Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

GANGGUAN MENSTRUASI

Kajian Online Hamba الله SWT

Kamis, 13 November 2014 dan Rabu, 23 Maret 2016
Narasumber : Dokter Niken Widyaningsih
Rekapan Grup Nanda 121-122 (Putri/Maeitoh), M106 
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti

بسم الله الرحمن الرحيم 

GANGGUAN MENSTRUASI

Mestruasi merupakan proses keluarnya darah dari dinding rahim yang terjadi secara rutin setiap bulannya yang keluar melalui vagina.
Mestruasi pertama kali biasanya dimulai pada umur 10-16 th, tergantung dari berbagai faktor yang meliputi kesehatan wanita, nutrisi, dan berat tubuh yang relatif pada tinggi badan. Mestruasi berhenti sekitar usia 40-50th. Mestruasi merupakan pertanda bahwa seorang wanita siap bereproduksi/menghasilkan keturunan.
Beberapa saat sebelum mulai menstruasi, atau bisa pada hari-hari menstruasi, sejumlah wanita biasanya mengalami rasa tidak enak. Mereka biasanya merasakan satu atau beberapa gejala yang disebut sebagai kumpulan gejala sebelum mestruasi atau istilah populernya Pre-menstrual sayandariome (PMS).
Sindariom pra-menstruasi dialami oleh separuh dari total perempuan yang berada pada masa reproduktif. Sekitar 5% dari perempuan yang mengalami PMS disarankan untuk mengurangi kegiatan sehari-hari mereka karena mereka sangat terganggu. Meskipun penyebabnya belum diketahui, sejumlah teori sedang diteliti. PMS mungkin berkaitan dengan meningkatnya kadar hormon setiap bulan, rendahnya kadar gula, kekurangan vitamin, perubahan yang tetap dalam bichemicals didalam otak yang mempengaruhi mood, kombinasi dari faktor-faktor itu, atau bukan salah satunya.
Berikut beberapa gejala PMS:
1. Keram pada bagian perut & vagina
2. Nyeri kepala
3. Cepat merasa lelah
4. Perut kembung 
5. Perasaan sensitif
6. Gelisah, susah tidur
7. Payudara bengkak
8. Sakit pinggang
9. Perubahan nafsu makan
10. Kurang darah (anemia)
Siklus menstruasi merupakan waktu sejak hari pertama menstruasi sampai datangnya menstruasi periode berikutnya.
Siklus menstruasi perempuan tidak selalu sama setiap bulannya. Perbedaan siklus ini ditentukan oleh beberapa faktor, misalnya gizi, stres, dan usia. Pada masa remaja biasanya memang mempunyai siklus yang belum teratur, bisa maju atau mundur beberapa hari. Pada masa remaja, hormon-hormon seksualnya belum stabil. Semakin dewasa biasanya siklus mestruasi menjadi lebih teratur, walaupun tetap saja bisa maju atau mundur karena faktor stres atau kelelahan.
Jumlah darah yang keluar rata-rata 33,2 ± 16 cc. pada wanita yang lebih tua biasanya yang keluar lebih banyak. Pada wanita dengan anemia defisiensi besi jumlah darah haidnya juga lebih banyak. Jumlah darah haid lebih dari 80 cc dianggap tidak normal.
Bagi beberapa wanita, tidak teraturnya menstruasi merupakan keadaan wajar, namun bagi wanita lainnya keadaan ini dapat merupakan tanda bagi penyakit menahun, kekurangan darah (anemia), gangguan gizi (malnutrisi), atau mungkin adanya infeksi atau tumor dalam rahim (uterus).
Tanda tidak normal siklus mestruasi diantaranya:
1. Belum mendapat menstruasi ketika usia 16 th atau setelah berkembangnya payudara
2. Tidak mendapat menstruasi > 90 hari
3. Menstruasi tidak teratur
4. Menstruasi terlalu cepat ( <21 hari)
5. Menstruasi terlalu lama (> 45 hari)
6. Siklus menstruasi lebih dari 10 hari
7. Darah menstruasi terlalu      banyak lebih dari biasanya
8. Perdarahan antara 2 menstruasi
9. Menstruasi disertai rasa nyeri hebat
Untuk itu diharapkan untuk lebih memahami & memperhatikan setiap siklus menstruasi agar jika terdapat keadaan yang tidak normal dapat segera diatasi.

TANYA JAWAB

Q : Aku sering banget nyeri haid hebat ketika mens hari pertama dok, dan itu rasanya panas dingin badannya. Sampe nangis rasanya dok, bahaya ga dok? Apa yang harus saya lakukan? Padahal saya mengatur pola makan yang baik. Aku alami sakitnya itu sejak smp dok
A : Mbak biasanya kalau PMS gitu msh bisa beraktivitas tidak?  Jika sampai tidak bisa beraktivitas karena sakit, sebaiknya diperiksakan saja mbak. Karena penyakit seperti mioma uteri, kista biasanya mengalami nyeri yang hebat saat mens. Jika mens coba kompres perut dengan air hangat, banyak minum yang hangat untuk meredakan nyeri. Jika sudah bisa beraktivitas coba mulai dengan olahraga yang ringan. Tapi jika tidak berkurang sedikitpun konsultasikan ke dokter kandungan saja ya agar dapat pemeriksaan lebih lanjut.

Q : Dok, klo pmsnya payudaranya sakit slama 2 minggu sebelum haidh apa masih wajar? Dan klo masih sakit payudaranya setelah itu gimanaa?
A : Di beberapa wanita payudara mulai nyeri & kencang sejak hari ke-21 (terhitung dari hari pertama mens). Itu normal kok karena pengaruh hormon. Nanti akan menghilang pelan-pelan saat mens. Jika masih sakit setelah mens selesai coba diperiksa payudaranya ada benjolan apa tidak. Jika ada bisa jadi benjolannya itu yang membuat nyeri. 

Q : Maaf dok, vagina saya juga ada sedikit jamur gitu dok, kalo saya bersihin pake jari di sekitaran bibir vaginanya. Itu wajar ga dok?
A : Mbak tau itu jamur dari mana ya... sudah melakukan pemeriksaan sebelumnya? Jika yang dimaksud kotoran berwarna putih seperti daki di lipatan-lipatan kemaluan hingga sekitaran vagina yang jika digosok sedikit akan menempel di tangan itu bukan penyakit. Itu hanya sejenis lapisan lemak saja. Hampir semua perempuan punya kok. Coba liat adek bayi perempuan juga punya.. Jadi normal ya mbak.

Q : Wah pas banget pembahasannya, dok. Kebetulan 3 bulan terakhir kemarin aku haid berkepanjangan sampai di USG, dokternya bilang hormone, aku dikasih obat pendarahan. Aku rada ragu buat minumnya dok, jadi baiknya yang alami untuk masalah haid tidak teratur apa ya? 
Haid ku kemarin 3 bulan, berentinya cuma 1 minggu. Alhamdulillah sekarang udah baikan. Tapi kalau haid pasti aku bisa 2 minggu. Sayaukron dok
A : Mbak ada gangguan mens 3 bln terakhir ya? Sebenarnya obat yang diberikan dokter isinya adalah hormon yang akan menstabilkan siklus mens. Tapi jika sudah kembali normal tidak perlu dikonsumsi lagi. Jika sering ada perdarahan diluar jadwal mens banyak makan buah apel saja mbak sama kacang-kacangan. Biasanya agak berkurang. Dan yang terpenting bila mens lebih dari 14hr, langsung mandi wajib ya & shalat seperti biasa. Karena itu darah penyakit bukan darah mens.
Q : Ooo gitu dok. Iya sih dok, kalo udah diatas 2 minggu itu cuma flek, darahnya sedikit. Jadi gpp yaa dok kalau shalat & tilawah?
A : Gpp mbak... dalilnya ada kok. Setelah 2 minggu diperbolehkan shalat setelah bersuci

Q : Dok. . Tadi saya baca ciri-ciri mens yang tidak teratur. .salah satunya haid terlalu cpat. .< 21 hari. . .saya mengalami seperti it dok. .kadang baru 18 hari. Sudah mens lagi. Paling lama cuma 20hr udah mens lagi. .bgaimana itu dok? Apa solusinya?trima kasih dok. .
A : Menghitungnya saat masa bersih saja atau dari awal mens? Hitungnya saat awal mens ya mbak... Untuk makanan gimana mbak? Asupan hrs baik juga kalau mau mes teratur, hindari junkfood, hindari stres berlebihan, istirahat cukup & hindari obesitas ya mbak 

Q : Cara penghitungan menstruasi yang bnar atau dalam hitungan normal itu bgaimana yaa dok??
A : Cara menghitungnya sejak hari pertama mens mbak. Normalnya 21-35 hr
Q : Bkan dari sleseny kita haid dok?? Baru kita hitung ulang?
A : Bukan mbak.. dihitungnya dari hari pertama mens

Q : Dok, beberapa bulan ini saya rutin ke dokter og untuk merutinkan mens. Waktu itu saya telat 7 bln, pas di-usg nggak ada apa-apa. Jadi diberi cyclo-proginova. Seharusnya bulan ini.terakhir kalinya ke dokter. Tapi karena sekarang ada kesibukan jadi nggak sempat ke sana. Sebenernya perlukah saya konsumsi itu mbak? Soalnya habis cerita-cerita ke mbak-mbak yang pengalaman katanya minum madu sj sebenernya cukup.
A : Begini mbak, maksud dokter meminta kunjungan ulang karena pemberian hormon harus di follow up. Tidak bisa diberhentikan sendiri. Konsumsi madu memang baik, itu juga obatnya Rasul. Tapi alangkah lebih baik jika selesaikan terapi dengan dokter jika mau beralih. Takutnya malah tumpang tindih jadi efek obat tidak maksimal.

Q : Ohiya dok, kalau tidak haid saya selalu keputihan. Jadi saya selalu pake pantyliner yang harus selalu diganti setiap mau shalat. Kecuali kalo mau tidur malem, justru malah kering. Kira-kira kenapa yaa dok?
A : Mbak sayang... ada lendir dari vagina selagi tidak berbau busuk,  warna tidak kuning/hijau atau gatal merupakan caira yang normal. Nah penggunaan pantyliner lah yang jadi bumerangnya... kita mengharapkan keputihannya sedikit tidak membuat risih dengan menggunakan pantyliner. Padahal dengan penggunaan iu justru akan memperbanyak keputihan. Coba lihat dasar panty itu apa? Plastik kan? Nah sekarang kita logika, jika bawahnya plastik berarti kan sirkulasi udara jadi tidak baik. Kondisi jadi makin lembab, keputihan jadi makin banyak  yang tadinya keputihan normal berubah deh jadi keputihan jamur. Jadi saran saya sering-sering ganti celana dalam sama keringkan bagian kewanitaan tiap habis dari belakang.
Q : Jadi harus selalu ganti underwear yaa dok? Kadang rasanya kayak pipis, tapi cuma cairan kental putih atau cair putih sedikit.
A : Iya mbak.. itu langkah pertama biar keputihannya ga banyak. Awalnya memang risih kyk ada pipis keluar. Tapi lama-lama tidak gitu lagi kok. Malah jadi risih pakai panty. Selamat berjuang bebas pantyliner ya mbak..

Q : Oiya dok soal pendarahan,, Sekarang saya lagi sakit..seluruh badan sakit gimanaa gitu, letih, demam, nyeri perut, kadang migren, klo BAB disertai darah.. saya memang ada wasir udh +1th, pernah brhenti kluar darahnya tapi beberapa minggu ini keluar terus, makin hari mkin banyak aja... atau mungkin saya anemia ya gara-gara itu
A : Bisa jadi lemesnya gara-gara anemia mbak. Klaua BAB nya kadang berdarah banyak minum, makan sayur sama BAB jangan mengedan ya mbak

Q : 2 minggu ini ga berhenti ada darah yang menetes dok.. Saya selalu sakit-sakitan..darii SD gitu... pernah tipes sampe 3minggu di RS, prnah operasi usus buntu, dan baru-baru ini tipes lagi trus langsung kena DBD.. karena riwayat sakit saya begitu, dokter nganalisa mgkn saya LSE tapii pas tes ke lab hasilnya negatif..sementara saya masih terus sakit-sakitan
A : Mbak anak kost ya? Hayooo makannya yang bener, biar ga tipes terus. Hal yang pertama biar tetep sehat adalah pola hidup sehat baik makanan maupun olahraga. Yang sehat jangan cuma badan tapi rohani juga. Nah jangan stres juga ya... boleh stres tapi dimanagemen dengan baik. Karena stres juga bisa membuat sistem imun kita jadi turun.

Q : Nyari madu asli sekarang susah bgt dok. Tips madu asli yang bagus itu yang gimana yaa? Selain dari rasa sama endapan gula setelah ditaro kulkas? Kalo abis minum madu itu kadang sakit perut dok, apa perasaanku aja ya
A : Banyak banget pendapat cara mengecek madu asli atau tidak. Yang pernah saya buktikan & menurut saya paling valid adalah dengan menaruh bangkai ikan kecil dalam madu. Jika dalam beberapa hari ikan tidak membusuk berarti madu itu asli. Ada yang bilang menaruh di koran, jika tidak merembes, madu asli. Itu tidak bisa digunakan bagi madu yang dihasilkan saat musim hujan. Kadar airnya tinggi jadi tetap merembes di koran. Ada juga yang bilang yang dirubungi semut tidak asli. Tidak bisa digunakan secara utuh juga. Karena madu musim hujan pH nya berbeda.. sehingga semut bisa mengonsumsinya. Nah jika yang tidak bercampur dengan air saya kurang tau. Tapi jika dilogika madu yang dihasilkan di musim hujan lenih encer, kandungan air lebih banyak. Jadi kemungkinan bercampurnya lebih besar. Mungkin begitu. Madu itu sifatnya agak asam. Jadi dibeberapa orang yang sakit maag terkadang agak sensitif bisa buat nyeri perut.

Q : dok, kalau sering sakit kepala jika melihat jauh dalam waktu yang ckup lama itu kenapa ya? misalnya melihat seminar ke depan fokus dalam wktu 2-3 jam.stelah itu kepala terasa berat gt, dok.. dan bagaimana terapinya..
A : coba mbak periksakan matanya ke dokter mata. Mungkin matanya minus. Karena mata harus berakomodasi dalam jangka lama jadi nya mata cepet capek trus lama-lama pusing mbak.

Q : lalu dok, bgaimana caranya menghilangkan rasa lelah dan capek yang terasa di kaku hingga panggul dan panggung jika harus berdiri dalam wktu lama. dan olahraga apa yang cocok dok utk meningktkan kebugaran spaya tidak gampang capek padahal hanya brdiri saja bbrapa jam...
A : Mbak gampang capek & pegel mungkin malah karena kurang olahraga. Coba olahraga yang low impack seperti jalan cepat, renang sepedaan

Q : Mbak klo lutut pas turun dari angkot suka rada nyeri kenapa ya?
A : Sebabnya macam-macam mbak bisa karena kurang gerak, kelebihan berat badan, hingga rematik. Tidak menutup kemungkinan orang dengan usia muda terkena rematik. Jadi mulai atur pola makan & olah raga. Makan makanan yang banyak mengandung kalsium. Lebih baik mengejar asupan kalsium saat muda daripada saat lansia efeknya sangaaat sedikit.

Q : Dokter benarkah kelebihan karbohidrat di dalam tubuh sebaiknya konsumsi protein, atau kah konsumsi CLA untuk mengurangi karbohidrat yang disertai olah raga? Apakah CLA berbahaya untuk wanita bu dokter?
A : Waaah.. mbak lagi program pembentukan badan ya? Begini.. untuk memadatkan massa otot (sedikit banyak menyingkirkan lemak yang bergelambir) memang pemilihan protein untuk diet sering dilakuka, dengan mengurangi konsumsi karbohidariat. Tapi bukan berarti karbohidariat digantikan protein semuanya. Protein, karbohidariat & lemak tetap di konsumsi ya mbak.. tapi lebih dominan protein. Nah kalau ditanya tentang CLA, kita lihat lagi usia yang mengonsumsi. Pada dasarnya CLA aman, tapi jika masih usia dibawah 20th sebaiknya tidak dikonsumsi, karena membentuk bada di usia <20th masih mudah. Konsumsi saja protein asli diimbangi dengan olahraga saya rasa sudah cukup. Yang tidak boleh pengonsumsia CLA pada ibu hamil, orang dengan tekanan darah tinggi & sakit maag.

Q : Klo saya keramas or minum vit C d saat mens, itu bisa ga lancar mensnya. Sebenerny ada hubungannya ga ya antara keramas rambut dan mens serta vit C?? Mohon jawabannya
A : Sebenarnya tidak ada hubungannya mbak Ayi. Mungkin saja saat itu ada faktor lain yang mempengaruhi ketidaklancaran mens seperti kelelahan, stres, asupan yang tidak seimbang dll.
Saat mens kita harus jaga kebersihan juga. Karena saat menjelang mens sistem kekebalan tubuh agak turun. Cuma mitos kok yang bilang tidak boleh keramas. Keramas saja mbak, minum vit C juga boleh... selagi tetap dengan pola hidup bersih & sehat semuanya sah-sah saja & boleh-boleh saja kok

Q : Assalamualaikum bu..Bagaimana jika menstruasi lebih darii 2 bln bru dpat..bgaimana cara mencegahny y bu? Apkh brdmpak pada masa depan? Cthnya dalam mndapatkn kturunan bu? Syukron
A : Wa' alaikumussalam warahmatullah mbak cantik...Mensnya 2 bulan baru mens lagi itu sudah berlangsung brp lama mbak? Dalam dunia medis kita biasanya memperhatikan kelainan siklus mens itu minimal dalam 3 periode mens. Jika 3x mens berturut-turut ada permasalahan seperti itu berarti membutuhkan penanganan & follow up. Namun jika hanya 1x periode mens saja itu tidak apa-apa. Cuma faktor hormonal yang kadang berantakan. Jika memang sering tidak rutin mens tiap bulannya ( berbulan2 baru mens) ada kemungkinan terdapat permasalahan dalam memperoleh keturunan. Tapi tidak selalu ya mbak...Kalau punya permasalahan seperti itu, nanti sebelum nikah konsultasi ke dokter kandungan saja. Agar kekacauan hormonnya dikasih terapi agar lebih teratur.

Q : Yang normal itu menstruasi tiap tanggal yang sama atau maju mundur bu dokter?
A : Waaah kalau harus ditanggal yang sama brarti lebih dari 75% wanita ga normal mens nya mbak. Tidak harus sama mbak.. hanya ga sampai 25% wanita yang mensnya sangaaaat teratur di tanggal yang sama, sisanya maju mundur seperti lagunya syahrini. Selagi siklusnya masih dalam rentang 21-35 hari (dihitung dari hari pertama mens) , itu tergolong nolmal.

Q : Assalamualaikum dr. Niken. Teman saya sudah menikah, tapi dia belum punya anak
Pernikahan sudah mencapai 3-4 tahunan. Masalahnya dia tidak pernah dapat haid sanpai sekarang. Umurnya sudah 26 tahun. Apakah orang yang tidak pernah haid itu mempengaruhi reproduksi dan apakah berbahaya orang yang tidak pernah haid dok. Apa yang harus dilakukan untuk bisa haid ?!?
A : Wa' alaikumussalam warahmatullah mbak cantik. Pembatasan mens pertama biasanya kita pantau hingga usia dibawah 18th. Jika belum pernah mens harus kita periksakan permasalahannya apa. Jika belum menikah kemungkinan selaput daranya tidak ada lubang sama sekali untuk keluar mens. Tapi jika sudah menikah kasus seperti ini sepertinya tidak mungkin. Karena (maaf) hubungan suami istri akan melebarkan selaput dara. Kemungkinan besar adalah permasalahan hormon. Gangguan  hormon pada tingkat apa harus diperiksakan secara detail di dokter obsgin. Begitu mbak yang bisa disarankan ke teman mbak.
Q : Bu dok bisa minta rekomendasi dokter yang bisa menangani masalah teman saya ?!? Mungkin dr. Niken sendiri ?!? Saya kasihan dengan teman saya
A : Kenapa jadi saya ya... Begini mbak ada dimana?
Semua dokter kandungan di kota tempat mbak tinggal insayaaAllah bagus. Yang terpenting skg adalah mendorong teman agar mau memeriksakan diri & mengikuti anjuran dojter baik terapi maupun saran yang lain. Dan lebih baik pilih dokter yang semuhrim... karena yang bakal diobrak abrik terapinya masalah kewanitaan

Q : Biasanya haid saya teratur tapi beberapa bulan ini jadi sering tidak teratur #bs mundur sangat jauh, untuk bulan ini saya mulai dari tgl 7 nov awal sedikit sekali 2 hr, setelah itu banyak sekali, hitam-hitam, sekarang saya jadi seperti kurang darah dan lemes sekali. Pertanyaanya pengaruh kah karena banyak fikiran atau saya secara tidak sadar ada yang saya fikirkan sangat. Normalkah?
A : Kekacauan jadwal mens itu biasa terjadi aplagi bagi perempuan yang sibuk & banyak kerjaan. Memang bisa dipengaruhi stres. Dan rata-rata jika srres sebagian besar wanita mensnya jadi agak berantakan. Agar lebih teratur coba ikuti seperti yang saya jawab di atas ya mbak
Q : Ya dari.niken insayaa allah faham, maksud saya darah kluar hitam-hitam pekat seperti jel banyak sekali, masih termasuk wajarkah? maaf
A : Begini... biasanya jika terjadi mens yang agak kacau jadwalnya aka terjadi perubahan pada darah mens. Yang biasanya langsung merah bisa jadi flek-flek yang berkepanjangan atau malah gumpalan darah merah kehitaman yang banyak. Itu biasa kok mbak, selagi tidak sampai menimbulkan anemia itu normal. Banyak makan sayur & daging merah ya saat mens

Q :  Dulu swktu sma kls 2 saya prnah smpai 6 bln bru haid mbak.. mmg tidak brturut-turut 2 bln sekali tetapii.. masalahnya ini 2bln bsok 1 bln lebih trus bsoknya 3 bln.. sprti itu mbak.. apkh ad cara khusus agar lncr mbak?
A : Mba mens saat kelas brp ya? Di beberapa wanita ada periode penyesuaian mens menjadi teratur. Biasanya di 5 th pertama mens, jadwal tidak teratur. Tapi setelah itu menjadi normal.
Nah jika setelah 5 th masih berantakan, kita lihat lagi berlangsungnya berturut2 atau tidak. Jika berturut2 tiap periode mens seperti itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter kadungan mbak.

Q :  Assalamualaikum. Dokter, flek coklat yang keluar sedikit setelah darah merah selesai, itu normal ya? Trmksh
A :  wa' alaikumussalam. Normal mbak.. menjelang selesai mens memang berupa flek-flek coklat. Terkadang malah setelah bersih masih bersisa flek lagi di 1 atau 2 hari setelah bersih. Itu masih tergolong normal jika hanya sesekali.

Q : Pengaruh minum es waktu haid itu ap aj bu dokter?
A : Pengaruhnya segeeer mbak klo pas siang panas-panas. Tapi klo kebanyakan jadi batuk pilek.
Tidak ada pengaruh apa-apa mbak... hanya mitos yang bilang minum es saat mens jadi mioma, jadi kista bahkan kanker. Saya juga bingung mereka meneliti pakai apa kok bisa bilang begitu

Q : Masa subur seorang wanita tuh sebelum apa sesudah haid ya bun..
A : Masa subur dihitung sejak hari pertama mens. Biasanya pada hari ke-14 tergantung masa subur tersebut memanjang atau tidak.

Q : Apa dampaknya jika tubuh kekurangan oksigen terutama dbagian kepala..
A : Jika kekurangan oksigen di otak jangka pendek menyebabkan ngantuk & pusing. Tapi jika jangka panjang dapat menyebabkan penurunan kesadaran

Q : Bunda kalo lama hamil itu knapa ya? Kan haid teratur
A : Sebabnya banyak sekali mbak. Bisa karena faktor kesuburan atau faktor gangguan organ. Untuk mengetahuinya harus melakukan pemeriksaan lanjutan di spesialis kandungan

Q : Oia dok memang benar ya katanya tisu muka ndak boleh dibuat melap vagina selepas pipis
A : Sebenarnya tidak ada batasan pasti boleh atau tidak. Yang tidak boleh menggunakan yang mengandung parfum di daerah kewanitaan, termasuk tissue yang berparfum

Q : Oia 1 lagi. Klo ngira udah slesai haid, trus sholat, lalu bbrp waktu kmudian ada flek, itu kita dosa tidak ya karena sholat dalam keadaan belum benar-benar suci?
A : Tidak apa-apa kok mbak. Yang sebelumnya memang sudah selesai mens nya. Tapi yang muncul kemudian darah lain mens berikutnya.



Q : Katanya kalo menstruasi emosi akan meningkat, tapi kalo saya malah sesudah menstruasi baru emosi meningkat. apa itu wajar dok...?
 A : Salah satu PMS yang sering dirasakan adalah gangguan emosional, bisa berupa mudah sedih atau mudah marah. Dan itu sebelum mens. Nah jika sudah mens baru ada keluhan seperti itu coba dicermati lagi, jangan-jangan memang ada masalah lain yang mengganggu sehingga jadi emosian

Q :  Apa bener dok kalo saat menstruasi nggak boleh makan timun dan minum es..?
 A : boleh kok mbak... tidak ada larangan. Cuma mitos yang menyebutkan itu bisa buat kista, kanker dll. Jadi maka aja mbak

Q : Dok ana mau tanya..apa benar jika saat msh singgel setiap menstruasi mengalami disminore kmudian setelah menikah/ sudah coitus bisa hilang keluhan it ya? Banyak orang bilangny sprti it..
A : Untuk hal itu ada yang jadi berkurang sakitnya ada juga yang tetap. Sebenarnya nyeri bukan berasal dr selaput dara yang robek atau nlm robek. Tapi dari jumlah prostaglandin yang dihasilkan saat mens itu sendiri & kuat lemahnya kontraksi rahim untuk meluruhkan dinding rahim

Q : Kalau selama dapat haid jarang ada sakit wajar ajakah dok..coz slama ni saya gak prnah ngalamin sakit wktu haid...jadi klo ada teman yang sampe libur sekolah/kerja bhkan ada yang sampe pingsan..sya heran..
A : justru itu yang normal mbak... selagi nyeri itu ringan juga sangat normal. Tapi jika haid sampai pingsan, tidak bisa beraktivitas kita harus curiga ada sesuatu di orangan kewanitaannya. Sebaiknya diperiksakan saja
  
Q :  dok katanya kalo orng yang mengalami sakit pada saat menstruasi itu gejala kista yah??
A : kistanya dimana dulu... kalau kista ovarium tidak ada gejala mbak, kecuali kalau kistanya terpuntir. Nyeri hebat saat mens banyak sebabnya penyakitnya. Untuk iu memang perlu pemeriksaan lanjutan, minimal di usg

Q : dokter, apa bisa wanita yang sudah menopause hamil lagi?
A : insyaAllah tidak bisa lagi. Karena sel telur sudah tidak diproduksi Mbak.

Q : benarkah anak2 yang menstruasinya msh terlalu dini lbh mudah terkena penyakit kanker?
A : tidak berhububgan mbak. Yang terkadang menjadi pemicu adalah paparan esterogen tinggi dalam waktu lama. Misalnya KB hormon.

Q : idealnya berapa kali dalam sehari kami mengganti pembalut? Menurut bberapa sumber darah haid yang keluar dalam bberapa menit terkena udara sudah terpapar bakteri..
A : sebenarnya tidak ada teori yang menyebutkan harus berapa kali. Karena banyak darah yang dikeluarkan berbeda-beda. Tapi sebaiknya minimal ganti pembalut 4x sehari & jangan ditunggu sampai penuh ya

Q : ciri-ciri pembalut wanita yang bagus apa ya dok? Daya tampungnya biasanya berapa ya dok?
A : pembalut yang tidak membuat iritasi & alergi pada daerah kewanitaan mbak. Untuk pembalut daya tampungnya berbeda-beda bergantung ukuran. Tapi biasanya sekitar 6 -20cc mbak

Q : ketika menstruasi kita dianjurkan minum kunyit asam. Kandungan apa yang terdpat pd kunyit asam, dok?
A : agak tumpang tindih untuk penggunaan jamu ini. Yang diharapkan kunyit dapat membantu terproduksinya prostaglandin yang dapat membantu kontraksi rahim namun jika berlebihan yang didapat justru nyerinya mbak.

Q : Jika darah haid lbh dari 80 cc dianggap tidak normal, bagaimana saya yang orang awam tau bhwa darah itu sudah lbh dari 80 cc dok? Aasif, maksud saya utk orang awam parameter apa yang bisa kami jadikan patokan bahwa darah yang keluar sekitar 80cc?
A : 80cc berarti kita kira-kira harus mengganti pembalut lebih dr 6x dalam sehari . Dan setiap mengganti sudah dalam kondisi penuh pembalutnya

Q : Kenapa saat pms tuh emosinya tinggi, terus apa yang harus di lakukan agar emosinya tidak tinggi. Tapi kalo saya beneran dok, sehari sebelum selesai itu emosi akan tinggi, tapi saat pms itu malah slow banget dok.
A : PMS terjadi karena ada perubahan kadar esterogen & progesteron, maka dr itu banyak terjadi perubahan pd diri kita. Untuk permasalahan emosional, jika dipandang dr sudut kejiwaan, ada yang mengatakan emosi menjadi labil dikarenakan kita menganggap mens itu adalah beban. Disisi lain kita tidaknmenyadari penolakan terhadap datangnya mens itu sendiri, shg yang muncul perubahan sikap emosi & terkadang keinginan berbuat jahat.

Q : Saya kalo menstruasi pasti nafsu makan berkurang dok. Bagaimana caranya agar nafsu makan kita normal lagi ya dok...?
A : Perubahan nafsu makan juga biasanya terjadi. Ada yang jadi over, ada yang malah minim untuk makan. Hal ini karena pencernaan kita ikut terkena imbas dr PMS. Makanya sering ditemui perut kembung, mual, kadang sampai muntah. Untuk normal seperti biasanya mungkin sulit ya. Tapi coba pilih makanan hangat yang dimakan & minum madu. Karena madu dapat menambah nafsu makan

Q : Dokter teman saya pernah cerita kalo mau mens slalu diare, kira-kira itu kenapa y?
A : oh itu karena ketika PMS peristaltik usus ( kontraksi usus) ikut meningkat. Sehingga dibeberapa orang ada yang diare, adapula yang cuma kembung
  
Q : Dok, saya kalo mens itu nafsu makannya itu cuma bakso dan mie ayam yang pedes banget. Apa itu tidak mempemgaruhi kondisi rahim dok...?
A : Rahim tidak ada pengaruh, lambung sangat berpengaruh. Hati-hati kalau sering jajan di luar, para pedagang hampir semuanya pakai MSG, itu tidak baik buat kesehatan. Makan yang terlalu pedas juga tidak baik. Secara bawaan tidak ada keluhan tapi kalau kita lihat lambubg kerja keras beradaptasi

Q : Ada juga teman nanya kenapa sekarang volume darah haid jadi sedikit dan lama mensnya juga memndek dah 1thn nii gak ada keluhan apa dokter. Kenapa y dokter? Mengarah ke miom/kiste?

A : Selagi siklus mens teratur & tidak ada keluhan lainnya insyaAllah tidak apa-apa. Dibeberapa orang, jumlah darah agak berkurang dibandingkan saat tahun pertama mens pertama kali. Kalau miom darah justru berlebihan mbak bukan sedikit

Q : Kalau sekitar hari ke 14 (dihitung dari hari pertama haid) kadang keluar keputihan disertai warna coklat (darah kah?) itu normal? biasanya kalau lagi banyak aktivitas fisik kayak lagi banyak jala-jalan, naik sepeda yang jauh, gimana ya dok?

A : Warna coklatnya pekat atau tidak? Jika pekat kemungkinan besar mens diluar siklus tapi jika samar kemungkinan keputihan atau terjadi ovulasi. Diperhatikan saja warnanya bagaimana. Jika ragu tanyakan saja ke dokter yang jauh lebih paham. Karena tujuan kita hidup beribadah kepada Allah, jadi jangan sampai keragu-raguan itu mengganggu untuk beribadah yaa.

Q : Dok saya mau tanya apa benar kalau dapet mens lebih awal nantinya akan berhenti cepat juga? (Berhenti total)
A : Teori yang ada jika mens pertama kali cepat maka akan mengalami menopause agak lebih lama. Namun hal ini tidak selalu terjadi sesuai teori. Karena ada beberapa kasus mens nya cepat dan  menopause terjadi sebelum usia 50 tahun.

Q : Dok, apa benar kalau kelebihan berat badan bisa menghambat jalan keluar nya mens?
A : Kelebihan BB tidak menghambat keluarnya mens, mens tetap bisa keluar. Yang menjadi masalah adalah siklus mens menjadi tidak teratur akibat BB berlebihan.

Q : Assalamualaikum.. Dokter, saya mau tanya, saya nyaris 1 tahun tidak dapat mens, kemarin-kemarin sudah 2 tahun ga dapet. Udah cek sana sini juga dokternya bilang tidak ada penyakit yang membahayakan, tapi saya ngerasa ga nyaman dengan keadaan seperti ini.. Apa yang harus saya lakukan ya dokter?
A : Mungkin permasalahan secara anatomis (bentuk) organ reproduksi tidak ada masalah. Tapi mungkin permasalahannya di tingkat hormonal. Ini baru bisa diketahui jika dilakukan pemeriksaan lanjutan mbak. Coba diperiksakan lagi ke dokter kandungan. Sebisa mungkin 6 bulan sebelum rencana menikah sudah mulai diperiksa & dikoreksi gangguan mens nya. Sehingga jika nanti mau program anak tidak bingung memperkirakan masa suburnya

Q : Dok, kalau PMS suka mual dan suka pengen apa gitu (kaya ngidam).. Normal gak ya?
A : Normal. Beberapa orang malah ada yang sampai muntah. Selagi tidak berlebihan itu tidak apa.

Q : Kakak saya haid nya terlalu lama. Sebulan bersihnya Cuma tiga hari. Aelebihnya haid. Udah ikhtiar berobat kemana-mana minum ini itu, tapi belum ada perubahan. Gimana ya dok? Malah kata dokternya disuruh menikah.
A : Dokter yang dulu memeriksa pasti ada alasan kenapa sarannya adalah menikah. Apa karena polip atau kista atau apa dokter tersebut yang memahami. Mungkin maksud dokter tersebut, jika hamil maka "penyebab utama" mens memanjang ini akan hilang. Dengan begitu mens akan lebih teratur.
Q : Iya dokter, udah ada sekitar 5 dokter kandungan yang menangani kasus saya ini, dan mereka bilang ga tau lagi. Jalan satusatu nya emang harus menikah juga
A : Berarti kemarin sudah melakukan pemeriksaan hingga hormon ya mbak? Hasilnya normal? Jika kondisi organ reproduksi dan hormonal normal\. Tidak apa yaa. Justru didoakan ssgera menikah kan.

Q : Dokter ada yang bilang kalau mensnya sebentar itu tidak subur. Apa benar Dok?
A : Subur atau tidak sebenarnya bukan dipengaruhi lama atau tidaknya mens. Tapi dipengaruhi terjadi ovulasi atau tidak dan ada masalah atau tidak di organ reproduksi mbak

Q : Apakah tidak berbahaya dok jika darah yang sering kluar itu gumpalan?
A : Gumpalannya keluar sampai hari keberapa mens mbak? Jika hanya dihari pertama kedua itu masih wajar. Tapi jika mens nya memanjang disertai keuar darah gumpalan sebaiknya diperiksakan saja. Kemungkinan ada masalah di organ reproduksi
Q : Hari pertama justru sedikit nah hari kedua & ketiga keluarnya darah segar disertakan dengan gumpalan tapi tidak banyak. Nah, hari keempat haidnya sudah sedikit..
A : Tidak apa-apa, InsyaAllah itu masih normal kok. Karena deras menss nya dihari ke 2 dan 3 makanya gumpalannya dihari tersebut Itu normal. Gumpalan sering terjadi kalau mens itu deras. Jika mens tidak deras tidak ada gumpalan. Normalnya begitu. Selagi hanya 1-2 hari saja terjadi itu masih dalam batas normal. Tapi jika lebih lama sebaiknya diperiksakan.

Q : Katanya kalo lagi haid tidak boleh keramas.  Cuma kan ga betah juga kalo tidak keramas sekian hari. Nah aku suka tetep keramas ketika haid, tapi darah yang keluar itu malah jadi tidak teratur, terkadang banyak, terkadang cuma flek aja, atau bahkan berenti seharian. Besoknya keluar lagi.  Kenapa ya dok, apa ada kaitannya sama keramas? 
A : Keramas tidak ada kaitannya dengan darah mens, mioma, kista dll. Itu hanya kebetulan saja mbak keramas dan pas mens lagi bermasalah. Selama mens tetap jaga kebersihan ya.. jadi tetap keramas dll.

Q : Bau vagina yang normal itu kaya apa ya?
A : Agak susah dideskripsikan mbak.. Yang jelas tidak berbau amis, bau busuk mbak.

Mbak-mbak shaliha... karena sudah malam sharingnya kita tutup ya. Jika ada pertanyaan lagi silakan japri saja. Sekian yang bisa saya sampaikan. Segala kekurangan Saya mohon maaf & semoga bermanfaat bagi kita semua.

Mari kita akhiri kajian hari ini dengan mengucap bacaan Hamdalah & doa kafaratul majelis.
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك
أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                              ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu