Home » , » KESEHATAN – TEKNIK MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR

KESEHATAN – TEKNIK MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, November 11, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA اللهِ NANDA 123 & 124
Hari/Tanggal : Selasa, 11 November 2014
Materi : Teknik Menyikat Gigi Yang Baik dan Benar
Narasumber : dr. Eka Mahmuda
Notulen : Siti
Editor: Ira Wahyudiyanti & Herniza 

Assalamualaikum wr.wb.
Bismillah…


TEKNIK MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR


Banyak orang yang ingin memiliki penampilan yang menarik. Dan salah satunya ditunjang oleh kebersihan gigi dan mulut. Tidak jarang orang yang menginginkan gigi yang putih bersih dan sehat. Menyikat gigi merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut kita. Oleh karena itu menyikat gigi haruslah dengan cara yang baik. Karena apabila cara yang dilakukan kurang tepat akan memberikn hasil yang kurang maksimal. Berikut ini teknik dalam menyikat gigi :
1.      Pilihlah sikat yang lembut
Dalam menyikat gigi pilihlah bulu sikat gigi yang lembut agar tidak melukai gusi saat digunakan
2.      Gunakan pasta gigi sebesar kacang polong
Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan menggunakan banyak busa lewat pasta gigi maka akan membuat gigi cepat bersih. Padahal gigi yang bersih bukan tergantung hanya pada banyaknya pasta gigi yamg digunakan
3.      Sikatlah gigi anda sehabis sarapan pagi dan sebelum tidur malam
4.      Gosok dengan lembut
Sikatlah gigi anda dengan lembut dan sikatlah lebih lama.. Menggosok gigi dengan keras akan menyebabkan gusi surut dan gigi menjadi sensitif.
5.      Sikat satu persatu
Sikat gigi anda satu persatu dan hindari untuk menyikatnya secara keseluruhan. Saat menyikat gigi anda habiskanlah waktu 12-13 detik per gigi hingga gigi anda benar-benar bersih.
6.      Sikat arah vertikal
Sikat gigi anda dengan arah vertikal hingga seluruh kotoran pada sela-sela gigi anda juga ikut terangkat. Usahakan untuk memeriksa seluruh sela-sela gigi anda setiap menyikat gigi anda.
7.      Gerakan menyikat vertikal di bagian kanan dan kiri
Setelah menyikat gigi bagian depan, maka beralihlah menyikatnya secara vertikal di bagian samping kanan dan kiri anda. Pastikan seluruh bagian samping gigi anda tersikat dengan baik satu persatu.
8.      Bagian dalam gigi
Setelah menyikat bagian samping kanan dan kiri, berikutnya adalah menyikat bagian dalam gigi anda. Sikat dengan baik secara merata dan bersih sebab bagian dalam gigi merupakan bagian yang banyak menyimpan sisa-sisa makanan.
9.      Menyikat lidah dan langit-langit
Saat menyikat gigi, bukan hanya gigi saja yang harus anda perhatikan, namun sikatlah pula lidah anda dan juga langit-langit, sebab bakteri juga bisa bersarang di dua tempat tersebut.
10.  Gantilah sikat gigi kuran lebih 3 bulan sekali
Setelah pemakaian sikat gigi yang lebih dari 3 bulan, maka anda perlu segera menggantinya dengan yang baru. Sebab akan memberikan hasil yang kurang maksimal saat menyikat gigi anda.



TANYA JAWAB
1.      Ummi wajar tidak umur 21 tapi masih tumbuh gigi? Saya tumbuh gigi 4 biji umi. Pernah bengkak beberapa kali itu karena apa ya?
Jawab:
Umur 21 tahun masih tumbuh gigi? Hal ini wajar kok mba. Memang kalau gigi ini tumbuh sering timbul masalah seperti ini. Gigi yang tumbuh disaat umur 17-25 tahun adalah gigi geraham ketiga atau yang biasa disebut juga dengan geraham bungsu yang tumbuh dibelakang gigi geraham kedua. Saat gigi ini berproses untuk tumbuh ada beberapa keadaan yang membuat si empunya gigi tidak nyaman. Antara lain rasa sakit di bagian gigi yang akan tumbuh, bengkak, sulit membuka mulut. Kondisi ini akan berakhir saat gigi sudah tumbuh.

2.      Bisakah gigi yang gisul itu tumbuh normal kembali? Adik saya gingsul 2 dibagian diatas. Adik saya umur 14 tahun.
Jawab:
Dua ini maksudnya kanan kiri ya mba? Kalau umur 14 tahun sudah tidak ada lagi gigi yang tumbuh. Untuk merapikan gingsul bisa pakai behel mba.

3.      Penggunaan behel itu berbahayakah ummi?
Jawab:
Selama behel dipasang dan dikerjakan oleh ahlinya dan kita sebagai pasien mengikuti prosedurnya in sya Allah aman kok mba.

4.      Kalau alat pembersih khusus lidah itu baik kah ummi atau mending pakai sikat gigi?
Jawab:
Untuk membersihkn lidah bisa pakai sikat gigi atau pembersih lidah. Selama penggunaannya tidak terlalu keras.

5.      Mau tanya ummi...perawatan apa yang harus dilakukan pada gigi yang mudah berlubang?
Jawab:
Kalau maksudnya sudah banyak gigi yang berlubang... sebaiknya gigi tersebut ditambal.. Dan perlu dilakukan  pencegahan gigi berlubang seperti menyikat gigi, konsumsi makanan berserat, flossing dan kontrol ke dokter gigi

6.      Keponakan saya sudah umur 5 tahun.Tapi gigi atasnya tidak tumbuh, soalnya dia suka makan permen ummi. Kira-kira bisa tumbuh tidak ya?
Jawab:
Mungkin maksudnya belum tumbuh mba. Anak umur 5 tahun gigi atasnya masih gigi susu dan akan tergantikan oleh permanen saat umur anak 7 tahun.

7.      Berarti karang harus di bersihkan? Lalu bagaimana mengatasi gigi yang berlubang setelah pembersihan karang (maksudnya lubang bekas tempat karang) ummi?
Jawab:
Solusinya ditambal mba.

8.      Dental floss yang murah itu merk apa dan belinya dimana ummi?
Jawab:
Setahu saya kisaran harganya mulai dari 15 ribu. Kalau merknya apa aja bisa yang penting bisa di pakai

9.      Flossing itu apa ummi?
Jawab:
Flossing adalah tindakan pembersihan sela-sela gigi dengan benang gigi/dental floss.

10.  Kalau ada gigi yang pas usia 13 tahun itu geraham patah, jadi tinggal sepotong,  nah gigi itu malah goyang dan akhirnya terbalik/telungkup jadi paten ummi,  Itu giginya lebih baik di cabut atau didiamkan saja ya? Soalnya sekarang usianya 26 tahun yang punya gigi.
Jawab:
Sebaiknya dicabut saja mba. Karena giginya sudah tidak berfungsi lagi dan bisa menjadi focal infection (sumber infeksi).

11.  Kalau pembersihan karang itu baik kah ummi? Soalnya saya pernah bersihkan karang tapi malah bolong banyak
Jawab:
Membersihkan karang gigi tidak bahaya kok mba. Gigi berlubang bukan karena pembersihan karang gigi ya. Disaat karang gigi menumpuk tambah banyak maka akan menutupi giginya. Karang ini bisa menutupi giginya berlubang sehingga saat karang sudah hilang baru terlihat lubang-lubang yang ada tersebut. Perlu diingat karang gigi ini berisi bakteri/kuman yang bisa menyebabkan infeksi gusi dan jaringan pendukung gigi.

12.  Ummi mau tanya kalau ada sariawan sudah hampir sebulan tidak sembuh-sembuh itu kenapa yaa? Adik di rumah seperti itu mmi, padahal sudah diberi vit. C oleh puskesmas.
Jawab:
Sariawannya tetap ditempat yang sama atau pindah-pindah mba? Bisa saja sariawan di tempat A sudah sembuh. Lalu ada lagi sariawan ditempat B. Sariawan termasuk yang bisa sembuh sendiri. Bisa saja saat masa penyembuhan sariawan tersebut terkena makanan/minuman yang sangat panas atau tergigit atau tergores sehingga bertambah lama penyembuhannya. Sariawan merupakan self limiting disease atau penyakit yang bisa sembuh sendiri. Kira-kira sekitar 14 hari sariawan bisa hilang dengan sendirinya. Sariawan sampai saat ini belum diketahui penyebabnya tapi selama ini ada hubungannya dengan trauma seperti tergigit, tergores, atau terkena makanan yang terlalu panas... bisa juga karena  stres. Dan banyak teori yang menyakini sariawan ada hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi makanan yang berserat seperti buah dan sayuran selain vit.c bisa membantu penyembuhan sariawan tersebut.


13.  Kalau yang pakai behel pakai dental floos nya bagaimana umi?
Jawab:
Ada yang khusus untuk yang pakai behel mba. Tapi masih jarang dijual sepertinya. Biasanya ada juga yang dikasih sama dokter giginya.

14.  Kalau untuk masalah gusi berdarah itu kenpa ummi? Kemudian makanan/minuman yang mendukung pencegahan gusi berdarah apa mi?
Jawab:
Gusi berdarah merupakan salah satu tanda-tanda radang gusi/gingivitis. Ini disebabkan karena plak yang menumpuk disekitar leher gigi. Plak yang menempel di gigi ini mengandung bakteri yang dapat masuk ke jaringan gusi  sehingga menyebabkan peradangan/infeksi gusi. Ini bisa diperparah bila terdapat karang gigi. Cara mengatasinya dengan pembersihan daerah sekitar gusi dan gigi. Kalau ada karang gigi dibersihkan juga karang giginya. Untuk makanan konsumsi makanan yang mengandung vit.c.

15.  Dokter, kalau untuk gigi gingsul bagaimana dok? Ada teknik tambahan tidak?
Jawab:
Tekniknya sama saja mba. Tapi karena gigi gingsul ini posisinya lebih kedepan dari lengkung gigi maka penyikatannya lebih lama dari gigi yang posisinya normal dalam lengkung gigi.

16.  Bentuk sikat gigi kayak yang di iklan-iklan itu pengaruh tidak sih dok?
Jawab:
Sebaiknya pilih bentuk sikat gigi dengan ujung sikat membulat dan mengecil sehingga bisa menjangkau gigi paling belakang. Kalau yang di iklan-iklan memang beberapa seperti ini.

17.  Dok saya pernah dengar kalau frorida di pasta gigi itu tidak aman dan bahaya apakah benar? Makanya di sarankan pake pasta gigi yang tidak ada florida nya
Jawab:
Flouride baik untuk melindungi gigi dari gigi berlubang mba. Tapi kadar floride yang berlebihan juga bisa gigi menjadi lebih mudah rapuh/keropos. Jadi pakailah kadar flouride yang cukup tidak berlebihan.

18.  Kalau pingin gigi putih bagaimana ya caranya? Biar kalau senyum manis
Jawab:
Warna gigi sudah ditentukan dari warna lapisan dentin kita, yaitu lapisan dibawah email. Untuk mendapatkan gigi yang sehat selain dengan menyikat gigi yang benar juga dengan mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran. Mengurangi makanan yang manis dan lengket. Kalau ingin terlihat lebih putih lagi sekarang ada teknik pemutihan gigi atau bleaching.

19.  Dokter, karang gigi itu penyebabnya apa ya selain sisa-sisa makanan? Karena perasaan kalau gosok gigi sudah bersih sampai bagian dalam. Cuma kalau diperhatikan lagi di gigi bagian dalam seperti ada karangnya
Jawab:
Karang gigi disebabkan oleh sisa makanan/plak yang masih tertinggal di gigi. Yang dalam waktu lama akan bercampur dengan bakteri dalam air liur sehingga lama kelamaan mengeras. Pada setiap oanrg umunya memiliki karang gigi walaupun dalam kadar keparahan yang berbeda-beda. Plak yang tertinggal bisa karena penyikatan yang kurang bersih di bagian gigi tersebut.

20.  Sejak pertama kali tumbuh gigi, gigi anak harus digosok dok?
Jawab:
Iya mba. Selain untuk membersihkan gigi dan mulut hal ini juga melatih cara menyikat gigi kepada anak kita sehingga hal ini menjadi kebiasaan dimasa akan datang.

21.  Dok mau tanya, kalau pakai behel sikatnya bagaimana?
Jawab:
Ada sikat gigi khusus untuk yang pakai behel mba. Biasanya ada di supermarket atau minimarket dan apotek

22.  Dok mau tanya, kalau kita punya seperti lubang di antara kedua geraham dan terkadang suka mengeluarkan darah segar. Itu faktor apa ya dok? Dan lubangnya sudah lama tidak sakit ataupun mengganggu cuma sudah mengeluarkan darah segar tiba-tiba. Patologis tidak dok?
Jawab:
Sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi mba biar bisa ditangani secepatnya. Mengenai darah yang keluar ini bisa dari gusi yang terletak diantara 2 gigi yang berlubang itu. Atau dari daging tumbuh yang biasanya terdapat di gigi berlubang karena adanya infeksi gigi tersebut

23.  Pakai behel buat memajukan gigi bisa dok? Gigi ku ada yang mundur
Jawab:
Bisa mba tergantung kondisi giginya. Behel di pakai tergantung kondisi gigi-gigi yang mau dirapikan. drg yang menangani pasti punya rencana perawatan. Di rencana perawatan inilah gigi kita dimajukan dimundurkn atau digeser kanan kiri


Demikian kajian hari ini. Kita tutup dengan hamdalah, istighfar 3x, dan doa kafaratul majelis.
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr wb

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT