Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

DEMAM

Kajian Online Hamba الله SWT

Rabu, 5 November 2014
Narasumber : dr. Ella Amalia
Rekapan Grup Nanda 118 (Arin, Silvi)
Tema : Kesehatan
Editor :Rini Ismayanti


DEMAM


Demam adalah keadaan dimana terjadi kenaikan suhu hingga 38°C atau lebih. Ada juga yang yang mengambil batasan lebih dari 37,8°C. Sedangkan bila suhu tubuh lebih dari 40°C disebut demam tinggi (hiperpireksia). Demam hanya merupakan suatu gejala, bukan penyakit tertentu.

Penyebab demam dapat berupa infeksi, dapat juga dapat disebabkan oleh keadaan keracunan, keganasan atau reaksi terhadap pemakaian obat, juga pada gangguan pusat regulasi suhu sentral (misalnya: perdarahan otak, koma). Pada dasarnya untuk mencapai ketepatan diagnosis penyebab demam diperlukan antara lain: ketelitian penggambilan riwayat penyakit pasien, pelaksanaan  pemeriksaan fisik, observasi perjalanan penyakit dan evaluasi pemeriksaan laboratorium.serta penunjang lain secara tepat dan holistik. Beberapa hal khusus perlu diperhatikan pada demam adala cara timbul demam, lama demam, tinggi demam serta keluhan dan gejala lain yang menyertai demam.

Beberapa keadaan yang bisa berhubungan dengan demam adalah :
1. Infeksi dan radang
Keadaan ini yang paling lazim menyebabkan demam. Bahkan hampir semua orang beranggapan bahwa jika terjadi demam maka pasti si penderita sedang mengalami radang atau mungkin juga infeksi. Demam sendiri merupakan salah satu tanda khas yang menyertai radang.
2. Dehidrasi
Kekurangan jumlah cairan tubuh akan menyebabkan kenaikan suhu. Contoh keadaan ini dapat ditemui pada orang yang mengalami diare atau muntah-muntah. Selain itu tidak jarang pada anak-anak yang mengalami infeksi saluran napas akut dapat terjadi dehidrasi akibat penguapan melalui paru-paru. Ketidakseimbangan intake cairan dengan jumlah yang dikeluarkan tubuh menyebabkan tubuh berkompensasi dengan menaikkan suhunya.
3. Pasca immunisasi
Setelah imunisasi seringkali diikuti dengan demam pada anak. Namun demam bukan suatu hal yang patologis karena merupakan reaksi tubuh terhadap masuknya zat imun ke dalam tubuh.
4. Anemia
Kekurangan sel-sel darah merah berpotensi menaikkan suhu tubuh.
5. Udara dan lingkungan.

Cara mengatasi demam dirumah:
1. Secara Fisik
Mengawasi kondisi pasien dengan : Pengukuran suhu secara berkala setiap 4-6 jam. Pada anak, perhatikan apakah mata anak cenderung melirik ke atas atau apakah anak mengalami kejang-kejang. Demam yang disertai kejang yang terlalu lama akan berbahaya bagi perkembangan otak, karena oksigen tidak mampu mencapai otak. Terputusnya suplai oksigen ke otak akan berakibat
rusaknya sel-sel otak.
Penanganan fisik:
a. Bukalah pakaian dan selimut yang berlebihan
b. Memperhatikan aliran udara di dalam ruangan
c. Jalan nafas harus terbuka untuk mencegah terputusnya suplai oksigen ke otak yang akan berakibat rusaknya sel – sel otak.
d. Berikan cairan berupa minuman. Minuman yang diberikan dapat berupa air putih, susu (anak diare menyesuaikan), air buah atau air teh. Tujuannnya adalah agar cairan tubuh yang menguap akibat naiknya suhu tubuh memperoleh gantinya.
e. Tidur yang cukup agar metabolisme berkurang
f. Kompres dengan air biasa pada dahi, ketiak,lipat paha. Tujuannya untuk menurunkan suhu tubuh dipermukaan tubuh anak. Turunnya suhu tubuh dipermukaan tubuh ini dapat terjadi karena panas tubuh digunakan untuk menguapkan air pada kain kompres. Jangan menggunakan air es karena justru akan membuat pembuluh darah menyempit dan panas tidak dapat keluar.
g. Saat ini yang lazim digunakan adalah dengan kompres hangat suam-suam kuku. Kompres air hangat atau suam-suam kuku maka suhu di luar terasa hangat dan tubuh akan menginterpretasikan bahwa suhu diluar cukup panas. Dengan demikian tubuh akan menurunkan kontrol pengatur suhu di otak supaya tidak meningkatkan pengatur suhu tubuh lagi. Di samping itu lingkungan luar yang hangat akan membuat pembuluh darah tepi di kulit melebar atau mengalami vasodilatasi, juga akan membuat pori-pori kulit terbuka sehingga akan mempermudah pengeluaran panas dari tubuh.
2. Obat-obatan Antipiretik
Obat penurun panas dapat digunakan jika suhu tidak kunjung turun. Umumnya obat yang aman digunakan adalah parasetamol atau ibuprofen untuk anak.

Kapan harus segera dibawa ke dokter:
a. panas tidak turun dalam 3 hari setelah diberi intervensi
b. demam disertai kejang
c. demam disertai perdarahan (mimisan, gusi berdarah, dll)
d. demam disertai muntah2 hebat
e. demam dengan penurunan kesadaran

TANYA JAWAB

Q : Sepupu saya ada yang sering demam disertai dengan kejang-kejang sejak balita sampai sekarang usianya 17 tahun. Menurut diagnosis dokter, dia terkena epilepsi. Tapi memang belum pernah dilakukan EEG.
1. Apakah memang bisa diagnosis epilepsi tanpa dilakukan EEG?
2.Adakah cara untuk meminimalkan timbulnya kejang-kejang itu?
3.Untuk epilesi apakah bisa sembuh? Atau harus minum obat seumur hidup?
A : 1. Diagnosis epilepsi bisa saja ditegakkan jika memang ada gambaran khas dari gejala-gejalanya. Misal kejang tanpa disertai demam, berulang beberapa kali dalam satu tahun. Tapi memang jika ingin memastikan, bisa dilakukan pemeriksaan tambahan seperti EEG.
2. Cara meminimalkan kejang, hindari pencetusnya, misal kejang muncul jika demam, atasi demamnya. Pada epilepsi, kondisi yang terlalu panas, padat orang, dll dapat mencetuskan terjadinya kejang, hindari juga. Jika kejang berulang beberapa kali dalam setahun, dianjurkan untuk minum obat untuk mengatasi kejang secara rutin agar tidak mudah timbul
3. Jika minum obat secara teratur dan tanpa kerusakan otak yang berarti, penyakit epilepsi dapat sembuh. Indikasi sembuh biasanay jika tidak terjadi kejang dalam 2 tahun

Q : Kenapa ada orang yang suhu tubuh normalnya cenderung lebih panas dari pada orang-orang umumnya? Apa itu emang normal bu?
A : Beberapa orang memang punya suhu basal yang lebih tinggi dari orang lain. Misalnya
pada orang dengan kelebihan aktivitas hormon tiroid. Biasanya suhu basal tubuhnya lebih tinggi.
Ada juga beberapa kondisi seperti saat masa subur/ ovulasi, suhu tubuh seseorang juga lebih tinggi. Tapi masih dianggap normal jika masih dibawah 37,5°C

Q : Kelebihan aktivitas hormon tiroid cntoh aktivitasnya seperti apa bu dokter ?? Suhu tubuh saya juga sepertinya lebih tinggi.. Soalnya setiap ada yang salaman sama saya pasti suka bilang klo tangan saya hangat.
1. Itu gak apa-apa bu dokter ??
2. Bisa diatasi ga ??
3. Klo tremor itu apa ??
A : 1. Ciri orang berlebihan hormon tiroid biasanya mudah berkeringat, lebih suka dengan cuaca panas atau dingin, mudah gugup, sering berdebar,  tremor, secara fisik bisa tampak lebih kurus karena metabolisme tubuhnya meningkat. Tapi penegakkan diagnosis pastinya dengan melakukan pemeriksaaan kadar hormon tiroid di dalam darah.
2. Kelebihan hormon tiroid juga tidak terlalu baik, bisa menyebabkan otot jantung bekerja lebih keras & menyebabkan kenaikan tekanan darah. Jika ada waktu, coba periksakan ke dokter atau minta untuk cek hormon tiroid di laboratorium mbak
3. Tremor itu seperti gemetar kecil. Cara mudah untuk melihatnya: coba luruskan kedua tangan ke depan, tapak tangan mghadap ke bawah, kemudian minta bantuan seseorang untuk letakkan selembar kertas di atas tapak tangan kita. Jika kertas tampak bergetar / tangan gemetar, itu artinya tremor

Q : Aku baru senin kemarin berobat k dokter. Didiagnosa tertulis vertigo dan syndrome dispepsia.. sudah minum obat pusing tapi kadang pusingnya masih kerasa sampai keleyengan, ganggu konsentrasi kerja juga
1. Selain obat dokter penanggulangannya apalagi ya dokter.? Pusing kleyengan sma ulu hati nya suka sakit sekali. Klo udah pusing berdiri juga susah banget.
2. Mataku alhamdulillah ga minus dokter..  Dokter umum yang kmrin aku temuin bilangnya kmungkinan karena pressure..  ngaruh juga ya dok?
A : 1. Pusingnya gimana mbak? Kayak ruangan berputar-putar trus disertai mual gak? Klo iya memang bisa jd vertigo. Biasanya ada penyebab lain misalnya radang telinga atau infeksi. Beberapa kasus vertigo bahkan bisa dipengaruhi oleh stress atau kelelahan. Sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis syaraf untuk diperiksa lebih lanjut. Atau kadang bisa juga karena mata.
2. Syndroma dispepsianya juga bisa karena stress. coba istirahat dulu beberapa hari. Makan teratur, istirahat cukup, rileks.. mudah-mudahan cepat sehat. Kalau memang tidak bisa ditinggalkan pekerjaannya, diusahakan untuk tidak terlambat makan, bawa cemilan jika perlu. Kerjaannya dibawa enjoy aja, jika memungkinkan minta bantuan rekan yang lain.. positive thinking & jika ada waktu senggang relaksasi untuk menenangkan pikiran

Q : Papa ana juga pernah vertigo. Keluar kringat sampai basah sekali dan luar biasa pusingnya.
1. Apa juga bisa menyebabkan kematian dok?
2. Nyucur keringtnya luar biasa. Knp bs demikain dok?
A : 1.Klo hanya vertigo tidak menyebabkan kematian. Tapi vertigo yang muncul karena penyakit lain, misal kelainan atau radang otak, bisa saja mengakibatkan kematian
2. Keringat yang mengalir bisa karena pelebaran pembuluh darah perifer secara tiba-tib  Biasanya disertai penurunan tekanan darah juga. Tapi untuk lebih tepatnya, sebaiknya diperiksakan ke dokter biar dilihat lebih jelas mbak

Q : Bu dokterr..mw tanya afwan kalau diluar tema, kemarin kejadian di pabrik ada karyawan tiba-tiba pingsan.. saat jatuh badannya sempat panas,keringatnya banyak nafasnya tersengal-sengal gitu tapi pas di suruh relax minum air putih pas bicara suaranya seperti stroke, dicek darah negatif struk di Ct scan juga negatif stroke...bagaimana itu dok dr faktor apa ya..?
A : Bisa ditanyakan dengan pasiennya apakah ada riwayat darah tinggi, kencing manis, penyakit metabolik atau dislipidemia/ atau yang orang kenal kolesterol tinggi. Jika ada, mungkin karyawan td mengalami transient ischemic attack, seperti gejala stroke tapi hilang dalam 24jam. Jika memang sering berulang sprti itu, sebaiknya dikontrol penyakitnya.
Q : Iya ada riwayat kolesterol darah tinggi dokter... pas ditanya katanya pas makan siang makan tongkol yang d beli di warteg gitu.. padahal dari perusahaan jarang karyawan dikash ikan itu.. tapi beliau nakal beli jajan di luar..begitu dok. jadi klo stroke yang tiba-tiba gitu bisa muncul kapan aja ya..aduhh bahaya juga ya
A : Jika tidak dikontrol bisa jadi stroke beneran. Baiknya memang diatur pola makan & life style nya

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat