Ketik Materi yang anda cari !!

INNER BEAUTY

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, November 28, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Jum’at, 28 November 2014
Narasumber : Ustadz Zaenal
Rekapan Grup Nanda 127 (Lia)
Tema: Kajian Islami
Editor : Rini Ismayanti

Bismillah
Alhamdulillah, nanda muslimah mari kita awali kajianya dengan mengucap basmalah dan meniatkan hanya untuk mengharap ridho Allah.
Nanda muslimah yang cantik-cantik, tema kajianya sekarang tentang "inner beauty" ya..
Nanda muslimah, biasanya kecantikan itu diidentikan dengan paras yang menawan, tubuh sintak dan seabrek kriteria yang kebanyakan  orang menetapkanya.
Oke, tapi sesungguhnya nanda, standar kecantikan tiap orang itu berbeda-beda. Mungkin kriteria tadi yang sudah saya sebutkan merupakan kriteria di negeri kita tercinta, tapi di negeri lain ada yang bilang wanita cantik yang hitam dan berhidung melar lho nanda.
Jadi nanda yang cantik2, intinya kecantikan tu SEMU.
Nah lho, klo begitu seperti apa sih wanita yang cantik sesungguhnya?
Oke dech, kita simak penuturan sobat kita ttg kecantikan sesungguhnya.
Seorang mahasiswi UNM menyatakan wanita yang cantik tu adalah wanita yang memiliki akhlak yang cantik. Walaupun fisiknya cantik tapi klo akhlaknya belum cantik berarti wanita itu belum bisa dikategorikan sebagai wanita yang cantik seutuhnya.
Hal yang paling berharga dari seorang wanita bukanlah kecantikan yang tampak oleh mata manusia, namun kecantikan itu trsembunyi di dalam rasa malu yang ia miliki.
Bukankah sesuatu yang mahal itu selalu tersimpan di tempat yang paling aman?
Sehingga tak sembarang mata memandang dan tak sembarang tangan menjamahnya. Itulah yang menyebabkan barang menjadi berharga dan mahal harganya.
Sedangkan sesuatu yang di luar biasanya tak berharga dan harganya murah, dilihat oleh setiap mata dan disentuh oleh sembarang tangan.
Apkah nanda ingin dianggap mahal atau murah dgn keadaan  fisiknya yang tampak? Bukankah sesuatu yang paling berharga dari seorang wanita adalah harga dirinya?
Kecantikan yang dipamerkan tak akan pernah memberikan harga mahal pada pemiliknya karna harga mahal itu ialah tertutupnya aurat wanita yang akan bernilai ibadah nan berpahala. Sepakat ya?
Cantik tidak pada wajah atau lekuk tubuh, namun cantik itu adalah harga diri, dgn harga diri kau akan berharga nanda. Itulah the real beauty of muslimah.
Kecantikan sejati itu tak dipancarkan oleh cantiknya wajah nan rupawan karena ia akan layu dan pudar, everyone is growing old, nggak ada satu pun yang bisa menahannya.
Hanya satu kecantikan yang tak akan sirna ditelan masa, yang menghiasi diri tanpa henti. Yupzzz, orang sering menyebutnya inner beauty.
Inner beauty is kecantikan dari dalam hati sehingga semua org yang berada didekatnya merasa nyaman dan tentram. Ia akan begitu dihargai dan dikagumi setiap manusia.
Kecantikan sejati bukanlah bawaan atau tampak dalam bentuk fisik tapi semua butuh proses dari tngkah laku yang menjadi kepribadian setiap orang. Emang sih kecantikan fisik bisa disulap, didempul, fermak dan dipoles hingga cling asalkan mau bayar, tapi inner beuaty tak kan bisa dibuat instan. Prosesnya lama dan tidak perlu mengeluarkan uang lalu hasilnya luar biasa berharga, betulkan?
Inner beauty berasal dari dalam hati berupa sikap syukur, tawadhu, dan semuanya terangkum dalam akhlak mulia.
So, jadilah muslimah yang cantik luar dan dalam. Hiasi wajahmu dgn kosmetik air wudhu dan lipstik zikir. Tutuplah auratmu dgn jilbab  syar'i dan hiasi dirimu dgn akhlak mulia nan menawan sehingga engkau kan jadi sosok wanita yang kharismatik nan mempesona dan dialiri pahala dari sang pemilik dunia dan seisinya. Untuk meraih itu semua tentunya bukan hal yang mudah sehingga butuh perjuangan, tekad yang tak terpatahkan dan keistiqomahan yang membara. The real beauty is one's inner beauty. Wallahu a'lam
Sumber Majalah el fata.

Rekap pertanyaan:
1. Assalamualaikum ustadz mau tanya , kalau foto bersama terus ada ikhwannya itu gimana ustadz? Syukron
2. Saya tanya ustadz. Tabarruj itu batasannya sejauh apa?


Jawaban:
1. Kalau foto namun tidak ada interaksi maka dibolehkan, misal foto kelas,  wisuda, kelulusan, dan sejenisnya..namun jika ber foto dan ada ikhtilatnya itu yang tidak dibolehkan. Misal foto bareng2 acara piknik bersama, reuni yang campur baur. Beda jika kita lagi duduk namun 'terfoto' bareng disebelahnya
2. Menampakkan kecantikan dirinya atau menggunakan pakaian yang dapat menarik perhatian pria. Termasuk bedak, lipstik, celak, eye shadow, kutek, dll. dlm kondisi si wanita sudah menutup auratnya dengan sempurna (Annur:31 dan al ahzab:59). Jika belum menutup aurat, bahasannya adalah wajib menutup auratnya dg jilbab dan khimar. Definisi tabaruj di dapat dari 24:31, 33:33, 24:60 dan beberapa hadits.


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....
Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon  dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment