Home » , , » MENCEGAH KARANG GIGI

MENCEGAH KARANG GIGI

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, November 19, 2014

Kajian Online Hamba الله SWT

Selasa, 18 November 2014
Narasumber : drg. Ida Faikha
Rekapan Grup Nanda 121-122 (Baita)
Tema: Kesehatan
Editor :Rini Ismayanti

Assalamualaikum, saya drg ida faika, akan menyampaikan tentang 5 cara mencegah munculnya karang gigi
1. Rutin menyikat gigi, Lakukan setidaknya saat anda mandi, setelah makan dan sebelum tidur
2. Berkumur dengan mouthwash alami. Seperti air garam atau air daun sirih
3.  Mengkonsumsi buah dan sayur
4.  Mengkonsumsi air putih
5.  Pemeriksaan rutin ke dokter gigi

TANYA JAWAB
Tanya
1. Nah buk dr,katanya sikat gigi jg terbuat dari bulu babi ya?
2. Kalo ada lubang kecil di geraham dok? Cara mengatasi untuk ga berlubang juga sama seperti diatas?
3. Klo sdah terlanjur ada karang gigi. Adakah cara mengatasiny dgn yg alami dok??
4. Kata tmen" klo di bersihkan ke drg itu rasany ngilu" gitu dok?? Bner ga yaa? Mau ke drg pun jadi agak takut..
5. Dokter, adakah cara merapikan gigi sejak kecil? Harus ke dokter kah? Adakah deteksi dini di rumah?
6. Klo cara alami buat gigi jadi putih pke jeruk lemon bner ga dok??
7. Dok, aku abis scaling 2 bln lalu, dan cuma stengah dikerjainnya di puskesmas. Kalo Gigi kurang rapet bisa gampang karang ya dok? Berarti mesti dibehel yaa?
8. Mba aku mau tanya.. kenapa ya setiap berbuka puasa pasti sariwan.. padahal gak minum es juga. Terus kalo ada makanan yang nyelip di gigi kan kadang kita pek lindah tuh malah jd sariawan jg. Bgmn cara mengatasinya ya dok? Makasih sebelumnya atas jawabannya
9. Dok mau tanya gigi geraham yang paling ujung kalo baru tumbuh, itu memang buat badan meriang dan rasanya bau banget ya dok? Saya umurnya 22 tahun dok dan baru tumbuh satu gerahamnya, kemungkinan ampe umur berapa dok tumbuhnya? Soalnya sakit banget, ampe meriang rasanya

Jawaban
1. Kalau sekarang bulu sikat gigi terbuat dari plastik.
2. Ya sama. Bisa juga dicoating / dilapisi bahan transparan agar tidak terjadi karies
3. Kalau sudah terlanjur ada harus dihilangkan dulu ke drg, baru pencegahannya dg cara alami
4. Iya agak linu sedikit, ndak usah takut, kan drgnya baik hati.
5. Ada, dengan mengamati pergantian gigi susu dan gigi permanen, drg gigi bisa mencegah gigi permanen tumbuh tidak teratur. Salah satu tanda yg mudah dilihat, jika pada usia 5 tahun gigi susu anak masih rapat satu sama lain, kemungkinan gigi permanen akan tumbuh tidak
6. Benar mbak
7. Benar mbak.. Ya sebaiknya dibehel mbak
8. Berarti lidah dan jaringan lunak di mulut sangat mudah terkena sariawan, bisa diusahakan diperkuat daya tahannya dengan banyak makan buah dan sayur. Sekali-sekali gunakan obat
9. Kadang memang begitu, agak sulit tumbuhnya mungkin karena kurang tempat. Sampai kapan, saya tidak bisa menjawab, bisa diprediksi dari hasil rontgen

Q : Dok saya punya gigi berlubang dari sma penrnah di tambal tapi bolong lagi dan sekarang semakin dalam
A : Mau ditambal lagi ngeri linunya
Ukhti Maeitoh, biasanya kalau sudah berlubang lama, sudah tidak linu lagi
Q : Saya punya gigi tambalan dari jaman SMA, udah beberapa puluh tahun deh itu.. Pernah d konsultasi ke dokter setahun lalu, katanya masih bagus. Tapi sekarang ini agak linu klo buat ngunyah dingin or panas. Itu akibat tambalan or lainny y??
A : Bisa jadi ada tambalan yang bocor, atau gusi yang turun
Mbak Ayi, gusi bisa menjauh dari mahkota gigi, gampangnya disebut turun ke arah ujung akar gigi, sehingga akar gigi terbuka.
Q : Dok kalo mengatasi gigi yang sudah berlubang agar lubangnya ngga semakin besar gimna dok caranya?
A : Gigi berlubang sebaiknya ditambal. Minimal dibersihkan setelah makan
Q : Dokter klo anak kecil yang giginya caries penanganannya gimana?apa jika tidak mau makan karena giginya caries?penanganan karang gigi seperti apa?
A : Anak kecil yang giginya karies juga sebaiknya ditambal. Pembersihan karang gigi dengan alat yang bernama scall. Scaler, karang gigi disentuhkan alat tersebut agar lepas
Q : Tanya lgi.. Susu dan gigi berkaitan ga?? Karena banyak anak-anak yang giginya hitam or grepesan katanya akibat susunya??
A : Kalau merusak bila sisa susu terlalu lama menempel di gigi, apalagi bila mengandung gula.
Q : 1. Gusiku sering bengkak tiba-tiba di dinding gigi yang bolong, itu kenapa ya dok?
2. Gusi saya sering tiba-tiba berdarah, terutama saat bangun tidur. Bagaimana cara menguranginya ya dok?
A : Gusi bengkak di sebelah gigi berlubang, kemungkinan berisi nanah dari infeksi kuman dari gigi yang berlubang tsb. Gusi mudah berdarah mungkin karena meradang, kalau penyebabnya karang gigi, yaa karang giginya dihilangkan
Q : Dokter apakah memutihkan gigi menggunakan buah stroberi dapat menghilangkan email gigi? Rasa asamnya bisa merusak gigi ga bu dokter? Tmk
A : Strawberry aman tidak merusak email

Afwan saya pamit dulu yaa, kalau masih ada pertanyaan silahkan lewat mbak admin. Syukron atas partisipasinya
Assalamualaikum wr wb

Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك
أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-
-Mu.”


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT