Home » , , » KESEHATAN - DEMAM

KESEHATAN - DEMAM

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, November 19, 2014

Rekap Kajian Grup 103/104

Rabu, 19 November 2014
Pemateri : Dr. Ella Amalia
Tema : Demam
Editor : Ira Wahyudiyanti


Assalamu'alaikum akhwatifillah.. perkenalkan saya Ella Amalia dari Palembang. InsyaAllah akan mengisi kajian sore ini pkl.15.30, ttg kesehatan, tema Demam. Apakah sdh pernah diberikan sebelumnya? Syukron

Demam adalah keadaan dimana terjadi kenaikan suhu hingga 38 C atau lebih. Ada juga yang yang mengambil batasan lebih dari 37,8C. Sedangkan bila suhu tubuh lebih dari 40C disebut demam tinggi (hiperpireksia)
Demam hanya merupakan suatu gejala, bukan penyakit tertentu. Penyebab demam dapat berupa infeksi, dapat juga dapat disebabkan oleh keadaan keracunan, keganasan atau reaksi terhadap pemakaian obat, juga pada gangguan pusat regulasi suhu sentral (misalnya: perdarahan otak, koma).
Pada dasarnya untuk mencapai ketepatan diagnosis penyebab demam diperlukan antara lain: ketelitian penggambilan riwayat penyakit pasien, pelaksanaan pemeriksaan fisik, observasi perjalanan penyakit dan evaluasi pemeriksaan laboratorium.serta penunjang lain secara tepat dan holistik.
Beberapa hal khusus perlu diperhatikan pada demam adala cara timbul demam, lama demam, tinggi demam serta keluhan dan gejala lain yang menyertai demam.

Beberapa keadaan yang bisa berhubungan dengan demam adalah :
1. Infeksi dan radang. Keadaan ini yang paling lazim menyebabkan demam. Bahkan hampir semua orang beranggapan bahwa jika terjadi demam maka pasti si penderita sedang mengalami radang atau mungkin juga infeksi. Demam sendiri merupakan salah satu tanda khas yang menyertai radang.
2. Dehidrasi. Kekurangan jumlah cairan tubuh akan menyebabkan kenaikan suhu. Contoh keadaan ini dapat ditemui pada orang yang mengalami diare atau muntah-muntah. Selain ituu tidak jarang pada anak-anak yang mengalami infeksi saluran napas akut dapat terjadi dehidrasi akibat penguapan melalui paru-paru. Ketidakseimbangan intake cairan dengan jumlah yang dikeluarkan tubuh menyebabkan tubuh berkompensasi dengan menaikkan suhunya.
3. Pasca immunisasi seringkali diikuti dengan demam pada anak yang diimunisasi. Namun demam bukan suatu hal yang patologis karena merupakan reaksi tubuh terhadap masuknya zat imun ke dalam tubuh.
4. Anemia, kekurangan sel-sel darah merah berpotensi menaikkan suhu tubuh.
5. Udara dan lingkungan.

Cara mengatasi demam dirumah:
1. Secara Fisik
Mengawasi kondisi pasien dengan : Pengukuran suhu secara berkala setiap 4-6 jam. Pada anak, perhatikan apakah mata anak cenderung melirik ke atas atau apakah anak mengalami kejang-kejang. Demam yang disertai kejang yang terlalu lama akan berbahaya bagi perkembangan otak, karena oksigen tidak mampu mencapai otak. Terputusnya suplai oksigen ke otak akan berakibat rusaknya sel-sel otak.
penanganan fisik:
a. Bukalah pakaian dan selimut yang berlebihan
b. Memperhatikan aliran udara di dalam ruangan
c. Jalan nafas harus terbuka untuk mencegah terputusnya suplai oksigen ke otak yang akan berakibat rusaknya sel – sel otak.
d. Berikan cairan berupa minuman. Minuman yang diberikan dapat berupa air putih, susu (anak diare menyesuaikan), air buah atau air teh. Tujuannnya adalah agar cairan tubuh yang menguap akibat naiknya suhu tubuh memperoleh gantinya.
e. Tidur yang cukup agar metabolisme berkurang
f. Kompres dengan air biasa pada dahi, ketiak,lipat paha. Tujuannya untuk menurunkan suhu tubuh dipermukaan tubuh anak. Turunnya suhu tubuh dipermukaan tubuh ini dapat terjadi karena panas tubuh digunakan untuk menguapkan air pada kain kompres. Jangan menggunakan air es karena justru akan membuat pembuluh darah menyempit dan panas tidak dapat keluar.
g. Saat ini yang lazim digunakan adalah dengan kompres hangat suam-suam kuku. Kompres air hangat atau suam-suam kuku maka suhu di luar terasa hangat dan tubuh akan menginterpretasikan bahwa suhu diluar cukup panas. Dengan demikian tubuh akan menurunkan kontrol pengatur suhu di otak supaya tidak meningkatkan pengatur suhu tubuh lagi. Di samping itu lingkungan luar yang hangat akan membuat pembuluh darah tepi di kulit melebar atau mengalami vasodilatasi, juga akan membuat pori-pori kulit terbuka sehingga akan mempermudah pengeluaran panas dari tubuh.

2. Obat-obatan Antipiretik
obat penurun panas dapat digunakan jika suhu tidak turun2. umumnya obat yg aman digunakan adalah parasetamol atau ibuprofen untuk anak

kapan harus segera dibawa ke dokter:
1. panas tdk turun dalam 3 hari setelah diberi intervensi
2. demam disertai kejang
3. demam disertai perdarahan (mimisan, gusi berdarah, dll)
4. demam disertai muntah2 hebat
5. demam dengan penurunan kesadaran.



Tanya-Jawab:

Tanya: Dok jadi kompresnya bisa dg air hangat atau biasa ya? Kl yg dg air biasa hanya boleh di 3 area itu ya?
Jawab: Iya.. disarankan dgn air hangat atau air biasa, krna klo pake air dingin justru memicu tubuh lebih meningkatkan suhu tubuhnya lagi. Disarankan di 3 daerah itu karena ada pembuluh darah besarnya, jd diharapkan paparan yg terkena kompres lebih luas. Tapi klo perlu bisa di area lain seperti leher.

Tanya: Dok, knapa ya kalo demam ga bisa langsung bener2 sembuh? Habis minum penurun panas kemudian suhunya turun, tp bbrp jam kemudian naik lagi. Begitu terus sampe berhari2. Apa demam memang karakternya seperti itu dok?

Jawab: seperti yg dibilang di awal, demam cuma salah satu gejala penyakit. Jadi harus dianalisis penyakit sebenernya apa. Misalnya infeksi radang tenggorokan, bisa menyebabkan demam, selama infeksi radang tenggorokannya blm diatasi, maka demamnya akan berulang terus.
Atau misal demam krna tipes, selama masih ada infeksi bakteri salmonella, demam jg akan berulang. Karena itu perlu diketahui dulu sebab demamnya, dan obati penyebabnya..
------------------------
Tanya: Kl pelihara kucing/ayam bisa berakibat terkena virus toxoplasma yg buat kita mandul ya?

Jawab: Parasit toxoplasma memang byk ditemukan di unggas dan kucing. Wanita dewasa yg terinfeksi biasanya memang tdk merasakan gejala yg berarti, kadang sekedar demam ringan. Efek yg paling sering muncul justru pd janin, sering terjadi keguguran, atau cacat organ pada janin.
Tapi sebenernya klo kita menerapkan pola hidup sehat, kebersihan rumah & hewan peliharaan dijaga, insyaAllah tdk mudah terinfeksi toxoplasma.
------------------------
Tanya: saya kalo kumat anemianya tuh suka mendadak. Pagi sehat nanti tiba2 siang pingsan. Tp gak panas badannya. Tp pusingnya mnta ampun. Gmna ya dok buat antisipasinya?

Jawab: sebaiknya diperhatikan penyebab anemianya, apakah kurang nutrisi, kehamilan, infeksi cacing, penyakit keganasan, dll. Jika sdh tau, bisa diatasi penyebabnya. Pingsan bisa jd karena suplai darah & oksigen yg berkurang ke otak. Jika sdh merasa pusing, keringat dingin & sering menguap, segera duduk atau berbaring dgn posisi kepala lebih rendah sambil melonggarkan pakaian.
Sebaiknya jg mgkonsumsi suplemen penambah darah.
-------------------
Tanya: Saya memang pola mkn agak susah dokter kdang jika uda capek krja mandi lngsung istirahat .. Kalau di bilang itu pola mkn ga teratur .. usia 21 thn tapi berat badan itu 35 kg trs dok ..ga pernah naik segitu segitu saja kira kira penyebabnya knpa berat badan segitu normal apa tidak pdahal saya srng di ksih obat nafsu mkn sm dokter .. Contoh kalori keluar apa ya? Oya, saya ada asam lambung.

Jawab: klo kondisi tubuh memang normal, tanpa penyakit, coba dievaluasi dulu. Berapa banyak kalori yg masuk & berapa byk kalori yg keluar. Klo byk kan yg keluar, memang akan kurus. Atau misalnya idealny berat badan mb 45kg, tapi asupan kalori yg masuk cuma utk 35kg, maka berat badannya ya tetap 35kg.
Klo gak bisa makan yg byk bisa frekuensinya yg diseringkan. Byk nyemil.

contoh kalori keluar adalah energi yg dibutuhkan utk metabolisme dasar tubuh (basal metabolic rate), kemudian aktivitas fisik, stress, dll

Semua org ada asam lambung. Krna memang dibutuhkan. Tapi kerusakan pd dinding epitel lambung, berupa luka, maka dpt menimbulkam nyeri bila asam lambung berlebihan. Justru kondisi ini lebih disarankan utk konsumsi makanam dalam jumlah kecil, tapi sering.. gakpp ngemil sekali2.
--------------------------------
Tanya: saya kalau cape bnget jg mimisan bnyak itu kenapa ??

Jawab: Mimisan byk penyebab, hormon jg bisa menyebabkan endothel pembuluh darah rapuh, sehingga sedikit gesekan saja bisa bikin mimisan. Sebaikny istirahat, & konsumsi vitamin b & c
--------------------------
Tanya: Ana udh serg priksa tp blm smpt cek darah. Dlu parah bgt sehari smpe 3x pingsan krna lemesnya mau d opnam di kampung sendrian. iya kalo berdiri lama pusing. Bahkan ke pasar aja udh pucet krna kurg oksigen. Wktu itu saya udh lmes trs duduk trs pas bangun sbntr malah lgsg pingsan

Jawab:
normal hb wanita 12-14 g%, org indonesia sedikit di bawah itu masih normal.
Anemia tdk secara lgsung mempengaruhi kehamilan, tapi memang bisa brpgaruh mghambat metabolisme tubuh serta menurunkan suplai darah ke janin
-----------------------
Tanya: Dok kdg kalo asam lambung kumat badan suka panas dan menggigil apa memang seperti itu ya? atau kalo sdg radang pasti demam.


Jawab:
gejala sindroma dispepsia bervariasi utk setiap orang. Tapi jika sdh mengganggu sebaiknya diperiksa dgn jelas, apakah sdh ada luka atau tukak pada lambung. Luka yg terus menerus bisa memicu terjadinya radang.
Radang mengakibatkan tubuh mengeluarkan zat2 peradangan yg salah satunya prostaglandin yg dapat memicu demam. Tinggi tdknya demam tergantung jg seberapa byk zat radang yg dilepaskan.
-----------------------
Tanya: Ada info suplemen penambah darah yg mujarab ga dok? tmn saya kasusnya sama.. Tp dia Udah mnum sangobion ga ngaruh dok..
Normal HB brpa ya dok? Apa anemia bsa menunda kehamilan dok?

Jawab: saran saya sebaiknya benar2 diperiksa ke dokter penyebab anemianya td, apakah memang ada faktor pembentukan darah yg berkurang, apakah ada infeksi kronis atau cacing, atau ada penyakit keganasan. Jika penyebabnya bisa diketahui dgn jelas, kita bisa mengobati penyebabnya dulu, baru kemudian mengatasi anemianya..
----------------------
Tanya:

1.tinggi saya 162, usia jalan 20, berat badan yg ideal berapa ya dok?
Jawab: berat badan ideal bisa dihitung dgn rumus praktis 90% x (tinggi badan - 100)
Jd BB ideal mb = 90% x 62 = 55,8kg

2. Kalo tes kesuburan utk wanita itu gmna crnya ya dok?
Jawab: tes kesuburan bisa dengan memeriksakan kondisi anatomi organ sex, misal rahim, tuba, & ovarium, jg memeriksa bbrp hormon seperti progesteron, estrogen, dll, serta ada tidaknya infeksi yg berpengaruh pd kandungan.

3. Penderita hepatitis B kalo mau check up utk tau lbh detail penyakitnya dg cara tes darah ke lab, yg harus di cek apa aja ya dok?
Jawab: klo hepatitis B yg lazim diperiksa: HbsAg, antibodi Hepatitis virus B (IgG, IgM), HbeAg, SGOT, SGPT, dll..
-------------------------
Tanya:
Kasus saya sama dok.. tinggi saya 160 berat 40 dok.. mentok gitu2 aja.. padahal klo dgn berat bdan sgitu idealnya berat 55kg kan dok?
Klo nyemil saya hobby nyemil malah dok.. tp kok nda nambah2 ya berat badannya.

Jawab:
bisa jd karena aktivitas yg tinggi. Memang harus ada kesesuaian antara aktivitas & asupan makanan. coba konsumsi makanan yg tinggi kalori, atau boleh jg konsultasi di bagian gizi utk mgatur pola makan (biasanya di bbrp rumah sakit daerah ada bagian konsultasi gizi).
-----------------------------
Tanya:
Lalu dokter perlu tidak periksa ke lab jika trs trsan mimisan bgtu...

Jawab:
dalam seminggu brp kali mimisan? Jika sering, boleh dikonsultasikan dulu ke dokter spesialis tht utk melihat apakah ada kelainan anatomi hidung. Jika tdk ada masalah. Baru kita periksa kemungkinan kekurangan faktor pembekuan darah, atau yg lain..
----------------------------
T:
Dok, olahraga ringan utk yg bs ngecilin perut apa ya?

J:
bbrp menyarankan olahraga seperti lari, bersepeda, sit up, back up, dll. Tapi yg penting jaga kualitas makanan jg..
Penyebab kemandulan byk mb, bisa krna anatomi (sumbatan pada tuba rahim, dll), kelainan hormon (sindroma polikistik ovarium,dll), infeksi (syphilis, toxoplasma, dll). Jd harus diperiksakan dulu dgn jelas.
---------------------------------
T:
Oiya, faktor penyebab kemandulan itu apa saja ya dok?

J:
Penyebab kemandulan byk mb, bisa krna anatomi (sumbatan pada tuba rahim, dll), kelainan hormon (sindroma polikistik ovarium,dll), infeksi (syphilis, toxoplasma, dll). Jd harus diperiksakan dulu dgn jelas. , -----------------------------------
T:
Olahraga utk wanita itu sebaiknya berapa jam perhari dokter?

J:
Klo tdk terbiasa boleh mulai dari 5-10 menit perhari. Setelah 3-4 hari bisa ditingkatkan jadi 15menit/hari. Dst. Mulai dari yg ringan saja seperti jalan bbrp menyarankan olahraga seperti lari, bersepeda, sit up, back up, dll. Tapi yg penting jaga kualitas makanan jg..
baru ditingkatkan ke jalan cepat atau lari.
-----------------------
T:
Dok.. Emang biasanya sakit apa yg gejala fisiknya perut buncit?kok jd was was ya dok?

J:
byk penyebab perut buncit, bisa obesitas, kelainan pada hati & limfa, kekurangan protein (malnutrisi), infeksi cacing, dll.
-------------------------
T:
saya emg jarang bgt olahraga. Nyaris tdk pnh mlh. Tp hari-hari selalu bergerak, entah naik turun tangga, jalan bolak balik, dsb.
Pas coba olahraga lompat lompat pake string stlh itu pusing.
Itu normal atau tdk ya dok?
J:
pusing bisa jd karena kelelahan atau kekurangan oksigen ke otak. Sebelum olahraga coba pemanasan dulu, mulai dgn olahraga yg ringan, hari2 berikutnya baru ditingkatkan. Jika pusing ketika pagi, bisa olahraga ketika sore hari.
-------------------------
T:
Klo haid tdk teratur itu apa beresiko mengalami kemandulan?
Apakah wanita yg pernah mengalami kanker payudara tdk bs hamil?
Ada yg bilang klo olahraga lompat n lari rutin bs menambah tinggi badan? Usia brp tinggi badan wanita n pria terhenti?
Perut buncit itu disebabkan apa ya dok? Tman sy tinggi 164, bb 59, lingkar pinggang 76. Tp klo dilihat perutnya kontras bgt majunya. Bahkan dibanding yg overweight.

J:
haid tdk teratur bisa terkait dgn hormon, stress, dll. Jika memang masalahnya dihormon, bisa saja mempengaruhi kesuburan.
Wanita dgn kanker payudara masih bisa hamil. Memanh dikhawatirkan peningkatan hormon estrogen saat kehamilan dpt memperberat kanker. Tapi bbrp penelitian menunjukkan tdk ada hubungan antara kehamilan & kanker payudara.
Olahraga secara umum bisa utk menambah tinggi badan, khususnya yg menggerakan tulang panjang,misal renang, dll. Tapi pertumbuhan tinggi badan jg dipengaruhi oleh genetik dan nutrisi. Wanita umumnya berhenti tumbuh saat 18 tahun, laki2 saat 21 tahun.
Pert buncit sdh dijrlaskan di atas, bisa karena penyakit tertentu, atau pd laki2 sering karena bisa jg karena obesitas. Karena timbunan lemak yg dominan di perut.

Menetap itu utk aktivitas dirumah sehari2

Cukup aktif: setara dgn berjalan 2,5 -5 km perhari

Aktif: setara dgn berjalan 5km perhari
Anggaplah kebutuhan kita 2.000 kalori. Ini menunya..
Nasi: 1 porsi = ¾ gelas = 100 gram = 175 kkal
Sayur: 1 porsi = 1 gelas = 100 gram = 25 kkal
Buah: 1 porsi = 1-2 buah = 50-190 gram = 50 kkal
Tempe: 1 porsi = 2 potong sedang = 50 gram = 75 kkal
Daging: 1 porsi = 1 potong sedang = 35 gram = 75 kkal
Minyak: 1 porsi = 1 sendok teh = 5 gram = 50 kkal
Gula: 1 porsi = 1 sendok makan = 13 gram = 50 kkal
---------------------------
T:
Insomnia apakah bs menyebabkan hipertensi?

J:
insomnianya tdk secara langsung menyebabkan hipertensi, tapi kelelahan & stres yg ada, bisa memicu terjadi hipertensi.
----------------------------
T:
Apakah penderita hipertensi tdk bs pulih?

J:
biasanya di medis hipertensi tdk dikatakan sembuh, tapi terkontrol. Jadi jika memang hipertensi, akan diberi obat sampai tubuh dpt menyesuaikan diri. Jika tekanan darah sdh turun, dosis obat perlahan diturunkan sampai dosis paling minimal. Jika tekanan darah mencapai normal, pola hidup sehat, diet rendah garam dapag diterapkan, kemudian berangsur obat dihentikan. Tapi perlu dipantau jika obat dihentikan apakah masih ada kenaikan tekanan darah.
------------------------
T:
Pengeroposan sendi pada lansia apakah bs dikurangi? Shg penderita bs berjalan normal kembali?

J:
hal ini tergantung seberapa besar kerusakan sendi yg terjadi, seberapa besar respon pasien thd pengobatan, karena utk manula, regenerasi sel sangat lambat
--------------------------
T:
Anak2 yg susah makan sayur, sedikit makan nasi, tidak menyukai susu. Sebaiknya diberi makanan apa agar gizinya tercukupi?

J:
makanan alami seperti sayur, dll tdk dapt digantikan dgn suplemen atau susu saja. Coba variasikan jenis masakan, kreasikan dgn berbagai bentuk (misal bento) atau ajak anak makan beramai2 dgn teman atau keluarga. Bisa jg ditumbuhkan motivasi anak, diajak cerita bahwa org bisa hebat & kuat karena makan nasi, sayur & lauk. Ada masa dimana anak malas makan krena bermain atau aktivitas fisik lain. Ibu harus pandai2 mencari celah dimana anak suka makan.
-----------------------------
T:
Penyebab vertigo& Bagaimana cara mengatasinya?

J:
penyebab vertigo bisa karena kelainan di telinga, hidung, atau gangguan di syaraf keseimbangan.
----------------------
T:
Resiko penyakit buat yg obesitas apa saja? Ada rekan d skolah, TB 156cm, BB 102kg. Wktu pemeriksaan kesehatan, beliau dikatakan obesitas tertinggi (obesitas tk 3 klo sy ga salah)
Sdh d sarankan diet dsb, tp beliau terlalu cuek. Katanya nyaman dgn tubuhny. Sementara yg melihat kasian. Faktany, wktu olahraga bareng, hnya jalan santai aja. Rute jg pendek, pas nanjak beliau megap2. Kasian ngeliatny. Tp orgny terlalu santai. Disarankan ke ahli gizi, katany ga perlu. Kira2, jenis olahraga apa yg bs membantu beliau ya? Apakah senam 1x/pekan dgn durasi 45 menit cukup? Menu makanannya sebaiknya bagaimana?
Apakah tdk makan malam bs membantu?

J:
Risiko obesitas diantaranya sindroma metabolik: diabetes, dislipidemia yg bisa memicu penyakit jantung koroner & hipertensi. Secara kualitas hidup jg terganggu, mudah lelah, sesak napas dll.
Terapinya biasanya holistik, mulai dari mengatur pola makan, olahraga, serta obat2an. Penurunan berat badan yg dianjurkan jg tdk boleh terlalu drastis, yg disarankan 3-4 kg/bulan.
Olahraga bisa dimulai dari yg paling ringan yg tdk membebani jantung pasien. Biasanya harus ada pemeriksaan dulu bagaimana kondisi kesehatan pasien, baru bisa diatur aktivitasnya..
Pelan2 disarankan utk cek kesehatan aja mbak. Mgkin sebenernya beliau jg khawatir, tp pura2 tdk ambil peduli.
------------------------
T:
Sy kenal baik keluargany, jd terkadang silaturahim ksna. Saudara beliau yg ideal hanya 1 org, selebihny gemuk. Tp beliau yg terparah. Keluargany sdh support, beli dr beli sepeda, alat olahraga, smpe ikutan ga makan malam. Tp gagal total.

J:
Hm.. kesadaran pribadi memang paling utama. Semoga temennya segera mndapat pencerahan.


GRUP 104
1. Bunda apa benar terapi minum kopi utk bayi bagus utk mencegah demam kejang ?

Jawab :
Ella pribadi belum pernah baca bahwa terapi minum kopi utk bayi bagus utk mencegah kejanh demam. Tapi baiknya, bayi dibawah 1 tahun jgn diberi minum kopi dulu. Fungsi ginjalnya blm baik utk mencerna kopi.

2. gini bun, saya kalo setelah minum es, atau mandi air dingin, suhu badan saya langsung jadi demam bun. tapi karena disini airnya dingin jadi saya sering demam bila setelah mandi. dan saya sudah terbiasa dg suhu badan yang panas bun dan tak pernah saya obati, sering kali orang menyarankan unt paracetamol, tapi saya tidak pernah mengobatinya.

pertanyaannya bun, apa tubuh saya normal bun bila panas terus...??

Jawab :
Pernah diukur suhu tubuhnya naik jd brp? Klo di atas 38 C baru butuh pgobatan.. tapi klo hanya sedikit naik, misal sampai 37 C belum perlu diberi obat bun.
Tapi memang klo sdh lumayan mengganggu, sebaiknya hindari mandi dgn air dingin. Boleh dicampur dgn air hangat

3. paling sampai 37 c bun, karena saya dah terbiasa dengan suhu seperti itu jadi saya biasa aja bun, saya pun melakukan aktivitas seperti biasanya.

Jawab :
Coba ukur suhu tubuh sebelum mandi mbak.. jauh gak selisihnya?

4. Sewaktu itu adik ponakan umur 8 bln meninggal krn demam tinggi ato biasa di sebut step (entah bener tdk tulisannya) bund, lalu ada yg blg sebaiknya terapi kopi itu bund 😁

Jadi itu salah yaa bund ?
Klo step sendiri itu sebabnya apa bund ?

Jawab :
Step atau kejang demam disebabkan masalah lonjakan listrik di otak yg dipicu oleh demam. Biasanya jika demamnya teratasi, kejang jg tdk terjadi

Klo anak ada riwayat kejang demam, sebaiknya siapkan termometer & obat penurun panas dirumah. Di awal bisa bantu dgn kompres air hangat atau air biasa. Tapi jika tdk turun, bisa diberikan obat penurun panas.

5. Klo suhu normal tubuh brp bunda?

Jawab :
Suhu normal bervariasi antara 36,5 - 37,2 C.

6. Bun tnya lg.. sya kan ngajar di sekolah khusus ada anak murid sya yg tunarungu..pas pd saat lahir smpe 8 bln anak'y udh mw bicara tp stlh 8 bln itu dy kena kejang dan panas tinggi akhir'y stlh kena penyakit itu anak'y jd punya kelainan..tunarungu..
Itu bgaimana bun hubungan'y dg kejang dan tunarungu?

Jawab :
Kejang lebih dari 5 menit memang lebih besar kemungkinan terjadi kerusakan otak. Bisa jadi setelah kejang, ada kerusakan otak di area bicara & mendengar.
Utk kerusakan pastinya, harus ada pemeriksaan lebih lanjut, sehingga terapinya jg sesuai

7. Bahaya sekali brrti ych bun, hnya krna kejang jd menimbulkn byk penyakit lain..
Ketika anak kejang prtolongan'y benar2 hrus secepat kilat

Jawab :
Iya.. pada anak kejadian kejang demam lebih sering terjadi dibandingkan kejang murni jadi dgn mgantisipasi demam kita bisa mencegah terjadi kejang.
Jika anak sering kejang demam misal lebih dari 4x dalam setahun, baiknya dibawa ke dokter spesialis syaraf anak utk diperiksa lebih lanjut & minum obat secara rutin

8. Batasan usia anak untk aman dr resiko kejang jika panas diusia brp bun?

Jawab :
tidak ada batasan umur anak terhindar dari risiko kejang demam. Tapi bbrp berpendapat anak dibawah usia 10tahun memamg msh rentan terserang kejanh demam.

9. Apakah harus membrikn antibiotik pd anak yg demam tinggi dihari prtma demam?

Jawab :
 hal ini perlu dikaji lagi, apa penyebab demamnya. Jika memang demam disebabkan karena infeksi bakteri misal tonsilitis atau radang tenggorokan krna bakteri, perlu diberi antibiotik, agar bisa disembuhkan sumber penyakitnya. Tapi jika bukan karena infeksi, tdk perlu diberi antibiotik. Cukup penurun panas

10. Jk anak pernah kejang saat demam, apakah dia akan memiliki resiko kejang lg jika dia demam?

Jawab :
 bisa jadi kejang akan terjadi jika anak demam lagi. Karena itu perlu diperhatikan atau disiapkan obat anti kejang dirumah. Tapi hanya diberikan jika anak kejang, bukan utk pencegahan

11. Ow y bun satu lg...apa kejang demam jika lbh dr 4 kali bs mengarah ke epilepsi?

Jawab :
 bisa jadi krna kejanh berulang bisa memicu kerusakan otak yg bisa saja berakhir dgn epilepsi. Epilepsi sendiri, yaitu kejang yg terjadi tanpa didahului demam, krna memang ada kerusakan di bagian otak

12. adik saya termasuk obesitas waktu itu makanya tdk ketahuan kalau demam tinggi dan ternyata ketahuan setelah demamnya tinggi banget, dokter mau infus juga susah katanya..
Padahal kalau bayi sampai 1 thn makanannya hanya ASI yaa bund ?
   
Jawab :
pemberian obat melalui pembuluh darah memang agak sulit pd anak obesitas, apalagi jika anak sdh dehidrasi, sulit menemukan pembuluh darah yg baik utk dipasang infus.
Anak usia 1 tahun selain asi jg bisa diberikan makanan pendamping lain seperti bubur susu, juice buah yg lembut, tapi tdk terlalu banyak mggunakan garam & gula

13. Bgmn pola makan bayi agar ideal ?

Jawab :
pola makan yg baik tiap anak berbeda, yg penting on demand, setiap anak minta, segera diberikan. Seimbang antara karbohidrat, protein & lemaknya. Jg jgn lupa pantau pertumbuhan anak dgn kurva pertumbuhan berat badan. Di posyandu ada kok 😊

14. Suhu normal bayi apa sama dengan org dewasa ?

Jawab :
 kurang lebih sama, tp pd bayi memang cenderung lebih tinggi sedikit. Dan bayi biasanya lebih rentan dgn suhu rendah, jd cegah jgn sampai terlalu dingin

15.
Sdr saya srg demam, dia jg darah rendah & dulu da gjla anemia... Tp mslhnya dia g suka minum obat kimia..

Jawab :
Demam karena anemia biasanya pd anemia aplastik atau kondisi neutropenia. Jd sel2 darah yg pecah akan memicu keluarnya zat2 radang yg dpt menimbulkan demam.
Sebaikny diperiksakan lebih lanjut ke doker, utk tahu jenis anemianya apa. Sehingga bisa diterapi dgn tepat.

16. Anak yang kembung berlebih saat demam tinggi apa mempunyai kemungkinan akan terserang kejang?

Jawab :
 pemicu kejang biasanya karena demamnya. Bisa jd gejala demam yg terjadi krna infeksi saluran cerna muncul bersamaan dgn gerak usus yg menurun sehingga timbul keluhan kembung. Tapi perut kembung tdk brhubgan lgsung dgn demam

17. Trus, kalo anak sakit demam tinggi krna virus semisal terkena varisela, morbili, parotitis it ap hrs pake antibiotik bun?

Jawab :
 klo murni karena virus, tdk perlu diberikan antibiotik. Tapi bbrp kasus, infeksi virus terjadi bersamaan dgn infeksi bakteri. Sehingga perlu diberikan antibiotik.
Misalnya pd kasus cacar, penyebabny memang krna virus varicella, tapi bbrp pasien (terutama anak) sering datang dgn luka.lepuh yh sdh bernanah akibat infeksi bakteri ( biasanya mereka suka garuk2 lepuhnya), pd kasus ini perlu utk diberikan antibiotik utk mengobati infeksinya..

Jika memang tdk ada yg ingin didiskusikan lagi.. saya izin pamit.. syukron sdh diizinkan bergabung. mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat 😊

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!