Home » , » Keseahtan - Diare Pada Dewasa

Keseahtan - Diare Pada Dewasa

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, November 15, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT 25 dan 26 UMI Hari, tanggal : Jumat, 14 November 2014 Nara Sumber : dr. Icha Materi : Kesehatan Admin : Lia Juna dan Ida Rekapan : Puji Maulani Lestari dan Ida
Editor : Indah Permata Sari Bismillah... Assalaamu'alykum warohmatullaahi wabarokaatuh.. Apa kabar semangat mengkajinya umi ? Ayo jangan patah semangat untuk mengkaji, karena menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Berikut materinya:

‪ ﺑِﺴﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣﻤٰﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣﻴﻢ
ﺭَﺏِّ ﺯِﺩْﻧِﻲ ﻋِﻠْﻤًﺎ ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻨِﻲْ ﻓَﻬْﻤًﺎ
ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﻋِﻠْﻤًﺎ ﻧَﺎﻓِﻌًﺎ , ﻭَ ﺭِﺯْﻗًﺎ ﻃَﻴَّﺒًﺎ , ﻭَ ﻋَﻤَﻼً ﻣُﺘَﻘَﺒَّﻼ
ﺁﻣﻴﻦ ﻳﺎ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦ


Diare pada Dewasa
〰〰〰〰〰〰〰
✅ Buang air besar dengan tinja berbentuk cair atau setengah cair (setengah padat), kandungan air tinja LEBIH BANYAK dari biasanya lebih dari 200 gram atau 200 ml/24 jam.
 Diare itu apa yaa?
✅ Definisi lain memakai kriteria frekuensi, yaitu buang air besar encer LEBIH DARI 3 kali per hari. Buang besar encer tersebut dapat/tanpa disertai lendir dan darah.


✅ Penyakit Diare biasanya berlangsung beberapa hari dan sering sembuh atau hilang tanpa pengobatan. Akan tetapi Lebih dari 2 juta kasus diare akut "infeksius" di Amerika setiap tahunnya, yang merupakan penyebab KEDUA dari morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia. adapula penyakit diare yang berlangsung selama berminggu-minggu atau lebih.
 Sekilas catatan untuk diare bunda... Apa aja yang bisa menyebabkan diare?
✅ keracunan makanan. Diare pada dewasa disebabkan makanan dan minuman yang tercemar kuman, seperti Eschericia coli (patogen), Salmonella sp, Shigella, virus, parasit seperti amuba, beberapa jamur seperti Candida sp.
Banyak penyebab diare, antara lain: ✅ infeksi (bakteri, parasit, virus  lebih sering pada anak), ✅ efek obat-obatan dan lain-lain Apa biasanya tanda yang menyertai diare? ✅ Kram perut
 Mengelola sampah dengan baik
✅ Nyeri perut ✅ Demam ✅ Darah dalam tinja ✅ Kembung Gimana sih mencegah diare?  Mencuci tangan  Minum air bersih yang telah diolah  Mengkonsumsi makanan yang matang baik
Dear bunda, jgn khawatir.. lakukan rehidrasi sebaik mungkin yaa.. bisa dengan minum air ataupun oralit. Makan makanan yg lebih mudah d cerna yaa seperti bubur, jus dll..  *krn perut dlm keadaan blm baik.
*ah kalau soal bersih bersih begini ana percaya bunda2 shalehah disini cinta kebersihan yaa  Kalau sudah terlanjur diare bagaimana?
Oiya.. Tidak khawatir bukan berarti boleh didiamkan yaa diarenya..
kalau masih berlanjut.. boleh dengan obat warung  (selama tidak ada keluhan seperti adanya darah, demam, atau d sertai muntah2.. baiknya lgsg k dokter yaa.. ) Hmm minum obat warung pun sbaiknya tidak sampai 3hari lebih.. Apa diare itu bisa berbahaya?
 Mengalami dehidrasi – Ditandai oleh rasa haus yang berlebihan, mulut kering atau kulit kendur, Buang air kecil jarang, sedikit atau tidak sama sekali, lemas, pusing, atau urin berwarna gelap.
Bisa bundaa.. kalau diarenya bisa menyebabkan dehidrasi Kapan harus ke dokter?  Kalau diarenya sudah lebih dari 2 hari  Diare disertai sakit perut atau dubur yang parah.  Diare dengan tinja berdarah berwarna merah atau hitam.  Diare disertai demam di atas 39 C Tanya Jawab Group HA 25 Ummi
Maaf klo pagi padahal blm makan apa apa paling cuma minum air putih aja... Selang berapa menit dah kebelet bab.... Tu rutin tiap hari.... Tinja juga... Lembek tp bukan mencret.... Apakah hal spt wajar ... Bu
Berikut pertanyaan dan jawaban mengenai materi :  Bu dokter mo tanya  Selama nda melebihi 3x nda apa bun..
 Bu dokter cucu sy umurnya 20 bln. Kl ketemu barang2 apa aja suka dimasukkan ke mulut
 Anak saya kan umur 8bln dok,sdh ndak minun asi,minun nya sufor.sdh mulai makan bubur kasar.BAB nya kadang 2hari sekali dok.pdhl sufornya sdh sesuai takaran,buburnya pun sebisa mgkn saya campur dg macem2 sayuran dok.knp ya dok?mohon masukannya dokter... Afwan klo tanya keluar dr materi   nda apa bun.. Maksimal > 3hari bun br perlu d konsultasi kan lbh lanjut..
Bagian luar lubang anusnya jd ada yg agak melebar,yg bagian kerut2 itu...wasir bukan dok?perlu penanganan lebih lanjut tdk(obat atau cream)?sayur n air putih sdh dibanyakin n mereka doyan,terimakasih byk
Perlu dikasih obat cacing ga dok? Kadang2kan barangnya ada di tanah  boleh dgn catatan dgn pengawasan ya bun.. dan menggunakan obat cacing khusus anak2.. d bawah 2 tahun baiknya menggunakan yg isinya pirantel pamoat.. pertimbangankan manfaat yang jauh lebih besar yaa..  Bu dokter,anak2 saya BABnya seringnya padat,sejak baby..umur 6 thn dan 1th 10 bln.Klo pup ngedennnn 
 alhamdulillah kl menyukai sayuran .. untuk memastikan wasir atau bukan mesti d lihat pemeriksaan langsung ya bun.. baiknya d konsultasi kan ke dokter untuk dilihat secara langsung..


7:43 malam 14 Nov - ‪+62 888-2806-507‬:  anak saya 7 th...kurus skali krn makannya susah, sekalinya makan banyak eh sesudah makan langsung minta BAB banyak...kira2 knp dgn perutnya ya dok...sehari2 pasti bab sih tapi emang sedikit,

 Masukan=pengeluaran bun.. apabila anaknya makan sedikit.. yg d keluarkan pun sedikit.. apabila makan banyak jg demikian.. mgkn makanan nya perlu d variasi kan bun lebih menarik agar anak senang melihat makanannya dan mau memakannya.. atau kl d perlukan vitamin penambah nafsu makan pun nda apa insyaallah.. 

 Dokter,biasanya kan karna diare jd dehidrasi trz badannya panas ya dok? Kmrin pas suami saya badannya panas tinggi,besok pagi nya suhunya agak turun,trz diare dok.apa panas yg tinggi jg bisa berefek ke diare ya dok?
 Nanya jg ni.sy sering masuk angin,kdg mencret.apa karena angin itu mencret datang,atau bukan ya dok? Saya pernah mndgr teman bilang kalo sering masuk angin yg jenisnya_"angin duduk" merupakan gejala pnyakit jntung koroner.apa betul dok?
 Dehidrasi nda selalu menyebabkan panas bun .. panas yang tinggi bs menimbulkan metabolisme menjadi lebih cepat. Termasuk pencernaan.. d lihat dl sebab panasnya krn apa.. apakah bakteri, virus.. dan d lihat dl brp lama panas yg d alami bun..
 Bukan bun.. diare ada banyak sebabnya seperti yg sudah d uraikan d atas.. afwan krg paham yg d maksud dgn angin duduk spt apa gejalanya.. untuk menentukan penyakit koroner ada banyak hal yg harus d gali bun.. baik dr riwayat pasien, gejalanya, pemeriksaan fisik dan lab penunjang..




Pertanyaan Group HA 26 Umi

1.Tanya 


bu dokter.. anakku yg paling kecil umurnya 19 bulan. Dia sering banget diare.. kadang sembuh 1 minggu mencret lg 3 hari, atau sebulan sehat trus diare lg. Sbg info anak saya belum mau makan nasi, kalo makan nasi kyk minum obat... harus di paksa trus kalo dah gitu malah muntah. Jadi cuma minum susu formula tok. Diarenya apa krna susu ya dok? Trus gimana penanganan yg tepat?

Jawab:

kalau diare nya sering kmgknan alergi susu sapi bun, ada baiknya sementara d ganti dengan susu yg bkn dari hewan bun.. susu kedelai atau susu soya..


2. minum kelapa/degan ijo itu ngaruh ga bu dokter utk ngobatin diare?mksh
3. kalau nanyanya agak jauh dr tema boleh bu dr icha?
Jawab kl untuk kenyamanan dan menggantikan cairan insyaallah bs bun.. namun untuk mengobati afwan aku blm baca penelitian ttg hal tsb..
 perut kembung sbenarnya adalah bisa karena subyektif atau obyektif.. subyektif dialami oleh org tsb dgn kelainan organ ttntu misal lambung secara kasat mata nda terlihat, kl kelainan obyektif adanya perut membuncit dikarenakan banyaknya udara dl perut tsb karena gangguan peristaltik(gerakan usus), untuk mendiagnosis pasti maag atau bkn baiknya d lakukan pemeriksaan menyeluruh bun ..
saya suka kembung. tp g punya penyakit maag. Pa itu dah gejala awal maag yah..
Jawab tafadholy bun.. dgn oralit saja jg sudah mencukupi insyaallah
4.bu dokter, dikeluarga sy klo diare seringnya selain minum obat biar mampet juga ditambah minum (maaf sebutinmerk) pocari sweat.. itu boleh ga ya??
5. 🙋bu dokter : anak saya 8 th blm lama ini *maaf .. pup nya ada keluar darah segar merah sedikit. Konsul ke dr katanya hanya sembelit krn memang kurang serat. Anakku memang anti sayur dan buah . Adalah cara lain buat mengatasi anak yg kurang makan buah dan sayur dok?
Jawab bisa d variasi kan bun.. buah2an atau sayuran d bentuk agar menarik bagi si anak, dlm bentuk jus jg nda apa.. atau d coba buatkan agar bun.. krn agar banyak seratnya dan rasanya lebih enak  6. Nanya Dok,,, ada temen yg setiap kali anak2nya diare, pusing2 plus panas, dikasih jamu "tolak angin" (maaf sebut merk, biar jelas), dan selalu sembuh. Apa dibenarkan tindakan itu, secara medis? Jazaakillah jwbannya..
8.dok kl tulisan ini betul g?
 aku ndak menyarankan hal tersebut krn blm mnemukan penelitian ttg hal tsb bun.. baiknya tmnnya d sarankan menggunakan oralit saja atau buat sendiri larutan gula garam  7.Dok.. kalo menangani reflux gastroesofagus gimana ya? Hehe... diluar tema Jawab: Makanan yg sudah d cerna kembali dr saluran pencernaan ke esofagus, krn ada gangguan spincter atau lingkaran otot pada perbatasan lambung dan esofagus,. IKATAN DOKTER INDONESIA (IDI
Dr.H.ISMUHADI, MPH jawabUntuk tulisan tersebut pernah d klarifikasi bahwa hanya hoax atau palsu.. wallahualam..
Saat ini sedang ada wabah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang. Jangan minum produk-produk: EXTRA JOSS, M-150, KOPI SUSU GELAS, KIRANTI, KRATINGDAENG, HEMAVITON, NEO HORMOVITON, MARIMAS, FRUTILLO, SEGAR SARI, POP ICE, SEGAR DINGIN vit C, OKKY JELLY DRINK, INACO, GATORADE, NABATI, ADEM SARI, NATURADE GOLD, AQUA SPLASH FRUIT, karena mengandung ASPARTAME (lebih keras dari Biang Gula) racun yang menyebabkan diabetes, kanker otak dan bisa mematikan sumsum tulang. Teruskan kepada orang-orang yang kita cintai dan kita sayangi. 9.kl u penanganan awal kl perut kembung gmn? kadang saya jg minum tolak angin jg dok.  bisa dengan teh hangat bun atau minuman hangat yg buat bunda nyaman.. sementara makanan berlemak d kurangi, susu, yg pedas2, makan perlahan lahan.. 10.Tanya dr icha, Dit4 sy sdg marak diare dan muntah..anak" maupun dewasa.
Alhamdulillaah, semoga materi dan diskusi kita ini berkah dan bermanfaat...
Apakah ini bs dikatakan wabah? krn diperumahan dan lingkungan sekitar jg banyak y tjangkit. Adakah solusi supaya kami tdk kena penyakit itu? Jazakillah dr. JawabKl kasusnya sampai perumahan dan sekitar bs d katakan wabah bun.. d lihat dl bun apa penyebab dr masalah tsb.. d adukan saja bun kepada rt rw dan puskesmas terdekat.. nnti insyaallah d pelajari lebih lanjut sebab dari kasus tsb.. masyaaAllah.. smg d berikan kesembuhan yaa semuanya  Apabila sudah tidak ada pertanyaan.. izin undur diri dl yaa ukhtyfillah..  Aasif apabila terdapat kesalahan dlm pemilihan kata atau ada yg krg berkenan.. Jazakunnallahu khairan untuk semua uktyfillah, juga untuk yg berkenan ikut partisipasi dan berbagi.. Semoga sharing ilmu yg sedikit ini, bs bermanfaat untuk kita semuanya.. Allahumma Aamiin 

ﻭَﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺕُ ﻩ Doa Kafaratul Majelis :
​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك  Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika  “Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!