Home » , , , » Kesehatan - Gaya Hidup Sehat

Kesehatan - Gaya Hidup Sehat

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, December 16, 2014

Kajian Online WA Hamba اَللّه SWT Nanda

Hari, tanggal : Selasa, 16 Des 2014
Grup. : 103&104, 113 & 114
Narasumber : Dr. Gita Ayu
Judul Kajian : Kesehatan
Notulen/Admin : Rusmi/ Kina
Editor : Ira Wahyudiyanti

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

حيا نفتح مادتنا اليوم بقراءة بسمله
(hayya nabda. maadatanaa al-yauma bi qira-ati basmalah)

بسم الله الرحمن الرحيم

Gaya Hidup Sehat :

• Pola Makan Sehat
  * makanan lemak tinggi tingkatkan resiko penyakit jantung
  * perbanyak makan serat
  * batasi penggunaan gula dan lemak
  * hindari jumlah besar garam, alkohol dan kafein
  * minum air putih 2 ltr/hari (8gelas)
  * konsumsi suplemen jika dibutuhkan, spt yg dicontohkan Rasulullah : Habbatus sauda, minyak zaitun, madu

• Vitamin dan mineral
  * vit D & K dibuat sendiri dlm tubuh
  * jangan berlebihan konsumsi vit A, D, E, K, krn kelebihan akan dsimpan dlm tubuh dan akan diubah menjadi toksin
  * tambahan vit dibutuhkan dlm kondisi tertentu, mis ibu hamil butuh tambahan asam folat, vegetarian butuh tambahan B12

• Mengukur Berat Badan
  * penting untuk menjaga berat badan agar tidak berlebihan dan tidak kekurangan
  * ukur IMT (Indeks Massa Tubuh), dengan cara BB (dlm kg)/ TB kuadrat (dlm mtr)
  * Standar Asia Nilai IMT
< 18,5 = Kurus.
18,5 – 22,9 = Normal
23 – 27,4 = BB lebih (Over Weight)
27,5 > = Obesitas

• Olahraga teratur :
  Manfaat :
  * meningkatkan pasokan darah ke otak -> lbh siaga, stabilisasi mood
  * jantung lbh kuat dan bs memompa darah lbh banyak
  * tekanan drh berkurang, menurunkan resiko Penyakit Jantung
  * paru paru menampung lbh banyaj oksigen dan memasok banyak O2 ke tubuh
  * otot menguat dan efisien, shg bisa aktivitas lbh optimal
  * sendi sendi menguat dan lebih luwes
  * tulang lebih kuat dan padat
  Olahraga lebih terasa manfaatnya bila teratur minimal 30 menit dlm sehari, 5x dlm seminggu, misal jalan cepat.

• Managemen Stres
Penduduk di perkotaan cenderung tingkat stresnya lbh tinggi dari penduduk di pedesaan, karena tuntutan dan persaingan hidup lebih meningkat. Sebagian besar penyakit degeneratif, salah satu faktor dipengaruhi oleh faktor stres yaitu obesitas, diabetes melitus, hipertensi. Juga penyakit lain seperti maag, penyakit jantung dsb

Terkadang kita menyikapi stres dengan kemarahan, maka penting bagi kita unt managemen marah seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw. Kenapa managemen marah perlu dilakukan? Di dalam darah orang marah terkandung banyak hormon adrenalin, hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal ini akan dilepaskan ke dalam darah ketika ada rangsangan emosi. Akibatnya adalah denyut jantung akan bertambah cepat dan tekanan darah meninggi, keadaan ini yang mengakibatkan penyakit mudah datang.

Managemen Marah :
  * Membaca Ta'awwudz.
Rasulullah bersabda "Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu "A'uudzu billah mina-syaithaani-r-rajiim" "Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk" (H.R. Bukhari Muslim).
  * Berwudlu
Rasulullah bersabda "Kemarahan itu itu dari setan, sedangkan syetan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah" (H.R. Abud Dawud).
  * Duduk
"Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah" (HR Abu Dawud).
  * Diam
"Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah" (HR Ahmad).
  * Bersujud
Artinya shalat sunnah mininal dua rakaat. "Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud)." (HR Tirmidzi)


Pertanyaan grup 103

Tanya: Bu dokter mau tanya sya kan alergi sama ikan ada tdk ya makanan yg mengandung protein setara dg ikan sbg penggantinya,sy kan ada sakit jantung bawaan adakah olahrga yg bisa dlakukan bagaiman/aktifitas yg bisa membuat badan tetap sehat, tinggi dan berat badan 152/50 apkh sdh pas krn kata dokter sy tdk blh terlalu gemuk kasian sama jantungnya jazakillah

Jawab :

Ikan mengandung protein yg setara/bisa dganti dg sumber protein lain, bs hewani dr daging2an (merah/putih), telur, nabati dari kacang2an trtma kedelai (edamame)
PJKx apa mb? Yg sebabkan sianosis atw tidak? Pernah dlakukan operasi? Sefaham saya, pasien dg pjk tdk boleh aktivts tll berat, jd cukup olahraga ringan spt jalan santai, renang jg boleh, senam jantung, jgn tll aktifitas berat spt aerobik n olga lain yg butuh energi bnyk (jd sekedar olah tubuh saja)
BMI = BB (kg)/TB2 (m2)
Hasil adik 21,5 msh tergolong normal

Tanya: Umm, bgmn kita tahu bahwa kita ga kelebihan vitamin A, D, E, K? Mengeluarkan toksin itu bentuknya apa?

Jawab :

Ada beberapa gejala n tanda intoksikasi vitamin, misal mual muntah pusing diare kelemahan otot terutama stlh minum supplemen dalam jumlah yg besar. Pertolongan pertama, segera hentikan n segera datang ke dokter :)

Tanya: Ummi, mau tnya ☺
 Sbrapa penting kalsium utk tubuh?

Jawab: Penting dik, unt pembentukan gigi n tulang, krn dlm proses pembentukannya membutuhkan kalsium

Tanya: Selain susu, apakah ada sumber kalsium yg setara yg baik utk tubuh?

Jawab: Ikan2an (salmon n sarden)
Sayur (brokoli dan bayam)
Keju, yogurt, kacang kedelai

Tanya: Apakah benar, usia 35 tahun tubuh tdk bs lagi menyerap kalsium?

Jawab: Pembentukan tulang n gigi, dari usia muda hingga 30thn, sdgkn penyerapan kalsium mmg mayo dbutuhkan unt pembntukn tulang n gigi. Jadi di kala msh muda, sbaiknya intake kalsium cukup sesuai kbutuhan, agar pembentukan tulang lbh optimal. Shg ktka tua, tulang qt cenderungg lbh kuat

Tanya: Utk menjaga tubuh agat tdk terkena osteoporosis, apakah jenis olahraga terbaik? Brpa lama durasinya?

Jawab: Olah raga yg meningkatkan kekuatan tulang, spt jalan kaki, renang, intinya perbanyak olah tubuh (tdk cenderung statis/diam) durasi 5jam dlm seminggu

Tanya: Jika asupan kalsium terlalu banyak/berlebihan dr kebutuhan tubuh, apakah akan sprti vitamin jg?

Jawab:Iya krn smw yg berlebihan pasti tdk baik, kalsium tdk hnya unt ptumbuhan tulang n gigi, tp juga menjaga kestabilan ion dlm tubuh, yg berhub dg aktv jantung, gerak otot dsb
6. Istilah avitaminosis itu maksudnya apa?
Kekurangan vitamin
7. Asam urat itu katanya disebabkan penumpukan zat purin. Zat purin ini terkandung dlm jenis makanan apa saja?
Tinggi protein, sebaiknya kurangi makanan : Jeroan Alkohol Sarden Burung Unggas Kacang Emping Tape/Tahu/Tempe

Dok, mau tanya apakah tingkat stress yg tinggi bisa mengakibatkan kerontokan pd rambut, masalahnya ada saudara saya yg memiliki rambut rontok tidak wajar (banyak sekali), apakah ada kaitannya dg emosi, atau trllu banyak pikiran atau memang cuma masalah pada rambut ya dok hihi

Jawab: Iya bisa, jika rambut rontok lebih dr 100 helai perhari itu yg patut dwaspadai, stres dpt memicu peningkatan bbrp hormon yg bisa sbbkn rambut rontok
Syukran dok,

mau nanya dok. Urusan magh. Dh 3x mnum obat tp msh bermslh. Bhkn obat yg ke 3x bru kmrn. Mnum obat siang sore jam 5 sakit lg. Trs mnum mendg ni setgh jam sakit lg. Gmna ya dok? Apa sya slah mkan ya?

Eh maaf y kelewat :(

Jawab: Maag itu penyebab utama krn bakteri H. pilori, dy yg smkin bnyk ktka lingkungan smkin asam. Pemicu maag adl makanan yg bnyk iritasi lambung : kafein (kopi, teh, coklat, soda), makanan pedas, asam, bersantan, makan yg tll bnayk n tll cepat, misal tadi pagi blm sarapan, akhirnya makannya dirapel siang/sorex, atw makan terburu2

Jadi perbanyak minum air putih, hindari kebiasaan makan yg tadi, org maag itu yg ptg makan teratur dg porsi yg terbagi (mis 3x makan besar, dselanya diberi camilan/makan kecil)

Tanya‬: Dok saya nyemilnya coklat saya g tau saya kira boleh. Waduh doktr yg periksa g bilang 😭

Tanya: Saya slalu sarapan jam 10 jd skalian mkan siang mski siang ttp d selingi sayur aja gt. Kalo kerupuk boleh kah dok? Saya mendg setlh mnum madu dan habatussauda

Jawab: Kl sdh jadi kbiasaan dari kecil, pola makan spt itu sbnrx y gpp mb.. Cuma kl tiba2 berubah, nah itu yg gbaik.. Oke diatur lagi y pola makannya :)


Pertanyaan grup 104

dokter, brp batasan lemak yg bs qt konsumsi per harinya?

batas maksimal konsumsi kafein perhari seberapa banyak, dok?

air putih yg terbaik yg seperti apa dokter? Air rebusan? Air mineral? Atau air tanpa mineral?
Lalu ph air minum apakah mmg menentukan baik atw tidaknya air tsb utk diminum? Sekarang lg trend air minum kesehatan dg PH di atas 8.5 apakah itu baik? Lalu apakah air dg PH rendah baik utk kecantikan?

Bagaimana proseanya shg kelebihan vitamin ADEK diubah mjd toksin?

Apa yg harus dilakukan bila memiliki tmn yg sepertinya bulemia?

Olahraga apa yg disarankan utk wanita berusia 58 tahun, sdh menopause, 50kg/155cm, cukup bugar, jarang olahraga?

Sy pernah membaca artikel yg mengatakan bahwa stres ada yg baik dan ada yg buruk. Stres yg baik itu yg seperti apa, dokter?

apa bener FAM bs sembuh dg menikah, tepatnya bs menghilang saat hamil ato melahirkan?
Jd bs tanpa operasi?

dok kebutuhan vit.c terbaik bwt tbuh qt brp mg y??

Untuk vit.c ny kebuthan per hariny y dok...☺☺

aq jg mau tnyaa

Dok,sy pnya pnyakit yg rada mnjengkelkan...Insomnia,,klo kumat bisa brhari-hari.aq bru bisa tdr lewat jm 00.00.bhkan bisa semalaman gk tdr.kata nenekku aq nurunin ibuku.

prtnyaannya apakah Insomnio trmsk pnyakit turunan???

lalu bgmn cara mengatasinya?

Jazakillah dokter

Jawaban Pertanyaan

jawab:Batasan lemak yg bs qt konsumsi perhari 67 gr setara dg 4 sdm perhari

 Jawab: konsumsi kafein 200-300 mikrogram (2-3 cangkir kecil kopi)

jawab:air yg baik unt dkonsumsi sesuai dg PERMENKES TENTANG STANDAR KUALITAS AIR BERSIH DAN AIR MINUM

Jawab: ADEK itu bila berlebihan mmg bs mnjadi toksin, krn vit adek larut dlm lemak bukan air. Jd jika berlebihan, susah dibuang, beda dg vit B n C

Jawab: bulimia itu kelainan psikologis, jd dy merasa bhwa makanan akan membuat dy gemuk, akhirnya setiap makan akan dimuntahkan, jika kita punya trman spt itu hrs dikonsultasikan ke psikolog unt memahamkan bhwa hal itu tdk baik bagi kesehatan

Jawab: olahraga yg tdk terlalu membutuhkan aktifitas fisik berlebih, atw yg tdk membutuhkan konsumsi oksigen berlebih.. Spt aerobik.. Krn jarang berolah raga. Jadi sarannya mis jalan kaki, senam lansia

Jawab: stres artinya tekanan, jd yg baik atw buruk bukan macam stresx, tp cara qt menghadapi stresx

Jawab: FAM itu tumbuh mengikuti pertumbuhan payudara, blm ada yg menyatakan (jurnal kedokteran) bhwa hamil atw melahirkan bs menghilangkan FAM, namun ada beberapa fam yg tiba2 menghilang. Asal tdk menimbulkan gejala yg mengganggu tdk perlu operasi

Jawab: keb vit C 200-400 mg perhari, sebenarnya tergantung usia, dosis yg msh bs ditolerir tubuh plg tidak 2000mg/hari

insomnia adl gangguan tidur, ada insomnia primer (penyebabnya tdk dpengaruhi oleh penyakit yg lain) n sekunder (dsebabkan oleh penyakit yg lain, mis depresi, maag, asma dll)
Mengatasinya : kl insom sekunder, atasi dlu penyakit penyebabx, atur pola tidur, jgn sampe krn malam tdk tidur, akhirx pagi baru tidur, krn akan mengubah pola tidur..

2000mg/hr it keb.vit c batas aman y dok..nah bagaimana untk wanita2 yg suka injec vit.c murni/ vit.c+kolagen yg skrg bru bnyk dipake wanita. .setahu sya ad yg dosis vit.c ny smpe 5000mg..ap it msh masuk bts aman atau berlbh?
Kmdian berlbhn vit.c berakibat ap y?

Jawab:Batas maksimal yg msh bs dtolerir dedek cantik..
Nah kl berlebihan itu berbahaya.. Knapa? Krn ekskresi, atw pembuangan lewat ginjal, jadi bhaya bagi pasien yg kena gangguan ginjal, ada penelitian juga kebanyakan suntik vit c sbbkn batu ginjal

Jd langkah lain dr operasi gmn ya bun? payudara trus tumbuh kah???
Tari menjelang27th bund dlu tari susah ndut. Skrg ndut. Semua sama rata. Berisi sampe perut sm rata eh#

Apakah berefek ke payudara? Merasa ikut juga ndut

Jawab: Maksudx bukan payudara tambah besar mb..
Jadi tumbuh semacam benjolan, tdk nyeri, tdk bertambah besar, oprasi pun fungsix hnya unt memastikan bhwa itu adl fam bukan keganasan. Kl tumbuhx merata mah bukan fam adek manis.. Hehehe.. Ada mmg sbagian yg regresi sendiri, alias hilang sendiri.. FAM (Fibro Adenoma Mamae) jadi tumor jinak pada jaringan ikat di payudara. Dy tdk ganas jd jgn takut, biasax menyerang wanita dbwh 25 th, penyebab mayo krn hormon estrogen. Jadi ktka hormon estro meningkat, fam bs muncul. Yg ptg dperhatikan ukuran n bentuknya. Asal tdk ada keluhan, tak perlu op.

Rha me tnyaa mbaaak.udah bbrp minggu ini rha ngrasain perbhan pda jntung rha mbak...lw naik tngga yg drumh tu jntung rha tersa nyeri n sesak mbak.pdhln tnggany cmn belasan j.tu knp y mbak.mksih mbak

Jawab: Coba diperiksakan dik, spy jelas penyebab lelahnya apa, kadang pasien dg anemia kronis akibat def besi pun bs merasakan hal tsb

Beda tumor jinak sma kanker gmna bedakannya mbk????

Jawab: Tumor : semua benjolan yg tdk semestinya ada

Sifatnya : jinak n ganas (kanker)

Jinak : tumbuhnya lambat, biasanya batasnya jelas, tdk metastase (penyebaran sel ganas)
Ganas : tumbuhnya cepat, biasanya batas tdk jelas (krn sifatx invasif), adanya metastase, sifatnya merusak/destruktif

tnya lagi dong...kangker menurun gk? ibuku dlu mninggal krn kangker payudara jg.

Jawa: Iya kanker itu penyakit menurun, kl ada riw kelg dg kanker maka ada kemungkinan sekian persen unt menurun

Cara periksa diri sendiri gimana mbaa?? *jadi khawatir kalo ada benjolan tp ga sadar
 Pernah nyoba cek tehnik SADARI tp ragu ga paham

Jawab:Ntar saya beri gambarnya yah biar jelas say.. :)

kalau ada keturunan tumor jinak apa ada kemungkinan anaknya juga kena bund ?
Gmn tipsnya agar memperkecil kemungkinan tsb ?

Jawab: Tumor jinak mana dlu mb, kl mamae penyebabnya mayo krn estrogen, mgkn bs kurangi konsumsi makanan dg kandungan estrogen tinggi misal, kedelai (pitoestrogen), hibdari penggunaan suntik/obat hormonal (pil kb, suntik kb)

ibu angkt sya jg kmrn meninggal krna skit d mamaex...kmi gk tw apkh tumor ato kanker krna beliau gk bsadbjuk kdktr..mamaex bag kiri ats mpe luka prh..

Jawab: Kl dr ciri kanker yg saya sebutkan, berarti mmg itu adl kanker mamae, krn sifatx destruktif, biasax meninggal krn metastase

bu dokter mau tnya..
Bulu ketiak kalau di cabt ada efeknya gx?
Soalny sy selalu cabut bulu ketiak,dan ketiakny suka benjol2..segede jerawat gtuch.

Jawab: Itu namax folikulitis adik sayang.. Jadi ada radang pada kantung rambutnya, bisa jadi ketika dicabut meradang, nah itu jadi benjol, kl dibiarkan (krg higienis) ketumpangan kuman, jadi pustul/bernanah

Iy mb ulfa

Kalo kanker biasa nya nyeri ato sakitny terasa mulai dbagian ketiak baru ke mamae

Kalo tumor ganas itu benjolannya sdh tdk bergerak lagi dan nyeri
Alloohu'alam

Jawab: Awal muncul kanker itu malah tdk terasa sayang.. Jadi benjolanx kecil padat keras n tdk nyeri (stad I) makax jarang org tau kl dy kena kanker. Beda dg fam yg lbh kerasa, kl sdh nyeri di ketiak biasanya uda stadium II-III, nah seiring dg itu sel2 kanker akan invasif ke jar sekitar (jadi luka n borok) metastase

Apakah bhaya dokter

Jawab: Iya kl keterusan krg higienis n ketumpangan kuman sayang :)

jadi mending gx usah dicabt ya

Jawab: Y gpp dcabut y gpp mb.. Kan sunah fitrah.. :)

saya sering merasakan nyeri luar biasa di payudra.memang gk trlau sering.kadang aq pikir mungkin aq slh tdr.apa sy hrs periksa ke dokter.mengingat ibu sy mninggal krn kangker jg.

Jawab: Iya lbh baik diperiksakan say

Sarari apa bun?

Jawab: Periksa payudara sendiri

Saya mau tanya boleh ?

Saya kan beberapa bulan lalu operasi benjolan payudara
Nah, akhir" ni rasa sakitnya kok datang lagi ditempt yg sama
Itu gimana ya
Tp kalo diraba tak ada terasa benjolan atau apa

Jawab: Rasa sakit bagaimana mb? Kemeng? Biasax wajar luka akibat operasi saja, krn jaringan itu proses penyembuhan mmg butuh waktu, dan rasa nyeri adl salah satu tanda proses penyembuhan :)

Oia, afwan bunda Gita

Kalo ga slh kudu dperhatikan juga kan yah

Apakah nyerinya dikala menjelang haid? Jika iya, berarti normal

#bener ga bunda Gita?✌

Jawab:Yup.. Ada beberapa jenis tumor yg dcirikan dg pengaruh thd nyeri payudara saat haid, biasanya fam nyeri trtma ktka haid (krn pengaruh estrogen td)

Kl nyeri mamae saat haid dan tdk ada benjolan y normal2 wae

Ea, mbak.rha padien kanker getah bening tp d leher.

Jawab: Iya mb.. Kl bicara ttg tumor n kanker itu macamx banyak, kl pada tumor kelenjar getah bening biasanya lgsg ganas

Operasinya bulan april mba dokter
Apa wajar klo masih terasa sakit
Kadang jg terasa agak panas
Apa perlu obat lagi ??

Jawab: Iya msh mungkin mb, apalagi rasa nyerinya spt panas, kadang ada pasien yg merasa nyeri hgg beberapa tahun stlh op. Rasa nyeri itu individual bgt. Tp kl nyerix mengganggu bgt, misal kayak kesetrum, spt terkena air panas, dg sentuhan/rangsangan kecil sja nyerix sangat sgra priksa aja y

yg riwayat keluarganya pnya pnyakit kangker itu kemungkinan menurunya brpa % dok? jd takuuuut.

Jawab: Seingat saya sekitar 25% dik, kl org terdekat ada yg kena ca

Kalau bagian puting agak lecet itu tanda2 apa dok???

Jqwab: Hmm? Lecet gimana? Mgkn kulitx kering saja, coba olesin dg minyak zaitun aja

Bunda. Puting itu macem2 yah? Ad yg masuk kedalem, ad yg normal, dll

Bole mnt pemaparannya ga? Lupa

Jawab:Sbnrx bukan bentukx yg macem2.. Bntukx sih sama aja, cuma mmg posisix ada yg masuk ada yg menonjol keluar.. Biasax para gadis bnyk yg msh masuk putingx, kasian kl ntar mw nyusuin anak pertama.. :) jd mesti drangsang unt dkluarin..
Nie malam smakin g fokus jawabnya..
 Jadi,kalo pun masuk gpp kq, normal2 ajah

Masuk gmn mksd nya ya ?

Jawab: Lecet gimana y mb? Sek g mudeng.. Mgkn krn kering aja yah.. Kl khawatir ada apa2 dg mamaex, coba cek sarari dlu, kl krg jelas, coba dpriksakan aja y.. Kl krn kering sih gpp

jawab: Putingx g kluar nonjol gitu mb.. Jadi posisix masuk ke dalam



SESI TANYA JAWAB:

1. aslmkm dokter gita , contoh mengukur berat badan ideal sperti apa ya ?

Jawab :
'Alaykumussalam wr wb
• Unt TB > 150 cm
TB (Tinggi Badan dlm cm) – 100 x 0.9 = Berat Badan Ideal (BBI)

• Unt TB < 150 cm
TB (Tinggi Badan dlm cm) – 100 = Berat Badan Ideal (BBI)

BB Normal = BBI ± 10%

Misalkan kita memiliki berat badan 60 kg dan tinggi badan 170 maka.
BBI = 170 – 100 x 0.9 = 63 kg
BB normal max = 63 + 10% ( 6,3 ) = 69,3 kg ~ 69 kg.
BB normal min = 63 - 10% ( 6,3 ) = 56,7 kg ~ 57 kg.

2. Dok saya maniak kerokan niii,bahaya gaa

Jawab :
Sebenarnya tidak masalah, tapi jika berlebihan atw sering dilakukan bisa sebabkan iritasi pada kulit akibat goresan

3. Dok, aku mau nanya nih. Aku ada teman curhat, katanya dia tiap bulan datang bulan 2 kali. Itu termasuk normal gak dok? Anaknya sih ngaku sudah sejak 2012 gitu dan tiap datang bulan seperti haid biasa gak ada keluhan sakit sama sekali,,,

Jawab :
Harusnya dihitung, berapa kah siklus haid dia. Menghitungnya hari pertama haid ke hari pertama haid berikutnya. Mungkin termasuk silus pendek, jadi tampaknya haid sebulan 2x

4. Afwan telat .seminggu ini syift malam jd br bgn tdr
Ibu dr mau tanya
"Sdh 2 bulan ini sy di serang jerawat, cara utk menghilangkan noda hitam nya itu gimana ya?"

Jawab :

Awal yang mesti dijaga adalah kebersihan wajah, jerawat terjadi karena wajah kotor+kelj minyak meningkat+bakteri, sehingga terjadi sumbatan pada pori2, muncullah jerawat. Selain memang faktor hormonal jg mempengaruhi, yang sebabkan kelj minyak produksinya meningkat. Jadi ketika cuaca cukup panas, kita mesti lebih sering membersihkan wajah.
Bagaimana jika jerawat sudah muncul? Maka jangan melakukan manipulasi pada jerawat (jgn dipencet) cukup dengan dibersihkan saja kulitnya. Perbanyak juga minum air putih. Ada beberapa obat khusus yg disediakan unt jerawat, yg kerjax mengurangi kadar minyak di kulit.
Jika kita tidak terlalu srg melakukan manipulasi, biasax jerawatnya tidak meninggalkan bekas.
Lalu bagaimana terlanjur ada bekas hitamnya? Maka bisa jadi butuh pertolongan dr kulit unt menghilangkan bekas kehitaman pada wajah.

5. Aku mau nanya dokter...dengan cuaca sekarang2 ini musimnya pilek dok hehhe bagaimana mengatasi hidung mampet dok..mengingat ini cukup menggangu..

Jawab :
Iya memang dengan cuaca seperti ini, dingin dan kering berdebu, membuat qt terutama yg daya tahan tubuh turun dan cenderung sensitif dg perubahan cuaca, akan merasa terganggu.
Maka untuk pencegahan, makan yang teratur, perbanyak buah sayur, minum air putih (ini juga penting unt mengencerkan lendir, shg hidung tersumbat jg berkurang)

Kalau sudah terlanjur tersumbat, perbanyak minum air putih, supplemen terutama vit c jg boleh, sayur buah diperbanyak. Kl blm bisa mengatasi berarti butuh bantuan obat. Dan obat diminum hanya bl keluhan masih ada

6. Jadi haid 2 kali selama sebulan ini masih termasuk normal ya dok??? Katanya kadang cuma berselang 2 mingguan, dia haid lagi dan haid diawal bulang biasanya berlangsung 4 sampai 5 hari dan itu ga lancar, kadang cuma berupa flek atau darahnya keluar dikit.
*bulan, aduh typo

Jawab :

Misalnya seperti gambar diatas, tgl 1 nov haid 4-5hari, trz bersih tgl 18 haid lagi, maka itu masih normal, berarti siklus haidx pendek krn krg dari 21 hari
Dan unt mengetahui siklusx memang pendek atw tidak, minimal dihitung siklusx 3 kali haid

7. Dokter..mau nanya jg donk, kalo migrain gt kenapa ya?

Jawab :

Penyebab pasti migrain masih blm diketahui, namun ada beberapa hal yg diduga memicu migrain
• makanan : makanan yg mengandung kafein (kopi, teh, coklat, soda) diduga menyebabkan migrain, jg makanan yg mengandung msg dan pemanis buatan aspartam
• stres : pekerjaan yg menuntut konsentrasi tinggi dalam jangka waktu yg lama, mis didepan kompi
• hormon : terutama pada wanita dikala menjelang haid
• genetik : keturunan, biasax penderitanya msh muda
• penyebab sensorik : cahaya lampu yg tll terang, bau yg tll menyengat
• tidur : pola tidur yg berubah scra mendadak, misal tidur yg tll lama
• obat : terapi hormonal

8. Aq kmrin kehujanan...dr td pgi bersin2 hdung mampet pdhl sblum2 nya gak prnh kayak gini

Jawab :

Iya mb ferry perbanyak minum dan supplemen bl perlu.. Yg penting tingkatkan daya tahan tubuh :)

9. Assalmualaikum dok..
Klo mslhnya seperti ini, haidnya bisa sampai 4 bln baru dtng.. jadi bisa di blng 1 thun cuma 3 kali..

Ada tips untuk mengobati yg semacam ini dok??

Jawab :
Kalau sudah seperti ini mesti diperiksakan dik wenty, agar lebih jelas diketahui ada gangguan pada anatomi organ, fungsi organ, atau masih dalam batas normal :)

10. Waahhh desma telaaattt....
Mau nanya jg dok, gmn supaya BAB lancar?

Jawab :

Subhanallah manfaat air putih itu buanyak buanget yah..

BAB lancar dengan
• perbanyak minum air putih
• perbanyak makanan yg mengandung serat tinggi seperti papaya, kubis, wortel, brokoli, bayam,
• makanan yang mengandung zinc seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan kacang polong, buncis, seafood, telur dan kedelai
• makanan mengandung minyak ikan, minyak zaitun, cod dan minyak gandum

Bab yg sehat itu tidak sebabkan kita mengejan terlalu kuat dan keras, karena akan semakin membuat perlukaan pada anus, dengan menunda bab bs sebabkan kotoran menjadi keras, krn cairan yg membuat kotoran lunak akan dserap kembali. So perbanyak minum air putih ya..

11. mkannan yg perlu dihindari buat orang yg puya kadar asam urat tinggi APA aja dok??

Jawab :

Asam urat penyebabkan adl makanan2 dg kandungan protein terutama purin tinggi
• seperti Jeroan (hati,ginjal,limpa,babat, usus, paru dan otak) ,
• Hindari Makanan laut: udang,kerang, cumi, kepiting.
• Makanan kaleng: kornet, sarden dan ekstrak daging,Telur, Kaldu atau kuah daging yang kental.
• hindari juga makanan emping, melinjo, kangkung dan bayam,Daun Singkong,Daun Jambu Mete,Asparagus,Buncis dan Kembang Kol
• Hindari kacang-kacangan :Kacang Tanah, Kacang Hijau, Kacang Kedelai, Tempe, Tauco-,Tauge, Oncom-,Susu Kedelai.


12. Utk mengatasi perut buncit ap y dok? Trs TB desma 155, berat 50 kg, ideal gx sich dok?

Jawab :

Diatas sudah ditulisin rumusnya dik

TB > 150
BBI = TB - 100 x 0,9
155-100 x 0,9 = 55 x 0,9 = 49,5

BBI +/- 10%
BBI min 49,5 - 4,95 = 44,55 ~ 45 kg
BBI maks 49,5 + 4,95 = 54,45 ~ 54 kg

Jadi masih ideal dik desma
Kalau mau mengurangi perut buncit dg olahraga sayang
Unt membakar lemak lakukan olahraga aerobik
Setelah itu lakukan olahraga pembentukan, seperti push up, sit up, back up

13. Dokter,, maaf agak menyimpang ya
Klo badan sering bentol2 seperti orng kena ulat itu apakah salah satu tanda alergi ya..
Trus gmna caranya biar qta bisa mengetahui itu alergi terhadap apaan,, apa perlu test alergi ya dok..
Selain test alergi apa ada cara lain buat menyembuhkan hal tersebut,??
Syukron

Jawab :
Tanda alergi atau riwayat atopi itu macam2 bentuknya dik
- bisa manifes ke kulit berupa bentol, gatal kemerahan, terasa panas pada kulit
- bisa manifes ke pencernaan, mual muntah diare
- bisa manifes ke pernafasan, batuk pilek bersin sesak
- bisa manifes ke jantung n pembuluh darah, shok anafilaktik

Untuk mengetahui bisa test alergi (skin test), namun dari kebiasaan bisa diketahui, misal pas dingin mesti keluar bentol2, pas banyak debu mesti bersin pilek atw batuk.
Jadi kita sendiri bisa aware dg gejala yg ada

Untuk menyembuhkan?
Riwayat atopi tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikontrol gejala/manifes yg muncul. Terapi utama dg menghindari faktor penyebab, misal alergi dingin, qt hindari dingin dg penggunaan pakaian hangat, makan minum yang hangat. Alergi debu, dg penggunaan masker yg dipercik dg air (agar lbh lembab)

14. Dokter mau tanya,saya kalo lagi emosi,langsung istigfar,tapi perasaan kok susah mau redam emosinya,walaupun sudah istigfar berkali2,istigfar yang bagaimana agar bisa cepat meredam emosi?

Jawab :

Wajar jika masih blm bisa meredam, makax ada tahapan n sunnah2 yg diajarkan oleh Rasulullah SAW

Sifat emosi itu memang wajar ada pada manusia, karena itu butuh unt tetap dikendalikan

15. Apa penyebab amandel dan sekitarnya sariawan dan ada bintik2 putih nya ? (kata dokter tht, bintik2 itu berisi nanah) Rasanya buat menelan makanan sakit

Jawab :
Di dalam ruang tenggorokan qt ada yang namax ring of walldeyer berisi tonsil, ada 4 tonsil yg membentuknya, 1 di tenggorokan, 2 di kanan kiri (yg biasa dsebut amandel), dan 1 di pangkal lidah.

Fungsi dari ke4 tonsil adl sbg pintu pertahanan tubuh, dari benda asing berupa virus, bakteri, zat2 yg mengganggu (penyedap, pemanis, pengawet, pewarna, perasa). Mekanisme pertahanan ring of walldeyer dg mengeluarkan lendir, tonsil membengkak, terbentuk nanah dan zat2 lain unt menghalau zat asing. Maka kita akan merasa, nyeri telan, gatal tenggorokannya, bahkan badan qt akan terasa panas. Maka sebaiknya, perbanyak minum air putih, kumur2 dg air hangat+garam pada tenggorokan, dan bila nyeri dirasa sangat mengganggu dibutuhkan obat unt mengurangix

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!