Ketik Materi yang anda cari !!

KESEHATAN REPRODUKSI WANITA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, November 18, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA الله BUNDA 15 dan 16

Senin, 17 November 2014
Nara Sumber : Dr. Riana
Admin: Farabella Dan Nury
Materi: Kesehatan

Assalaamu'alaikum wr.wb..

KESEHATAN REPRODUKSI WANITA

Sistem reproduksi wanita dirancang untuk dapat melaksanakn beberapa fungsi dengan normal. Rancangan tersebut sangat sempurna, sehingga memungkinkan sebuah KEHIDUPAN BARU terbentuk secara normal..
(Subhanallah, indah sekali bukan karunia Allah ini Ukhtifillah..?)

Karena itulah, fitrah kewanitaan kita sudah otomatis kita miliki, karena hormon-hormon wanita dan berbagai metabolisme yang mengatur fungsi reproduksi wanita sudah otomatis berjalan dgn mekanisme yang teratur.

Misal:
-Ketika janin terbentuk di perut ibu, sudah mulai siap organ-organ reproduksi tersebut, sehingga sebelum lahir kadang sudah terlihat jenis kelaminnya, jadi sudah ada vagina atau penis.
-Saat anak lahir sp pre pubertas, organ-organ reproduksi tersebut terus berkembang, sehingga anak-anak kita yang perempuan mulai tumbuh payudaranya, pinggul melebar, kulit lebih halus, tumbuh jerawat, menyukai lawan jenis, dan lain-lain. Kemudiaan yang laki-laki mulai tumbuh jakun, suara berubah, tumbuh rambut di daerah-daerah tertentu, dan lain-lain.
-Saat pubertas, ditandai dgn menstruasi utk anak perempuan dan mimpi (mampu mengeluarkn sperma) untuk anak laki-laki.
-Menstruasi akan terus berlangsung normal sesuai siklus, dan ini adalah pengaruh keseimbangan hormon (estrogen dan progesteron) dalam tubuh yang terus membuat siklus yang unik dan teratur.
-Saat terjadi konsepsi (pembuahan), siklus hormonal tersebut sedikit berubah, yang memungkinkan dinding rahim tidak luruh, sehingga tidak terjadi mens dan janin bisa hidup di dalam rahim tersebut.
Sistem Reproduksi dan Bagian-Bagiannya:
1. Vagina dan leher rahim.
Adalah tempat masuknya sperma untuk mencari dan membuahi ovum.
2. Ovarium.
Untuk menghasilkan sel telur dan hormon.
3. Saluran Tuba (Fallopii).
Menyediakan tempat terjadinya pembuahan dan pertumbuhan embrio di minggu I.
4. Rahim.
Tempat embrio tertanam selama 9 bulan, dan memungkinkan pertumbuhan janin sempurna.
5. Payudara.
Berfungsi untuk memberi nutrisi dan antibodi bagi bayi yang akan dilahirkan. Bagaimana tanda alat reproduksi wanita tersebut mulai matang dan berfungsi normal? Ditandai dengan menarche (mengalami masa haid I), yang berarti  telah memproduksi sel telur yang dapat dibuahi sperma dan menyebabkan kehamilan.
Tidak ada jaminan bahwa semua wanita tidak mempunyai masalah kesuburan. Yang dapat dilakukan adalah mencegah kemandulan dengan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dan organ reproduksi secara khusus.
30-40% infertilitas terjadi pada wanita yang mempunyai kelainan ovulasi dan masalah pada alat reproduksi.
Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan reproduksi wanita, dengan:
1. Menjaga higiene alat reproduksi, sehingga tidak sampai terjadi infeksi organ reproduksi.
2. Lakukan hub sex yang aman. Beberapa penyakit PMS (Peny Menular Sexual) dapat menyebabkan kehilangan kesuburan karena merusak alat reproduksi.
3. Menjaga BB ideal.
Jika terlalu kurus, kekurangan hormon estrogen dan sistem reproduksi tidak berfungsi. Jika terlalu gemuk, kelebihan hormon estrogen sehingga mengganggu ovulasi.
4. Lakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur.
5. Berhenti merokok atau hindari menjadi perokok pasif.
6. Menjalani gaya hidup sehat: diet sehat (menu seimbang, perbanyak anti oksidan), OR teratur, manajemen stress, positif thinking, cukup istirahat. Sebab akan membuat sistem reproduksi sehat dan sistem tubuh dalam kondisi baik.
Kehamilan hanya terjadi pada sistem reproduksi yang sehat.
-----------------------------

Sesi Tanya Jawab

1. Tanya:
bu dokter saya mau nanya untuk memngeringkan vagina sehabis pipis.. lebih baik menggunakan tisu toilet atau tisu wajah? karena ada beberapa teman saya yang justru banyak menggunakan tisu wajah
Jawab:
Prinsipnya setelah BAK sekitar vagina diusahakn kering, untuk menghindari kuman atau jamur tumbuh dengan suasana lembab.
Untuk jenis tisu ana kurang tahu persis, mestinya tisu toilet sudah dirancang khusus untuk keperluan itu.. Tapi, kalau tidak ada yang lain, tisu wajah juga tidak masalah.

2. Tanya:
untuk mengetahui Bb ideal cara menghitungnya bagaimana?
Jawab:
Menghitung BB ideal, banyak rumusnya. Salah satunya, biar mudah, ana kasih contoh link ini:
Rumus berat badan ideal
http://terbarux.blogspot.com.kesehatan/2014/rumus-menghitung-berat-badan-ideal.html

3. Tanya:
Dokter Riana, saya sejak melahirkan anak kedua saya (melalui C-Section), perut saya sering ber-gas, kadang sampai disentuh saja sakit banget. Apakah ini efek dari operasi saya dok? Dan bagaimana cara untuk mengurangi gas di perut?
Jawab:
Perut sering ber-gas bisa saja tanda dari gangguan pcernaan, misal asam lambung yang meningkat. Belum tentu karen post SC.
Coba dikurangi dengan menjauhi makanan atau minuman yang memproduksi gas berlebihan seperti durian, nangka, tape, sayur tewel atau nangka, pedas, asam, kopi, umbi-umbian, kacang-kacangan dan lain-lain.. Boleh juga dibantu minum Antasida dan Probiotik. Syafakillah.

4. Tanya:
Dokter saya kalau mens itu maju misalnya dari tanggal 25 bulan depan tgl 19/20 maju 6 hari jadi. Kadang-kadang tidak tahu saat berhubungan tahu-tahunya sudah datang bulan... bahaya tidak ya... karena sering banget begitu tahu-tahunya datang bulan gitu.
Jawab:
Insya Allah tidak apa-apa Bunda, mungkin siklus haidnya memendek.. Siklusnya masih dalam batas normal. Kalau boleh tahu, Bunda apa pakai kontrasepsi IUD? Biasanya yang pakai IUD karena ada benda asing di dalam rahim, kadang saat menjelang mens, kondisi rahim sedang tebal, kena goresan sedikit, kemudian luruh, terjadilah mens lebih dini.. Mungkin kurang lebih seperti itu mekanismenya.

5. Tanya:
Dokter, apakah setelah menikah siklus haid bisa berubah? Sebelum nikah, dulu 30 hari. Sekarang 28 hari semenjak nikah, apakah hal ini normal?
Jawab:
Bisa saja siklus haid wanita berubah, maju atau mundur, karena berbagai faktor.. Masih normal Bund, tidak usah khawatir.

6. Tanya:
Saya mau minta saran, saya sudah menikah 9 bulan. Masih ikhtiar untuk mendapatkan momongan. Apakah perlu berkonsultasi ke dokter kandungan dr. Riana untuk mengetahui penyebabnya? Kenapa harus melakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur?
Jawab:
Ana ikut support dan doakan semoga Allah berikn yang terbaik.. Jika siklus menstruasi teratur, insya Allah salah satu indikasi kesuburan pihak wanita baik. Kecuali ada faktor-faktor yang lain..
Sementara ini, ana menyarankan untuk ikhtiar lebih ditingkatkan lagi, yaitu hitung masa subur dengan cermat. Masa subur adalah, 14 hari sebelum perkiraan mens berikutnya, atau hari ke-14 dihitung dari mens pertama, untuk yang mempunyai siklus 28 hari..
Misalnya tanggal perkiraan masa subur adalah tanggal 10, maka plus minus 3 hari, yaitu tgl 7-13 adalah waktu-waktu tepat untuk ikhtiar lebih. (Afwan, berhubungan suami istri). Cari waktu yang pas, dalam kndisi fresh, positif thinking, kondisi puncak tawakal pada Allah..
Jika misalnya dalam beberapa bulan dengan ikhtiar maksimal tersebut, Allah belum titipkan amanah, tafadol lebih baik konsultasi ke Dr.SpOG..
Sebenarnya yang paling mudah tes kesuburan suami, tapi tentunya komunikasi dan kerelaan kedua belah pihak.. Atau juga minta saran-saran ke DrSpOG, wanita juga bisa diperiksa beberapa hal yang berkaitan dengan kesuburan, meskipun untuk wanita pemeriksannya lebih luas sekali.
Semoga ikhtiarnya berhasil ukhti..
Pemeriksaan ginekologi teratur untuk memantau keluhan-keluhan dan resiko penyakit Reproduksi yang mungkin timbul.. Juga untuk prevensi, misal pada kasus Ca Cervix.


Doa Kafaratul Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga bermanfaat

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment