Home » , » Menjadi Sebaik-Baik Manusia dengan Harta

Menjadi Sebaik-Baik Manusia dengan Harta

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, November 19, 2014

Kajian Online WA Hamba اَللّه SWT Nanda

Hari, tanggal : Rabu, 19 November 2014
Grup. : 113 & 114
Narasumber : ustadz Ali Sakti
Judul Kajian : Menjadi Sebaik-Baik Manusia dengan Harta
Notulen/Admin : Rusmi/ Kina
Editor : Ira Wahyudiyantu

Assalamu'alaikum wr wb

bismillah walhamdulillah

Allahumma shalli ala Muhammad wa ala alihi wa shahbihi wasallam
saya Ali Sakti, dosen pasca di UI dan Paramadina, status masih pegawai Bank Indonesia sbg peneliti

mari kita mulai majelis ilmu ini

Menjadi Sebaik-Baik Manusia dengan Harta

Pd kisah Sahabat kita tahu bgmana Abu Bakar, Umar bin Khattab dan Abdurrahman bin Auf berlomba-lomba kbaikan dg harta mreka ketika akan perang Badar

Abu Bakar menginfakkan seluruh hartanya, yg akhirnya Nabi pernah bkata kalau timbangan iman seluruh warga Madinah kalah berat dg beratnya iman Abu Bakar

Umar menginfakkan setengah hartanya yg nominalnya jauh lbh byk dr Abu Bakar, dg salah satu karakter ini Nabi pernah bkata jika ada Nabi setelahku maka Umar lah yg pantas utk itu

Abdurahman bin Auf menginfakkan sepertiga hartanya yg nominalnya jauh melebihi Umar, yg membuat manusia ini mjadi legenda bahkan icon Islam utk kekayaan dan kedermawanan sepanjang zaman

ketiga tokoh mulia ini tahu betul menjalankan sabda Nabi "khairunnas anfa ahum linnas", sebaik-baik manusia ad manusia yg plg bmanfaat bg manusia lain.

menjadi sebaik2 manusia ad dg menyebarkan kemanfaatan dan alat yg efektif untk itu ad harta

namun utk dpt istiqomah dg itu diri manusia perlu dibina utk mencapai keshalehan yg cukup. krn Nabi jg pernah bsabda "ni'mal maalu shalih lirrojulus shalih", harta yg baik ad harta yg ada di tangan org shaleh

secara fitrah manusia itu amat sgt cinta pd hartanya, surah Adiyaat dan Tuhan sdh ingatkan bhw manusia itu amat kikir dg hartanya, surah Israa ayat 100

shg dbutuhkan keshalehan utk dpt mengelola harta yg mengantarkan kemuliaan bg pemiliknya

org yg kaya bukanlah yg hartanya byk, ttp mreka yg melimpah kemanfaatan hartanya yg dirasakan org lain

Ibnu Khaldun mengajarkan, biarkan harta itu mengalir spt air whudhu yg mensucikan apa saja yg dilewatinya, jgn hambat alirannya, nanti bisa tergenang dan mjadi air kubangan, menjadi sumber penyakit

kata beliau pula rizki yg memberikan keberkahan ad harta yg dipakai, digunakan, diminum dan dimakan. jika ada harta yg dimiliki tdk dipakai maka jgn bharap mdapatkan keberkahan dr Tuhan. jika msh ada harta yg tsisa, berikan saja pd mreka yg mbutuhkan, jika tdk mau, pinjamkan atau investasikan, yg ptg harta itu mberikan kemanfaatan

nah kini mari ukur2 harta yg kita punya, sdh maksimalkah kemanfaatannya, maksimalkah keberkahannya

jgn2 msh byk baju yg mjd lipatan abadi di lemari2, membeli barang hanya menambah tumpukan benda penghuni gudang, berbagai macam gadget menyita wkt utk dekat dg Tuhan. harta btambah membuat tilawah bkurang dan kecemasan bertambah. harta btambah hafalan quran tdk juga btambah

oleh sebab itulah dibutuhkan keshalihan utk menumpuk keimanan. dan dg iman kita mampu mjaga konsentrasi mjalani hidup yg fokus pd akhirat

konsentrasi agar harta menyelamatkan kita di akhirat. shg tidak saja mjaga diri dg harta2 yg halal tp jg memaksimalkan kemanfaatannya

krn buat org yg beriman kebahagiaan bukanlah saat dimana kita bs tersenyum dan tertawa, tetapi bahagia itu saat dmana kita bisa membuat orang lain tersenyum dan tertawa
sebagai tauladan, lihatlah prilaku Sahabat Barra bin Malik, yg menginfakkan 2 karung emas sbg jatahnya dr ghanimah perang khaibar

iya tdk ingin harta mengganggu fokus hidupnya pd Allah dan mengejar Syurga

sampai2 ketika ia dihardik sahabatnya agar meminta sdikit harta dr Allah agar penampakan Barra jd lbh enak utk dipandang, sahabat ini tahu bhw setiap doa yg keluar dr lisan Barra pasti diijabah oleh Allah krn lisannya sdh didoakan oleh Nabi ktk kecil dulu, tetapi Barra tersenyum dan menjawab..
smg bmanfaat, demikian sharing yg dpt saya sampaikan pg ini. maaf jika tdk bkenan

SESI TANYA JAWAB :
1. Ust sebagaimana materi yang anda sampaikan di atas, ana mau bertanya seputar memberi sedekah kepada pengemis. Nah sementara yang sekarang banyak dberitakan media, dari hasil mengemis mereka hanya beberapa bulan mampu menghasilkan uang ratusan juta. Jadi hukum memberi sedekah kepada mereka bagaimana? Kan juga ada larangan nih bahwa gak boleh ngebiasain memberi uang kepada pengemis di jalan karena mereka katanya termasuk orang yang malas dan tidak mau berusaha?? Itu gimana?

JAwab ↠kalau ragu pd byk pengemis saat ini, sbaiknya bsedekah melalui lembaga amil ukhti

amil itu jg bfungsi agar dhuafa dijaga kehormatan dirinya dr rasa rendah diri khususnya pd para org yg mberi sdkah

2. Hari ni sya bekerja sbg karyawati di slah satu BMT di jabar...
Ustadz lasti tahu apa itu bmt...
Posisi sya sekarang adalah kacab...
April kmarin sya sdha mngikuti sertifikasi kacab/manager dri LSP.. alhamdulillaah sya dinyatakan kompeten...
Adapun masa kerja sya sama dengan usia kntor cabang yg sekarang sya pegang...
2,5 tahun...

Bagi uatu perusahaan... blm mncapau usia 10 tahun, blm bisa dikatakan perusahaan kuat..

Bberpa blan terakhir... kantor pusat melakukan kebijakan baru ttg sistem pby.
Yg kami lkut , Asalnya kami di pola grameen bank... namun karena bberpa hal.. khirnya kami merubah pola pby pada perorgan namun mini mini mikro *hhhe... gaya2 kami sekarang mirip kosipa... tenor tidak lbih dari 25 minggu dengan margin mencapai 60% pa.


Ustadz . Saya galaaauuuuu... sya takut riba..
Kmarin sya sdah ajukan ketidak mampuan sya (yg sbnarnya sya tak mampu karena syarat akan riba nya) namun pimpinan pusat masih sangat percaya pda saya ustadz... ustadz sya bingung... mhon bantuannya
 Murabahah.. harga jual ustadz
Tapi ustadz tidak ada iwadh di dalamnya (barang yg di tukar) Jadinya murabahah al wakalah

JAwab↠ brarti usia pembiayaan skitar 6 bulan ya, dg margin 30% ya

bgmana bisa tdk ada barang? oh pk wakalah

apakah suka dimonitor nasabah betul beli brg sesuai kontrak?

kalo tdk dgunakan beli brg maka itu kesalahan nasabah, tp kalo bmt menyengaja agar akad murabahahnya tdk bjalan maka itu ksalahan bmt. ditegur dulu pengurusnya ato konfirmasi dg DPS-nya. jika msh tdk bisa ya sbaiknya anda cari kerja yg lbh baik, pcaya pintu rizki sgt cukup dsdiakan Allah

nah kalo sesuai akad ga usah gelisah Ukhti, kalo margin yg tinggi tdk membuat akadnya mjadi riba, krn sdh dsepakati, inikan jual beli

nah jika sampai bmt menyediakan brg yg dibutuhkan itu ideal sekali

jika tdk bisa, wakalah dg menyerahkan bon jg cukup Ukhti, yg ptg yakin itu jual beli barang

 jgn khawatir insya Allah, smg Allah mudahkan, Nabi bsabda, tdk ada riba dlm jual beli, jd pastikan saja jual beli tjadi

3. Ustadz lagi gk terlalu sibuk nih?
Sya mau tanya ttang denda... dan biaya tagihan pada debitur?

JAwab↠ denda tdk boleh btambah spt bunga ato dlm bentuk persentase, dan tdk boleh diakui sbg income bg bmt
denda dpakai utk tabarru ato membantu masy dhuafa
 Iyq ustadz.. kami masukan ke baitul maal.. tidak pda keuntungan bmt (meskipun sbnernya bmt rugi kan ustadz)
ya gapapa, tp jgn dimasukkan dlm neraca komersil ya tp neraca kbajikan

4. Ustadz mau brtanya , di indonesia kan kynya ssah ya bt lepas dr riba , kredit barangaja ada ribanya .. itu bgmn hukumnya ya ustadz ?

JAwab↠ kredit ato cicil brg dr akad jual beli bukanlah riba, ga usah khawatir
1 barang harus 1 harga... jangka waktu (tenor) harusnya tdak mmpengaruhi harga jual.bgtu s3harusnya ya ustadz?
riba umumnya bs muncul lwt 3 cara:

tukar uang beda jumlah, spt yg tjadi tiap mau lebaran, ini namanya riba fadl

pinjam uang dg janji mengembalikan lebih, ini riba nasiah

kena tambahan jika telat mengembalikan, spt kartu kredit, ini riba jahiliyah
kredit motor bukan riba, krn intinya beli motor dg byr cicil

kredit yg tdk boleh ad mendapatkan utang ato kredit dg janji byr kebih byk --> riba nasiah

jd diatas itu ada dua makna kredit yg bbeda
 harga brg bs berbeda jika tenor berbeda Ukhti, yg ptg jual beli, harga rendah dan tinggi sesuai kesepakatan
biaya tagihan harus wajar, dan sebaiknya ada dlm klausul kontrak ya
Ooowh 1 barang 2 harga pun boleh ustadz?
Boleh, ji harga itu kesepakatan, jd dibolehkan jika penjual menjual lbh mahal utk tenor yg lbh lama dg alasan semakin lamanya pembeli memperoleh modalnya kembali

5. Klo untuk beli online hukumnya gmn ustadz kan kt gak beli barang scr langsung dan akadnya jg gak langsung

 JAwab↠ online sama saja, yg ptg barang yg didapatkan sesuai dg spesifikasi yg diinginkan, dan ada klausul boleh menukar jk cacat
ini hanya inovasi saja, yg membuat transaksi cepat tjadi. persis spt kita beli pulsa di ATM, ato lwt internet
sekali lg yg ptg ada barang, saat ini dibantu teknologi bgmana bjual-beli bentuknya jd smkin bvariasi, misalnya tdk perlu lg face to face antara pembeli dan penjual spt anda ambil uang dr atm, ga perlu repot ketemu teller bank dlm ekonomi smkin cepat transaksi tjadi smakin baik ekonomi krn akan smakin byk transaksi yg tjadi, makin byk yg tpenuhi kebutuhannya
 mdh2an BMT bs maksimal memanfaatkan perkembangan teknologi ya

6. Ustadz.. sejauh mna peran ßrta bmt sesungguhnya dalam peningkatan kesejahteraan umat?

JAwab↠ sgt bperan signifikan skrg jumlahnya dperkirakan ada 5000-6000 BMT, yg mlayani hampir lbh 10 jt usaha mikro-kecil dr aset puluhan juta sampai ratusan miliar jd perlu djaga, makanya sy sgt hormat dg teman2 yg aktif menjadi pejuang dakwah di BMT di BMT mreka bukan skedar kerja nafkah tp jg kerja dakwah smg Allah berkahi pjuangan mreka smua dan berkah bg BMT-nya ingatlah satu perjuangan ibarat satu keping puzzle yg mgkn tdk memiliki nilai spt yg diharapkan, tp jika disatukan dg keping2 puzzle yg lain, maka kita akan lihat hasil perjuangan yg lbh indah

tetap semangat ya, pjuangan ini tdk hanya dibatasi oleh usia kepegawaian antum semua. tp pjuangan ini akan terus memiliki jundinya pd setiap fase dan pd setiap tempat juga waktu

bsyukurlah Allah kumpulkan saat ini ditempat antum sdg bkumpul, krn itu ad sebaik-baik majelis pkumpulan

bismillah..

7. Boleh tnya ustadz....jika pngluaran kita lbh bnyk dbnding pnerimaan...ap pnerimaan it msh wjib di sedekah(2.5 %) kn jg?

JAwab↠ tdk wajib zakat, bukan sedekah

8. Begini ustadz,jika kita ingin bersedekah atas nama orang lain,apakah harus di lafazkan niatnya,kalau lupa bagaimana,kan kadang niat kita ingin sedekah untuk seseorang,tapi pas kita memberikan sedekah itu kita lupa menyebutkan namanya,dan kita baru ingat beberapa saat kemudian,itu bagaimana ustadz
Lalu ada bedanya ga niat sedekah untuk orang yang sudah meninggal dan orang yang masih hidup,,,

Jawab↠ sebagian ulama bpendapat, niat tetap sah meskipun tdk dilafazkan ato dilisankan scr dzahir. shalat juga begitu.
bahkan ini pdapat kebanyakan ulama, jadi yg ptg sdh terbetik dihati akan melakukan perbuatan tsebut. tdk ada hadits shahih yg menyebutkan Nabi mengajarkan lafaz niat atas ibadah ato amal tertentu

9.mau nnya ust...
Berdasarkan penjelasan di atas bju yg ada di lmari tolong periksa klo tak di pakai lbh bgus di sedekahkan ???
Nah klo ane lbh suka bju yg di sedekahkan itu yg bru ust. Biar lbh bermanfaat.....
Klo yg bekas ana rasanya kok tak enak ye ust

Jawab↠ iya yg baru lbh bagus, maksud saya intinya jgn menumpuk harta yg membuat byk harta menganggur tdk memberikan kemanfaatan baik bg pemiliknya maupun org lain
krn ibnu khaldun mengibaratkan harta itu spt air yg harus mengalir jgn sampai tertahan spt air kubangan, krn akan jd sumber penyakit

10. mau nanya ust
Kan pendapat orang bbeda2 ya ust, ada orang lebih milih utk menyimpan pakaian bekas atau celana jeansnya sj ust.. karna klu disedekah kan pst yg menerima memakainya ust sedangkan pakaian itu tdk syar'i
Itu bgmn ustad?

Jawab↠ wah itu jg ptanyaan yg sgt bgs sekali. smg berkah buat ukhti yg bsedekah jg memikirkan kesesuaian syariat, apakah sedekah saya baik, jd tdk skedar halal tp jg thoyib. misalnya sdkah makanan, bukan mi instan tp buah2an, ato makanan yg lbh bgizi, ini mgkn sedekah yg bukan hanya menjalankan syariat, ttapi jg berakhlak

11. Ustadz kalo kita punya baju yang sudah kekecilan trus kita kasih ke saudara,lalu di turun2kan gitu,apakah juga di hitung sedekah,kan kebanyak kita seprti itu,misal ada baju bayi yang tak terpakai,lalu ada saudara yang baru melahirkan,lalu baju2 itu kita,dan seterusnya begitu,itu bagaimana ustadz,karna di indonesia belum ada budaya dropbox seperti di luar negri,,,

Jawab↠ itu jg boleh Ukhti, pahala akan terus mengalir spanjang harta itu dimanfaatkan org lain

PENUTUP
Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT