NYERI KEPALA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, November 14, 2014

Kajian Online WA Hamba ﺍﻟﻠَّﻪِ SWT 
(Ayah 304)

Hari / Tanggal : Kamis, 13 November 2014
Narasumber : dr. Erlangga
Tema :  Kesehatan
Editor : Ana Trienta

Assalamualaykum
Ayahanda dan admin 304 yang diRahmati Allah Azza wa jala. Tema malam hari ini

Nyeri kepala
By Erlangga. dr
Nyeri kepala adalah suatu sensasi nyeri yang dirasakan diseluruh daerah kepala dengan batas bawah dagu sampai belakang kepala. Nyeri kepala dibagi dua primer dan sekunder-pada malam hari ini akan dibahas yang primer-primer: tidak ada kelainan/tidak jelas kelaian anatomis.

NK primer merupakan migrain, nyeri kepala tipe klaster, tipe tegang dan lainnya. Ditandai dengan keluhan yang khas: terikat erat oleh sesuatu-oleh katena kontraksi terus menerus dari otot2 kulit kepala, dahi, leher. Nyeri ini biasa dikaitkan dengan faktor fisik dan juga stress.

Nyeri kepala tipe tegang lebih sering diderita kaum akhwat. Sering dikaitkan dengan faktor psikologik. Pengobatan pada penderita nyeri kepala primer dapat dilakukakn dengan pemberian preparat analgetik (asetaminofen, NSAID...) dapat juga ditambahkan pelemas otot. Tidak luput mencari dan memperbaiki sumber penyebab nyeri. Prognosis dari penyakit ini dengan penatalaksanaan yang adekuat >90% kesembuhan.

TANYA JAWAB
1. dokter, gak tw ntah kenapa belakangan ini udah beberapa minggu sich kepala ana terkadang sakit di daerah atas sakitnya kumat-kumatan apa lagi kalau malam nyut-nyutanan itu gimana dok? apakah sakit kepala biasa?
Jawab
Sudah dijelaskan di materi. Monggo dibaca ulang

2. Nyeri kepala, meski tidak begitu sakit tapi saat rambut kepala disentuh justru terasa menjalar sakitnya.. meski diraba nya dengan pelan rambut kepalanya tetap saja terasa sakitnya, hal ini pernah saya alami duakali, akibat atau gejala apa ya dok?
Jawab
Mohon japri...

3. Hehehe, bebas kan ya? Mau tanya kalo korejat buat obat katarak bisa nda ya?
Jawab
Sebaiknya dihindari. Lensa mata itu berupa kapsul. Sifatnya seperti gel. Masalahnya selama ini hanya operasi satu-satunya jalan yang ampuh membersihkan kekeruhan lensa (katarak). Kalo cuma diteteskan saja. In shaa Allah sejak lama sudah diterapkan untuk prosedur katarak (kenyataan tak ada )

4. dok ana mau nanya apakah obat itu racun? kandungan dalam obat itu apa ya dok?
Jawab
Pada dasarnya baik obat farmasi dan tradisional sama kimiannya. Jadi racun bila diatas ambang batas. Apapun itu ada treshold yang tidak boleh dilanggar, baik kimia maupun alamiah. Dilanggar ya keracunan deh...

5. dok mau nanya apa ya perbedaan obat generik dengan bukan generik. tapi yang saya rasa obat gak generik lebih ampuh. bisa jelaskan dok? afwan masih awam
Jawab
Prinsip ekonomi: semakin murni kandungannya semakin mahal. Bukan (obat generik) gak bisa dihandalkan lihat juga yang beli obat generik tersebut siapa.

6. Kenapa obat gak da label halalnya. ada pa di balik semua itu?
Jawab
Label halal di obat tidak ada karena lewat BPOM RI bukan lewat MUI

7. Nah soal حَلاَلً ..imunisasi banyak teman yang tidak mau anaknya di imunisasi karena diyakini mengandung. babi.
Jawab
In shaa Allah butuh pembuktian terbalik masalah imunisasi mengandung babi. Selama belum ada buktinya silahkan tetap mengikuti jadwal imunisasi... demi kesehatan si buyung (jawaban ini adalah jawaban pribadi.-bukan maksud melindungi kepentingan tertentu).

8. dok imunisasi itu virus ya yang di masukan ke tubuh? dan kenapa setiap anak bayi yang di imunisasi langsung demam? Mohon pncerahannxa dok..
Jawab
Hm.. bau-bau pertanyaan titipan.. Yang dititipi salah interpretasi pula hehehe... (Kang Fai nih)

9. Dok, ada teman saya bertanya:  "Kalo kepala bagian belakang yang sering sakit gimana?" Apakah indikasi sesuatu, atau apa?
Jawab
Kepala bagian belakang sering sakit. Coba diatasi dengan analgesik dulu

10. Dokter, afwan agak oot dari sakit kepala. Apakah bener untuk daun insulin (ekstrak,  teh atau godokannya) manjur untuk penyakit diabetes?
Jawab
Sama saja dengan obat diabetes. Kenapa tidak membeli obat diabetes saja?

Jazakmallah khoiran dok erlangga atas ilmu dan pencerahannya. Akang-akang kita tutup ya kajian semalam .
Thoyyib, ana langsung tutup saja dengan doa kafaratul majlis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن ﻻ إله إﻻ أنت، أستغفرك وأتوب إليك

Wassalamu'alaykum warohmatullohi wabaarokatuh

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT