Pendidikan Seks Pada Remaja

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, November 14, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT 25 dan 26 UMI


Hari, Tanggal : Selasa, 11 November 2014 Tema : pendidikan seks pada remaja Ustdz : ust.anurul Admin : ida dan Lia Juna
Rekap : Ida dan Puji Maulani Lestari
Editor : Indah permata sari Assalamu'alaykum umi2 yg Cntik2. Heehe 😄 tak kenal maka ta'aruf . Nama : Nurul Fitri bsa d pnggil nurul aja umi. Nurul Mahsiswi Prodi S1 Kebidanan. Dan Umur nurul 19 thn umi.
Kajian nya tentang pndidikan seks pada remaja Benar bunda kdg org tua jrg skli mmbcarakan ini pda anak pdhl nnti efekny mrka bsa dpt info yg slh dn.kmdian ftal lbh baik kalau dia tau dri kta dn kta pun tau apa yg hrus d smpaikan umii ku 😄 Kita mulai ya bunda "Pendidikan Seksual Remaja" Berbagai perilaku seksual pada remaja yang belum saatnya : #Masturbasi atau onani yaitu suatu kebiasaan buruk berupa manipulasi terhadap alat genital dalam rangka menyalurkan hasrat seksual untuk pemenuhan kenikmatan yang seringkali menimbulkan goncangan pribadi dan emosi. #Berpacaran dengan berbagai perilaku seksual yang ringan seperti sentuhan, pegangan tangan sampai pada ciuman dan sentuhan-sentuhan seks yang pada dasarnya adalah keinginan untuk menikmati dan memuaskan dorongan seksual. Berbagai kegiatan yang mengarah pada pemuasan dorongan seksual yang pada dasarnya menunjukan tidak berhasilnya seseorang dalam mengendalikannya atau kegagalan untuk mengalihkan dorongan tersebut ke kegiatan lain yang sebenarnya masih dapat dikerjakan. Dorongan atau hasrat untuk melakukan hubungan seksual selalu muncul pada remaja, oleh karena itu bila tidak ada penyaluran yang sesuai (menikah) maka harus dilakukan usaha untuk memberi pengertian dan pengetahuan mengenai hal tersebut. Adapun faktor-faktor yang dianggap berperan dalam munculnya permasalahan seksual pada remaja, menurut Sarlito W. Sarwono (Psikologi Remaja,1994) adalah sebagai berikut : #Perubahan-perubahan hormonal yang meningkatkan hasrat seksual remaja. Peningkatan hormon ini menyebabkan remaja membutuhkan penyaluran dalam bentuk tingkah laku tertentu. #Norma-norma agama yang berlaku, dimana seseorang dilarang untuk melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Untuk remaja yang tidak dapat menahan diri memiliki kecenderungan untuk melanggar hal-hal tersebut. #Kecenderungan pelanggaran makin meningkat karena adanya penyebaran informasi dan rangsangan melalui media masa yang dengan teknologi yang canggih (cth: VCD, buku stensilan, Photo, majalah, internet, dan lain-lain) menjadi tidak terbendung lagi. Remaja yang sedang dalam periode ingin tahu dan ingin mencoba, akan meniru apa dilihat atau didengar dari media massa, karena pada umumnya mereka belum pernah mengetahui masalah seksual secara lengkap dari orangtuanya. Orangtua sendiri, baik karena ketidaktahuannya maupun karena sikapnya yang masih mentabukan pembicaraan mengenai seks dengan anak, menjadikan mereka tidak terbuka pada anak, bahkan cenderung membuat jarak dengan anak dalam masalah ini. Tanya Jawab

Group HA 25
Tanya:
Sejak kapan anak mulai diperkenalkan tntg pnddkn sex? Gmn cara menyampaikannya?
Jawaban : Sedini mungkin mba. Saat si anak sudh mulai2 brtnya2 ttg hal2 yg brbau seks. Sbnarny seks itu tdk.hnya brkitan dgn hal2 d atas mba. Islam pun trnyta mgjrkan itu pda anak. Cnth sprti Larangan mmbuka aurat bgi wanita itu jga lingkup seks lrgn brkhalwat/berdua2an pda yg bkn mhram itu jga lngkup seks. :) jdi ktika kta sdg mngjrkan anak untk mmulai mmnutup aurat dll it jga lngkup pnddkn seks mba. Ada pnelitian yg mngtakan 50% pnympng seksual d msa dwasa mlh trjdi krna sjak dni ia tdk mndptkn pnddkn ttg sksualitas lain halny klau ia sdh mndptkn ny dri kecil dn org tua tdk enggan untk mnjdi tmn anak dlm brdskusi sputar keingin tauany dn stiap prtnyaany. Jdi anak trhndr dri.hal2 yg slh. Seandainy anakny sdh seumuran SMP tdk.mslh untk trbuka mngtakan nak Islam melarang brpcaran sebb dmpkany bla bla. Hehe gtu umi 😄 Tanya:
Jika anak ternyata lbh dahulu mendapat informasi dari luar (krn pergaulan) bgmn kita sbg ortu menyikapinya/mmberi pengertian spy si anak tdk terjun dlm sex bebas? Jawaban : Nah jika mmg anak udh dwasa dn trlnjur mngnal itu lbh dlu jlas hal yg prtma adalah katakan bhwa Tindakany adalh slh umi.. Jelas brikan indo yg bnarnya sprti apa mba. Cnth ia brpcaran katakan bhwa islam melarang org brpcaran sertakan dmpak pcran it bserta dalilnya mba. Kalau untk menahan hasrat biologisny . Beri anak.penjelasn trkait seks itu brbahaya bunda. Dn yg paling penting ajarkan bhwa islam melarang dn sgt melarang seks dn Sibukkan ia pd aktvtas yg brkualitas dn islami. Dan Puasa mgkn ampuh meredam dorongan seks itu Tanya
Gimana kalo anaknya ga pernah bertanya ttg itu dek nurul......?? Anakku cowok umur 13 th....smp kls 2
Jawaban : Lihat sja dku gerak grik anakny mba sdh mulai ke arah mnyimpang tdk. Atau tdk mslh jika mba brtnya . "kmu pacaran gk bg?" misalnya ia blg ia. Tak ada slhny mba mluruskn nak islam melarang brpcaran krna bnyk mudaratnya gtu. Nah buatlah ia trbuka. Kdg d zmn skrg anak lbh maju dlm hal dunia sosmed mba ada baikny kta tdk hnya mlihat tpi jga memntau takut ia slh ambil jln ttpi tdk dgn skap brlbhan shgga ia risih hhee 😄 mgkn kdg2 pntau apa h yg ada d gadgetnya. Bgaimana sh tmn2 nya. Tanya
Bolehkah mandi bareng dg anak di bawah 2 thn tp beda jenis kelamin? Misal ibu dg anak laki2nya atau ayah dg anak perempuannya. Mandi barengnya krn alasan drmh repot g ada orang lain, trus biar sekalian mandiin anak + ortunya jg mandi. Kl boleh smp batas usia brp kah?
Jawaban : Mba nisa. Ada bnyk pndpt ttg ini tapi ada baiknya anak seumuran sgtu sdh d ajarkn cranya mndi sndri dn brsh. Tpi sbaikny kalau mmg akn mndi org tua dgn anak sbaikny ibu dgn anak prmpuan ny dn ayah dgn ank.laki2ny. Tpi ada sbuah crita mba. Ksh nyata. Seorg ank.msh Paud atau TK biasa mndi dgn ayahny dn saat itu gruny mnjrkan ttg kmndrian untk mngrjakan tas sndri dn mndi pun jgn lgi d mndiin tpi apa jwbm sia ank d dpn umum "bu gtu aku msh mndi sma ayh soal ny blm nsa mndi sndri, bu gru Anunya ayah besar lo" gruny trdiam Lalu gru ny blg lain kli mndi sndri ya bljr bjat mndi sndri. Agak vulgar ya mba. Tpi ini jdi pljrn yg tpt buat kta krna ank d usia ini akn mncritakan stiap detail yg dia lhat bhkn ia pdhl blum tau itu pntas atau tdk ia critakan d dpn org lain Kmbli lg pntingny pnddkn seks mba
Tanya sebenarnya penyebab tinbulnya penyakit sek atau sek yg meenyimpang..maaf spt homosek atau lesbian itu apa sih ....di jaman sekarang اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ Klo liat di tv dah meenyebar tu virus... naudhubillahi mindalik
Jawaban : Homoseksual dn lesbian it slh stu cnth pnyimpangan sksual bnyk lgi ada juga yg sodomi org dwasa yg suka pda anak2. Atau Zoophilia dpt knikmtan eks dri brhbgn dgn hewan. Nah. Fktr pnyabny bnyk mba diantaranya Perubahan genetik atau pmbwa sft d dlm tbhnya . Pengalaman spesifik dlm hdup misal dlu dia prnh dsakiti olh prmpuan atau pnya pnglaman msa llu yg mmbuatny mmbnci lwn jnisny
Tanya Pngaruh sosial. : tmn, gaya hidup lingkungn tmpt tgl. Dll Gimana caranya bertanya pd anak cowok apakah dia sdh mimpi basah atau blm....? Dan si anak mau menjawabnya.... Krn anak sy pemalu kalo diajak ngomong yg gituan.....hihihi. Dan usia brp biasanya anak mimpi basah......
jawaban : Pda prubhn pubrtas itu ada bnyk mba. Misalny suarana sudh mulai besar dn lntang yg lalu sdh mulai tumbuh jakun. Sampaikan kepada anak kita :Tentang mimpi basah & mani • Bahwa karena ia telah memiliki tanda-tanda / ciri-ciri memasuki masa puber, maka pada suatu malam nanti, ia akan mengalami mimpi sedang bermesraan dengan perempuan yang dikenal ataupun tidak dikenal. Dan pada saat terbangun, ia akan mendapatkan cairan yang disebut mani. (Kita beri tahukan kepada mereka contoh cairannya, yaitu sprti cairan tepung kanji. Peristiwa itu disebut mimpi basah. • Jika seorang anak laki-laki telah mengalami mimpi basah, tandanya ia sudah menjadi seorang remaja / dewasa muda. Dan mulai saat itu, ia sudah bertanggung jawab kepada Tuhan atas segala perbuatan yang ia lakukan, baik berupa kebaikan maupun keburukan. Pahala dan dosa atas perbuatannya itu akan menjadi tanggungannya. Cba dgn cra ini mba gmbrkn dlu apa itu mmpi bsah hhee .kira2 umur 10-14 tahun mba
Tanya:
Usia berapa,anak2 sudah bisa cebok sendiri dgn bersih ya? Soalnya anak say a 5 thn dah suka cebok sndri stlh bab.kdg brsh,kdg gak.kdg belepotan,bikin geram umi nya. Jawaban : Ada bbrapa fase yg akan d lalui anak.mba d antaranya fase anal dn fase genital nah pada fase2 anal dn gnital inilah anak bisa d ajarkan untk Toliet training. Buang air kcil dn BAB jgn d clna lgi ya. Malu lalu ajarkan ttg cara brshn dgn baik bkas babnyn tpi kunciny msti sabar mba .Maaf mba mksd nya fase anal dn fase phalik pda fase ini.bgus juga untk d ajarkn jgn telanjang lg saat kluar kmar mndi malu d liat org .

Group 26

Tanya:
Mb nurul sebaiknya dr umur berapa Seirang anak tu di pisah tidyrnya dr orangtua?
Jawab:
Ketika anak sdh sdkt mulai dwasa sdh boleh d cbakan brtahap bunda. Tpi Rasulullah saw . bersabda: “Suruhlah anak-anakmu sahalat ketika mereka berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka (jika tidak mau shalat) ketika mereka berumur sepuluh tahun; dan pisahkanlan tempat tidur mereka “ (HR. Abu dawud) Allahu'alambishwab 😊 Tanya: Anakku kan 3, 2 cowok satu cewek masih kecil Nah anakku yg cowok itu nanya... umi kok titit adek beda ya... jlep langsung diem bentar aku mb... mikir dulu cari jawaban
Ya aku jawab se dapetnya dulu...
Nah cara yg baik penyampain ke anak gmn ya... trus saya bilang juga ... nanti klo kamu dah gede pasti akan tau... Salah tdk ya jawab spt itu
Jawab: Terkait pertanyaan bunda arini. Jelaskn saja mba. Bahwa memang alat kelamin atau kemaluan laki-laki dan prmpuan itu brbda . Kamu kn laki2 dan adik kn perempuan . Kalau prmpuan gk ada yg sprti itu ajarkan juga bhwa ia tdk.boleh mnnyntuh org adiknya maupn org lain bnda. Tanya: Sebenarnya dalam mengenalkan seks pd anak itu ada tahapannya ga mb? Klo ada bs dishare ke kami dong, biar sy bs mengajari anak" saya dan tdk salah dlm mengajarinya. Kbetulan anak saa msh 4 th kan nanti bakal beranjak remaja jg. Tanya Umm,, Remaja (laki 16th) sy anaknya agak introvert. Sy tau dia udh baligh, jutek ama perempuan, dan tdk pcran. Sbnarnya ingin ngajak bicara ttg hal ini, tp sy ga pernah punya keberanian untuk memulainya. Mohon saran konkrrit nya Umm,, atausiapa tau ada ummi lain yg pernah mengalami kasus serupa dg sy. Jazaakillah khoyr Jawab:
Dari penelitian,sekitar 50 persen penyimpangan seks yang terjadi di usia dewasa disebabkan sejak usia dini mereka tak pernah mendapatkan pendidikan seksualitas. Lain kalau dari kecil sudah ada keterbukaan tentang seks, maka anak terhindar dari keinginan coba-coba atau mencari informasi dari sumber yang salah. Jadi ya penting d berikan sedini mgkn mba Kiat-kiatnya. 1.sempatkan dri untk duduk dan menerangkan kepda anak tentang nilai-nilai islam sebelum dia malah dpt sumber yg slh mba Dan jangan malu untuk menjawab keingintauan dan prtnyaan mereka ttg itu.#yg trpenting tekankan dri awal bhwa islam melarang seks d luar nikah . 1. Kalau tahapan yg tdi. Mgkn mba bngung sjak kpn anak prlu d brikan ini dn bgaimana caranya. Brikan pndidikn sesuai usia. Cnth kalau anaknya msh kecil tdk apa2 untk bnda ajarkan untk mnutup aurat, btasn bergaul dgn tmn lawan jenisny lalu ajarkn jgn smpai bagian payudarah, bokong dn.kelaminny d pegang olh org lain yg tdk d knal dn pesakn juga "nak, jgn smpai (alat kelaminya) di pegang org ya" . Dn berikanlah jwbn seputar prtnyaan ank. Tekankan bhwa bnda bersedia untk mnjwb pertnyaan dn berdiskusi dgn mereka seputar keingin tauany trmsuk sputar seks dn pergulany. Agar ia lbh trbuka pda bnda dn mncgah ia dri dpt info d sumber yg salah. Kalau anaknya sdh sdkit dwasa tdk mslh mba lgsg paparkan tntg larangan berpacaran dmpk2 dri perilaku yg mnyimpang dn bhwa agamany melarang hal tsb. Tanya:
Ummi ida: just share ya mb Nurul. sy pernah ikut seminar parenting ttg sexedu. Dg ibu dewi, beliau mengatakan agar ortu terutama ibu menyediakan wkt utk berjalan2 ber-2 sj dengan anaknya. Pada saat inilah biasanya anak kt merasa dekat dg kita dan kemungkinan akan bercerita apapun kpd kita. Mgkn kiat ini bs dicoba unt anak ummi yg introvert. Gmn menurut mb Nurul? Jawab:
Iya. Nurul jga bcanya gtu mba. Sbnrny yg d btuhkn adalah wktu yg tepat untk mmbuat ank nyaman kmudia yrbuka pda kita. Yg pling ptg tmbulkn knymnan msl ngjak jln2 kya yg d shre ama mba vera. Ummi ida. Anak sy jg 3 laki2. 1 perempuan. Biasanya sy ajak si sulung jalan2 wkt dia libur kk kelasnya ujian. Kebetulan sdh SMP jd beda liburnya dg adik2nya Kita ttup aja ya umi-umi Cantiks. Atas Khilaf dn slh nurul mhn maaf . Afwan jiddan yg slh dri nurul dn ilmuny milik Allah krna nurulpun msh blajar. Trima ksh atas bntuan dn ilmu2 srta kbaikan umi2 mnerima dsni. : kita cukupkan sampai disini materi kali ini الحمدلله Kt tutup dg doa kaffaratul majlis سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا اله الا انت أستغفرك وأتوب إليك Ana uhibbuki fillah umi2 cantikss. Calon pengantar generasi Muda Islam yg tangguh . Aamiin Assalamu'alaykum. 😊

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!