Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » AHAMMIYATU SYAHADATAIN

AHAMMIYATU SYAHADATAIN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, November 26, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Selasa, 25 November 2014
Narasumber : Ustadz Ridwan
Rekapan Grup Nanda 121-122 (Dea/Ayi)
Tema: Ahammiyatu syahadatain
Editor :Rini Ismayanti

AHAMMIYATU SYAHADATAIN

“Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu)” (an nisa 41)

Dua kalimat syahadat itu merupakan gerbang menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Ia merupakan inti ajaran islam,konsep dasar dari sebuah perubahan,intisari dari dakwah yang disampaikan oleh para Rasul dan merupakan keutamaan yang besar.

Ibarat kita berjanji dengan orang yang dikasihi,orang yang disayangi kira kira kita akan rela tidak bila janji kita khianati? Atau ketika kita sudah ditolong oleh orang lain pada saat benar benar membutuhkan kira kira apa yang kita lakukan? Pastinya lebih dari sekedar ungkapkan terimakasih namun juga lebih dari itu ingin memberikan hal yang lebih...Dua kalimat syahadat itu penting untuk orang mukmin karena ia merupakan.totalitas dan juga sikap kerelaan bahwa siap menaati apa yang menjadi ketentuan Allah dan juga siap mengikuti contoh teladan yakni rasulullah saw,lalu apa sih untungnya? Untungnya adalah kebahagiaan di dunia dan akhirat,maukah anda semua merasakan itu?

Supaya matang..dan ringan kita diskusi ya

Materi berat tapi penting sekali agar terbebas dari rasa galau dan resah

Rekap Tanya Jawab

Q : Mau tanya ustad. .bgaimana caranya ustad agar kita bisa tenang dan ga resah lagi?
A : Sederhana sekali,coba perhatikan burung.saat pagi hari ia pergi dlm keadaan perut kosong pulang kembali sudah penuh,liat kucing ia tidak punya jabatan,ia bahkan tidak punya kantor,ia tidak tahu berapa ia dapat gaji tapi ternyata selama hidupnya ia dapat makan,kebutuhan nya terpenuhi.

Q: Ustad, bolehkah meminta-minta pada nabi muhammad? Beliau kini khan sudah wafat,,seolah-olah mereka beranggapan nabi khan paling dekat sama Allah, jadi mintanya ke nabi.
A : Meminta itu hanyalah kepada Allah,kalau doa hars menggunakan shalawat bukan berarti maksudnya kita minta bantuan pada Rasulullah saw tapi memang itu yang dicontohkan rasulullah saw. Ini namanya bab tawasul,artinya perantara. Nah dalam islam ada 3 yakni dengan nama Allah, amal shalih dan shalawat. Dan setiap manusia itu punya jarak yang dekat sekali dengan Allah, coba buka Al Baqarah 186. Syahadatain itu dua kalimat syahadat. Yang kita baca itu namanya syahadatain karena ada dua,bersaksi kepada Allah dan bersaksi kepada nabi muhammad saw

Q : Ustadz. Antara syahadat & syahadatain itu berbeda yaa?? Nah klo kita meninggal lebih di utamakan membaca syahadat apa syahadatain?
A : Syahadatain itu sudah melekat dalam setiap pribadi muslim,ibaratnya seperti prinsip hidup.

Q : Trus bener ga sii ustadz klo kita bilang “yah. Pake turun hujan lagi pdhal lagi buru-buru”. Itu sudah keluar dari islam karena ga mensyukuri kententuan Allah & harus membaca syahadatain lagi?
A : Tidak usah,karena konteksnya adalah ketika ia ungkapkan secara lisan dengan berkata keluar dari islam,kalau yang tadi masuk ke dalam kategori kemaksiatan. Nanti saat materi lanjutan insya Allah terjawab

Q : Ustd. Syahadat yang sempurna bagi seorang Muslim itu seperti apa? Karena, Muslim saat ini banyak yang sudah mengucap syahadat tapi Belum paham Islam itu seperti apa. Masih mengabaikan peraturan Islam dan bahkan mereka mengaku Allah SWT adalah Tuhan satu-satunya. Tapi tidak takut atas kuasaNya.
A ; Ketika seorang muslim tidak lagi gelisah akan hidupnya, ketika seorang muslim berusaha maksimal ikuti aturan Allah dan meneladani rasulullah SAW
Q : Bagaimana caranya untuk mencapai syahadat yang sempurna ustd?
A : Memahami konsep hidup..dengan ikut kajian rutin,baca buku, memperbanyak teman yang soleh dan sholehah
Q : Ketika orang disekeliling kita belum paham untuk itu dan menolak dakwah kita, bagaimana Ustd?
A : Karena kita punya Allah..curhatlah..dan terus perbaiki komunikasi karena dakwah itu adalah ajakan yang persuasif
Q : Ustadz bagaimana menjaga hati agar senantiasa khusyu' dalam beribadah?
A : Pahami artinya
Q : Ustd. Bolehkah kita menyebut seseorang telah kafir, fasik, dan lainnya?
A : Jika dia sudah mengikrarkan diri tidak masalah, cuma harus dilihat dulu dalam keadaan seperti apa ya
Q : Maksudnya, ustas?
A : Ketika seseorang berikrar saya telah kafir misalnya
Q :  Berarti waullahu'alam yaa Ustd. Karena sekarang jarang yang mengaku kafir, dsb.
A : Toyyib
Q : Saya lagi mikir gimana bisa jadi pebisnis yang sukses. Gimana ya ust kalo kita mnghadapi kendala?
A : Sudah dijalankan usahanya ukhti? Apa yang ukhti resahkan saat ini? Hal yang mesti kita pahami adalah dalam hidup itu ada resiko, jadi orang sukses pun ada resiko yang menanti
Q : Saya takut di hari tua sesangsara.. karena saya berniat mensejahterakan keluarga dan lingkungan tempat saya tinggal
A : Subhanallah,sudahkah direncanakan kapan kah itu ukhti Sudah usia 35 saya harus jadi pengusaha yg suses . Yuk,dibuka al baqarah ayat 186
Q : Kendala yang sering saya hadapi adalah ga fokus sama tujuan, suka lalai sama amalan yang d sunahkan, sering kurang yakin.
A : Alhamdulillah..sdh mampu mengklasifikasi.point utama ttg masa depan adalah yakin..ini yg mesti dijaga. Untuk sukses masa depan pertama kita harus pahami Allah sdh punya putusan yang tidak kita ketahui oleh karena itu usaha maksimal. Belajar bagaimana jadi sukses,pelajari ilmunya,pelajari dari kisah hidup orang yg sdh sukses. Ikhlaskan,tawakal ketika kita sudah mengerjakan. Ada sunatullah yang setiap orang hrs jalani
Q : Ust.. Kita sudah bisa nih ya list kelemahan kita, itu bagaimana nyikapin biar istiqomah?? Trus gimana juga membentengi diri dari futur?? Biar ga lama-lama..
A : Istiqomah inilah yang memang tersulit,benteng futur itu ya iman dan berkumpul dengan orang soleh ukhti
Q : Setelah selalu dalam lingkaran teman dan orang-orang sholeh, tapi kita masih bisa berikap sebodoh aja gimana ust?? Apa itu godaan syetan?? Kadang saya gitu, tau sih obatnya tapi ya kenapa ga dijalanin..
A : Nah kalau ini judulnya gangguan syaitan
Q :Kudu d apain ust??
A : Dipertahankan terus dalam lingkaran ilmu ya..
Q : Ust.. Klo ruqyah gitu, ngaruh ga?? Terakhir ikut ruqyah massal ga berasa apa-apa
A : Insya Allah dengan banyak baca al quran dan dzikir pagi dan petang akan menguat kan jiwa
Q : Assalamualaikum ustad...Mo tanya ustad..doa nabi zakaria apa ya..? Ustdz berati usaha juga harus dibarengi dengan amalan-amalan ya
A : ذِكْرُ رَحْمَتِ رَبِّكَ عَبْدَهُ زَكَرِيَّا (2) إِذْ نَادَى رَبَّهُ نِدَاءً خَفِيًّا (3) قَالَ رَبِّ إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنْ بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيًّا (4) وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا (5) يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا (6)
Menyebutkan penjelasan tentang rahmat Tuhanmu kepada hamba-Nya, Zakaria (2). Tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut (3). Ia berkata “Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku (4). Sesungguhnya aku khawatir terhadap kerabatku sepeninggalku, sedang istriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera (5), yang akan mewarisi aku dan mewarisi keluarga Ya’qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai.” (6) (QS. Maryam: 2 – 6).
Usaha harus dibarengi dengan keyakinan pada Allah dan dzikrullah
Q : Ustad doa nabi Zakaria di baca untk memohon dikaruniai keturunan atau untuk di mudahkan rezeki? Surat Al-waqi'ah untuk memohon di mudahkan rezeki ya ustad? Tmks
A : InsYa Allah bisa digunakan
Q : Ust kalo suka panikan adakah doanya? Kalo menghadapi situasi yang tak enak
A : Sebenarnya panik itu kan dari persepsi ktika hadapi masalah,ya rileks. Untuk do`a scara spesifik tentang kasuistik panik ana blum bisa jawab. Karena harus dilihat dulu konteks seperti apa. Sering tilawah, dzikir pagi petang ya. Al ma`tsurat, jika ada waktu yang lebih luang gunakan dzkir al ma`tsurat kubro
Al ma`tsurat itu kitab kecil yang dikarang oleh ulama yang bernama hasan al banna. Itu merupakan do`a do`a yg biasa rasulullah saw untaikan
Q : Ustad gimana cara menghafal Al-qur'an yang efektif? Adakah program WA untuk menghafal? Untuk surat-surat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari aja ustad.
A : Nanti saya coba usulkan kali ya,insya Allah
Q : Ustadz..Klo doa minta jodoh ada ga
A : Ada banyak itu mah. Untuk yang ini ana mau penegasan sudahkah ukhti sering panjatkan doa sesering mungkin? Sudah target kan kapan nikah? Dan yakin dengan do`anya?
Do`a itu pada dasarnya senjata dari mukmin,ia boleh dengan bahasa apa saja. Asal bukan doa yang maksiat ya. Doa itu temannya KEYAKINAN.
Q : Ada pelatihan tentang keyakinan itu kah??
A : Banyak sih..tapi diri sendiri juga bisa dan lebih kuat. Buka you tube
Q : Keyword nya apa ustad??
A : Motivasi islam misalnya..
Q : Biasanya doa dari ustadz lebih mujarab jadi apa nih doa supaya cepat dapat jodoh?
A : Nah ini namanya kurang yakin..

Kita akhiri kajian hari ini dengan lafadz Hamdallah dan do'a kifaratul majelis.
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
-Mu.”


Wassalamu'alaykum warahmatullah..

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment