.At Tirmidziy:1757 dan dishahihkan oleh syaikh al Baniy dalam shahih sunan at Tirmidziy.
Dan dalam riwayat lain Rasulullah bersabda:
عَلَيْكُم بِالإِثْمِد فَإِنَّهُ مَنْبَتَةٌ للشَّعْرِ ، مَذْهَبَةٌ للقَذَى ، مَصْفَاةٌ لِلْبَصَرِ
“Pakailah celak itsmid karena ia menumbuhkan bulu mata , menghilangkan kotoran mata, menjernihkan pandangan.” H.R.Ath Thabraniy dalam Mu’jam al Kabir:183 dan dihasankan oleh al Mundziri, al Iraqiy dan Ibnu Hajar.
Kalau didepan mahram enggak apa apa mbak.

Q : Kalau di Indonesia mau dipisahin nanti aneh bun, gimana ya pengen bisa adakan pernikahan syar'i tapi kalo dianggap beda kadang jadi pembicaraan.
A : Kondisikan keluarga tentang hijab dalam pernikahan. Jikalaupun pengantinnya tidak terhijabi (masih satu panggung dan terlihat), setidaknya tamu-tamunya terjaga tidak saling jumpa laki dan perempuan.
Allahu a'lam

Q : Bunda mau tanya...Bagaimana hukum nya foto pra wedding, kan sekarang di indo lagi marak juga foto pra wedding itu. Jazakillah bunda sebelumnya
A : Kalau ana bisa bersikap bahwa pre-wedding photo dengan berpelukan, gandeng tangan adalah haram.. Wa laa taqrabuzzinaa..

Q : Maaf bunda apa yang harus saya lakukan,sementara saya bekerja di bagian tata rias,yang bahkan setiap hari saya melihat orang mengikir alis atau memasang sanggul,,, kalau saya pribadi sih bukan perias cuma melihatnya hampir setiap hari. Bagaimana bunda???
A : Mbak sayang.. Kalau memungkinkan, bisa pindah kerja kah? Karena ana paham, bahwa penata rias di tanah air memiliki pakem-pakem tersendiri yang sulit diubahnya. Kalau tidak bisa untuk mengubah, tidak bisa untuk pindah, maka adukan sama Allah dan bertaubat.. 'Yaa Allah, aku berada pada selemah-lemah iman.. Ampuni aku dan kuatkanlah diriku, teguhkan hatiku pada agamaMu dan ketaatan kepadaMu'
Ana kembali mengusulkan untuk pindah. Allahu a'lam..

Q : Tetapi ana pernah menjumpai, daripada menimbulkan fitnah sebelum adanya akad nikah yang sah, mereka nikah siri dulu, mereka sudah tinggal 1 rumah, gimana itu bunda, diperbolehkan apa tidak?
A :  kalau sudah akad, tidak apa-apa.. Jadi ketika walimah ada foto post-weddingnya ya..

Q : Assalamu'alaikum. Bunda mau tanya . Ana kerja di front office di anjurkan untuk pake make up layaknya kerja front office. Tapi ana tidak memakainya kecuali bedak sama lipgloss itu juga yang tidak berwarna. Itu bagaimana bunda?  Jazakillahu bunda.
A : semoga Allah melindungi mbak Intan.. Semoga Allah memaafkan dan memudahkan urusan mbak Intan. Semoga segera dipindah dari front line ya mbak.. InsyaaAllah mbak Intan sudah berupaya untuk menjaga fisik. Perkuat di hati ya.. Keimanan, kebagusan akhlaq, ketaatan, dan sebagainya
Allahu a'lam..

Akhawaati fillah.. Cantik, baik, dan sholihah.. Ana pamit ya..
Semoga bermanfaat dan Allah  mempertemukan kita lagi dalam cinta di jalanNya
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....
Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis: 
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum.


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment