Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » MEMAHAMI ARTI KEBAHAGIAAN

MEMAHAMI ARTI KEBAHAGIAAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, November 27, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA اللهِ NANDA 115 & 116
Hari/Tanggal : Kamis, 27 November 2014
Materi : Memahami Arti Kebahagiaan
Narasumber : Ustadz Ridwan Ridho
Admin : Riski Ika Wati
Editor : Hernizah & Ira Wahyudiyanti


Bismillah…
Assalamu'alaykum wr.wb.


Bahagia adalah kata yang paling banyak dicari di dunia ini, dalam sepersekian detik di situs pencari jutaan orang mencari kata ini. Bahagia itu pada dasarnya tidak bisa dibeli oleh apapun,ia hanya akan hadir pada orang yang memang menginginkan bahagia. Banyak yang kmudian mensalahartikan makna bahagia,ia dibiarkan menggantung tinggi di atas,sehingga yang terjadi hidup yang dialaminya terasa sempit, melelahkan, kesal, mumet, capek, sedih. Ia terlalu berfikir bahwa kebahagiaan itu akan datang saat uang sudah banyak, saat gelar didapat,saat jabatan disandang, saat sudah punya pasangan, punya anak, punya rumah dan saat-saat yang lainnya.

Lupa.. bahkan lupa pada sesuatu yang dasar yakni kebahagiaan itu adalah ketika kita merasa tenang. Lupa bahwa manusia itu punya fitrah, lupa bahwa setiap orang punya garis kehidupan yang berbeda, lupa bahwa Allah lah tempat menggantungkan harapan. Lalu bagaimana agar bahagia bisa dirasakan setiap saat? Pahami bahwa hidup ini hanya bisa bahagia ketika kita tahu apa tujuan hidup kita, memahami apa yang kita kerjakan dan bersabar bahwa semua itu butuh yang namanya proses, tawazun lah. Seimbangkanlah hidupmu bahkan kalau perlu bagilah hidupmu dalam satu hari ini dalam 1/2 bagian, siang untuk urusan dunia, malam untuk mendekat pada Allah. Apakah kau sudah bahagia? Mari diskusi.


TANYA JAWAB
1.     Apakah bisa dikatakan bahagia, kalau kita menikmati semua kehendak Allah. Baik yang kita ingin kan atau pun tidak kita inginkan?
Jawab:
Proses menikmati ini perlu pemahaman, buka Al Baqarah 216 ya. “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”.

2.      Jadi di nikmati saja ya ustadz?
Jawab:
ALLAH Maha tahu dan memberikan yang paling tepat untuk hamba Nya

3.  Assalamualaikum ustadz.. Mau tanya. Sesuai dengan surat Al Baqarah ayat 216 itu harus dinikmati.. Tapi apabila batin masih tidak bisa menerimanya bagaimana ustadz?
Jawab:
Manusia wajar jika sedih akan apa yang tidak bisa dicapai, tapi pahamilah selalu ada hikmah kenapa Allah kasih itu ke kita, contoh kita telat, mungkin marah marah kesal karena kereta yang kita akan tumpangi tepat melewat depan kita. Tapi beberapa waktu kemudian dapat kabar ternyata kereta tersebut kecelakaan. Maka hidup itu dimensinya berfikirnya harus tawazun (seimbang)

4.   Bagaimana caranya biar bisa dengan mudah menerima kehendak Allah SWT, tanpa berkeluh kesah?
Jawab:
Pada dasarnya semua mudah jika paham bahwa apa yang kita punya sekarang semuanya hanya titipan. Namanya juga barang titipan ya harus dijaga, dirawat dan dimanfaatkan, sewaktu waktu yang punya ambil ya kudu siap, sewaktu waktu yang punya pengen rubah ya harus siap

5.    Saya máu tanya ustadz, bagaimana  caranya untuk melupakan kegagalan di masa lalu? Karena terkadang kegagalan tersebut masih terbayang sehingga terkadang terasa sulit untuk merasa bahagia.  Syukron..
Jawab:
Masa lalu adalah sejarah, namanya sejarah harus dipahami apa penyebab kita bisa seperti itu, sebuah evaluasi ya tidak mesti dilupakan seluruhnya hanya saja bisa diambil hikmah yg ada. Cobalah terus belajar menghayati...

6.     Pak ustadz mau tanya, apabila kita mencintai seseorang kita anggap dia lah yang terbaik tapi dia malah memilih wanita lain, lalu kemudian tidak lama dia menikah dengan wanita itu, tapi kita belum bisa melupakan pria itu. Apa itu bisa di bilang laki-laki itu bukan yang terbaik untuk kita. Sukron pak ustadz.
Jawab:
Pertanyaan luar biasa.. bagus jujur. Jujur itu bagus, jarang orang mau terbuka dan yang terpenting jika salah mau merubahnya. Dari pertanyaannya, jodoh itu misteri sama seperti misterinya rizki dan kematian. Percayalah bahwa Allah mempersiapkan pasangan yang terbaik buat kita masing masing, berat memang melupakan. Tapi dengan mengubah persepsi bahwa akan ada lelaki soleh disana yang telah menungguku seperti nya akan sedikit mengubah kesedihan ya

7.     Ustadz, setiap orang memang berhak untuk bahagia kan ya dan mereka punya cara masing-masing untuk bisa bahagia .. salah tidak ustadz yang kita bagi terhadap orang lain itu kebahagian bukan kegundahan dll. Itu baik tidak buat hati kita sendiri ..
Jawab:
Justru kita harus bisa mencari kawan yang selalu menebar hal yang positif. Dengan dekat dengan mereka kita akan selalu terobsesi melakukan hal positif, berfikir positif pula. Coba deh rasain, jikalau ukhti bergabung dengan disekeliling ukhti semua sedang sedih.. rasanya suasanany kebawa juga kan?

8.      Benar ustadz, apalagi jujur saya orangnya mudah terenyuh terbawa dengan suasana yang kadang-kadang sifatnya mellow hehe
Jawab:
Itulah mengapa iman itu harus diperkuat, cobalah sesekali untuk sekedar menguatkan iman, jalan kaki sejauh mungkin. Maka kita akan rasakan bahwa kendaraan yang kita miliki itu sudah bagus, harus bersyukur. Jangan karena orang lain kendaraanya baru dan lebih bagus kita jadi kesal

9.     Iyaa ustadz bagaimana caranya supaya bisa menghandel hati kita sendiri supaya tidak iri dengan kebahagiaan orang lain hehe..
Jawab:
Rajin rajinlah mensyukuri yang ada. Fokuskan pada apa yang kita punya hari ini

10.  Apakah ada cara biar bahagia itu menyambangi kita setiap hari?
Jawab:
Pahamilah bahwa hidup ini tujuannya nyari modal buat bisa untung besar, kapan itu? Di akhirat, kita cuma diberikan modal awal yakni akal, dan waktu yang tersedia. Namun yang membuat manusia terus sadar ya karena waktu setiap masing-masing tidak tahu kapan akan berhentinya. Inilah yang unik dan diwaspadai, manfaatkam sekecil apapun peluang kebaikan untuk tambah pahala

11.  Adakah kiat ustadz ketika kita dilanda masalah tapi tetap bahagia selalu?
Jawab:
Luapkan saja dulu rasa sedihnya, kenapa begitu? Karena jika tak selesai sedihnya maka akan bertahan lama.

12.  Mengapa bahagia selalu dikaitkan dengan materi?
Jawab:
Karena manusia secara naluriah memandangnya seperti itu

13. Ustad mau tanya, dengan bersyukur kita pasti akan bahagia kan? Tapi ketika muncul suatu permasalahan sehingga kadang muncul pikiran yang tidak baik, akhirnya tidak bisa merasa bahagia.. trus bagaimana cara mengatasi agar hati &dan pikiran bisa tetap bahagia?
Jawab:
Ingat hukum kekekalan energi, bahwa energi tidak mati hanya berpindah. Nah kebaikan atau semua hal. Yang positif pada dasarnya akan kembali pada kita dalam bentuk yang bermacam macam. Perbanyak sadaqah juga menambah kebahagiaan


Demikian kajian hari ini. Kita tutup dengan hamdalah, istighfar 3x, dan doa kafaratul majelis.
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr wb


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment