PARENTING - TIPE KESULITAN BELAJAR ANAK

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, November 19, 2014

Rekap Kajian Online Hamba Allah

Hari/Tgl : Rabu, 19 Nov 2014
Pemateri : U. Dianda
Tema : Perenting
Group : 107/108
Notulen : Yoan
Editor : Ira Wahyudiyanti

@MATERI@

assalamualaikum ukhti akhi fillah. untuk materi psikologi, sebelumnya . kita sudah ngebahas mengenai tipe belajar, kali ini mulai masuk . pada tipe kesulitan belajar.

dari sejumlah penelitian psikologi,ada beberapa tipe kesulitan belajar yang umum dialami anak. yang dimaksud "kesulitan belajar" adalah saat anak merasa sangat sulit mempelajari keterampilan tersebut, kemampuannya berada jauh dibawah rata2 kemampuan anak usianya, kecerdasannya, serta usia perkembangan anak.

artinya, jika anak punya iq rata2 tapi tidak bisa/sangat sulit membaca di usia >8 tahun, bisa dicek ke arah kesulitan belajar.

nah, ada beberapa tipe kesulitan belajar.

1. hambatan matematik
tembak kesulitan memahami/menyebut operasi matematika ( + x - : ), kesulitan memahami konsep dan melakukan operasi matematika.

  2. hambatan menulis-membaca
sulit membaca, sering salah membaca, sulit menulis, sering salah dalam menulis, tulisan jelek, mengenai huruf terbalik2, menulis tidak lurus  (naik/turun/berputar)

3. hambatan koordinasi visual-motor
tulisan ssb gambar jelek, tidak terbaca, sering sarah arah salah mengambil barang/menangkap bola, sulit bermain puzzle, sulit meniru gambar, ceroboh.

umumnya kesulitan belajar saling terkait antara satu dengan yg lain. perilaku anak yg tampak seperti nilai jelek terus, motivasi belajar rendah, rendah diri, menolak belajar, frustrasi/marah2 terkait pelajaran, bisa jadi trouble maker di sekolah, .. dst.

kadang kesulitan tidak bisa dibahasakan oleh anak, ssb tidak terlihat oleh ortu/guru. yang terlihat anak nakal, menolak belajar/sekolah, bodoh, keras kepala, dst.

penyebabnya pun bisa bermacam2, mulai dari gangguan saraf, atensi, koordinasi visual- motor, reseptif sensoris, gangguan persepsi visual auditori, dst.

mudah2an bisa membantu dalam mengenali gejala/ciri kesulitan.belajar pada anak2 di lingkungan kita.
demikian dari saya.. mudah2anbermanfaat...

@TANYA JAWAB@

TANYA:
Umm mau nanya.. klau misal kita menemukan slah satu tipe diatas ada pd diri seorng anak, hal apa yg hrs dilakukan oleh orgtua /kelurga trdektnya tuk membntu kesulitn ank trsbt ??

JAWAB:
untuk ke anak, pendekatan dulu.usahakan jangan memberi "label" keanak, misal anak bodoh atau malas. coba tanya dulu pelan2 kesulitan anak dimana. tapi mungkin baru anak usia >10th yg bisa membahasakan kesulitan ini, anak di bawah itu bisa jadibelum mengerti. anak merasa bingung, atau menutup diri, ditanya diam sajadst.

nah,lalu bawa ke ahlinya. saya sarankan psikolog anak, ataupsikolog pendidikan. untuk tau kesulitannya dimana. minta rujukan dokter jika ada kaitan dengan kondisi fisik,seperti saraf atau fungsi kerja indera.

TANYA:
Assalamualaikum...Mba bgmna cara mendekati anak yang tdk mw belajar mnulis dll kalo guru lg mengajar...anak kls 1 smp ?

JAWAB:
anak 1 smp tidak mau "belajar menulis"? maksudnya apadia belumbisa menulis??

TANYA:
Tambahan
istilah2 yg sering digunakan dlm kesulitan belajar (Learning Disorder)
# disgrafia
# discalculia
# dis ??

JAWAB:
ada juga disleksia. tapi kadang juga kesulitan belajar bisa tampil di area abu2, jadi sulit diberi diagnosa..

TANYA:
Utk penyebab'a spt yg tertulis di atas, apakah ada penyebab lain bun,?
Misalkan krna faktor x ketika si ibu hamil?

JAWAB:
bisa saja.. pengaruh bisa dari genetik, masa kehamilan dan masa /pola pengasuhan (stimulasi lingkungan).

TANYA:
Utk anak kategori tsb, adakah trik/pendekatan yg bs dipakai olh ortu/guru agar si anak memiliki semangat utk memperbaiki kelemahan'a tsb?
Jawab :

JAWAB:
kalau gangguan seperti ini, baiknya ada intervensi ahli, untuk membantu anak meningkatkan potensinya. karena masalahnya bukan di kemauan anak.. anak perlu didampingi.

TANYA:
Dan bagaimana cara seorang guru mennghadapi anak dgn kategori di atas yg umur'a sudah dewasa ?


JAWAB:
menghadapi anak, baik yang dewasa maupun anak,pendekatannya personal. hindari memberi label anak,misalnya malasatau bodoh. amati dan tanya apa kesulitan anak, apa yg ia rasakan saat belajar.

tujuan kita, pastikan dulu perilaku itu bukan efek lingkungan. misalnya, ternyata dia tidak mau/bisa belajar karena cara guru mengajar tidak jelas, suara guru tidak terdengar, atau ruang kelas yg kurang terang,..

juga cek kondisi fisik,misal apakah anak punya minus atau plus padamata, apa ada kesulitan mendengar..

kalau 2 di atas oke dan masalah belajar masih muncul,berarti permasalahan nya lebih spesifik.cari ahli untuk membantu, seperti psikolog anak atau psikolog pendidikan.

TANYA:
1 lagi bunda,
Utk ank yg memiliki tipe kesulitan belajar, pola asuh yg tepat dr ortu itu spt apa?

JAWAB:
Pola asuh ya.. yg pasti perlu banyak dukungan dari ortu. jangan memberi label padaanak. bantu anak menyelesaikan masalahnya.. pelan2 lihat perkembangannya.. sabar..

TANYA:
Tanya→Kalau anak TK batasan belajar wajarnya sampai mana umi? Ade sy sdh bs ngurut angka 1 -100, tp utk hitung2 susun (pnjumlahan n pngurangan) msh blm bisa...tp hitung standar satuan2 bisa, membaca jg sdh lumayan lancar.. Apa normal?


JAWAB:
normal  pre school tuntutannya masih pengenalan angka sederhana, 1-10. bisa tambah sudah bagus. nanti konsep hitung + x - : saat di sd, itu pun baiknya pengenalan angka dahulu

TANYA:
Umy klu ank udah sekolah TK tp mau ny ditemeni  ibunya
Wlau sang ibu hanya nunggu diluar..
Suatu ketika ponakn saya sekolah ibunya nyoba pulang gk duduk didepan sekolahan

Kok dia mlh pulang gk mau sekolah....

Apa pengaruh ny umi bgi si anak ??

Adakah solusinya biar si anak pemberani....

JAWAB:
anak usia prasekolah memang masihlekat dengan ibunya.. tidak mau ditinggal dan takut berpisahitu wajar. hanya kita juga lihat kualitas dan kuantitasnya,.. sampai seperti apa tidak mau berpisahnya. ada juga yg anak takut berpisah dengan ibu,baik di sekolah maupun bukan sekolah.

kemANDIRIAN dan keberanian untuk berpisah dari ibu salah satu pengaruhnya adalah pola asuh ibu. gimana si ibu memperlakukan anak seharihari? apakah overprotektif? atau sering dilarang? ataudi cuek-in? atau didorong untuk melakukan apa2 sendiri?

cek jugaapakah ada hal2 yg menakutkan di sekolah.

TANYA:
...klu drmh slalu dgendong

Tp umur 5 th udh bisa nulis & hitung2 an juga..

JAWAB:
kalo terlalu dimanja juga jadinya anaksulit diharapkan mandiri, tidak mau berpisah..


TANYA:
Wktu ngambil rapot ade aku di protes sm gurunya jd dia tuh kalo di suruh maju ke depan kelas pasti ade aku diem aja dan dia lngsng bngng harus ngapain di dpn
Kalo kaya gtu gmna umi!?

JAWAB:
mbak akmalia si adekdisuruhmaju ke depan suruh ngapain? laku dia sehari2nya gimana

lupaumur berapa

TANYA:
Misalnya suruh nulis gtu atau baca mi pasti dia cm diem aja
Sehari"nya kalo di rumah malah susah di atur

JAWAB:
pendengarannya gimana? sudahdibawa kemana saja

~ Baik kok pendengaran'y
Apa mngkn kurang percaya diri ya mi

gini.. kadang.kita pikir pendengaran penglihatan normal, karena saat dipanggil menengok,didadahi balas. tapi bisa jadi g diadenger gak sama dengan. yg kita dengar...
mm, ada hal lain gak khusus padaanakini?

bawa ke psikolog dulusaja,biar di assesment awal..

buat tau apaperlu dibawa ke tht

atau dokter mata, atau yg lain

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT