KECANTIKAN RAMBUT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, November 18, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA اللهِ NANDA 115 & 116
Hari/Tanggal : Selasa, 18 November 2014
Materi : Kecantikan Rambut
Narasumber : Ummi Eny Tri Haryati
Notulen : Riski Ika Wati
Editor : Herniza & Ira Wahyudiyanti


Bismillah…
Assalamu'alaykum nanda
Alhamdulillah, semoga semua nanda cantik dalam keadaan sehat dan sholehah. Aamiin.     

Kesempatan ini kita akan khusus membahas perawatan untuk rambut.khususnya untuk yang berhijab ya.
Silahkan yang mau langsung tanya-tanya. Mohon maaf ya nanti kalau agak slow respon, nih sambil otw. Monggo..


TANYA JAWAB
1.      Perawatan yang baik untuk yang berhijab seperti apa ummi?
Jawab:
Pemilihan bahan hijab harus yang menyerap keringat, bisa dari bahan katun atau bahan kaos, yang jelas harus berpori agar sirkulasi udara bisa lancar.

2.   Saya mau tanya bund... kalau untuk wanita berhijab mencuci rambut yang baik itu berapa kali dalam seminggu ya?
Jawab:
Mencuci rambut untuk yang berhijab sebenarnya bisa daily, apalagi yang jenis rambut berminyak.

3.      Kemarin malah agak pitak sedikit, jadi rambutnya tipis di satu bagian keliatan kulit kepalanya
Jawab:
Untuk rambut tipis bisa dicoba dengan tonik setiap habis keramas, tentu dengan memilih produk yang halal dan sesuai jenis rambut

4.   Mau tanya, apakah benar semakin panjang rambut itu semakin sering pula rontok dan mudah lembab dan berhijab pula?
Jawab:
Memang rambut yang panjang bisa lebih mudah rontok, akan tetapi jika akar rambut kuat tentu akan mengurangi jumlah yang rontok. Memang kulit kepala lebih mudah lembab ketika kita berhijab, tapi semua bisa dihindari.

5.    Apakah benar bunda bagi yang menyambung rambut atau yang menyambungkan itu hukumnya haram dan dosa?
Jawab:
Menyambung rambut haram ya

6.      Kalau saya biasa pakai yang bahan wallpeach bun boleh kah? Karena bahannya tidak menerawang
Jawab:
Boleh nanda

7.      Kalau mewarnai rambut bagaimana?
Jawab:
Mewarnai rambut dengan inai boleh tapi tidak untuk warna hitam

8.  Bunda saya mau tanya lagi... rambut saya rontok karena salah pakai obat... harusnya pakai hairtonic tapi saya pakainya serum dan untuk mengembalikan itu semua saya biasanya creambath itu bagus tidak ya?
Jawab:
Untuk rambut yang sudah rontok sebaiknya menghindati creambath dulu, kalau mau perawatan disarankan untuk masker rambut saja dan tetap memilih produk yang sesuai dengan jenis rambut

9.      Oh ya bun, untuk produk saria*u sekarang kan ada yang untuk wanita berhijab itu bagus tidak ya bun? Soalnya waktu itu saya rencana mau beli pas liat komposisinya ada estrak cabainya... jadi tidak jadi beli
Jawab:
Saya kira bagus dan tidak itu tergantung cocok apa tidak dengan jenis rambut kita. Kalau masalah komposisi tentunya itu sudah melalui penelitian, jadi asal sudah ada ijin BPOM dan MUI saya kira bagus-bagus saja. Cuma harus disesuaikan dengan jenis rambut ya nanda

10.  Bunda.. saya kan rambutnya tebal.. trus kadang rontok... cara penanganannya gimana yah?
Jawab:
Memang banyak masalah rambut rontok pada perempuan yang berhijab.. untuk meminimalkan usahakan kita memilih bahan hijab yang menyerap keringat atau yang berpori agar sirkulasi udara lancar. Usahakan warna yang tidak gelap. Usahakan rambut dalam keadaan benar-benar kering ketika mau memakai hijab. Iya, sebaiknya untuk yang berhijab setiap hari cuci rambut.. apalagi cuaca panas. Produksi keringar pasti bertambah artinya kulit kepala juga berkeringat, keringat banyak mengandung minyak selain air.. so daily saya kira lebih bagus. Kalau mau cuci rambut tiap hari bisa memilih sampo yang daily use atau sekedar cuci rambut saja. Makanya seperti saya bilang tadi frekuensi keramas tidak bisa diatur berapa kali seminggu, tapi lebih memperhatikan seberapa perlu kita keramas

11.  Bunda saya suka bingung... pakai shampo untuk rambut rontok ketombenya muncul, pakai yang anti ketombe rontoknya yang makin parah. Kalau saran bunda baiknya pakai shampo apa ya? Ada rekomendasi?
Jawab:
Ya memang serba salah banget kalau begitu ya.. mungkin bisa sesekali konsultasi ke ahli tata rambut

12.  Kalau saya pingin rambut halus dan lembut, soalnya sering susah diatur.. Kalau creambath pakai honey + kemiri benar tidak ya bunda pilihanya?
Jawab:
Untuk rambut lembut setelah keramas bisa dilanjut conditioner, dan seminggu sekali bisa masker rambut. Sudah tepat pake honey

13.  Bundaa... Untuk meluruskan rambut apakah baik dengan catok dan alat-alat di salon lainnya? Ada tips meluruskan rambut alami?
Jawab:
Perlakuan rebonding adalah mengubah struktur protein rambut secara permanen dan terkategori tindakan mengubah ciptaan Allah, sehingga hukumnya haram. Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: “Allah ‘Azza Wa Jalla melaknat orang yang mentato dan yang minta ditato, yang mencukur alisnya dan mengikir giginya untuk kecantikan, yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. Bukhori-Muslim). Walau permintaan suami tetap jangan ya, kan haram.. .dosa semua malah

14. Tanya lagi ya bun, hair spa itu bagus tidak? Efektifnya berapa kali? Kalau masker rambut sebaiknya berapa kali bun?
Jawab:
Bagus nanda. Hair spa sebulan sekali ok, kalau masker rambut bisa lebih sering, 2 pekan sekali atau bahkan seminggu sekali tidak apa-apa

15.  Tanya lagi bun... apa penggunaan hair dryer juga dapat menyebabkan rambut rontok ya?
Jawab:
Memang pengering rambut bisa jadi salah satu penyebab rambut rontok. Sebaiknya biarkan kering alami, jika harus mengeringkan dengan hair dryer gunakan temperatur rendah dengan jarak 10-15 cm dari rambut

16.  Kalau yang rontok mending pakai serum atau tonik bunda? Apa perbedaannya?
Jawab:
Hair serum bisa menutrisi kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut baru akan cepat, hair tonik membantu untuk menghentikan kerontokan walau perlu waktu, jadi harus sabar

17.  Bund... saya rambutnya tidak pernah pendek karena saya suka rambut panjang. Saya pakai kondisioner juga. Kata karyawan salon rambut saya kering di ujung, tapi kalau saya lihat tidak. Nah kemarin saya belum lama sakit tipus, apa itu yang menyebabkan akhir-akhir ini agak lumayan banyak rontoknya atau kondisionernya? Tapi rambut saya masih lebat
Jawab:
Bisa jadi rontok karena sakit tipus, karena saat tipus biasanya mengalami demam tinggi

18.  Iya saya 40"c waktu itu dan diopname. Nah saya pikir semenjak itu kok rambut jadi gampang rontok. Solusinya apa bund? Tapi tanpa menghilangkan pemakaian kondisionernya
Jawab:
Kalau penyebabnya itu justru dengan berjalannya waktu akan sembuh seiring pulihnya kondisi tubuh

19.  Bukan kah perawatan masker rambut hampir sama dengan creambath bun?
Jawab:
Berbeda nanda, perawatan masker rambut tidak ada pemijatan. Jadi hanya rambut yang di treathment


Nanda, saya rasa cukup dulu ya. Semoga bermanfaat.
Mohon maaf kalau banyak yang kurang.
Demikian kajian hari ini. Kita tutup dengan hamdalah, istighfar 3x, dan doa kafaratul majelis.
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr wb



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT