NIAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, November 18, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA الله BUNDA 03 dan 04

Hari         : Senin 17 Nopember 2014
Pemateri : Ustadzah Widya
Materi     : Niat
Editor     : Selli

Assalamu'alaikum bunda-bunda sholihah..... perkenalkan saya widya dari jogja
Oke bunda-bunda kita mulai ya....
"NIAT"

Alhamdulilllah segala puji hanya kepada Alloh Robb semesta alam dan semoga sholawat dan salam senantiasa tak henti mengalir kepada uswatun hasanah kita Rosulullah SAW.
Dalam agama islam niat merupakan hal penting sebelum melakukan amal. Niat inilah yang akan membedakan untuk siapa amal yang kita lakukan,untuk Alloh SWT atau untuk selain-Nya.
Firman Alloh SWT : padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Alloh dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama yang lurus. (Al bayyinah : 5)
Dan sabda Rosulullah SAW "sesungguhnya amal perbuatan harus dengan niat dan setiap orang itu tergantung pada niatnya" (muttafaq alaih).

Niat adalah motivasi amal perbuatan. Niat adalah keinginan yang diarahkan kepada amal perbuatan untuk mencari keridhoan Alloh SWT. Dan betapa pemurahnya Alloh, dalam salah satu hadist Rasulullah bersabda : "barangsiapa ingin kepada kebaikan dan ia tidak mengamalkannya maka ditulis satu kebaikan untuknya "(muttafaq alaih"). Sedangkan niat yang rusak atau tidak baik maka akan membuat amal tidak diterima. Seperti dalam hadits muttafaq alaih tentang 2 orang muslim yang saling bunuh, maka keduanya masuk neraka. Si pembunuh karena perbuatannya membunuh dan yang terbunuh karena niatnya membunuh sahabatnya tersebutnya.
Maka dalam kesempatan ini saya mengajak kepada saudari2 seiman untuk selalu menjaga niat kita, dalam setiap keadaan, diawal amal, disaat beramal maupun sesudah beramal. Selalu luruskan niat hanya kepada Alloh saat godaan-godaan datang menerpa kita. In syaa Alloh Sang Penguasa Hati akan selalu menolong hamba-hamba yang selalu memohon pada-Nya.

Dalam hadits muttafaq alaih yang lain Rosulullah bersabda : "Alloh tidak melihat bentuk fisik kalian dan harta kalian, namun melihat kepada hati kalian, dan amal perbuatan kalian".
Kalau bisa dikatakan bahwa kecantikan dan harta yang Alloh berikan adalah bonus-Nya kepada kita.sedang niat dan amal harus kita ikhtiarkan kebenarannya dengan sungguh-sungguh karena akan menjadi bekal kita kelak kembali pada-Nya.
Ibu-ibu yang dirahmati Alloh semoga kita termasuk hamba-hamba yang selalu meluruskan niat karena Alloh dan selalu mengawali semua aktifitas kita dengan basmallah sehingga apapun kebaikan yang kita lakukan bernilai ibadah karena Alloh.
Demikian bahasan ringkas tentang niat, mohon maaf bila ada kekurangan karena kedhoifan diri saya dan kebenaran bersumber dari Dzat Yang Maha Tinggi Alloh SWT.
Wassalamu'alaikum Warohmatullahi wabarokaatuh.
---------------------------------
REKAP PERTANYAAN & JAWABAN

TANYA JAWAB BUNDA 03

1. TANYA
afwan bunda  mau tanya kalau seumpama kita membaca Al qur'an lalu kita niatkan untuk seseorang yang sudah meninggal itu boleh nggak bunda?
JAWAB
Bunda, semoga Alloh menerima amal-amal kita yang disertai niat ikhlas dan amal yang dicontohkan Rosulullah. Ada beberapa amal yang kita bisa niatkan untuk orang lain atau oranhg tua kita bunda.. misal mengahajikan orang tua kita yang sudah meninggal, bershodaqoh atas nana orang tua kita ,dll

2. TANYA
bagamana cara mnjaga niat kita y ustadzah.. kadang-kadang untuk ikhlas banyak banget godaannya
awalnya kita ikhlas membantu, tapi diakhir kita disakiti misalnya.. ikhlasnya jadi ternoda?
JAWAB
Tetap jaga niat. istighfar saat tergoda.... kembali luruskan niat.....

----------------------------------
TANYA JAWAB BUNDA 04

1. Tanya :
Saya mau tanya ustadzah, dalam memberikan infaq ato sedekah... lebih baik memberikan langsung kepada fakir miskin atau minta tolong saja kepada orang lain.. dengan alasan agar tidak diketahui orang lain... biar niatnya terjaga...
Jawab :
Dua duanya boleh bunda.. Kita jaga niat selalu... mungkin ada masanya sedekah terang-terangan diperlukan. Supaya orang yang belum terbiasa shodaqoh ikut termotivasi. Ada juga masanya kita perlu menyembunyikan shodaqoh kita sampai tangan kiri kita pun tak tahu.... untuk menguji keikhlasan shodaqoh kita....
Tanya:
Karena takut yang di dalam hati ini... kadang-kadang kalau yang kita kasih mngucapkan terima kasih... rasanya berbunga-bunga.... dan susah dijelaskan itu rasa ria atau bangga atau apa....
Jawab :
Bunda kalau pun ada rasa "bagaimana gitu...."  kepada amal yang baru saja kita lakukan ....segera istighfar dan meluruskan kembali niat kita

2. Tanya :
Mau tanya ustadzah jika beramal dicantumkan nominalnya dengan niat agar ada orang lain yang bisa beramal melebihi dirinya bagaimana ?
Jawab :
Bunda, di Jogja ada ustadz kabir yang kita sebut ustadz ahli sedekah..... mengapa? Karena bila beliau mengajak orang lain sedekah atau wakaf maka beliau yang pertama berwakaf dan menyebutkan nominalnya. Harapannya tentu saja supaya orang lain berlomba-lomba mengikuti amal tersebut dan alhamdulillah bila bisa lebih  banyak.
3. Tanya :
Mau tanya ustadzah : saat ini banyak fenomena yang update status di media sosial mengenai amal yang mereka lakukan, misalnya habis sholat tahajud, sedekah, mengaji, dan lain-lain, bagaimana tuh ustadzah?
Jawab :
Bunda, sebetulnya media sosial baik sekali untuk menjadi media silaturahim dan mencari ilmu..... hanya beberapa orang saja yang mungkin belum faham ya mana amal yang bisa untuk ditampakkan dan mana amal yang sebaiknya tidak diposting
4. Tanya :
Ustadzah.... Mau bertanya bagaimana kalau sadoqoh di pengemis jalanan yang konon katanya mereka lebih mampu daripada kita, hanya karena malas saja menjadikan mereka sebagai pengemis
Jawab :
Bunda, shodaqoh ke pengemis jalanan kalau kita sudah tahu pasti mereka lebih mampu dari kita maka sebaiknya jangan ya.... apalagi badan masih kuat dan sehat. Kita salurkan ke kerabat terdekat yang kita tahu pasti keadaan ekonominya insya Alloh dapat 2 pahala silaturahim dan shodaqoh

5. Tanya :
Begini ustadzah, saya belum bayar fidya puasa kemarin. Karena masih bingung. Bolehkah saya bayar fidyahnya sama ponakan saya (anak angkat adik yang diambil dari panti asuhan)? Terus, saya biasanya infaq penghasilan setiap bulannya ke ponakan saya itu. Karena oleh adik saya keponakan saya itu dibuatkan tabungan tersendiri.
Mohon penjelasannya ustadzah. Terima kasih..
Jawab :
Bunda, fidyah sebaiknya segera dibayar di bulan romadhon juga bunda. Apabila terlambat monggo tetap dilaksanakan kepada kerabat boleh karena mereka bukan termasuk yang kita nafkahi

6. Tanya :
afwan ustadzah saya mau nanya,,,, jika mewaqofkan sebidang tanah buat masjid atau tanah kuburan niatnya untuk orang tua yang meninggal itu bagaimana ustadzah?
Jawab :
Bunda, nanti ada ikrar waqaf di kua kecamatan ya untuk menuliskan siapa muwaqifnya..

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....

Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum...


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT