Kunci-Kunci Surga

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, November 11, 2014

Kajian Online Hamba Allah

Hari / Tanggal     : Selasa, 11 November 2014
Narasumber        : Ustadz Edi
Judul Kajian        : Kunci-Kunci Surga
No. Grup             : 125
Notulen               : Melati
Editor                  : Melati & Ira Wahyudiyanti

TANYA:
Ustadz, di tempat saya ada budaya punggahan buat orang meninggal. Yah tahlilan gitu. Itu termasuk menafikan peribadahan selain Allah kah?
JAWAB :
Itu jelas sebuah kebiasaan yang belum pernah dikerjakan oleh rasulullah dan para sahabat serta para ulama terdahulu. Meninggalkannya lebih utama.
Bahkan para ulama menyebutkannya bid’ah mungkarah..

Dan yang ana takutkan kebiasaan yang turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat nusantara malah kebiasaan warisan hindu dan budha. Kan sebelum islam masuk sudah ada agama tersebut.

TANYA :
Ustadz kalau mendengar Nama Allah tapi hati belum bergetar itu kenapa ? In sya Allah kewajiban sudah dijalankan.
JAWAB:
Ya itu lemah iman aja. Iman kan naik turun. Ketika kita ngerasa takut tatkala nama disebut gak begetar, rasa takut dan risau kita itulah bukti getaran hati karena iman.

TANYA :
Ustadz kalo kebiasan turun temurun tadi tetep dilaksanakan hukumnya gimana ustadz? Soalnya dikampung halaman saya.. Semuanya harus pake ritual.. Trus kalo saya mau ngasih tau org tua takutnya dibilang sok tau ustadz..
Makasih.
JAWAB:
Beragama dengan warisan nenek moyang walaupun sudah jelas itu bertentangan dengan islam masih ngotot mempertahankannya. Syekh Muhammad bin Abdul Wahab memasukkan itu ke dalam salah satu ciri orang kafir jahiliyah sebagaimana beliau sebutkan dalam kitabnya masail jahiliyah. Berdasarkan firman Allah:

(وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اتَّبِعُوا مَا أَنْزَلَ اللَّهُ قَالُوا بَلْ نَتَّبِعُ مَا أَلْفَيْنَا عَلَيْهِ آبَاءَنَا ۗ أَوَلَوْ كَانَ آبَاؤُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ شَيْئًا وَلَا يَهْتَدُونَ) [سورة البقرة : 170]

بواسطة

Perkara jahiliyah jelas hukumnya haram...
Itulah tantangan kita. Makanya kita harus lebih bijak dan sabar. Nabi Ibrahim saja yang nabi dan rasul Allah backingnya  Allah,  tetap ditolak. Ayah beliau lagi yang menolak. Begitu juga nabi Nuh dan Muhammad.

Tantangan terbesar dakwah adalah keluarga. Dakwah tauhid memang susah dan berat. Tetap semangat dan sabar.

TANYA :
Kalau keimanan lagi turun sebaiknya gimana tadz?
JAWAB :
Kalau nasihat guru ana Syekh Kholid dari Saudi, kata beliau banyak-banyak membaca kisah orang sholeh yaitu sahabat dan para ulama. Bagus untuk memotivasi iman. Bagaimana teguhnya keimanan mereka.
Sering-sering lakukan amalan sunnah jangan cukup dengan yang wajib. Kalau kita hidup dengan amalan sunnah kalau futur cuma yang sunnah aja ditinggalkan wajib tetap jalan. Kalau cuma wajib pas futur takutnya amalan wajib juga hilang.

TANYA :
Ustadz apa tips buat menegur atau memberi tahu ke lingkungan sekitar bahwa kebiasaan tersebut salah tapi dengan cara yang tidak menggurui?
JAWAB :
Kalau ana memang udah ada pengajian di beberapa masjid. Masyarakat pada tau dan paham...

TANYA :
Dzikir setelah sholat yang dianjurkan itu subhanallah, walhamdulillah, allahuakbar. Saya browsing di internet itu. Terus pernah juga ada ustadz cramah ngajari kalo selesai sholat dzikir nya 3 itu.
Nah kenapa cuma 3 itu? Kenapa gak subhanallah alamdulillah laailaahaillallah allahuakbar?
JAWAB :
Ibadah dzikir ada yang muqayyad ada yang ghairu muqayad. Ada yang terikat dengan lafad tertentu yang diajarkan rasul ada yang bebas..
Dzikir setelah sholat termasuk dzikir yang ketentuanya lafadznya sudah diajarkan rasul sehingga tidak perlu ditambah. Tapi dzikir sambil menunggu bus atau lagi duduk nyantai di sore hari sambil berdzikir gak papa. Boleh saja dibaca apa aja bacaannya asal benar.

Bagus kalau dibaca buku hisnul muslim kumpulan doa dari Al Quran dan hadist. Bagi yang memakai hp android bisa di-download di play story. Ada edisi arab fan ada juga yg indo.

Bacaan Setelah Salam

أَسْتَغْفِرُ اللهَ (3 x) اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

“Aku minta ampun kepada Allah,” (dibaca tiga kali). kemudian membaca: “Ya Allah, Engkau Mahasuci dari segala cacat dan kekurangan, hanya dari-Mu keselamatan, Maha Agung Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ.

“Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, semata-mata Dia, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan hanya milik-Nya segala puji. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang bisa menghalangi apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang bisa memberi apa yang Engkau halangi. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya untuk melindungi dari siksa-Mu.”

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ.

“Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, semata-mata Dia, tidak ada sekutu bagi-Nya. bagi-Nya kerajaan dan segala pujaan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah. Kami tidak beribadah kecuali hanya kepadaNya. Hanya milik-Nya nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir sama benci.”

سبحان الله, والحمد لله, والله أكبر (33x)؛لا إله إلا الله وحده لا شريك له , له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير

Maha Suci Allah, Segala puji bagi Allah, Allah Maha Besar (33x), Tidak ada Tuhan (yang hak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. bagi-Nya kerajaan. bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤﴾

(1) Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. (2) Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (3) Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, (4) dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ﴿١﴾ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ ﴿٢﴾ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ ﴿٣﴾ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ ﴿٤﴾ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ ﴿٥﴾

(1) Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, (1) (2) dari kejahatan makhluk-Nya, (3) dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, (4) dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, (5) dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ﴿١﴾ مَلِكِ النَّاسِ ﴿٢﴾ إِلَٰهِ النَّاسِ ﴿٣﴾ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ ﴿٤﴾ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ ﴿٥﴾ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ﴿٦﴾

(1) Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. (2) Raja manusia. (3) Sembahan manusia. (4) Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, (5) yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, (6) dari (golongan) jin dan manusia.

Membaca ayat Kursi :
اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa pun dari ilmu Allah melainkan yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. (10× بعد صلاة المغرب والصبح)

Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, semata-mata Dia, tiada sekutu baginya, semua kerajaan hanya milik-Nya, segala puji hanya milik-Nya, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً.

“Ya Allah! Sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diterima.” (Dibaca setelah salam shalat Subuh).

Copy dari Kitab Hisnul Muslim Terjemahan..

TANYA :
Ustadz ane mau nanya apakah benar hijab dan akhlak adalah sesuatu yg berbeda? Sementara banyak orang yang menghujat wanita hijab banyak yang tidak sesuai dengan akhlaknya.
JAWAB :
Termasuk syubhat syaitan yg membuat bnyak kaum muslimah gak berhijab dengan alasan hijabkan dulu hati dan perilaku. Banyak yang berhijab tapi moralnya rusak.

Hijab bagian dari akhlak kita kepada Allah. Namun tidak bagus juga logika mengaitkan sesuatu dengan hijab. Itu cuma nyari alasan aja untuk pembenaran aku tidak berhijab. Orang berhijab berarti dia sudah melakukan perintah Allah dan gak berdosa karena hijab. Masalah moralnya suka nggosip ya berarti dia dosa karena nggosip. Jadi permasalahan dipilah-pilah.

TANYA :
Ada seorang teman saya dia baru berhijab tapi ketika dia SMA. Dia merasa dikucilkan teman kuliahnya. Nah bagaimana caranya kita meyakinkan supaya dia merasa percaya diri dengan hijabnya. Udah dikasih masukan sih tapi dia masih belum percaya diri.
TANYA :
Kalau masalah seperti ini ana kurang mendalami trik-triknya...coba ditanyakan langsung ke ustadzahnya...klo wanita insya allah lebih mendalami..
Menurut  ana coba dicari kisah2 wanita yg mempertahankan hijab di negara minoritas seperti dieropa..kan banyak tu kisahnya di warnet...mudah2han keteguhanereka bisa memotivasi kepedean dia.
Kalau untuk mantepkan hati temen yolita biar di pede dan tdk merasa di kucilkan coba baca bukunya Oki setiana Dewi Hijab Iam in love disitu di jelaskan abis tentang hijab ma Oki.atau ga baca buku Asma nadia la tahzan for hijabers.

TANYA :
Ustadz shalat sunnah tasbih itu gmn tadz?? Ibu aku percaya bgt ama shalat sunnah tasbih....
JAWAB :
Sholat sunnah tasbih terjadi khilaf atau berbeda pendapat para ulama...ad yg mendhoifkan hadis sehingga sholat asbih tdak ada..ada juga yg meshohihkan hadi tersebut sehinggasholat tasbih ada..diantara  ulama yg menshohihkan syid sabiq dalam fiqh sunnah dan syeh albani..
Kalau ana lebih condong kepada tidak adanya syariat sholat tasbih...hal ini senada dg ftwa komite fatwa ulama saudi atau lajnah daimah...begitu juga ibnu jauzi, almizzi, ibnu tymiyah yg mendhoifkan hadi riwayat abu daud dan turmizi ttg shalat tasbih.

TANYA :
Sy mau tanya ttg hukum ziarah kubur k makam wali atau kyai atau mrk yg dianggap wali. Para pecinta ziarah sll mengatkn klo tujuan mrk bukn meminta pd jasat yg d dlm kubur. Tp tujuan mrk untk mendoakn mrk yg d dlm kubur. Skaligus berdoa meminta kpd Allah mlalui mrk yg dianggap sbg org2 yg dekat dg Allah.
Kta org tu klo yg doa tu org yg dekat ma Allah, mka doanya kmungkinan bsr akn dkabul. Mkanya mrk pakai alasan itu untk membenarkn ziarah kubur. Yg dziarahi adl org2 yg dekat dg Allh makanya mrk mendoakn yg ada d dlm kubur smbil minta tlg nitip doa mrk k Allah melalui yg ada d kubur tsb.
Intinya sy mau tanya apkh alasn itu bsa dbenarkn mnurut syariat? atau itu memang dh masuk k syirik?
JAWAB :
Syeh muhammad bin abdul wahab memasukkan salah satu pembatal keislaman menjadikan sesuatu antra kita dg allah perantara kpd allah..berdoa melalui perantara atau memohon syafaat hukumnya kafir secara ijma ulama..silahkan diliat di kitab nawaqizul islam..
Karna kaum kafir qurais mereka tdak menyembah patung...mereka tetap menyakini allah ygeri rezeki yg memciptkan dll..tapi merelaenjadikan perantara selain Allah.
Allah berfirman :
ما نعبدهم الا ليقربونا الى الله زلفى

Arti : kami tdak menyemberhala tetapi kami menjadikannya sebagai perantaraan mendekatkan diri kepada Allah.” (Q.S. Az Zumar : 3)

Ziarah kubur sunnah tatkala kita melakukannya sesuai dg petunjk rasul dan para sahabat..mengingatkan kita kpd kematian dan mendoakan ahli kubur..adapun azab
kubur dg berbagai amalan syirik ya haram..

TANYA :
Trs ustad, bgaimna sharusnya kt mengingatkn mrk akn hal ini? Biar tdk menyinggung dn trkesan menggurui org tua.
Dn maaf ustad, knp yg mengajarkn hal tsb justru mrk yg menyandang gelar ustad atau kyai? apa dlm hal ini ada prbedaan diantara kyai dlm memahami sumber hukum Islm yg sbenarnya?
JAWAB :
Itu namanya tawassul..menjadikan sesuatu peranaraan kpd allah.. tawassul ada yg boleh ada yg tdak...
tawassul yg boleh :
1.bertawassul dg nama dan sift allah
2. bertawasul dg al sholehseperti kish 3 pemuda bani israil yg terkurung dalam gua.
3.bertawasul dg orang sholeh KETIKA MEREKA MASIH HIDUP...seperti para sahabat datang kpd rasul mina didoakan turun hujan dan rasul mendoakamnya...adapun ketika  rasul wafat hujan gak turun paa sahabat mendatangi paman rasul dan tdak mendaangi kuburan rasul..seandainya boleh tentu kuburan rasul lebih utama para sahabat akan memintanya..jadi jelas itu alasan yg ydak bisa diterima dan perbuatan tersebut sama dg perbuatan kaum kafir qurais yg menjadikan patung orang sholeh sbgai perantaraan..

Kita tidak menjadikan sandaran itu ustadz atau kyai tapi dalil dari Al Quran dan hadist.. Dan rasul sendiri sudah mewanti-wanti terhadap adanya ulama su' atau penyesat.. Sebagaimana  Imam Abu Daud meriwatkan hadis rasul berkata :
انما اخاف على امتي الإئمة المضلين

Hanya saja yang aku takutkan kepada umatku pemimpin / ulama yang menyesatkan.

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT