Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

MENCONTEK DALAM ISLAM

Kajian Online WA Hamba اَللّه SWT 
(ALL GRUP NANDA & IBNU)

Hari / Tanggal : Senin, 17 November 2014
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Notulen : Ana Trienta

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 بسم الله الرحمن الرحيم

Bolehkah kita MENCONTEK disaat ujian...?

Islam Melarang Berbuat Curang dan Berbohong. Nabi ﷺ   bersabda,
مَنْ غَشَّنَا فَلَيْسَ مِنَّا                

“Barangsiapa yang menipu kami, maka ia tidak termasuk golongan kami.” 
(HR. Muslim :Abu Hurairah).

Ini berarti setiap orang yang menipu, berbohong, berbuat curang, mengelabui dikatakan oleh Nabi bukanlah termasuk golongan beliau. Artinya, diancam melakukan dosa besar. Menyontek pun demikian.


Akibat Berbuat Curang Saat Ujian
Dalam hadits lainnya disebutkan tiga tanda munafik,

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

“Tiga tanda munafik adalah jika berkata, ia dusta; jika berjanji, ia mengingkari; dan ketika diberi amanat, maka ia ingkar” (HR. Bukhari & Muslim).


Akibat mencontek pun dapat dirasakan jangka pendek, sbb :
  1. Siswa menjadi tidak pede dengan jawabannya.
  2. Menyontek juga membahayakan diri sendiri karena bila ketahuan guru, bisa didiskualifikasikan.
  3. Bagi yang dicontek, tidak menyesalkah bila yang menyontek mendapat hasil ujian yang lebih tinggi daripada anda...?
Adapun bahaya jangka panjang seperti kata pepatah, “Siapa yang menanam, dia akan menuai hasilnya kelak.” Kalau itu adalah kejelekan yang ditanam, maka tunggu hasil jeleknya kelak. Bila seorang siswa terbiasa menyontek, maka kebiasaan itulah yang akan membentuk diri. Beberapa karakter yang dapat ‘dihasilkan’ dari kegiatan menyontek antara lain :
1. Mengambil milik orang tanpa ijin,
2. Menyepelekan,
3. Senang jalan pintas,
4. Malas berusaha keras, dan
5. Kehalalan pekerjaan dipertanyakan.

Bisa dipastikan, saat siswa sudah dewasa dan hidup sendiri, tabiat-tabiat hasil perilaku menyontek mulai diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mencuri, korupsi, manajemen buruk, pemalas tapi ingin jabatan dan pedapatan tinggi.

Perhatikan hal ini Ukhty...
  1. Ada orang yang bekerja dengan sebab ijazah sarjana yang palsu.
  2. Ada juga yang memiliki ijazah sarjana yang asli namun pernah menyontek pada salah satu ujian semesteran.
  3. Ada juga yang melengkapi persyaratan kerja berupa ijazah ketrampilan atau profesi palsu.
Mereka semua telah bekerja dan menguasai pekerjaannya dengan baik. Apa yang harus dilakukan mereka bertiga setelah mereka bertaubat? Perlu diketahui bahwa sebagian di antara mereka PNS namun ada juga yang bekerja di perusahaan swasta.

Beberapa Ulama menjawab sbb : Jika pondasi rusak maka bangunannya tentu rusak.
Kewajiban tiga jenis orang di atas adalah MENGULANG UJIAN untuk mendapatkan ijazah yang dengan sebab ijazah tersebut mereka bisa mendapatkan gaji.

Bayangkan Ukhty.... Begitu repotnya jika memang kita melakukan hal yang kecil dan berdampak sepanjang kehidupan kita.
Bertobatlah...
Berdoalah...
Berusahalah...
Ukhty akan menjadi wanita Sholehah seutuhnya. أَمِِيْن يَا رَبَّ العَالَمِينْ

Bukankah اللّهُ ﷻ  mendatangkan kemudahan dan juga memberikan taufik kepada mereka untuk berlaku jujur dan menjauhi kecurangan. والله أعلم بالصواب

TANYA JAWAB

GRUP 101
1. Apakah dosa orang yang memberi contekan sama yang menyontek sama?
Jawab
SAMA. Membantu dalam kemaksiatan, sedikit atau banyak sama saja yaa.

2. Gimana kalo mencontek dalam hal usaha, misalnya,  seseorang bekerja di tempat usaha kue, terus setelah sekian lama dia membuka usaha yang sama dengan menggunakan ilmu yang dilihatnya saat berkerja ditempat sebelumnya. Dalam hal ini apa ini termasuk mencontek seperti yang dijelaskan diatas?
Jawab
Boleeehh... Karena tidak ada standar kelululsan atau sertifikasi dalam hal ini dan juga tidak diawasi dan mendapatkan nilai.

GRUP 102
1. Sejauh mana konteks mencontek yang dimaksud diatas. Jika dalam hal bisnis, kita mencontek konsep yang dilaksanakan perusahaan lain agar sukses atau misalnya kita mencontek design baju/ barang lain yang kita jual atas nama kita apakah sama dengan mencontek dalam ulangan ketika di sekolah?
Jawab 
Tidak masalah... Jangan mencontek yang melanggar hak paten dari produk yang sudah didaftarkan. Kalau sekolah kan jelas ada sertifikasi dan nilai minimum untuk standar kelulusan.

GRUP 103
1. Mau tanya biasanya yang banyak berhasil justru orang yang culas/menyontek seprti anak sekolah dtargetkan lulus uan yang tadinya jujur karena takut GA Lulus akhirnya cari contekan atau seperti dalam dunia kerja siapa yang berhasil menjilat selalu mendapatkan posisi yang aman. Yang jujur justru dtindas dan dkucilkan karena hal ini yang tadinya pekerja/pelajar yang baik berubah menjadi malas. Bagaimana agar kita tidak tergoda dan tetap menjadi orang yang jujur?
Jawab 
Pikiran saja akibatnya kedepan :

- Gaji yang didapat haram

- Gaji untuk keluarga haram

- Gaji untuk anak haram
- Anak tumbuh dengan daging haram dan melakukan perbuatan haram, akan kembali kekita dosanya dlsbnya. 

2. Misal kita udah terlanjur pernah nyontek dulu-dulunya. Terus sekarang kita udah bisa dapat hasil (uang) dari ijazah tersebut. Uang tersebut masih bisa disucikan dengan sodaqoh atau zakat tidak ya? Atau ga akan pernah bisa suci? Terimakasih
Jawab
Bertaubat saja yaaa. Jika memang sulit untuk mengulang dari awal.

GRUP 104
1. Di kantor tempat saya bekerja ada laporan yang harus dikumpulkan setiap awal bulannya yaitu jumlah kunjungan pasien bayi dan balita. Atasan mengharuskan agar jumlah pasien yang datang harus mencapai 80%. Sedangkan jumlah bayi dan balita di ruang lingkup kami tidak sebanyak data yang ada di dinas. Tapi tetep kami lakukan pemarkup an data jika tidak dilakukan maka atasan akan marah. Kira-kira apa yang sebaiknya saya lakukan untuk masalah seperti itu padahal itu sudah melawan hati nurani kami..
Jawab
Berdosa jugaaaa. Coba ajukan pindah divisi jika memang sudah bertentangan dengan hati nurani dalam melaksanakan tugas tersebut.

2. Kalo "mencontek" hal-hal baik orang lain itu bagaimana? Misal kita menghadapi suatu problem. Nah karena kita sudah stress ga nemu jalan keluar terus kita perpatokan orang lain, kemudian "mencontek" apa yang dia lakukan dengan harapan problem kita bisa diatasi
Itu bagaimana?
Jawab
Itu bukan mencontek... Tapi mengambil pelajaran dari orang yang sudah berhasil melalui masalahnya dengan problem yang sama. Toh ini kan tidak ada standar kelulusan dan nilai yang diberikan oleh satu lembaga


GRUP 105
1. Bagaimana menanamkan ke anak untuk tidak mencontek?
Jawab
Berikan soal yang memancing kreatiftas menjawab siswanya, atau buat soal yang memang tidak ada jawabannya didalam buku tsb, silahkan open book dan penyelesaiannya biasanya menggunakan proses pemahaman dan pengertian masing-masing murid.


GRUP 106
1. Kalo bahas masalah nyontek, UAN SMP SMA kan harus lulus dengan nilai sekian. Kalo ternyata saat ujian gurunya yang malah ngasih contekan karena takut muridnya ada yang tidak lulus, terus itu solusinya bagaimana? soalnya disekolah-sekolah banyak yang gitu
Jawab
Jangan mau dan tolak saja secara halus yaaa. Sendiri saja berdosa apalagi berjamaah niiih

GRUP 107
1. Ustad nanya... Kalau kita ga kasih contekan terus di bilang pelit sama kawan-kawan terus ntar ga da yang mau temenan gimana?
Jawab
Bilang saja karena saya sayang sama kamu, supaya efek kedepannya kamu nda susah.

2. Teman-teman saya waktu SMA banyak yang suka nyontek tapi sekarang pada berhasil semua, gimana tuh? Oiya kalau kerjasama dengan teman waktu ujian bisa di kategorikan nyontek ga?
Jawab
Masuk kategori mencontek donk. اللّهُ terkadang membiarkan orang yang berbuat salah larut dalam kesalahannya. Jika kita tidak mau bertaubat. Seperti orang kafir banyak yang kaya, karena memang dibiarkan kekayaan tersebut akan membuat dia semakin larut dengan kekafirannya.

GRUP 108
1. Afwan kalo yang memberikan contekan juga sama saja ya ust.? Malahan ada guru yang nyuruh saya untuk kasih contekan ke temen tadz?  bagaimana caranya menanggapi hal tersebut tadz, apa lagi kalo ada temen yang mencontek terlebih kalo temen akrab?
Jawab
Lebih baik kita hindari saja. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa "seorang yang waras dan berada dikumpulan orang gila, maka menurut mereka yang waras itu gila". Biarkan saja mereka menganggap kita gila yaa. Gila didunia berkah di akhirat. والله أعلم بالصواب


2. Ustadz mau tanya. Kalo dikasih kisi-kisi itu termasuk nyontek ga?
Jawab 
Nda looohhh

3. Aku lagi UTS biasanya ada dosen yang bener-bener kasih kisi-kisi soal dan itu keluar semua dalam ujian. Itu gimana ya jadinya?
Jawab
Kalau mutlak 100% sama titik komanya, maka itu bukan kisi kisi.

GRUP 109
1. Kalo ada seorang pejabat yang sudah bekerja bertaun-tahun tapi ternyata dulu waktu sekolah dia selalu tidak jujur setiap ada ujian nah kalo seperti itu bagaimana? apakah hasil yang didapat juga tidak halal?
Jawab
Benaaarrr... Sebelum yang bersangkutan belum bertaubat.



2. Saya maw bertanya.. ustad sewaktu saya SMP  saya disuruh oleh guru saya untuk membantu teman saya sewaktu UN untuk mmberikan jawaban..  jadi mau tidak mau saya membantu teman-teman saya dengan memberikannya contekan.. saya tau saya salah tapi dengan di dorong oleh guru untuk berbuat seperti itu dan saya fikir untuk membantu teman agar lulus yaa mungkin tidak apa (waktu itu saya seperti itu berfikirnya) tapi hal itu membekas sampai sekarang saya masih merasa bahwa perbuatan itu salah apa yang harus saya lakukan ustad? taubat sperti apa yang harus saya lakukan? Karna saya membantu teman-teman saya melakukan hal kecurangan tapi di waktu SMA dan kuliah saya tidak melakukan itu lagi..
Jawab 
Naaahh. Hati kecil memang tidak bisa dibohongin. Pasti akan bergetar jika melakukan kesalahan. Bertaubat saja yaaa dengan sungguh sungguh.

GRUP 110
1. Kalo menyontek karna takut dimarahin orang tua nilai jelek gimana tadz? & Kalo dari guru / dosen piye ustad? Bagaimana cara merubah pola pikir untuk tidak menyontek?
Jawab
Tetep aja berdosaaa. Kenapa nda belajar agar orang tua tidak marah? Kalau dari dosen, usahakan secara halus tidak menerima dan jangan terpancing yaaa. Menghindari mencontek, pikirkan dampaknya dengan penghasilan kita yang tidak halal, anak anak kita makan yang haram, dagijg yang tumbuh dianak anak kita tidak halal dan tentunya semua ini dosanya balik lagi kan ke kita.

GRUP 112
1. Tadz, misal kita yang jadi tempat nyontek teman kita membolehkan, apakah kita dosa, tadz? Karena sama aja ya kalau gitu kita ga sayang sama teman.
Jawab
Sama saja. Itu namanya bukan sayang. Justru secara tidak langsung kita membunuh pelan pelan kepada teman kita dan kita berperan membentuk karakter buruk teman kita.

2. Tadz kalo meniru karya orang lain misalnya lewat YouTube apa dikatagorikan dosa juga?
Jawab
Selama tidak dihak patenkan dan memang tidak ada source yang lain, maka dipersilahkan saja. Asalkan carilah atau buatlah dengan karya kita sungguh sungguh.

GRUP 113
1. Gimana melawan hawa nafsu untuk tidak mencontek disaat kesempatan ada?
Jawab
Hehehehehehhe. Ada hawa nafsu juga yaaaa disini. Pikiran saja akibatnya kedepan :

- Gaji yang didapat haram

- Gaji untuk keluarga haram

- Gaji untuk anak haram
- Anak tumbuh dengan daging haram dan melakukan perbuatan haram, akan kembali kekita dosanya dlsbnya.
Masih ada hawa nafsu setelah tau berikutnya?

GRUP 115
1. Kenapa saat sekali kita melakukan curang dan tidak jujur, merubahnya untuk lebih baik susah banget ya? Apakah itu hati kita sudah dikotori dengan sifat tercela tersebut? Dan bagaimana cara untuk tetep terjaga dari itu semua?
Jawab
Karena kalau sudah menjadi kebiasaan, maka itu akan menjadi habits kita. Semakin dalam kita melakukan semakin sulit kita tinggalkan. Mau mengurangi hal diatas, Pikiran saja akibatnya kedepan
- Gaji yang didapat haram

- Gaji untuk keluarga haram

- Gaji untuk anak haram
- Anak tumbuh dengan daging haram dan melakukan perbuatan haram, akan kembali kekita dosanya dlsbnya.


2. Semua yang kita lakukan itu kan kehendak Alloh yah . Apakah jika kita melakukan suatu hal yang tercela seperti mencontek, apakah itu juga kehendak Alloh . Terimakasih
Jawab
BUKAN.... Itu adalah PILIHAN yang kita lakukan dengan sadar dan tanpa ada tekanan dari siapapun.

GRUP 116
1. Ustadz ana mau tanya, jika seseorang melamar pekerjaan dengan ijazah palsu, tapi ketika beliau sudah berada dalam pekerjaan itu beliau menjadi ahlinya ustadz, berkompten dan bertanggung jawab. Beliau melakukan semua pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Nah,gaji beliau it di golongkan haram ato halal ustadz?
Jawab
Iya dunk... Langkah paling bijak adalah memberitahukan kepada pihak berwenang, jika mereka tak masalah silahkan lanjutkan pekerjaan, jika mereka tidak mau, kemungkinan akan dikeluarkan.


2. Itu katanya kewajiban bagi 3 tipe itu suruh ulang ujian lagi mulai dari awal?
Jawab 
Itu yang paling baik, jika memang bisa mengulang. Jika tidak maka bertaubatlah.

GRUP 118
1. Kalo misal kita mau menyembunyikan ibadah kita. Kalo dikantor  misal lagi puasa. Biar orang ga pada tau kita lagi puasa kita tetep bawa tempat minum atau tempat makan itu termasuk mengelabui ga ya ?
Jawab 
Ibadah wajib itu memang harus ditampakkan. Kecuali jika ibadah sunnah... Terkadang perlu juga sekali kali menampakkan ibadah sunnah dengan harapan teman-teman kita mengikutinya. Jadi pertanyaan diatas tidak termasuk yaaa, jika itu ibadah sunnah

2. Sekarang kan banyak mencontek yang "terorganisir" terutama pada saat UN. malah kadang di beberpa sekolah justru gurulah yang memberikan jawaban / mengkoreksi jawaban muridnya karena khawatir murid-muridnya  tidak lulus / tidak masuk sekolah yang diinginkan. Sepertinya hal itu sudah menjadi rahasia umum. Itu gimana ustadz?
Jawab
Nyontek sendiri aja bermasalah apalagi mencontek jamaah... Hmmmm dosanya kan tambah berat jadinya.


3. Gini kan saya kerja di dunia engineering, dimana membuat laporan/report adalah pekerjaan sehari-hari. Nah report untuk tiap proyek itu berbeda-beda sebenarnya, tapi punya basis yang secara umum sama. Nah common practicenya, kita selalu kalo bikin report itu ngambil report dari project-project sebelumnya untuk contoh. Kemudian diadaptasi, disesuaikan dengan keinginan klien. Nah kalo kayak gitu kasusnya giman ustadz?
Jawab
No problem. Kan karya kita juga


GRUP 119
1. Kalo kelakuan mencontek udah berlalu (dulu waktu SMP) terus tobat kita gimana? Dulu kan masih culun. Ustad tadi kasih contoh PNS ato pekerja diswasta, lha kalo udah terlanjur harus mengulang ujian lagi? Lha mekanisme gimana stad?
Jawab
Bertaubat saja dengan sungguh sungguh yaaa. Mohon maaf atas ketidaktahuan akan hal tersebut.

2. Jika ada seseorang yang menikah dengan PNS yang dulunya diaa masuk PNS karna pake uang, maka apakah gaji yang dialirkan ke istri dan anaknya itu berkah? Dan kalo tidak berkah bagaimana ust?
Jawab
Tidak Berkah.... Karena sesuatu itu dimulai dengan tidak baik, bisa saja ada HAK orang yang tergeser disana akibat dari uang sogok yang kita berikan kepada panitianya.

GRUP 120
1. Assalamu'alaikum... ustdz keke mau nanya, keke pernah waktu PL waktu kul dulu ngajar SD waktu itu ngadaain ulangan lalu ke buat dipapan tulis"kalau nyontek itu haram" anak-anak banyak yang protes, apa salah ana buat tulisan kayak gitu, syukron
Jawab
Tidak salah dan itu adalah yang benaaarrr

2. Afwan ustadz kalo misalkan kita berbohong demi tidak terjadi pertikaian itu gimana ustadz?
Jawab 
Diperbolehkan berbohong untuk kebaikan penyelisihan kedua belah pihak.

GRUP 121
1. Ustadz. Misalnya tertiba guru ada yang menyodorkan kunci jawaban soal Ujian. Dalam hati ga ingin melihatnya, terus kita mengerjakan semua soal sndiri. Lalu setelah selese kita mencocokan dengan kunci jawaban apakah termasuk dosa juga??
Jawab
Asalkan jangan merubahnya yaaaa

2. Kalo kita tau ada yang nyontek tapi diam saja, gimana hukumnya pak? Syukron
Jawab
Pada saat ujian memang kita harus diam. Setelah ujian selesai nasehatilah berdua saja yaaa. Jangan didepan orang banyak. 

GRUP 122
1. Kerjasama menyelesaikan tugas kuliah untuk UTS apakah termasuk menyontek?
Jawab
Tidakkk... Itu adalah persiapan bersama dalam menghadapi UTS.

2. Bagaimana pernyataan yang pas kepada teman yang suka minta jawaban atas tugas-tugas yang diberikan dosen supaya teman tidak tersinggung dan tidak marah dengan kita?
Jawab
Karena saya sayang sama kamu, makanya saya tidak memberi tahu jawabannya. Kalau saya kasih tau ke kamu, kedepannya kamu nanti akan tetap berleha leha dan itu tidak saya inginkan terjadi sama kamu.

3. Kalo di posisi dosen nya metode apa yang tepat di gunakan supaya mahasiswa bisa bekerja mandiri (tidak menyontek)?
Jawab
Berikan soal yang memancing kreatiftas menjawab siswanya, atau buat soal yang memang tidak ada jawabannya didalam buku tsb, silahkan open book dan penyelesaiannya biasanya menggunakan proses pemahaman dan pengertian masing-masing murid.

GRUP 123
1. Ustadz kalau kita pasrah dengan hasil tapi juga cuek kalau dijadiin tempat contek hanya ngasih inti jawaban agar dikembangkan sendri. Salah tidak ustadz?
Jawab
Pasrah....? Kita sih tidak diharuskan untuk pasrah, yang diwajibkan adalah usaha sampai maksimal. Sedikit ataupun banyak sama saja hukumnya yaaaaa

2. Bagaimana hukumnya yang memberi contekan? Saya inget ketika ujian tiba. Malah guru saya yang menyarankan untuk tidak boleh pelit memberi contekan. Jazakillah
Jawab
Memberi dan menerima contekan sama saja. Karena dengan memberi secara tidak lamgsung akan membunuh secara perlahan lahan teman kita.

GRUP 124
1. Terus kalo orang yang berbohong biar dapat pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya uang yang di hasilkan halal apa tidak stad???
Jawab
Tidak Halal

GRUP 125
1. Saya tertarik dengan ciri-ciri orang munafik, yang jika berjanji dia ingkar. Jika seseorang berhutang lalu dia berjanji membayar pada tanggal 3 misal tetepi sudah tanggal 3 si fulan itu tidak membayar. Pada tgl 5 setelah terus di hubungi si fulan baru bilang bahwa ketika tanggal 3 ada urusan. Apakah itu juga termasuk ingkar janji?
Jawab
Secara kalimat diatas termasuk ingkar janji. Yang mengetahui dia ingkar janji atau tidak hanya diri dia sendiri dan اللّهُ Ta'ala

2. Apa yang harus ana lakukan ketika ana melihat anak mencontek atau kerjasama? Ambil kertasnya langsung sobek sebagai peringatan atau mengingatkan saja? Padahal sudah diawasi dan saya ancam, tapi tetap kerjasama? Bingung gimana cara mengatasinya?
Jawab
Perjelas aturan mainnya, jika masih melanggar dari batas maksimal yang sudah diumumkan diawal, maka dipersilahkan mengambil tindakan tegas dengan merobek atau menyuruh keluar dari ruangan.

GRUP 126
1. Saya mau nanya, pak ustad. Jika dulu pernah menyontek saat ujian, dan sekarang sudah lulus dan bekerja, apakah jika ingin bertaubat harus mengulang kuliah dari awal, ustad?Mohon penjelasannya. Dan bagaimana hukum dari gaji yang kita peroleh dari pekerjaan itu?
Jawab
Kalau menurut para Ulama memang harus diulangi. Jika memang kondisi tidak memungkinkan, maka BERTAUBATLAH dan memohon ampun kepada اللّهُ Ta'ala. Selama belum bertaubat, maka gajinya masih masuk belum halal.

2. Mau tanya ustadz, jika dulu suka mencontek saat ujian, setelah itu juga suka ngasih contekan sama yang lain, karna setia kawan ustadz trus takut yang lainnya nggak bisa ustadz, kan kasihan, gimana itu ya ustadz?
Jawab 
Gimana kasus Robin Hood? Padahal dia merampok hanya untuk memberi makan rakyatnya. Maka... Hukumnya sama dengan pertanyaan diatas. Tidak ada hal yang tidak bisa kok, asalkan orang tersebut MAU belajar bukan sekedar INGIN lulus saja.

3. Saya mau bertanya ustaz.. Selain bertobat hal apa saja yang bisa mengganti hasil usaha dari contekan?
Jawab
Bertaubat dan jangan mengulanginya kejadian dikemudian hari atau untuk anak anak kita.

GRUP IBNU 202 (19 November 2014)
1. Nanya ustadz, kalo memberikan contekan gimana??
 Jawab : Sama saja. Karena membantu dalam kemaksiatan
 2. Lalu bagaimana tadz jika lulus ujian dengan hasil nyontek ?
 Jawab : Kalau memang jaraknya singkat dan tidak terlalu jauuuhhh, maka lebih baik mengulang saja dan jujur kepada sang pengelolanya
3. Lalu,apakah taubatnya selalu diulangi ujian"nya saat kuliah tadz ?
 Jawab : Jika sudah tidak memungkinkan bertaubat saja dengan sungguh sungguh yaaa dan jangan mengulangi dengan hal hal yang berhubungan dengan contek mencontek
4. Bagaimana kalo murid dianjurkan guru untk sling membntu temanya saat ujian
Agar siswa dalam skolah itu lulus smeua
 Jawab : Tak boleh. Ini dosa berjamaah namanya
5. Berarti kita taubat juga cukup ya tadz?
 Jawab :  Iyaaa. Jika sulit yaaa. Tapi pesannya    Bayangkan efek mencontek itu untuk kehidupan kedepannya. Jangan sampai anak anak kita melakukannya dan twrkena imbasnya pada saat mereka dewasa
 6. Nanya ustadz. Dosen ana pernah bilang
"Kita pakai software bajakan, kalau pakai yang asli harganya mahal. Kalo mahal berarti gak beli, gak beli nanti kita jadi generasi bodoh. Makanya gapapa pakai bajakan"
 Nah, kan bajak berarti mencontek karya asli.
Itu gimana ustadz?
 Jawab : Naaahh... Jika pertanyaan diatas simple nya saja, untuk sekarang karena belum ada kemampuan umat muslim membuat hal seperti diatas dan tidak menzhalimi sesama muslim lainnya, maka diperkenankan menggunakan software tersebut. (Bahasan detail nanti saya akan bawakan, agar jelas yaa.

GRUP IBNU 203 (19 November 2014)
1. Ust.. mau tanya..
Jika kejadian itu kita lakukan ketika sekolah apakah ada dampaknya di Kemudian hari?
Lalu bukankah Allah maha pengampun?
Bagaimana dgn org yg memandang mudah kata taubat. Seenaknya dia berbuat dosa lalu bertaubat dengan dalih Allah akan memaafkan ..
 Jawab:
Allah  Maha Mengetahui apa yang tersembunyi dibalik hati setiap Hamba Nya.
 Jadi yang mengetahui ada apa dibalik hatinya hanya ybs dan اللّهُ Ta'ala semata.
2. Berarti tidak ada masalah jika kita menyontek atau membeli ijazah kan ust?
 Jawab: Masalah donk Akh...
3. Kan hanya Allah yg mengetahui isi hati manusia?
 Jawab:
Yang berkaitan dengan isi hati yang jika berbuat dosa - Taubat - Buat dosa lagi - Taubat - Buat dosa lagi - Taubat.
 Naaahh yang berbuat dosa lagi ini menggampangkan, dosa aja lagi ntar bisa taubat.
Gitu loh maksudnya
4. Ust mau tanya dlu ust sendiri pernah nyontek gg.?
 Jawab:

Syukur Alhamdulillah... Saya dari SD, SMP, SMA selalu masuk 3 besar dan Kuliah saya Cumlaude.

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis
 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga Bermanfaat